Asyiknya Snorkeling Di Umbul Ponggok

by - April 15, 2018

Umbul Ponggok, Klaten
Baru aja selesai shalat maghrib, tiba-tiba terdengar suara salam dari balik pintu kos. Fix, pasti Agil nih mau jemput aku. Buru-buru aku melipat mukena, menyambar jaket yang ada di kursi, dan mengambil ransel kesayangan. Malam ini kami bertiga akan melakukan perjalanan Purwokerto-Yogyakarta-Klaten. Ada mas Ikmal, Agil dan aku. Jangan tanya aku mbonceng atau bawa motor sendiri, tetep dong ya kalian tau jawabannya.πŸ˜‚

Cuaca malam itu sangat bersahabat, hujan berhenti saat kami keluar dari kos. Kami tidak perlu mengenakan jas hujan, hanya saja harus lebih berhati-hati untuk menghindari kenangan di jalan, eh menghindari genangan maksudnya.πŸ™Š

Motor kami melaju kencang. Saat melewati jalan "nggronjal", sekali dua kali helm kami "jedugan" ah ya sudah biasa sih. Menurut Agil yang nggak biasa tuh setiap aku ngilat pom bensin minta berhenti, ya gimana kalau berpergian malam naik motor tuh hawannya dingin bawaannya pengin pipis mulu.πŸ˜…

Kami tiba di Yogyakarta pukul 11 malam. Aku memilih langsung tidur untuk menyiapkan tenaga. Nah, esok paginya dengan tenaga yang terbarukan, *yakali terbarukanπŸ˜‚
Kami memulai perjalanan menuju Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok adalah sumber mata air yang biasa dimanfaatkan sebagai pemandian dan snorkeling yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Tetep dong mengandalkan google Maps, ya gimana kami nggak tahu jalan menuju Umbul Ponggok sih, cuma tahu jalan menuju hatimu, Dul. Eaaak

Sampainya di parkiran Umbul Ponggok, rasa bahagiaku sedikit berkurang. Kenapa? Karena ramai gilak, kaya es cendol dawet begitu. Ya gimana, namanya juga tempat wisata kan. Mau nggak mau kami harus antre untuk membayar tiket masuk, oke baiklah. Setelah berhasil masuk, kami masih harus antre untuk menyewa peralatan snorkeling. Serius, diantrean ini aku udah mulai kezeeeel. Hampir satu jam ngantre coba. Tapi demi menuntaskan rasa penasaran dengan kolam ini kami pun harus rela mengantre.

Umbul Ponggok, Klaten
Oke, peralatan snorkeling udah di tangan. Pikirku kami tinggal nyebur ya, saking bernafsu banget pengin nyebur sampai lupa belum menitipkan barang-barang kami. Ya salaaaam!!!! Harus antre lagi di loker penitipan barang. Tapi bodo amat, aku langsung main air aja, jadi Agil yang ngalah, dia yang antre. Hahaha

Sebelum nyebur aku sempet duduk di bibir kolam, memasukkan kedua kaki ke dalam air, merasakan dinginnya air Umbul Ponggok ini. Beneran dingin banget. Tapi tetep lebih dingin sikapmu sih Dul. πŸ˜‘
Sembari duduk, aku mengamati ikan warna warni dengan berbagai ukuran di tengah kolam. Ada beberapa ikan yang mendekat ke arahku, sempet heran kenapa ikan-ikan ini sama sekali nggak takut dengan orang-orang ya. *entahlah, ikan-ikan ini telihat bahagia banget malah

Kolam Umbul Ponggok ini nggak seperti kolam renang pada umumnya, dasar kolam ini masih sangat alami berupa bebatuan dan pasir. Meski banyak poperti instagramable di dasar kolam, kami lebih senang memilih foto bareng ikan-ikan. Maklumlah, bukan anak ketje dan hitz. Hhh

