Menyusuri Sungai Watu Mujur Purbalingga

by - Februari 02, 2018

Airnya jernih banget kan @ditaseptiaanggraeni17
Ada yang nggak suka main air? Atau ada yang takut sama air? Kalau aku sih suka banget sama yang namanya air. Meski cuma ngeliat air doang udah seneng, apalagi bisa kecehan sambil kepo IG mantan. Uwww
Mungkin dulu pas lagi hamil, emakku suka nonton film putri duyung kali ya, jadi anakknya demen banget sama air. Eh walaupun suka banget main air tapi anehnya kadang sehari mandi cuma sekali doang. Sehari mandi dua kali termasuk prestasi banget! Dan jarang banget juga :D

Nah, makannya pas aku diajak susur sungai Watu Mujur buru-buru aku iyain. Sengaja nggak mandi dari rumah, yakan mau basah-bahasan juga. Meski harus menempuh perjalanan selama 30 menit. Hahahaha *cukup gincuan, udah keliatan mandi kok. Makannya buat para cowok, jangan mudah percaya dengan tampilan luar cewek ya, bisa jadi cewek yang kalian puja-puja jarang mandi juga, cuma ngandelin gincu dan minyak wangi. Hahaha

Duh bocor yaπŸ˜… @baturadventure
Sungai Watu Mujur ini terletak di dusun Batur, Desa Panusuapan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Rute yang kami lalui nggak begitu sulit, jalanan udah beraspal kecuali setelah kami sampai di Dusun Batur, kami melewati gang yang diapit oleh rumah warga. Kanan-kiri rumah, jadi kalau ada rumah yang jendelanya kebuka aku harus nunduk takut kepalaku nabrak jendela karena saking sempitnya :(
Apalagi kalau papasan dengan motor lain, nggak bakal bisa! Makannya di komplek ini diberlakukan satu jalur. Jadi jalur masuk dan keluarnya beda. Kalau kalian dari pusat kota Banjarnegara atau Purbalingga kurang lebih harus menempuh perjalanan satu setengah jam.

Sesampainya kami di loket tiket susur sungai Watu Mujur, kami ditawari tiga rute.
Rute satu, jarak 150 M dengan harga 30 ribu.
Rute dua, jarak 600 M dengan harga 60 ribu.
Rute tiga, jarak 1,2 KM dengan harga 90 ribu.
Semua rute memperoleh fasilitas yang sama. Mulai dari guide, helm hingga pelampung. Yang membedakan harganya cuma jarak tempuhnya aja.

Saat kami (berdelapan) sedang berdiskusi memilih rute, tiba-tiba suara petir terdengar mengagetkan. Dudududu. Masa batal sih? Tapi ini demi keselamatan kan ya, hmm. Setelah menunggu guide koordinasi dengan tim susur sungai yang lain, kami diizinkan melakukan susur sungai Watu Mujur rute satu. Mereka nggak berani menyusuri sungai rute dua dan tiga. Takut hujan dan debit airnya membludag, kan bahaya. Baiklah, baiklah. Akhirnya kami bersiap meski agak sedikit kecewa. Sebelum kami nyebur ke sungai, kami briefing dan wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Setelah selesai melakukan pemanasan dan berdoa, kami langsung menuju ke sungai. Yeay, mari kita basah-basahan. Kami nggak perlu jalan kaki terlalu jauh, cuma sekedipan mata doang langsung bisa byurrr. Dingin-dingin seger gitu airnya. Arus sungai Watu Mujur ini nggak begitu deras kok, aman lah meski nggak pakai pelampung. Tapi aku sih tetap pakai pelampung, kan nggak jago renang. Bisanya cuma kecupakan doang :D

