Pesona Tumbuhan Laut Di Pantai Krakal Gunungkidul

by - Mei 07, 2018

Pantai Krakal, Gunungkidul
Jika sudah di Yogyakarta rasanya ada yang kurang kalau nggak nyempetin mampir ke pantai, iya nggak sih? Ncen cah nggunung iki, diajak ke pantai aja udah bungah nggak ketulungan. Hhh.. Makannya susah nglupain Dul, karena dia sering banget ngajakin aku ke pantai. Lha ini kenapa bawa-bawa Dul lagi sih? Yabodo amat, kemarin aja aku nulis tanpa bawa-bawa nama Dul, malah podo protes ngledek kok. Tapi kalau begini terus gimana hati gue bisa move on woi, gimana?! *sambil bertanya pada rumput yang bergoyang!๐Ÿ˜‘

Stop ah bahas Dul-nya bikin mau netesin air mata nih, *ini mah bahas sendiri, nggak terima sendiri juga๐Ÿ˜‚ Eh mending sekarang balik lagi bahas pantai-pantai indah di Gunungkidul aja. Kaya lebaran kemarin tu, gegara liat foto-fotoku di pantai Krakal, adekku minta main ke pantai Krakal. Yawes, aku turutin aja toh kami sedang berada di rumah mbah tepatnya di Wonosari, jarak dari rumah mbah ke pantai Krakal juga nggak terlalu jauh kok. Tapi, you know that?! Macetnya gilaaaaa, jalannya dibikin buka tutup begitu karena kendaraan di area pantai sudah membludag bangeeet. Baiklah, baiklah, aku harus bersabar nih siapa tahu jadi disayang mantan kan?๐Ÿ’ƒ

Setelah bersabar namun tak kunjung disayang mantan, aku nggak putus asa dong, tetap berusaha membahagiakan diri sendiri. Hahaha
Seketika moodku balik lagi saat mobil sampai di parkiran pantai Krakal, begitu turun dari mobil terdengar suara ombak bersahutan disusul dengan angin yang lumayan kenceng. Syahdu banget Tuhan.... Entah sudah berapa kali aku menginjakan kaki di atas pasir putih pantai Krakal, meski dari dulu pantai ya gitu doang, nggak ada yang berubah tapi tetep aja nggak pernah bosan.
Pantai Krakal, Gunungkidul
Salah satu yang bikin takjub di pantai Krakal adalah tumbuhan laut hijau yang bisa terlihat jelas meskipun terendam air pantai, karena air pantainya tuh bener-bener jernih banget ditambah pemandangan pasir putih dan banyak karang sepanjang pantai Krakal.

Nggak cuma itu lho, ada juga tebing-tebing dan bebatuan karang. Sakjane kemarin pengin petakilan naik bebatuan karangnya, tapi keburu ditelpon bapak nggak boleh manjat-manjat tebing. Jadi ya sudah lha. Zonk! Firasat bapak ibu memang jarang meleset. Mereka kaya punya indera ke-6.๐Ÿ˜‚ Nggak papa deh nggak bisa naik ke tebing, cukup jalan di bibir pantai trus ada yang motretin juga udah bahagia banget kok. Walaupun ku nggak lepas sepatu, karena karangnya tajam coy, nggak berani telanjang kaki.

Lokasi Pantai Krakal

Pantai Krakal ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau dari kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar dua jam. Lebih tepatnya buka google maps aja๐Ÿ™Š Sepanjang jalan menuju pantai juga ada petunjuk jalan/plakat kok. Jadi nggak usah takut nyasar. Cukup sudah nyasar di hati mantan aja, cukup!๐Ÿ˜‘

Akses jalannya juga udah mulus banget kaya pantat bayi, nggak kaya akses jalan menuju Pantai Jungwok yang dulu masih bebatuan, nggak tahu kalau sekarang. Yang jelas kalau mau ke pantai Krakal lebih enak bawa kendaraan sendiri. Atau lebih enak bonceng mantan, *eh

Fasilitas Di Pantai Krakal

Kalau menurutku, fasilitas yang ada di pantai Krakal ini udah cukup memadai kok. Kita nggak bakal kelaparan karena udah banyak penjual makanan ringan dan makanan berat, ada gazebo dekat pantai juga, trus toilet, dan beberapa penginapan di sekitar pantai Krakal. Sekarang banyak juga properti untuk swafoto di bibir pantai yang instagramable banget. Tapi maaf ya, nggak ada mantan atau jodoh di sini. Yang ada cuma kenangan doang, belum bisa hilang nih, padahal udah sampai gegar otak tapi tetep aja keinget. Duh!