Snorkeling di Umbul Ponggok, Klaten
Pokoknya asal kalian bisa renang bakal puas foto-foto di dalam kolam ini, e tapi aku nggak bisa renang juga tetep bisa foto-foto kok, ya kan ada Mas Ikmal dan Agil. Mereka gantian jagain aku di dalam kolam. Hahahaha, demi apa coba? Demi bisa sombong pamer foto-foto snorkeling.πŸ˜‚

Kolam Umbul Ponggok ini nggak begitu dalam kok, sekitar 2,5 meteran lah. Jadi aman buat orang yang nggak bisa renang kaya aku ini. Nggak usah lebay takut tenggelam. Paling tenggelam juga gegara kenangan mantan. Hahaha *apasih!

Air kolam Umbul Ponggok bener-bener bening, jernih banget. Nggak bikin mata merah karena nggak ada kandungan kaporitnya, biasanya kan kalau aku berenang di kolam renang, baru setengah jam mata udah merah banget.

Umbul Ponggok, Klaten
Setelah tiga jam main air di kolam Umbul Ponggok, badanku mulai menggigil. Aku memutuskan naik ke atas menyudahi snorkeling lalu mengisi perut di tempat makan pinggir kolam. Karena kalian tau nggak? Fasilitas pendukung di Umbul Ponggok lengkap banget, ada banyak tempat makan di pinggir kolam, banyak tempat duduknya juga. Trus buat bu ibu yang bawa anak kecil nggak usah khawatir nggak bisa mainan air ya, karena ada kolam anak dan taman bermain anak. Selain ruang ganti dan toilet, ada mushalanya juga kok.

Pukul 13.30 Wib kami kembali ke Yogyakarta. Oya, tiket masuk Umbul Ponggok tahun 2016 Rp. 10rb/orang, sewa kamera underwater untuk 30 menit Rp. 60rb, sewa loker Rp. 5rb/unit, sewa pelampung Rp. 7rb/unit, sewa kaki katak Rp. 7rb/unit, sewa masker snorkel Rp. 13rb/unit. Umbul Ponggok buka setiap hari jam 07.00-17.00 Wib.

Noted : Safety first ya!!! Nggak boleh terlena dengan keindahan underwater Umbul Ponggok, yang ada nanti malah banyak nelen air. πŸ˜‚

You May Also Like

65 komentar

  1. Asyiknya oyyyy...foto2 didalam air, saya blm pernah membuat foto didalam air.. :) coba bawa poster yang bertuliskan " Ellafitria.com " pasti kerennn tuch.....Mbak. :)

    kuat bernafas juga yach didalam airnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, nggak sempet bawa2 foto tulisan mas. ya gimna, bawa badan doang susah banget take yg pas. hhh

      Hapus
  2. Wah mantep tenan mbak, iki cedak omahe mbah.. ada agenda kesini cuma belum ketok palu. Hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndang agendakan to, seklaian silaturahmi kro mbahe. tapi saiki mesti wes ruamai pol mas

      Hapus
  3. Wooo aku pernah nyemplung disitu... Senyam senyum dalem air di depan kamera... Ya ampiuuunn airnya kayak sikap dia ke akuh... Duingiiin. πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, wah jangan2 dulu kita bareng kesananya.. wkwkwk
      yosh, adem banget banyune nggun. tapi jih ademan sikap mantan ke akoh :( *ini aku nggak tau malu banget, haha

      Hapus
  4. Asik foto" di dalem air, pasti seru ya mbak
    Jadi pengin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mas.. Seruuu banget, habis itu cengep2 nahan nafas di dalam air :D

      Hapus
  5. Dari dulu, zaman sebelum negara api mulai menyerang dan avatar masih belum muncul, gua pengen banget foto dalam air, airnya air Toba atau air susu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Kampret nih, ya gimana skrg avatar udah muncul, jadi simpan saja seinginanmu kisanak :D

