Melepas Penat Di Telaga Sunyi Baturraden

by - Juni 24, 2018

Ini lagi berusaha jaga keseimbangan @sistamaheni
Panas matahari semakin menyengat saat motor memasuki kota Purwokerto. Beberapa bulan terakhir aku merasakan kalau kota ini agak berubah, kendaraan semakin semrawut, bunyi klakson selalu terdengar saat lampu hijau baru menyala. Hmmm, untung saja kota ini dekat dengan Baturraden, lumayan untuk sesekali ngadem dari hiruk pikuk kota yang semakin semrawut.

Akses Jalan Menuju Telaga Sunyi

Saat memasuki Jl. Raya Baturraden, udara sejuk mulai terasa, pepohonan hijau menjulang tinggi menyambut kedatangan kami. Alhamdulillah jalan menuju Telaga Sunyi sudah mulus, tapi harus tetap hati-hati karena jalanan sedikit berliku dan menanjak, meski begitu tetap bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sesampainya di area parkir Telaga Sunyi, suasana asri dan sepi sangat terasa, udara sejuk, pepohonan hijau yang rindang, bahkan suara cicit burung pun terdengar. Telaga Sunyi memang nggak sesunyi namanya, tapi masih lumayan sepi untuk sekedar menenangkan diri. Tempatnya nggak serem dan nggak nakutin kok, masih lebih nakutin kalau tiba-tiba ditinggalin doi pas lagi sayang-sayangnya :((

Untuk sampai di bibir Telaga Sunyi, kami harus berjalan sekitar 50 meter, nggak usah takut terpleset Sist, akses jalannya mudah kok. Meski jalan setapak, tapi udah di plester menggunakan semen. *eh kok plester sih? Ya gitulah, tanah yang udah dibalur dengan semen, apa tuh namanya?
Trus ada hand railnya juga, walaupun terbuat dari bambu. Ckckckck
Telaga Sunyi @rizkychuk
Setelah berjalan sekitar 50 meter, kamu akan dimanjakan dengan tebing bebatuan yang menjulang tinggi, air terjun yang jernihnya nggak ketulungan, dan birunya cintaku, eh birunya air telaga. Udah siap nyemplung? Siap pakai banget nih, tapi mesti hati-hati ya. Bebatuannya licin, banyak lumut hijau.

Sensasi Berenang di Telaga Sunyi

Nah mitosnya, barang siapa (jomblo) yang mandi di Telaga Sunyi bisa segera mendapatkan jodoh lho. Kamu jomblo? Lagi nyari jodoh? Cobalah mandi di Telaga Sunyi, hahaha
Memang bukan kali pertama aku main ke Telaga Sunyi, tapi baru kali ini berani nyemplung. Berani nyemplung bukan karena percaya dengan mitos itu lho, sungguh bukan! Tapi karena udah niat banget pengin merasakan sensasi air Telaga Sunyi Baturraden ini.
Ekspresi bahagia @olipeolie
"byur" apa yang aku rasakan? Rasanya sakit pas ditinggalin, eh bukan. Maksudnya rasanya tuh dingiiiiin dari ujung kaki sampai ubun-ubun. Segernya gilaaaa. Airnya jernih banget, pantes aja Telaga Sunyi sering dijadikan lokasi free diving. Asli, kalau kamu bisa berenang di Telaga Sunyi selama satu jam ku keprokin deh. Baru 30 menit, gincu merahku berubah jadi warna biru. Saking ademnya, huhuhu

Ku saranin ya, setelah nyemplung jangan naik ke permukaan dulu. Kalau udah naik, dinginnya makin berasa sampai kromosom, yah beku hati adek bang~~~ airnya tuh kaya air yang baru keluar dari lemari es. Konyolnya meski udah kedinginan, aku tetap bertahan di dalam air sampai kakiku kram. Mati rasa! Tapi nggak mati rasa ke kamu kokπŸ˜‚
Ekspresi ketakutan saat ditinggal sendirian di tengah telaga :( @pradna
Kedalaman Telaga Sunyi mencapai 5 meter lho, buat kamu yang nggak bisa renang kaya aku, tenang aja! Bisa main air di tepi telaga dengan kedalaman satu meteran. Kalau pengin mengarungi Telaga Sunyi sampai ke air terjunnya mending sewa pelampung aja, di sana ada tempat penyewaannya juga kok. Jadi lebih aman, tetep safty first dong ya!