Tarif Masuk Pantai Krakal

Cukup membayar Rp. 10rb/orang di loket masuk kawasan pantai Gunungkidul, kamu bisa menikmati pantai-pantai yang ada di Gunungkidul seperti pantai Baron, Indrayanti, Kukup, dll. Nggak bayar lagi, cuma bayar parkirnya doang. Murah bangeet kan ya. Wong biasanya kalau ke pantai juga bayar Rp. 10rb untuk masuk satu pantai doang lho.

Pantai Krakal, Gunungkidul
Eh ya, ku kasih tips berlibur ke pantai Krakal ya, siapa tahu ada yang pengin berlibur ke sana. Berikut tips berlibur ke pantai Krakal :
  1. Kalau nggak pengin bermacet-macet ria, jangan berlibur saat lebaran atau tahun baru. Kalau weekend masih oke lah, nggak begitu macet.
  2. Kalau nggak pengin kulit belang, berkunjunglah pagi atau sore hari. Tapi kalau kamu pengin ngitemin kulit, silakan berjemur ala-ala bule di sini. Boleh kok, boleh banget.
  3. Jangan melepas alas kaki ketika berjalan di bibir pantai. Bahaya banget nggak sih, kalau telapak kaki kita tergores karang-karang tajam. Kalau aku sih cari aman, mending pakai sepatu atau sandal sepanjang jalan di bibir pantai.
  4. Kaya yang udah ku bilang tadi, gunakan kendaraan pribadi atau bisa Sewa Mobil Jogja karena susah cari angkutan umum. 
Btw, kamu udah pernah ke pantai Krakal? Bagi tips berlibur ke pantai Krakal dong!

PS : ku baru sadar, file foto di pantai Krakal entah dimana :( ku cari dari semalam cuma nemu tiga biji doang๐Ÿ˜ญ

You May Also Like

65 komentar

  1. Saya orang jogja belum pernah main ke pantai krakal, jadi penasaran dengan tumbuhan laut hijaunya. Apakah benar-benar hijau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran hijau mang, serius.. Coba aja ke pantai krakal :)

      Hapus
  2. oh mantanmu namanya DUL; Dul siapa? Duham atau Abdul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki komen paling gagal fokus๐Ÿ˜ฃ

      Hapus
  3. Pesona pemandanganya sangat indah, tapi yang mengusik pikiran saya adalah kok, " wajah " sosok wanita di dalam gambar tersebut tidak kelihatan ? jangan2 sengaja di sembunyikan biar si " dul " ngk liat. :)

    Dul = dulian luntuh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, bener kang.. Biar dulu penasaran. Dulian luntuh *ngakak aku

      Hapus
  4. 10ribu per orang?
    Jadi beli orang harganya 10ribu?
    Walah murah y
    Aduh mba saya udah item, gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah bgt tu, sana beli.. Ya km item kan udah dr sananya, terima aja terima๐Ÿ˜‚

      Hapus
  5. bersih pantainya, nggak kalah sama bali, kalau ke pantai jogja biasanya beli gorengan hewan apa namanya yg sering dijajakan di pantai ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas.. Hewan apa sih? Walang? Aku nggak berani makan gitu, seafood juga nggak.. Hhh

      Hapus
  6. Setelah lama bersabar tapi tetap tidak dusayang, hehe ,,, bacanya gimana gitu
    pemandangan yang indah
    setuju banget kudu cari hari yang pas biar terhindar macet apalagi di hari raya
    mending kunjungan kerumah camar kali ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Camarnya siapa mbak? Siapa? :(

      Hapus
  7. cantiknya ya Pantai Krakal. aku pernah main ke Jogja tp cuma sebentar, gak sampe 24 jam hihi
    harus balik lagi ini mah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikk dong balik, cobain ke pantai gunungkidul mbak