Kamu berani nggak? @fiana_nur
Karena cuaca mendung dan sungai ini juga dikelilingi pohon yang rimbun, maka hawa sejuk sangat terasa. Nggak keitung deh udah pipis berapa kali di sungai ini. Hahaha
Menyusuri sungai bertebing dengan air yang begitu bening, manjat tebing, dan sesekali jumping adalah sesuatu yang nggak mudah dilupakan. Apalagi bareng orang-orang tersayang, makin melekat kenangannya. Udah ah stop, nanti kalau udah bahas soal kenangan jadi nglantur ngalor ngidul. Ahahaha

Ini titik penghabisan kami akan sampai di rute satu @yanz_ari
Kami berhasil menaklukan sungai Watu Mujur rute satu dengan waktu sekitar satu setengah jam, maklum lah kami main airnya agak lama. Untung juga nggak sampai lima jam. Hahaha
Yha walaupun jaraknya hanya 150 meter tapi sungguh ini sangat menantang.

Kami kembali ke pos pertama dengan berjalan kaki, ya kali masa mau naik motor? Ya jelas jalan lah ya, hhhh. Setelah kami selesai mandi dan shalat dzuhur, kami pun menghampiri warung yang ada di sekitar sungai Watu Mujur. Warung-warung kecil menyediakan banyak menu makanan, dari mie goreng, mendoan, nasi goreng, pecel, dll. Kalian tahu apa yang ku pesan? Yes bener, mie goreng pakai telor masih jadi menu andalan. Setelah kami sudah kenyang, saatnya kami pulang. Tapi hujan keburu datang. Ya sudah, nunggu agak reda dulu sambil makan mendoanπŸ˜…

Tips melakukan susur sungai Watu Mujur :
1. Utamakan menggunakan kendaraan roda dua, jangan menggunakan mobil. Soalnya akses jalan menuju sungainya nggak bisa dilewati mobil. Nggak ada transportasi umum juga.
2. Perdiksi cuaca sebelum memutuskan ke tempat ini, karena sekarang lagi musim hujan.
3. Bawa kamera sendiri, karena di sana nggak menyediakan fasilitas dokumentasi.
4. Bagi yang muslim membawa perlengkapan shalat, karena di sana belum ada mushala. Jadi kami shalatnya numpang di rumah warga.

Ps: maaf ya, postingan kali ini masih bawa-bawa "mantan" πŸ˜‚

You May Also Like

73 komentar

  1. Travelling terus lho ... Kapan ngajak aku .. Ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain ngajak kang masnya, wong adoh jeh rumahnya.

      traveling ke atu mujur yang ada di Purbalingga adalah sebuah kesempatan yang menarik pisan, soalnya selain panoramanya yang makjleb, yahud dan seruh tantangannya terutama bagi para traveler yang nggak bisa berenang

      Hapus
    2. Weh mas Mad Solihin sibuk ngurusin Desa sih, gimana mau ngajak.. Wkwkwk



      Hahaha, mang lembu nggak terima bgt.. Rumahnya dia deket kok sama aku, yeee
      Yap, bener bgt.. Bisa susur sungai di Watu Mujur tuh emg mujur bgt.. Syahdu, seger, indah pokoknya

      Hapus
  2. tempatnya ini kelihatannya seru banget! pengen sih kesana, kapan ya kira-kira? hehehe
    yang agak PR kayanya jalan ke lokasinya ya... let's see kalo udah rame dan tempatnya dikembangin apakah akses dan fasilitasnya juga bakal meningkat..

    salam kenal ya mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok ayok main ke Purbalingga.. Iya semoga akses menuju sungainya bisa diperbaiki atau diperluas gitu.. Biar nggak kejedot jendela lagi kl lewatπŸ˜‚

      Hapus
  3. Iiihhh.... Serunya. Jadi ingat waktu jalan-jalan ke Mata Buntu sama teman-teman.

    Si mantan malah keasyikan tuh mba dibawa-bawa melulu. Sekali-sekali bawa-bawa saya juga dong! Saya ringan kok, mba. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mantanku entah dimana kok mbak.. Jd nggak mungkin kesenengen, dia jg nggak bakal tahu kl dibawa2 trs, hahaha
      Iya mbak imah kan bbnya nggak jauh beda sama aku, kita sama2 ringan.. Tos dulu tosss!

