Banjarnegara Dengan Kerajinan Keramik Yang Melegenda

oleh - Januari 10, 2018

Proses pembuatan cangkir @rizkichuk
Siang itu awan cerah menghiasi langit Banjarnegara. Senyum ceria tampak menghiasi semua peserta famtrip blogger dan media yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Hari ke dua kami berkesempatan mengunjungi sentra kerajinan keramik. Bus melaju membelah kota Banjarnegara bagian barat. Disana tempat kerajinan keramik diproduksi, mulai dari celengan, asbak, tempat lilin, vas bunga, cangkir, patung, poci, hingga gucci.

Lokasi sentra keramik ini ada di Purworejo Klampok, Kecamatan Susukan. Jika kalian berkunjung ke Banjarnegara lewat jalur Barat (Klampok), kalian akan menjumpai banyak galeri keramik sepanjang jalan.

Koleksi Keramik Usaha Karya Klampok
Setiba di sentra keramik Usaha Karya, kami disambut oleh bu Yanti pewaris usaha keramik dari alm. Masrun Hadi. Beliau menuturkan keramik Usaha Karya dirintis sejak tahun 1969. Usaha turun temurun ini terbilang tetap eksis hingga saat ini. Terbukti pemasaran keramik ini mencakup skala nasional (Tegal, Wonosobo, Jogjakarta, Solo, dll), maupun skala internasional (kawasan Asia, Arab, Eropa dan Amerika). Bisa dibayangkan nggak omset perbulannya berapa? Keramik Usaha Karya mampu menghasilkan omset 200jt/bulan loh, ya maklum lah total pengrajinnya juga banyak, sekitar 600 pengrajin.

Koleksi Keramik Usaha Karya Ada Vas Bunga, Gucci hingga Kursi
Keramik Usaha Karya juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia. Salah satunya perusahaan teh poci Tegal, dimana poci-poci yang dihasilkan dari sentra keramik Usaha Karya Klampok, tetapi poci-poci tersebut lebih dikenal poci Tegal bukan poci Klampok, karena produksi tehnya memang dari Slawi, Kabupaten Tegal. Hmmm, rasanya macam punya pacar tapi nggak diakui keberadaannya ya.. Kit sakiiiit :(

Seperti yang udah aku sebutkan tadi, keramik Usaha Karya nggak cuma memproduksi poci. Tetapi juga memproduksi mulai dari jenis keramik yang fungsional hingga keramik-keramik untuk hiasan interior maupun eksterior. Ciri khas keramik Usaha Karya cenderung berwarna gelap, glossy, memiliki ukiran tegas, dan bolong-bolong (eh apa sih bahasanya ya? Intinya kaya motif gitu lah bolong-bolong)

Setelah puas keliling galeri keramik Usaha Karya, kami berkesempatan melihat langsung proses pembuatannya. Ternyata membuat satu cangkir aja rumitnya kaya hubungan kita ya, mulai dari pengolahan bahan, proses pembentukan (pilin/ putar/ cetak), ukir, penjemuran, penghalusan, pembakaran selama 15 jam, dan terakhir proses pendinginan. Hmmm apalagi kalau bikin pesanan gucci dari India atau Arab, otomatis ukiran dan proses finishingnya harus disesuaikan dengan budaya sana.

Proses Penjemuran Poci Keramik Usaha Karya Klampok
Keunggulan dari keramik Usaha Karya adalah ketahanan keramik yang nggak mudah retak atau pecah, meski dikirim ke Negara yang bersuhu minus sekalipun keramik buatan Usaha Karya tetap kuat karena proses pengendapan bahan dan proses pembakaran dengan suhu tinggi dalam waktu 15 jam. Selain kekuatan keramik, desain yang dihasilkan terbilang unik, karena pengrajin keramik mengkombinasikan ciri khas yang dimiliki keramik Usaha Karya dengan ciri khas budaya tempat tinggal si pemesan.

Proses Mewarnai Keramik
Nah, jika kalian berkunjung ke sentra keramik Klampok Usaha Karya ini, kalian juga bisa belajar membuat kerajinan keramik. Nggak cuma buat orang dewasa tapi juga bisa buat anak-anak TK/SD. Mulai dari pengenalan profesi pengrajin keramik, membuat bentuk keramik (asbak, tempat lilin, vas bunga, celengan, dll) hingga proses mewarnai keramik. Setelah selesai proses mewarnai, boleh tu keramik yang kita buat dibawa pulang. Wah mahal dong kalau pengin belajar membuat kerajinan keramik? Tenang, ora larang ora. Murah banget tau, mau tau berapa? Mulai dari harga 15 ribuan. Murah kan? Yakan? Yadong?

Btw, setelah lihat banyak koleksi keramik buat isi rumah kok berasa jadi pengin cepet berrumah tangga yak *hapus air mata, hahaha

Mungkin Kamu Suka

57 komentar