      Hapus
  8. Sudah pernah kesana, kalo siang emnk panasnya kehangatan. Cocok bngat buat tidur siang di saung2 nya sambil makan kuaci ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin belang2 iya mas, wkwk
      Iya enak bgt tu, anginnya kenceng juga

      Hapus
  9. Pantai nya bersih eyy keren hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bersih, tp nggak tahu skrg.. Hhh

      Hapus
  10. saya malah belum pernah ke sana mbak
    itu terlihat sangat dangkal sekali yang di bibir pantai, sampai-sampai terlihat tanamannya. Ataukah itu kotoran ya

    kurang banyak itu fotonya, semoga cepat menemukan fotong yang terselip di sekatnya pintu lemari itu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan kotoran mas.. Tp kaya lumut2 gitu, bersih banget ih pantainya. Airnya juga jernih.. Apaan fotoku nggak terselip di sekat pintu lemari :((

      Hapus
  11. Paling senang ketika menyusuri pantai-pantai di sepanjang gunungkidul. Ke krakal dulu pas piknik RT. Seru, soale jarang main sama teman2 se-RT :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeeh ramai2 ke krakal? Ncen seru mas, tapi ku nggak berani lepas sendal atau sepatu, karangnya tajam2 ih

      Hapus
  12. Kalo ke Pantai saya sukanya pagi-pagi banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak juga sih pagi, masih dingin gitu ya hawanya. Tp kl aku lebih milih sore :D

      Hapus
  13. Lautnya jernih banget kayaknya, sampai trumbu karangnya kelihatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, jernih bgt.. Dari bibir pantai kita bisa liat tanaman lautnya

      Hapus
  14. Pengin ngulang lagi kesini, tapi belum sempet.
    Enak kali yaa ntar dipantai jejemuran ala-ala para bule ... biar gosong kekinian ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kalau aku emoooh mas.. Berjemur ala2 bule. Gosonglah kulitku

      Hapus
  15. tumbuhan lautnya unik banget sis jadi pingin kesana rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus mang ke krakal.. Asal jgn pas libur lebaran ya. Bakal macet semacet2nya

      Hapus
  16. wkwkkww.. Baca komennya lebih asik dibandingkan baca artikelnya hihih engak deng mami ella.. Artikelnya sangat bagus banget.. saya aja ampebaper pengen ke pantai krakal..Btw kak Ella aku terpesona dengan foto yang sedang pake baju stripes,, seperti sedang menunggu seseorang yang ada disana ya xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, begitu indah persahabatan sesama teman blog meski belum pernah jumpa tetap terasa hangat dan akrab lewat kolom komentar

      Hapus
    2. Hahaha.. Bumil, ku ingin marah nih. Aku udah nggak nungguin lagi bumil. Udah capek nih๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


      Mbak Ummi Hani bener banget, kami blm pernah ketemu tapi udah akrab bgt, wkwkw

      Hapus
  17. saya juga turut terpesona dengan keindahan alam..begitu cantik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku kira akunya yg cantik mas, hahaha

      Hapus
  18. Cantik banget pantainya beniing begitu mbak..kuma diajakin yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoookkk, sini jalan2.. Dedenya dibawa ya mbak, :)

      Hapus
  19. Cuma inget aja air mata netes lo ๐Ÿ˜ญ
    Cemungut mupon lah pokoknya mbak e.
    Aku mau ke pantai juga lah,udah ga tahan dipanas2in postingannya mbak ella terus haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pie nggun? Pie? Kamu pengin ku tendang ke pantai po? Hhh
      Tau sih tau, yg baru aja ke pantai karang mas. Ehm!