Fasilitas Telaga Sunyi

Fasilitas Telaga Sunyi juga sudah oke, ada toilet dan mushala. Nggak perlu ganti baju di semak-semak, takut diintip tarzanπŸ˜‚
Di beberapa titik juga ada tempat sampah, ya meski masih ada orang yang buang sampah seenaknya. Eh ya, di sana belum ada warung makanan, jadi kalau kamu mau ke Telaga Sunyi mending bawa bekal deh, atau bawa minimarket aja, sekalian jualan di sana. Hahahaha

Lokasi Dan Harga Tiket Telaga Sunyi
Mlipir foto di bebatuan setelah berenang @pradna
Lokasi Telaga Sunyi ada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas. Pokoknya belok kanan sebelum loket lokawisata Baturraden. Harga tiketnya Rp. 13 ribu/orang.

PS: Kalau ke sana bawa anak kecil kudu bener-bener diawasi ya, takut nggak kuat dingin. Soalnya belum ngrasain ditinggalin sih *apaan sih. Haha

You May Also Like

66 komentar

  1. ada ya telaga namanya telaga sunyi kirain cuma ada di lagu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakwk, katanya emg ada lagu telaga sunyi ya.. Tp q nggak tau, hiks

      Hapus
  2. Waah...sekarang purwokerto udah macet juga yaa...?

    Tempatnya asyik, bisa jadi pilihan tempat jeguran. Apalagi di purwokerto banyak curug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mas, apalagi org2nya nggak sabaran.. Baru lampu hijau bunyi klakson udah bersahutan

      Hapus
  3. Apakah suasana Telaga Sunyi itu se-sunyi namanya? Hehe!

    Udah lama gak ke Baturraden, terakhir mungkin 5 tahun yg lalu. Itupun gak ke Telaga Sunyi, cuman lihat papan nama/petunjuk arah aja.

    Pasti skrg banyak wahana atau spot2 wisata baru ya di sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sesunyi namanya kok mbak.. Ya meski masih agak tenang sih, hhh

      Hapus
  4. woow...tiket masuk cuma 13 rb murah banget,

    ciee..ciee...sayangnya neng admin renangnya tidak ada sidoi yang nemenin....mudah mudahan dalam waktu deket segera dapat doi ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Aamiin banget, makasih loh doanya, makasih..haha

      Hapus
  5. Boleh juga tuh bawa minimarket ke sana,, lumayan jualan.. hihi..

    Duh dulu tinggal 3 tahun di purwokerto tapi enggak pernah explore baturraden. Padahal banyak tempat kece.. Pernah satu kali ke baturraden cuma buat nembak cewe wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap sana bawa minimarket sekalian, hhh
      Cieee nembak cewek cieee.. Uhuk, romantis banget nembak cewek di Baturraden πŸ˜‚

      Hapus
  6. air telagaanyaaaa menggoda banget mbak, jernih dan kyknya bikin seger ala air pegunungan ... mas @djangkarubumi bakalan nongol disini nggak ya, kemaren ngajak jualan soalnya, lumayan tuh kyknya bawa minimarket kesana, bakalan laris manis wkwkwkwkwk hayu mas @djangkarubumi hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahah, emg jernih banget airnya mas.. Dingin bgt jugaaaa, hhh
      Btw, peluang nih mas @djangkungbumiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. Saya biasanya berhenti sejenak saat melintasi jalan yg melewati telaga sunyi. Saya tidak pernah turun ke bawah, alias hanya melihatnya dari atas. Karena kalau mau jalan-jalan ya langsung ke Baturraden.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas mana kang Don? Lokasi Telaga sunyi nggak di bawah kok, hhh

      Hapus
  8. Panas matahari menyengat?
    Lah bukannya tawon yang bisa nyengat

    Oh ke bibir telaga butuh jarak 50 meter, nah kalo ke idung, telinga, mata telaga butuh berapa meter?