      Hapus
  4. mmmm... suka air tapi jarang mandi,,,,wah - wah,,,,, :)

    acara susur sungainya sepertinya seru,,,,, ngk ketemu lintah Mbak ?

    Ditempat saya susur sungainya tidak pakai bayar, gratiss,,, 3 bln juga silakan kalau kuat. Sebab sungainya berbeda, dalam dan lebar ( mengerikan :) )

    My Trip My Adventure... !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nggak ketemu lintah, amaaan bgt kang. Ya kali siapa yg mau susur sungai di sungai yg dalam dan lebaaaar? Hhhh
      Pantes aja gratis πŸ˜‚

      Hapus
    2. Alhamdulillah nggak ketemu lintah, amaaan bgt kang. Ya kali siapa yg mau susur sungai di sungai yg dalam dan lebaaaar? Hhhh
      Pantes aja gratis πŸ˜‚

      Hapus
    3. hehehehe....

      Syukurlah itu artinya lintahnya sudah di darat. :) ngk suka lagi hidup disungai sama halnya dengan buaya, sudah malas disungai, sukannya juga di darat.:) jadi aman main disungai.

      Hapus
    4. Kalau sekarang sih malah lebih banyak buaya yang hidup di darat dari pada di air kang. Haha

      Hapus
  5. Kalau sungai aku suka dong apalagi banyak pohon-pohon di pinggirnya adem sambil kicik kicik bumb gitu di air sungai, yang nggk suka itu kalau batal main airnya haha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa cuma aku kl baca kicik kicik bumbum sambil nyanyi? Hhh
      Yap bener, kl udh prepare dr rumah mau main air trs tiba2 batal mmm rasanya kek pengin makan orang ya, haha

      Hapus
  6. Halo, salam kenal, mba.
    Tempatnya keren ya. Semoga saja untuk akses jalan dan fasilitas umum segera dilengkapi. Sehingga memudahkan pengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, salam kenal juga :)
      Aamiin deh semoga kedepannya banyak fasilitas yang memadai biar ramah buat pengunjung juga.. Hhh

      Hapus
  7. Saya kurang suka main air takut karatan nanti dan mudah rapuh, cukup hati ini saja

    saya juga masni cuma skali, kalo pulang kerja udah malem males mandi hahahaha
    klo d tanya ya jawab aja, biar awet takut rusak badannya.. besi aja karatan kena air hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, malah gak tahu jwabnya kenapa mandi cuma sekali sehari,, karena klo sdh plng kerja langsung siap2 tidur

      Hapus
    2. Mas Tama sukanya apa? Goa nggak suka, pantai nggak suka, air juga nggak suka ya Salaaaam! Alibimu biar awet nggak karatan, haha



      Kalau mas idris juga nggak suka air? Sampe2 pulang kerja langsung siap2 tidur?? *sama maksudnya, aku juga*πŸ˜‚

      Hapus
  8. Info Terbaru !!

    Ayo ikuti Kontes Seo dan menangkan hadiahnya dengan total uang 30juta rupiah.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda dan raih hadiahnya !!

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 7 Mei 2018
    Hadian akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di : seoitu99@gmail.com
    Bisa juga kunjungi : http://www.itu99.host/kontes/


    Syarat dan Ketentuan Berlaku !!

    BalasHapus
  9. rame banget ya ka jalan2 sama temen-temen di sungai mujur purbalingga.. bener banget kalau misalkan gabisa pake mobil alangkah lebih baik bawa jas ujan ya kak.. atau payung untuk meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan.. Ulasan yang sangat lengkap kak makasi reviewnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap kak Vika.. Soalnya akses jalan disana nggak mendukung kl pke mobil.. Hhh

      Hapus
  10. Duh, adem bet pastinya duh, suegerrrr...
    Dah lama banget nggak jalan-jalan ke air gitu, belum ada waktu sih..he
    Memang kalau ke tempat seperti itu aku rasa nggak asal otw sih, jadi perlunya bawa pakaian ganti, budget yang cukup dan tentu sehat yang lebih utama.