      Hapus
  6. 2012 saya pernah kesini pas awal-awal jaman kuliah. Belum terlalu terkenal, jadi masih lumayan sepi pengunjung. Nggak seramai sekarang. Oiya, katanya kalau mau foto bareng properti di dalam kolam juga bayar lagi yak? Ckckck...duit kita cuma habis demi foto-foto doang? Tiket masuk murah, tapi bayar sewanya.....mahal. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun ke sini tahun 2015n mas, itu udah ramai banget. nggak kebayang deh kl sekarang seramai apa. yap bener, kl mau foto bareng poperti harus bayar lagi. Tapi aku nggak pengin foto ala2 seleb instagram sik, haha

      Hapus
  7. Woooow! Asyik banget nichh.... bikin videonya jadi kayak MTMA. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, nggak sempet bikin video mas. lha gimana, pose begitu aja susah banget sampai ratusan take. wkwk

      Hapus
  8. Beehhh, asik ya bisa nyelam bareng ikan-ikan, asal kuat tahan napas aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, aku juga sekali take langsung ambil nafas ke permukaan. gitu aja terus sampai capek. tapi asyik sih

      Hapus
  9. Besok-besok nyelamnya gaya batu saja. Byurrr dan diam

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengin banget biar aku melebur di dalam air? :(

      Hapus
  10. Aku malah rung tau mrene..
    Ora iso renang e.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. podo mas, aku jugak ra iso renang og. wkwkwk

      Hapus
  11. Waa lumayan murah juga ya kak ella main disana.. itu temen cwoknya apa pacarnya hayoo? Keren juga nih ka ella bisa snorkeling lama2.. xixixxi hebat nih.. jadi mauuu donk kak ikutan xixiixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah cemburu teh...biarkan mereka berbahagia dengan orang yang di c..tainya...

      awas jangan sampai kehabisan nafas ya...?

      Hapus
    2. itu Agil, temenku dari kecil ih bumil.. kl sama pacar sih udah musnah nih rasa nyesek. wkwkwk

      Hapus
    3. Itu sepertinya bodyguardnya mba Ella deh...wkwkwkwk

      Hapus
    4. Hhh, iya kang dodyπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  12. Kalau foto senyum di dalam air, gak kemasukan air kan mbak?
    Maklum, saya penakut terhadap air dan sangat tidak berbakat untuk berenang. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, yo kemasukan air mbak. tapi nggak sampai kembung kok. wkwkwk

      Hapus
  13. Klo gak bisa nyelam gimana ya? Ditenggelamin dulu, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, harus ditenggelamkan dulu. hahaha

      Hapus
    2. Hahaha,, soalnya gak bisa nyelam.. Dulu juga pas di laut mau underwater di tenggelamin juga

      Hapus
    3. Hahaha, podo mas. Sakjane aku juga, tp yo lama2 iso.. Hhh

      Hapus
  14. saya ngak pernah snorkelling.

    pasti best banget.

    BalasHapus
  15. Tuh kak Ella sukses nyelam berendam air 😁 ..., pake acara kesedak, ngga ?.

    Sepertinya tingkat kesulitan di air kolam lebih mudah ya,kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, nggak tersedak sih mas. tapi yo sekali take langsung ambil nafas ke permukaan. wwkwkwk
      iyes bener, kalau di air kolam kan airnya tenang tuh.. hhh

      Hapus
    2. Hahaha ... πŸ˜ƒ
      Bayangin kak Ella bentar2 take ambil oksigen seru juga kayaknya ...

      Kalo dulu aku snorkling di laut buat bikin foto berkali2 kesedak, kak πŸ˜‚
      Jadinya, diulang2in motretnya ...