    Jadi kalo mau nyari jodoh kudu mandi y, berarti g usah nyari jodoh y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plissss, kamu nggak usah komen di blogpostku masss.. Bikin emosi doaaaaang!!!

      Hapus
  9. Bahagia sekali Main airnya Mbak ? Andai aku jadi air Telaganya..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, bahagia banget emg kang.. Trus kl km jd airnya aku nggak mau berenang, hhh

      Hapus
    2. Hahahah... Kenapa Mbak, ngk gigit koq....air telaganya. :)

      Hapus
    3. Kl mantanku yg jd telaganya aku mau banget berenang tiap detik. Buhahaha

      Hapus
  10. Asik banget tempatnyaa :)
    Murah juga ya HTMnya. Kalo di jawa barat, tempat kayak gini kayaknya udah kena HTM 25rb an seorang.. Serius, mahal banget.

    Revisit : fajarwalker.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh iya, tp kl menurutku ini juga masih kemahalan. Wkwkwk

      Hapus
  11. Terima kasih mbak atas sarannya. Besok-besok saya bawa minimarket ke sana, πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
    Jujur, kalau ke Telaga Sunyi saya cukupkan hanya untuk selfie di pinggir telaga saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weheheheh, beneran bgt mau bawa minimarket? Ckckck
      Lho kenapa mbak? Takut berenang?

      Hapus
  12. benarkah yang jomblo setelah mandi di sana akan segera mendapatkan jodoh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma mitos kok mas, aku udah membuktikan.. Masih tetep jomblo πŸ˜‚

      Hapus
  13. wah asik liburanya
    jadi pengen main kesana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain kl ke Purwokerto mampir ke telaga sunyi..

      Hapus
  14. Wah saya harus mandi ditelaga ini biar segera dapet jodoh. wekekekekke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mitooos, aku aja udah berenang disana masih jomblo kokπŸ˜‘

      Hapus
  15. Sepertinya mitos jomlo tetap saja berlaku buat kamu; itu katanya kamu ke sini bukan pertama kalinya, berarti harusnya kamu sudah gandeng orang saat ke sini *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diyaaaam kamu mas!!!!
      Ada benernya juga sih, hahaha

      Hapus
  16. Hahahaha hampir semua tempat wisata yang objeknya berupa sumber air atau air terjun, terutama di Jawa, selalu ada mitos bisa mendatangkan jodoh atau membuat awet muda. Lumayan banget bisa buat turis ala ala di kita biar gak perlu main-main ke Korea kalau cuma pengen tampil lebih kinclong. Cus aja ke Telaga Sunyi begini hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, aku ngakak nih baca komenmu mas.. Cus nyemplung cusss!

      Hapus
  17. Mlipir ke Purbalingga nggak, Yu Ella?
    Banyak destinasi bagus juga di Purbalingga.

    Berharap agar teman piknik Yu Ella bukan cewek lagi setelah dus-dusan di Telaga Sunyi. Hihi...

    Salam..dan Salim Yu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir doong, sering mlipir ke Purbalingga juga maa Broh.. Aamiin dong, maksih doanya loh, sini salim, ckckck

      Hapus
  18. Aku kira kota Jakarta saja yang penduduknya gak sabaran klakson ketika lampu hijau menyala dan semrawut. Purwokerto juga sudah mirip seperti itu ya.. :D

    Mayan yah ke baturaden bikin lebih adem.. Kalo nggak salah di batu raden juga ada yang jual belerang ya, katanya bagus buat kulit gatal-gatal. Masih ada gak?

