Mengintip Negeri Atas Awan dari Bukit Scotter

by - November 25, 2017

Bukit Scotter @bajalananblog
Banguuun! Banguuun! Udah subuh nih. Suara itu memekikan telingaku, sepontan aku membuka mata dengan paksa. Ah sialnya, lampu kamar sudah menyala membuat kepalaku pening. Maklum aku nggak biasa tidur dengan lampu terang, apalagi pas melek mata langsung kena cahaya, silau.... Sesilau lihat pacar jalan bareng orang *tendang pintu*

Tanganku segera meraih hp di ujung meja samping tempat tidur, dengan mata sedikit terpejam aku memencet layar hp, terlihat pukul empat pagi. Udara Dieng yang sangat dingin membuat tubuh sedikit kaku, tubuhku enggan digerakkan, tapi mau nggak mau harus segera beranjak dari tempat tidur. Aku mengumpulkan tenaga untuk menyingkirkan selimut, mengambil air wudlu, shalat subuh dan prepare tracking ke bukit Scotter. Bukit ini teretak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di sebelah utara obyek wisata kompleks Candi Arjuna. Bukit Scotter ini berada di ketinggian kurang lebih 2.200 mdpl.

Tiket masuk bukit Scotter hanya lima ribu rupiah, kita bisa menikmati Dieng dengan spot terbaik dari atas bukit. Pukul 05.20 kita mulai tracking menuju bukit Scotter, sekitar 30 menit melakukan tracking aku tiba di bukit. Kalau kalian jalannya cepet, bisa cuma 15 menitan sampai bukit loh. Soalnya aku banyak berhentinya, sebentar-bentar berhenti 'ckrek', sebentar-bentar berhenti balik badan dan nengok ke belakang. Nggak papa nengok ke belakang, lha wong pemandangannya bagus banget, asal nggak nengok ke belakang cuma buat melihat 'masa lalu' terus-terusan ya, hahaha

Masih setengah jalan, pemandangannya udah seindah ini @RoisArdian
Medan yang dilalui juga aman kok, nggak susah, nggak nanjak banget, cuma becek sedikit doang. Bukit Scotter ini bisa dibilang cocok untuk piknik keluarga. Kenapa? Karena medannya mudah dilalui, ada gazebonya juga, dan pemandangannya bisa untuk memperkaya pengetahuan anak. Jadi kapan kita berkeluarga lalu ajak anak kita piknik kesana? Hahaha

Yeay akhirnya kita sampai di bukit Scotter. Kebayang kan indahnya? Indahnya tuh melebihi kenyataan mantan minta balikan. Dududududu

Muka-muka belum mandi dan sarapan. Kita sampai di bukit Scotter Dieng @bajalananblog
Terlihat semburan asap dari kawah di belakang kita @RoisArdian
Di bukit Scotter kita nggak kebagian menikmati sunrise sesuai rencana. Ya gimana dong, kita aja naiknya kesiangan. Yah walaupun kita nggak bisa melihat matahari nongol, kita nggak kecewa kok karena view dari bukit Scotter ini indah banget. Serius nggak bohong. Dari atas sini kita bisa melihat hamparan pertanian kubis, kentang, kacang, lalu nampak pemandangan gunung yang berdiri dengan kokohnya seperti Gunung Sindoro dan Gunung Prau, juga ada telaga, kawah dan candi Arjuna terlihat dari atas sini. Pemandangan ini yang membuat Dataran Tinggi Dieng dikenal dengan “Negeri Atas Awan”. Pokoknya dari sini kelihatan semua deh, yang nggak bisa kelihatan disini itu "j-o-d-o-h" Wkwkwk

Bukit Scotter @bajalananblog
Setelah puas mengambil foto, kita turun bukit lalu menuju penginapan D'Qiano untuk mandi dan sarapan. Buat kamu yang mau tracking bukit Scotter jangan lupa sarapan dulu, kalau kiranya masih terlalu pagi untuk sarapan, usahakan bawa bekal ya. Jangan lupa sampahnya dibawa pulang, sayangi alam juga dong, jangan cuma sayang sama gebetan orang *emm

Liburan di Dieng nggak bakal selesai untuk dijelajah dalam waktu satu hari. Ada banyak keindahan yang mesti kamu nikmati jika berkunjung ke negeri atas awan ini. Selain bukit Scotter, kalian bisa mampir ke kawasan Candi Arjuna, Telaga Merdada, dan Waterpark tertinggi di Indonesia

"Tulisan ini merupakan rangkaian kegiatan Famtrip Blogger dan Media diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banjanegara"

You May Also Like

39 komentar

  1. dari dulu pingin jalan-jalan ke dieng tapi belum kesampaian :(, bagus banget ya pemandangannya dari atas, kayaknya dingin banget ya kak sampai pakai jaket tebel-tebek XD.

    kalau ada waktu berkunjung ke blogku ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera kesampean piknik ke dieng yaaa, ada banyak tempat wisata yang rekomended banget looh

      Hapus
  2. Wow pasti seru disna yah, liat mbanya, eh maksudnya pemandangan di belakang mbanya sudah membuatku takjub. Apa lagi kalo berada di sana pasti mbanya cantik, eh maksudnya pemandangannya cantik. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ya dong.. Ayo tak ajak piknik ke Dieng bia bisa liat bocoran surga dan pemandangan cantik.. Include foto bareng aku, hahaha

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Fix aku kurang piknik!