      Hapus
  20. Bukan Dul saya 'kan? hehe
    Setiap jengkal Jogja selalu banyak keindahan yang rindu untuk dijelajahi. Salah satu yang belum dari sekian banyak destinasi adalah Pantai Krakal ini.
    Semoga selalu ada waktu.....dan biaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan dul kamu bang.. Wkwkwkwk
      Ku doakan semoga dikasih kesempatan untuk berkunjung ke pantai krakal yaa

      Hapus
  21. peingin bnget pergi kesana tpi sayangnya belum sempat, belum ada waktu yang pas hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera bisa kesana ya kak, indah lhooo

      Hapus
  22. Dulu pernah survei ke gunungkidul, tp belum pernah ke pantai krakal, huhu... Cantik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang bgt nggak mampir sekalian ya mbak.. Cantik bgt lho, kaya aku *eh

      Hapus
  23. jadi baper dan berasa kurang piknik nih, baca postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus piknik lah mas, sebelum besok puasa. Wkwk

      Hapus
  24. Mantep mba pantainya ada karang" juga tumbuhan laut, jadi pengin segera piknik hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw kl pinkik jangan lupa ajak aku lho ya๐Ÿ˜ฌ

      Hapus
  25. Waaahhhh
    Bening banget airnya
    Jadi keliatan rumput laut dan alganya masaa

    Jadi pengen snorkelingggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, airnya bener2 bening banget. Aku nggak berani snorkeling di laut atau pantai kaya gini lho. Ya gimana, ra bisa renang. Hahaha

      Hapus
    2. Iya tuh, airnya bener2 bening banget. Aku nggak berani snorkeling di laut atau pantai kaya gini lho. Ya gimana, ra bisa renang. Hahaha

      Hapus
  26. Ke pantai tapi nggak copot sepatu / sandal itu berasa kurang sah main ke pantainya. Apalagi kalau ke pantai yang lokasinya ada di daerah Gunung Kidul gini. Saya sih hukumnya wajib banget main air & lepas sepatu. Ciblon malah nek perlu. Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerangnya tajem2 mas, pas panas pula. Ku nggak sanggup kakiku terluka berdarah2. Hahaha
      Iya bissanya juga ku ciblon, tp kl pas nggak panas begini. Kalau panas mah emoooh, belang2 nanti๐Ÿ˜ฉ

      Hapus
  27. Jadi kangen akan suasana pantai di Gunung kidul, kangen ngecampnya lah, kangen botram disana..wkwk

    Aku sendiri suka banget mainin si tumbuhan itu sambil maenan air, kalau rumahnya dekat pantai betah kali ya..haha

    Aku salah fokus nih sama tangan yang sedang pegang batu terus itu kain bajunya ya, sekilas kayak ulet :D

    Pernah lho jam 3 aku otw ke pantai siung gunung kidul, subuhan dijalan. Sampe pantai masih sejuk bet..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, ku juga kangen ngcamp di pantai uwwwh.. Yakali kl rumahnya deket pantai bakal bosan lho, liat pantai udah nggak ada wah wahnya. Ekwkek
      Eh iya itu baju, kaya ulet ya. Hihihi
      Wolah, jam 3 pagi. Niat banget ik

      Hapus
  28. sudah mirip-mirip bali ya untuk view tebingnya sendiri... Kalau ke jogja lagi coba ah mampir kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap mas. Tapi tetep beda kok. Hhh
      Kl ke jogja lagi, silakan mampir ke pantai2 yg ada di gunungkidul mas

      Hapus
  29. Tahun 2015 Kemarin aku kesini ama keluarga, nyewa mobil dan nyetir sendiri dari Jogja, cuma bermodal google maps. Lumayan rame kemarin pas akhir tahun, jalannya sempit...papasan sama bus2 besar lagi. Tapi pantainya seru...bersih juga. Anakku sampe nggak mau diajak pulang heheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wolah pasti mas, kl akhir tahun atau libur lebaran udah bisa dipastiin ruamai bgt, hhh
      Duh, anaknya bakat nih jd anak pantai. Ekek

      Hapus
  30. Enaknya di Gunung Kidul itu meskipun rame, paling yang rame cuma pantai itu itu aja. Yang sembunyi sembunyi gitu masih sepi. kekeke~

    BalasHapus
  31. file fotonya ke bawa sama si Dul kali... :) cuma di sisain tiga biji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi itu ke krakal nggak sama Dul ih. Udah deh, jangan bawaw dia mulu mas. Cedih aku

      Hapus
  32. setuju, blm ke jogya kalo belum ke pantainya. aku ke pantai krakal nya blm pernah

    BalasHapus