Melepas Penat Di Telaga Sunyi Baturraden

oleh - Juni 24, 2018

Ini lagi berusaha jaga keseimbangan @sistamaheni
Panas matahari semakin menyengat saat motor memasuki kota Purwokerto. Beberapa bulan terakhir aku merasakan kalau kota ini agak berubah, kendaraan semakin semrawut, bunyi klakson selalu terdengar saat lampu hijau baru menyala. Hmmm, untung saja kota ini dekat dengan Baturraden, lumayan untuk sesekali ngadem dari hiruk pikuk kota yang semakin semrawut.

Akses Jalan Menuju Telaga Sunyi

Saat memasuki Jl. Raya Baturraden, udara sejuk mulai terasa, pepohonan hijau menjulang tinggi menyambut kedatangan kami. Alhamdulillah jalan menuju Telaga Sunyi sudah mulus, tapi harus tetap hati-hati karena jalanan sedikit berliku dan menanjak, meski begitu tetap bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sesampainya di area parkir Telaga Sunyi, suasana asri dan sepi sangat terasa, udara sejuk, pepohonan hijau yang rindang, bahkan suara cicit burung pun terdengar. Telaga Sunyi memang nggak sesunyi namanya, tapi masih lumayan sepi untuk sekedar menenangkan diri. Tempatnya nggak serem dan nggak nakutin kok, masih lebih nakutin kalau tiba-tiba ditinggalin doi pas lagi sayang-sayangnya :((

Untuk sampai di bibir Telaga Sunyi, kami harus berjalan sekitar 50 meter, nggak usah takut terpleset Sist, akses jalannya mudah kok. Meski jalan setapak, tapi udah di plester menggunakan semen. *eh kok plester sih? Ya gitulah, tanah yang udah dibalur dengan semen, apa tuh namanya?
Trus ada hand railnya juga, walaupun terbuat dari bambu. Ckckckck
Telaga Sunyi @rizkychuk
Setelah berjalan sekitar 50 meter, kamu akan dimanjakan dengan tebing bebatuan yang menjulang tinggi, air terjun yang jernihnya nggak ketulungan, dan birunya cintaku, eh birunya air telaga. Udah siap nyemplung? Siap pakai banget nih, tapi mesti hati-hati ya. Bebatuannya licin, banyak lumut hijau.

Sensasi Berenang di Telaga Sunyi

Nah mitosnya, barang siapa (jomblo) yang mandi di Telaga Sunyi bisa segera mendapatkan jodoh lho. Kamu jomblo? Lagi nyari jodoh? Cobalah mandi di Telaga Sunyi, hahaha
Memang bukan kali pertama aku main ke Telaga Sunyi, tapi baru kali ini berani nyemplung. Berani nyemplung bukan karena percaya dengan mitos itu lho, sungguh bukan! Tapi karena udah niat banget pengin merasakan sensasi air Telaga Sunyi Baturraden ini.
Ekspresi bahagia @olipeolie
"byur" apa yang aku rasakan? Rasanya sakit pas ditinggalin, eh bukan. Maksudnya rasanya tuh dingiiiiin dari ujung kaki sampai ubun-ubun. Segernya gilaaaa. Airnya jernih banget, pantes aja Telaga Sunyi sering dijadikan lokasi free diving. Asli, kalau kamu bisa berenang di Telaga Sunyi selama satu jam ku keprokin deh. Baru 30 menit, gincu merahku berubah jadi warna biru. Saking ademnya, huhuhu

Ku saranin ya, setelah nyemplung jangan naik ke permukaan dulu. Kalau udah naik, dinginnya makin berasa sampai kromosom, yah beku hati adek bang~~~ airnya tuh kaya air yang baru keluar dari lemari es. Konyolnya meski udah kedinginan, aku tetap bertahan di dalam air sampai kakiku kram. Mati rasa! Tapi nggak mati rasa ke kamu kok😂
Ekspresi ketakutan saat ditinggal sendirian di tengah telaga :( @pradna
Kedalaman Telaga Sunyi mencapai 5 meter lho, buat kamu yang nggak bisa renang kaya aku, tenang aja! Bisa main air di tepi telaga dengan kedalaman satu meteran. Kalau pengin mengarungi Telaga Sunyi sampai ke air terjunnya mending sewa pelampung aja, di sana ada tempat penyewaannya juga kok. Jadi lebih aman, tetep safty first dong ya!

Fasilitas Telaga Sunyi

Fasilitas Telaga Sunyi juga sudah oke, ada toilet dan mushala. Nggak perlu ganti baju di semak-semak, takut diintip tarzan😂
Di beberapa titik juga ada tempat sampah, ya meski masih ada orang yang buang sampah seenaknya. Eh ya, di sana belum ada warung makanan, jadi kalau kamu mau ke Telaga Sunyi mending bawa bekal deh, atau bawa minimarket aja, sekalian jualan di sana. Hahahaha

Lokasi Dan Harga Tiket Telaga Sunyi
Mlipir foto di bebatuan setelah berenang @pradna
Lokasi Telaga Sunyi ada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas. Pokoknya belok kanan sebelum loket lokawisata Baturraden. Harga tiketnya Rp. 13 ribu/orang.

PS: Kalau ke sana bawa anak kecil kudu bener-bener diawasi ya, takut nggak kuat dingin. Soalnya belum ngrasain ditinggalin sih *apaan sih. Haha

Mungkin Kamu Suka

67 komentar