    Bener, airnya jernih banget, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener, yg paling penting harus sehaaaaat :)
      Aslinya lebih jernih kak, serius

      Hapus
  11. Kapan ke sini lagi, yuh. Ngajak anak GenPI PBG. Wakwaaaw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaaaas!!!!! Buru2 ngontak anak2 GenPI PurbalinggaπŸ˜‚

      Hapus
  12. Tips nomor 2 jelas perlu dipertimbangkan, apalagi cuaca saat ini rada-rada membingungkan. Kadang panas kadang ujuk-ujuk udan dan deres pisan. Jadi bagi yang punya planning berjamaah entah ke mana, siap siaga saja. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener mbak, di sini juga. Kadang panas bgt, eh ujuk2 hujan angin.. Hmmm

      Hapus
    2. Mbak?? Oh come on..

      Ku bukan mbak2. :'(

      Hapus
    3. Ya salaaaam. Sorry, bahahaa
      Habis pke akun wadahspesial berasa sosok cantik banget kan.. Duh, lupa.. Maaf yesπŸ˜…

      Hapus
  13. move on move on! hahahaha
    biarkan mantan mengalir seperti aliran sungai mbak ell wkwkwk

    ah iya, harus pinter2 milih waktu kalo mau susur sungai kek gitu, kan galucu kalo tiba2 ujan terus debit air nya jadi naik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak bisa movon mas, ini berat. Biar kalian saja. Bahahaha
      Iya, kl hujan gede guidenya juga nggak bakal memberikan izin buat susur sungai.. Hhh

      Hapus
  14. Saya juga kalau kondisi kayak gitu pasti lebih milih makan mie goreng lebih yahud di lidah.

    Wahh... ketauann nih jarang mandi :)

    kok mantannya gak di ajak? he..he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap,kapanpun dimanapun mie goreng telor itu juaraaaaa..
      Yah, mantannya nggak tau dimana, kl tau tak ajak beneranπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  15. Jalan-jalan teroosss.. Teroooss mbak teroosss jalan ke depan. jangan inget mantan lagi. Mupon lah mupon πŸ˜‚

    Seru banget klo liat gambarnya tapi.. Pa lagi sama temen2 yang klob dan emang gokil. Hmmm mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo bawa mantan ya mbak :D #ehhh

      Hapus
    2. Mbak anggun jd mamah dedeh aini lah, cepetan!!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Kl jalan terooos takut nabrak ih


      Welah mas yogi ikutan bawa2 mantan? Duh, berat mas, km nggak akan kuat. Biar aku ajaπŸ˜‚

      Hapus
  16. Adventure lagi ya mba, hehe
    Sepertinya seru dan asik ya, semoga saja bisa kesana kapan" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, bosen ya baca postingan adventure mulu?πŸ˜…
      Udh ada tulisan terbaru yg menye2 itu loh, bukan adventure lgπŸ˜‚

      Hapus
  17. Suka bangat kayaknya adventure yaa,, klo di jawa tengah emang bnyk bngt destinasinya

    BalasHapus
  18. Bagus juga, orang pemalang baru tahu, he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang pemalang mesti explore ini loh.. Nggak jauh2 bgt inihπŸ˜…

      Hapus
  19. Pipis di air adalah kenikmatan~ Nggak akan ketahuan orang. Yang penting jangan ada yang deket kamu dan supaya saru bisa sambil jalan gitu. Hahaha.

    Saya jadi inget pernah kelamaan main air terus keram. Syukur ada temen yang mau nolongin dan nuntun. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mas Yoga bisa aja.. Nggak boleh sambil jalan noh.. Hhh
      Iya, biasanya kl kelamaan main air bisa kram..