      Hapus
    3. Hahaha, asem. Jangan dibayangin, udah pasti vapek banget tu

      Hapus
  16. Keren mbak, seru bgt ya, meski nggak bisa renang tapi ttp dpt foto2 yg bagus. Kalo bukan mbak Ella yang ngomong, gak ada yg percaya kalo gak bisa berenang. Inget pas kemarin ke Anyer, ada temen yg nggak bisa berenang, jadi pucat mukanya krn diceburin ke laut.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk iya kak, aku berani nyelam juga karena ini di kolam. kalau di laut mah ogah, wkwkwk

      Hapus
  17. berenang bersama ikan, asikk...fotonya jadi ketche-ketche tuh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik banget, tp tetep ambil nafasnya cengep cengepπŸ˜‚

      Hapus
  18. wahh.. pasti bonceng deh ini orang. udah bonceng beseran lagi. ;)

    ngomong-ngomong itu udah pada mandi belum. main berangkat aja.

    Ketahuan, gak bisa berenang ya? di jagain melulu. tapi kalau berenang ke hati mantan bisa kan?

    di sana ada yang jual mie gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mas andi tau aja.. Kl biar noh, gpp.. udah mbonceng beseran ingetnya cuma mantan. Yasalam. Kok aku miris ke diri sendiri ya. Wkwkwk
      Nggak mandi, lgsg aja berangkat. E kl di hati mantan nggak perlu nyari mie. Udh bahagia dunia akhirat. Buahahaha

      Hapus
  19. Aku pas ke sini datengnya sore, baru main bentar eh hujan. Jadilah basah basahan karena hujan dan karena berenang. Wkwkw
    Buatku asal kakiku nggak napak di bawah, itu berarti dalem. Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, enak malah kl hujan2an dinginnya nggak dingin banget kan..

      Hapus
  20. Waktu foto underwater sambil nyengir itu airnya pada masuk ke mulut gak mba hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.. Yojelas airnya masuk mulut mas.. Bar kui perutnya kembung. Hahaha

      Hapus
  21. iiiiihhhh.. ngirik berat. Ini seru banget!
    Murmer yaaa.. Bagus nih buat referensi kalo eneg sama jakarta. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iyaaa, cus refresh ke klaten jangan di jakarta muluuukk

      Hapus
  22. Selalu ada celah untuk memplesetkan kata, bagus mbak!

    Sudah lama tidak main air, kalau seumpama nyemplung dan langsung nyelem rasanya beberapa menit udah ke atas lagi untuk ambekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha *aku bocahmu kak
      Podo, aku juga gt. Nyelem beberapa menit njuk ke permukaan lagi buat ambil nafas. Hhh

      Hapus
  23. saya udah pernah dong ke umbul ponggok. *ciesombong. hehe tapi nggak nyebur cuma nemnin teman-teman doang. wkwk #nggakcocokdiair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, yah ku kira kesombongannya mau dipamerin lebih lanjut smpe selfie2 underwaterπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. Aku belum pernah selfie dalam air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain nyemplung di dalam kolam trus selfie. Wkwkw

      Hapus
  25. tempatnya asyik banget buat berenang nich mba, jadi pengen kesana dech

    BalasHapus
  26. Asik banget dah ini, serasa ikut seger disini. Tapi kok nggak basah ya..haha
    Waktu itu mau otw, eh hujan.. :D
    Selain asik luas juga ya tempatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, yo gek nyang umbul ponggok mas. Mumpung masih tinggal di jogja, hhh
      Biar basah beneran

      Hapus
  27. kliatannya asik bisa snorkling... saya malah nggak pernah sama sekali soalnya takut air kalo nyelam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung takut airnya kl nyelam, coba kl mandi juga takut air. Bakal nggak pernah mandi ya gus?πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  28. Udah denger tentang Umbul Ponggok dari lama,, udah banyak juga yang ngomporin untuk coba nyemplung kesana,, tapi belum kesampaian. Ya kalo pas hari libur males kesana, rame katanya. Tapi kalo pas hari biasa, temennya nggak libur. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiya mbak, weekday aja skrg ruamai banget katanya.. Hhh

      Hapus