    Terakhir kali main ke bukit atau gunung gitu tahun lalu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fix ayo piknik.. Ajakin teto sekalian prewed di gunung, cicuitttt

      Hapus
  4. Dieeeng!!
    Impian banget, pingin kesini.. tapi kalau musim ujan gini pasti hujan terus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, di dieng lagi musim hujan. Kemarin juga baru jam satu udah hujan deres, kl mau ke dieng mending pas lagi kemarau ya, biar pikniknya puas..

      Hapus
  5. Belum pernah dengar nama bukit ini. Wkatu ke Dieng nggak kesini. Bagus banget pemandangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini termasuk wisata baru sih kak, baru dua tahun ini resmi dibuka.. Jadi blm terkenal bgt, tp pemandangannya tak akui sungguh keren

      Hapus
  6. Pertengahan taun kemaren pengen sekali lagi mendaki Prau trs sekalian explore Dieng, sayangnya g kesampaian..

    Sekarang udah musim hujan dan bukan waktu yang pas buat explore Dieng ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl ke prau mending nunggu cuaca bersahabat mas, biar nggak beresiko kehujanan pas mendaki.. Hhh

      Hapus
  7. wow, indah bigit pemandagannya, meski dingin :))

    Yang pakai jilbab kuning (foto terakhir), Mbak Indah Julianti bukan ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, itu mbak indah.. Dia hampir nyerah tracking tp akhirnya sampai juga.. Lalu kita bahagiaaaa, hahaha

      Hapus
  8. Balasan
    1. Gek piknik dong, jangan syibuk kerja bae.. Wkwkwk

      Hapus
  9. Awalnya foto yang tersebar kalian dari atas itu diambil pake drone. Ternyata dari atas menara/gardu pandang hahahahaha. Semoga tahun ini bisa ke Banjarnegara; mau menikmati hawa dingin kala musim penghujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya yg aku post di blog itu foto diambil dari gardu pandang gitu, ada beberapa juga yg diambil pakai drone tp nggak ku post.. Wajib menyempatkan main ke Dieng loh, buruan mau ganti tahun siapa tahu nemu jodoh disana kak, ckckck

      Hapus
  10. pasti itu kalo malem kerenn deh..... lampu2 kayak bintang2. hemmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, bukit scotter kl malam katanya indah banget, kayak bukit bintang gitu. Kerlap kerlip lampunya, syahdu banget kl nikmatin suasananya bareng pacar *eh

      Hapus
  11. Pemandangan bukit selalu indah ya..ketika matahari terbit, tenggelam atau di malam hari. Bikin betah dan merasa damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, udaranya juga ngangenin.. Dingin, seger banget..

      Hapus
  12. Kalau tidur lampunya nggak dimatiin emang susah ngantuk, sih, buat saya. Jadi mesti gelap~ Tapi beberapa orang ada yang takut kalau tidur dengan lampu mati. :)

    Emangnya mantan ngajak balikan itu indah, ya? Tergantung masih sayang apa nggak juga, kan? Ehh. :|

    Masyaallah indahnya. Dieng harus saya masukin daftar tujuan tahun depan kayaknya nih. Wqwq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitu. Aku nggak bisa tidur kl lampu terang, hhh
      Ya juga sih, tp kebanyakan cewek diajak balikan mesti merasa menang meskipun blm tentu di iyain. Hahaha


      Harus main ke Dieng loh ya kak

      Hapus
  13. Aduuuh...dah pengen maen ke sana lagi nii...penasaran dg sunrise n sunset nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuh kapan mbak Me, agendakan ya.. Yg pasti jangan nunggu famtrip tahun depan, wkwk

      Hapus
  14. penuh perjuangannya tapi viewnya bagus banget meski nggak dapat sunrisenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sebenarnya trackingnya nggak begitu memerlukan tenaga kok, tp ya tetep capek karena suhunya yg dingin bikin perut lapar dan kita belum sarapan waktu itu.. Hhh

      Hapus
  15. aduh, bagus banget. ini mah fix masuk wishlist liburan. makasih reviewnyaaa, ella.

    salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, yak harus liburan kesini.. Jangan lupa ajakin aku juga kak, ckckck

      Hapus
  16. Hadeeeeh,, pasti di sela2 isi artikel dan di komen2, ada kalimat galaunya.. Sabar dek,, hahaha..

    Dieng ini cantik banget sih.. Kayanya tempat tercantik di Jawa Tengah yaa.. Uuuhh gue belom kesooonoooo....

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ya gimana dong.. Bukan galau kok, cuma sedikit resah.. Yap harus ke Dieng bang

      Hapus
  17. Belum pernh ke bukit scooter dan baru tahu,,padahal sdh 3 kali ke dieng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm padahal keren banget loh kl menikmati Dieng dr bukit scotter ini. Next time kl ke dieng lagi coba ke bukit ini Mas

      Hapus
  18. Dieng itu indah :) apalagi datang pas lagi ada festival di sana.
    Lima tahun di Purwokerto, buat saya jadi kenal Dieng dan sekitarnya.
    Salah satu tempat indah di Jateng.
    Love it :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, dieng salah satu andalan wisata kl main ke banjarnegara.. Udaranya bikin kangen yaa

      Hapus
  19. Sama, kak. Aku juga tidur dengan lampu dimatikan :D
    Pemandangannya cakep! Pas ke Dieng aku cuma ke Gunung Prau, ehem, lebih cakep lagi sih pemandangannya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, btw digunung prau kl pas cuacanya cerah bagus banget.. Sayang banget setiap ke gunung prau selalu pas cuaca nggak cerah

      Hapus