      Hapus
  20. Kenapa ngakak sih bacanya xD Kamu pipis berapa kali, ngompol ya? xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa kali ya? Lupa, yg jelas lebih dari dua kali mbak, haha

      Hapus
  21. tempo lalu aku ikut yang cave tubing aja udah seru apalagi yang ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain koh cobain.. Sensasinya lebih greget loh, hhh

      Hapus
  22. Baru aja mau saya tegor postingan bawa-bawa mantan, eh ternyata di baris paling bawah malah udah di perjelas...

    Soal rute, ada tiga jalur, tapi jalur 2 dan 3 belum tentu bisa lewati.... hemmm.... kecewalah..

    Poin kedua di tips susurnya bener-bener nasib yang nentuin....


    Keren dan seru ya...

    Kasihan nih orang yang kurang piknik kaya saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku perjelas takut diprotes sama kang Nuhan. Hahaha
      Piknik lah kang, piknikkkk

      Hapus
  23. duh mbak ella ya jalan2 terusss
    aku gak diajakin

    mau dong yang trip paling jauh itu biar seruuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh ya keliatannya doang jalan2 trs, hhh
      Sini main ke Banjarnegara ayo ngtrip

      Hapus
  24. Saya suka kalau cuma main air kobokan, Mbak..kalau main beginian nggak berani *gigit ujung baju :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bgt tau mbak, masa nggak berani? Hhh
      Kl udh nyoba bisa ketagihan loh, :D

      Hapus
  25. Bawa bawa mantan, baru putus yaaa? πŸ˜„

    Ih airnya jernih dan aku yakin pasti adem banget. Pengen nyebur jadinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. No. No. No. Nggak baru putus juga :p
      Sana nyebur sumur aja *eh

      Hapus
  26. Saya suka banget maen air! Boleh nih tempat wisatanya!

    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kalau pas ke Purbalingga coba mampir ke sini aja :)

      Hapus
  27. Walaupun suka air tapi jarang mandi. Muaahahah. *liat kaca
    Itu enak banget sih muraaaah. Pengin banget bisa jalan-jalan ke tempat kayak gitu tapi susah cari tiket keretanya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. *pura2 nggak punya kaca* haahha
      Kl mau naik kereta api, stasiun terdekat dari Purbalingga ya di Purwokerto. Dari Purwokerto ke lokasi ini lumayan jauh, sekitar 2,5 jam.. Wkwkwk

      Hapus
  28. Ooh susur sungainya ga pakai perahu to? Aiih...

    eh..mantanmu yg mana, El? Hihi..*kepodetected

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Me. Nggak pakai perahu, kita jalan kaki nyusuri sungai, naik tebing, jumping ah ya seger bgt. Ku jg nggak tau mantanku yg mana mbak, banyak sih *sombong. Hahaha

      Hapus
  29. sis ini nanti disomasi cewek sedunia lo buka rahasia cewek nggak suka mandi, btw arung jeramnya mantap nih mbak pingin juga ngerasakan gimana adrenalin naik kalau merasakan arum jeram seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha (disomasi) dikartu kuning juga nggak kang? Wqwqwq
      Yap, ini nantang adrenalin bgt.. Karena naik2 ketebing, jumping, lalu nyusuri sungai jalan kaki

      Hapus
  30. Itu rutenya makin sempit ya? Kok bagus ahhahahaha. Lama nggak main seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makin sempit, kl pas ketemu jendela rumah kanan kiri yang di buka, siap2 kepala nunduk.. Hhh

      Hapus
  31. udah mbak, mop on, buanglah mantan pada tempatnya.. kalau di bawa2 terus kasian. salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaha, udah mupon kak udah.. Cuma muponnya hitungan detik doang, nanti kumat lagi. Bahaha

      Hapus
  32. Wah ikut basah2an menikmati susur sungai nih mbak Ella. Terima kasih ya sudah mampir di blog rynari. Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, seger banget basah2an di sini.. Oke salam hangat kembali :)

      Hapus
  33. Mba itu body rafting bukan....

    BalasHapus