Yuk Masak: Nuget Ayam, Bubur Candil, Bakso Ayam, Lapis Tepung Beras Pandan, dan Bolu Ketan Santan Pandan

by - Mei 16, 2017

Sekarang, setiap hari weekend terus nih rasanya. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi cuma mikirin nanti mau bikin apa yha, besok bikin apa lagi yha. Selalu gitu, mulai dari nuget ayam, bubur candil, bakso ayam, lapis pandan tepung beras, dan yang terakhir ku coba bikin bolu ketan santan pandan. Wkwk *curhat mbak? Iya, HAHA


1. Nuget Ayam
Bisa nyetok buat bulan ramadhan nih. Saur manja pakai nuget ayam. Wkwk

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
- 500 gram daging ayam (blender jangan terlalu halus)
- 2 butir telur ayam
- 50 gram tepung sagu/kanji
- 150 gram tepung terigu
- 10 ml air es
- 5 siung bawang putih (haluskan)
- 1 sdm garam halus (munjung)
- Merica, ketumbar, kemiri (masing-masing dikit aja, haluskan)

Cara membuat nuget ayam:
- Campurkan semua bahan menjadi satu. Aduk hingga bumbunya tercampur semua.
- Siapkan loyang uk 22x22, alasi menggunakan plastik. Lalu tuang adonan dan ratakan.
- Kukus nuget ayam selama 20 menit. Angkat lalu potong-potong panjang.
- Gulingkan potongan nuget kedalam tepung terigu yang sudah diencerkan, lalu balur dengan tepung roti/tepung panir (aku gak pakai ya, karena gak terlalu suka. Jadi, setelah ku kukus langsung digoreng dan siap saji)

Nuget Ayam Siap Saji

2. Bubur Candil
Siapa sih yang gak tau jajanan pasar yang satu ini? Rasanya manis, kenyel-kenyel, gurih dan bikin nagih. Duh, pas hujan iseng-iseng bikin bubur candil.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
Bahan Candil:
- 300 gram tepung ketan putih
- ½ sdt garam
- 200 ml air hangat

Kuah Gula Jawa:
- 800 ml air
- 200 gram gula jawa/gula merah sisir
- 3 lembar daun pandan
- ½ sdt garam
- 3 sdm tepung sagu, larutkan dengan 3 sdm air

Kuah Santan:
- 200 ml santan (aku pakai 30ml santan kara lalu encerkan dengan 170 ml air)
- ¼ sdt garam
- 1 lembar daun pandan

Cara membuat candil :
- Candil : Campurkan semua bahan candil, lalu bentuk bulat-bulat (bola kecil)
- Kuah Gula Jawa : Rebus air, gula merah, daun pandan, garam, dan masukan bola-bola candil. Rebus hingga bola-bola candil terapung, lalu masukkan tepung sagu yang sudah di cairkan.
- Kuah Santan : Rebus santan, garam dan daun pandan. Aduk-aduk hingga mendidih. Sajikan bubur candil bersama kuah santan.




3. Bakso Ayam
Sok pengin jadi koki nih, karena kepo maksimal sama abang bakso. Akhirnya terwujudlah bikin bakso ayam sendiri. Sebenarnya kalo lebaran juga selalu bikin bakso, tapi bakso sapi yang langsung dikasih bumbu dipenggilingan daging. Sesekali nyoba bikin pakai daging ayam. Yuk cus siapin bahan-bahannya, mirip lho sama bikin nughet ayam.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
Bakso Ayam
- 250 gram daging ayam haluskan (blender)
- 1 butir telur ayam
- 75 gram tepung sagu/kanji
- 50 gram tepung terigu
- ½ sdt Baking Powder (bisa diskip kok)
- 3 siung bawang putih (haluskan)
- ½ sdm garam halus
- merica, ketumbar, kemiri (masing-masing dikit aja, haluskan)

Kuah Bakso
- 1 ltr air
- ½ sdm garam
- 2 siung bawang putih (haluskan)

Pelengkap Bakso Ayam
- Bawang Merah goreng
- Sledri
- Potongan daun bawang
- Kecap
- Saus dan sambal

Cara membuat bakso ayam:
- Bakso ayam : Campurkan semua bahan hingga tercampur. (adonannya agak lembek gitu yha buk)
- Kuah Bakso : Rebus air, garam dan bawang putih. Lalu bulat-bulatkan adonan bakso dan masukkan kedalam rebusan air. Tunggu hingga bakso terapung.
- Masukkan bawang merah yang sudah digoreng, potongan daun bawanh, kecap, saus, sambel kedalam mangkok (sesuai selera). Dan bakso siap dinikmati.



