Enam Destinasi Wisata Di Yogyakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

by - Agustus 24, 2017

Sumber : Ig @tubagus_banirizqi

Aaaa, tergiur banget buat sekedar seru-seruan nulis cerita kota Jogja, karena buat aku kota Jogja salah satu kota teeeeeer-istimewa. Kenapa istimewa? Pertama karena orang-orang asli Jogja yang super ramah. Kedua apapun yang kamu mau di Jogja itu serba ada. *termasuk jodoh* bahahaha (Aamiin-in dong Aamiin-in :D)
Dulu, hampir setiap bulan aku ke Jogja. Sampai-sampai registrasi kuliah setiap semester aku lakukan di Jogja padahal kuliahku di Purwokerto.*sok banget gak sih?*
Ya gimana lagi karena setiap libur semester aku selalu balik Jogja.

Jogjakarta lebih dikenal dengan kota pelajar karena banyak universitas ternama terletak di Jogja, tidak hanya dikenal dengan kota pelajar. Jogjakarta juga dikenal dengan wisata alam yang menajubkan, banyak turis mancanegara yang memilih Jogjakarta sebagai tempat wisata. Bahkan di akun twitternya seorang dalang yang terkenal seantero, Sujiwo Tejo pernah berkicau gini nih "Pergi ke Yogya adalah caraku menertawakan kesibukan orang-orang Jakarta". Nusuk banget gak sih. Heuheuheu


"Eh, di Jogja ada apa aja? Kok sampai segitunya orang-orang pada pengin ngejamah Jogja?"



Aku udah bilang tadi lho ya, semua ada di Jogja. Wisata apapun ada. Kalo mau nyebutin tempat-tempat wisata yang ada di Jogja butuh waktu 7 hari 7 malem deh ya biar kesebut semua. Lha wong, banyak bgt. Berikut tempat-tempat wisata di Jogjakarta yang bisa kamu kunjungi :

1. Wisata Pantai
Foto tahun 2014 di pantai Jungwok

Pantai di Jogja banyak banget asli, ngejamah puluhan pantai cantik di Jogja gak cukup barang satu dua hari. Apalagi kalo disetiap pantai kita ngcamp. Demen banget ke pantai yang masih asri, kayak privat beach gitu. Contohnya pantai Jungwok yang ada di daerah Gunung Kidul. Nagih banget pengin ngcamp di pantai ini lagi.


2. Wisata Pegunungan
Foto tahun 2015 di Kali Biru

Waw, gunung.. Bagi yang maniak banget sama wisata alam, pas denger kata gunung rasa-rasanya pengin banget langsung loncat, pengin banget langsung jadwalin kapan bisa naik ke gunung. Hhh. Ada banyak gunung dan bukit di Jogja, mulai dari gunung Merapi, gunung Nglanggeran, Kaliurang, Kebun Teh Nglinggo, Puncak Suroloyo, Kalibiru dan Kebun Buah Mangunan.


3. Wisata Goa

Ada goa di Jogja? Ada dong, namanya Goa Pindul, beeehh.. Sungguh wisata yang nantang banget, jadi kita susur goa yang ada air ngalirnya gitu. Ada juga Goa Sriti, susur goa tapi goanya kering. Jadi kita cukup jalan kaki menyusuri goa Sriti. Letaknya masih di Gunung Kidul.

4. Wisata Sejarah Budaya
Museum Affandi

Untuk wisata sejarah budaya kamu bisa ke museum-museum yang ada di kota Jogja, museum Affandi misalnya. Banyak banget lukisan yang menakjubkan disana. Lalu bisa coba ke museum Batik, museum Jogja Kembali. Di 0 km Jogja juga terdapat museum Benteng Vredeburg dan Taman Sari. Sesekali wisata budaya biar makin berbudaya hidup kita. Hihihi

5. Pusat Perbelanjaan dari yang tradisonal hingga Modern

Wah untuk urusan belanja gini kayaknya cewek paling sigap. Ada banyak pusat perbelanjaan di kota Jogja, mulai dari pasar Beringharjo, Malioboro, sampai pasar Klithikan yang menyediakan barang-barang jadul. Buat kalian yang hobi membaca silahkan mampir ke Shopping, tempat ini menjual berbagai macam judul buku ada yang bekas ada yang baru. Ada juga mall-mall yang gedungnya kayak mau nyakar langit, kayak lippo plaza, ambarukmo, hartono mall dan masih banyak lainnya.


6. Wisata Kuliner

Rasanya di setiap kota selalu punya makanan khas ya. Kayak gudeg Jogja, angkringan kopi Jos sekitar Malioboro, ada juga mie ayam "Tumini" yang selalu ramai karena kuah mie ayamnya menggoda banget. Lokasi mie ayam "Tumini" deket terminal bus Giwangan, ada juga menu wajib setiap kali aku balik ke Jogja namanya "Tengkleng Ayam" sebenernya mirip tongseng gitu, tapi isinya tulang belulang ayam dan kuahnya pedes gitu dijamin cuma ada di Jogja depan Gor UNY. Ada es Pisang Ijo deket Stadion, cilok alkid, daaaan masih banyak lagi yang belum aku sebutin.
(((Oya, mohon maaf untuk wisata goa, pusat perbelanjaan, dan wisata kuliner no pict. Soalnya udah nyari di file gak nemu. Nyarinya susah, kayak nyari orang yang bisa setia. Syussssah. Hahahaha)))

"Ngomong-ngomong buat siapa keistimewaan Jogja coba? Kalo bukan buat kita dan Indonesia"



Jogja tuh ya, semacam candu buat aku. Meski meninggalkan banyak kenangan yang super pait, aku tetep suka balik ke Jogja. *cie cie
Aku sangat menghargai budaya Jogja yang gak pernah luntur walaupun banyak pendatang yang berbondong-bondong ke Jogja. Banyak ragam suku, agama dan budaya pendatang namun tidak mempengaruhi nilai-nilai budaya serta karakter orang Jogjakarta yang memang alus, ramah, andap asor, grapyak dan sangat mengargai orang lain.

Well, aku belajar banyak dari kota Istimewa ini, bahwa untuk menjadi Indonesia yang rukun dan berbudaya diperlukan karakter kepribadian yang kuat. Harapanku semoga Jogja selalu menentramkan bagi siapa saja yang tinggal, menetap atau hanya sekedar lewat. Semoga Jogja gak macet-macet lagi yaaa (-_-)
Yang pasti aku bangga memiliki banyak cerita di Kota jogja, bahwa Menjadi Jogja menjadi Indonesia.

You May Also Like

16 komentar

  1. ciee yang punya banyak kenangan tentang Jogja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih banyak kenangan di Banjarnegara kok mas😅

      Hapus
  2. Asik asikkk. Aku juga lagi mau njogja lagi :D

    BalasHapus
  3. Aku di ajakin dong kak 😁😁

    BalasHapus
  4. jogja selalu ingin kembali ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ternyata ada yang lagi kangen jogja juga nih.. Wkwk

      Hapus
  5. Jogja emang cakep mbak.. Monggo main ke Jogja..

    Btw, itu Candi Mendut udah masuk Kabupaten Magelang di Prov. Jawa Tengah.. hehe

    BalasHapus
  6. Kalau udah kecanduan, obatnya adalah "Kapan Ke Jogja Lagi?" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya nih kecanduan banget.. Semoga segera cus jogja

      Hapus
  7. Yogyakarta itu gak ngebosenin, selalu ada hal baru hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget, tp skrg udah mulai ngebosenin macetnya :(

      Hapus