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya mbak sekarang mirip2 Jakarta,hhh
      Ada, masih ada smpe sekarang kak.. Main aja ke pancuran pitu, di sana bisa pijat belerang juga lho

      Hapus
  19. jadi kepengen nyemplung di telaga sunyinya, biar dapat jodoh, haha :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp sayangnya itu cuma mitos mas, buktinya aku masih aja jomblo meski udah berenang dan mandi di sana. Hahha

      Hapus
  20. Wah,, seger yo iku mesti..
    Tapi koyone jeru yo di beberapa titik..

    yen nyegur di tempat semacam iku mesti mbayangne sing ora-ora eh.., koyo enek ular di bawah air.. hadehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mas, ada yg smpe 5 meteran... Makannya aku pakai pelampung, takut mblebek. Hahaha
      Weh, sah mbayangke sing ora2

      Hapus
  21. Udah beberapa kali nyemplung masih jomblo juga 😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan ngece nih orang πŸ˜’πŸ˜’πŸ˜’

      Hapus
  22. wuih liburan di telaga kayanya seger juga yaaa,, dingin2 gimana gtu ya kak ella,, duh jadi ngilerpengen ke pemandian xixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bumil, seger banget tuh.. Ati2 kl mau ke pemandian, mending berendem di rumah aja, hhh

      Hapus
  23. Rumah saya dong mbak, deket sama semua tempat wisata di Baturraden. Saya mah gak pernah bayar kalo masuk tempat wisata di Baturraden. Dianggep orang situ soalnya.

    Ihikk..

    Btw, selamat lebaran mbak, mohon maaf lahir batin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah curang niiih, enak banget main2 di baturraden nggak pernah bayar, hhh
      Iya, sama2.. Maaf lahir batin juga ya

      Hapus
  24. Kalau datengnya rame rame terus pada bercanda ria disana jadinya telaga rame ya mbak Ell ?? WKwkkw...
    nice place sih,, dulu pernah mengagendakan maen kesini, cuma nggak jadi.. dan nggak tau mau ngagenda kapan lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, iya mas.. Serah kamu lah, mau telaga sepi, sunyi, ramai.. Asal km cobain nyemplung ke sana, wkwkwk

      Hapus
  25. Waaah, asyik juga nih mandi di sini... berarti lokasi tidak begitu jauh dari Baturaden ya, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kang, kl dari loka wisata baturradennya deket kok

      Hapus
  26. wih jernih banget airnya pasti suegerrr kalo nyebur hehe
    suasananya juga masih alami
    semoga bisa liburan ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt qaqa, airnya segeeeer buanget.. Jernih pula, silakan kl main kr Banyumas sempatkan mampir ke Telaga sunyi :)

      Hapus
  27. Ada ya telaga sunyi, kayak hatiku aja mba yang lagi sunyi..*krik.krik..kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami mana suamiπŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

      Hapus
  28. Wuakakakaaa .. beloom pada tau aja yaa .. nyemplung dinginnya tuh sedingin hati yang beku gegara ditinggalin πŸ˜…

    Aku juga pengin nyebur di telaga sunyi aaakh .. b
    Barangkali mampu ngilangin sakit pernah ditinggalin 😒
    Udah lamaaaaa sih kejadiannya, tapi tetep aja 'dia' yang selalu muter-muter di memori kepala ... , kayak puyer bintang tujuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAYAK PIYER BINTANG TUJUH? Mas,aku pengen ketawa tapi takut dosa. Hahahah, yah ketawa juga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Sini nyemplung aja ke telaga sunyi

      Hapus
  29. Wahhhh tempat yang bagus buat pariwisata bersama dengan keluarga ya mba, apalagi yang pengen main main air gitu :D, dan harga tiket masukknya juga masih relatif murah dan terjangkau.. rekomen nih buat yang mau ke banyumas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, mumpung masih libur sekolah nih.. Wkwkwk

      Hapus
  30. Wow! Telaga Sunyi..
    Jadi inget nikmatnya mkn pecel kecombrang dan mendoan di sini. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, enak banget tuh.. Dingin2 makan pecel dan mendoan,uuuuw

      Hapus
  31. Itu fhoto feature imagenya ada yang nahan ya biar bisa pose gitu, hehe

    Telaga sunyi gak sunyi ternyata,, gak kaya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mas, itu foto candid kok.. Kita lagi asyik aja main di air.. Hiks
      Kayaaaa, ah sudahlah aku tau kok..wkakakak

      Hapus
  32. Pas banget,, pas mau ke Purwokerto pas baca artikel ini. Masukin ke list ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw kl mau ke Purwokerto berkabar yaaa, kita meet up mbak πŸ˜‚

      Hapus