4. Lapis Pandan Tepung Beras
Paling suka sama yang manis-manis deh, kaya aku suka kamu. Manisnya tuh pas *gubrak!!! HAHA
Cara bikin lapis pandan tepung beras butuh kesabaran extra. Asli kudu bener-bener sabar, bikinnya mah simpel kok. Cuma pas masukin adonan lapisannya itu harus 5 menit sekali biar kebentuk lapisannya.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
- 160 gram tepung beras
- 35 gram tepung kanji
- 120 gram gula pasir
- ¼ sdt garam
- 600 ml santan cair (ku pakai 2 santan kara kecil, lalu encerkan dengan air)
- 5 lembar daun pandan (blender, ambil airnya saja 10ml)

Cara membuat Lapis Pandan Tepung Beras:
- Rebus santan dan gula pasir hingga mendidih. Lalu diamkan dingin.
- Campurkan tepung beras, tepung kanji, garam, dan santan yang sudah dingin.
- Bagi adonan menjadi 2. 1 bagian tambahkan air pandan sebagai pewarna.
- Panaskan kukusan, oles loyang dengan minyak sayur lalu tuang adonan perlapis selang seling. Kukus 5 menit/ tunggu hingga adonan agak mengeras. Lakukan hingga adonan habis.
- Setelah adonan terakhir, kukus lapis 25 menit. Lalu angkat dan dinginkan.
- Siap dipotong. Jangan lupa alasi pisau dengan palstik supaya tidak lengket ya.

Gak sempet fotoin lapis yang udah diiris. Karena keponakan krucil langsung pada berebut.

5. Bolu Ketan Santan Pandan
Ini resepnya asli irit banget. Soalnya cuma pakai bahan-bahan seadanya yang ada dikulkas. Tapi meskipun seadanya, rasanya juara lho. Hihi

Bahan-bahan yang diperlukan:
- 2 butir telur
- 100 gram gula pasir
- ½ sdt SP
- ½ sdt Baking Powder
- 100 gram tepung terigu
- 50 gram tepung beras ketan
- 30 ml santan (aku pakai santan kara)
- 2 lembr daun pandan (blender ambil airnya 10 ml)
- 75 gram mentega (cairkan)

Cara membuat Bolu Ketan Santan Pandan:
- Cairkan mentega biarkan dingin.
- Mixer dengan kecepatan tinggi : telur, SP, gula pasir hingga mengembang kaku kira-kira 10 menit.
- Masukan tepung terigu, tepung ketan, baking powder. Aduk dengan spatula.
- Masukan santan, mentega cair dan air pandan. Aduk hingga rata.
- Olesi loyang ukuran 16x16 dengan mentega dan terigu. Masukan adonan, dan oven selama 25 menit.

Wangi banget bau pandan dan santannya. Empukkkkk banget.

Dear calon suamiku (semoga baca yha) HAHA. Besok lusa bakal ku kasih bekal tiap hari lho. Kamu gak bakal kelaparan deh, asal dirumah siapin telur, tepung, santan, dan teman-temannya yha.. Wkwkwk
Tunggu resep selanjutnya yes :)


You May Also Like

4 komentar

  1. Kelihatannya enak. :D Pengen coba juga jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah silahkan mbak.. Selamat mencoba :)

      Hapus
  2. waahhh mbak makasih banyak resepnya
    kebetulan lagi nyari resep untuk anak dirumah
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Silahkan dicoba :)

      Hapus