Bakso Pak Joko : Kuliner Cilacap Yang Wajib Dicoba!

oleh Ella Fitria
Perjalanan pulang menuju Pantai Teluk Penyu

Dari kejauhan, pantai Teluk Penyu terlihat masih ramai. Perahu mesin yang kami tumpangi perlahan mendekat ke bibir pantai Teluk Penyu. Aku bersiap turun dari perahu mesin sambil menenteng sepatu, kaki kiri ku julurkan kepermukaan diikuti dengan kaki kanan. Setelah berhasil turun dari perahu mesin, aku berjalan setengah berlari, “kecupak-kecupak” begitu suara air terkoyak oleh langkah kakiku.

Sebenarnya aku enggan beranjak dari Pantai Teluk Penyu sore itu, cahaya kemerahan seolah menjadi magnet tersendiri, bagiku melihat matahari kembali keperaduannya merupakan hal yang sangat menyenangkan, tapi sayangnya kami harus bergegas menuju Pasar Gede untuk menuntaskan rasa penasaran dengan cita rasa bakso Pak Joko.

Aku bersiap membonceng masih dengan menenteng sepatu, kebiasaan buruk kalau habis mantai nggak langsung cuci kaki dan memakai alas kaki kembali. Seneng aja naik motor nyeker dengan kaki berselimut pasir. Biar apa? Biar orang-orang tahu kalau aku habis mantai Sist. *ncen cah nggunung ik

Perjalanan dari Pantai Teluk Penyu ke Pasar Gede ditempuh sekitar 5 menitan. Sore itu jalanan kota Cilacap begitu lenggang, mataku bebas menjelajah setiap bangunan yang kami lewati. Sesekali aku kembali menatap layar handphone untuk memastikan jalan yang kami tempuh sesuai maps. Meski sempat bertanya untuk memastikan lokasi Bakso Pak Joko, karena ku kira letaknya di pinggir jalan sekitar Pasar Gede. Eh ternyata lokasinya berada di dalam Pasar Gede tepatnya di Blok C No. 14. 

Warung bakso Pak Joko, Pasar Gede Cilacap

Begitu turun dari sepeda motor, kami disambut ramah oleh mas-mas pelayan bakso Pak Joko. Ternyata menu yang ditawarkan tidak hanya bakso, tetapi juga menyediakan mie ayam. Kami pun memesan bakso dan mie ayam, lalu memilih tempat duduk yang tersedia. Ruko bakso Pak Joko memang tidak begitu besar, hanya ada beberapa meja panjang yang tertata rapih.

Warung bakso ini sudah ada sejak tahun 1985, setiap hari rata-rata menghabiskan 1 kwintal daging sapi. Ini kalau dihitung jadi berapa mangkuk bakso Bos??? Ya pantes aja sih, dengar-dengar kalau mau makan bakso Pak Joko harus sabar rela antre menunggu meja kosong. Tapi alhamdulillah sore itu, hanya tiga meja panjang yang terisi pengunjung. Nggak begitu ramai, ya maklum udah sore udah waktunya tutup.

Bakso Pak Joko, Pasar Gede Cilacap
Satu porsi bakso Pak Joko, Pasar Gede Cilacap

Nggak lama kemudian satu mangkuk bakso disajikan lengkap dengan potongan babat mendarat di meja. Dari tampilannya nggak ada yang istimewa sih, seperti bakso pada umumnya. Saking penasaran dengan tekstur dan rasa baksonya, tanpa memberi kecap, saus, serta sambal ku langsung nyicip. Rasanya? Bombastis! Nggak heran kalau sehari menghabiskan daging sapi 1 kwintal, enak banget serius! Bukan lagi ngendorse, bukan. Beneran ini bakso terenak yang ku coba, daging sapinya terasa banget, teksturnya kenyal, empuk, lembut, dan kuahnya pun rasanya pas.

Satu prorsi Mie Ayam Pak Joko, Pasar Gede Cilacap

Eh ku juga nyicip mie ayamnya dong, satu porsi mie ayam sudah tersaji lengkap dengan potongan pangsit, tapi rasanya biasa aja. Dari tekstur mie dan kuah, nggak begitu wah. Padahal aku tuh penggila mie ayam, agak kecewa dengan rasa mie ayamnya tapi nggak papa, udah tergantikan dengan rasa bakso yang juaraaaaa. Wkwkwk

Sayangnya sore itu warung bakso Pak Joko terlihat begitu kotor, banyak tisu berserakan di kolong meja, lantainya pun licin, bukan licin kinclong karena bersih, tapi mungkin karena ada minuman yang tumpah belum dibersihkan.

Over all, kalau diajak makan bakso legendaris Pak Joko nggak akan ku tolak. Jadi kamu udah ada niat ngajakin jalan ke Cilacap belum? Atau mau sekalian ngajakin ke Pulau Nusakambangan?

Bakso Pak Joko, buka pukul 08.00-17.00 WIB.
Harga satu porsi bakso Pak Joko 15K
Harga satu porsi mie ayam Pak Joko 10K

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Anggara Wikan Prasetya
22 Agustus 2018 03:43

Wah, penak yo yen omahe rdo kulonan..
Iso sakwayah-wayah mrana yen pengen.. haha

Eri Udiyawati
22 Agustus 2018 03:43

What? Satu hari sampai 100 kg daging sapi? Mantap abiss…. Itu baksnya juga kelihatan enak banget gitu. Jadi ngiler dah

Wisnu Tri
22 Agustus 2018 03:43

Walaupun saya #TIMMIEAYAM garis keras, tapi pas lihat tampilan bakso di foto ini kok kayaknya menarik juga untuk dicoba ya? Ketok anget-anget seger…

Lah, di Cilacap juga ada Pasar Gede. Tak kiro gur nang Solo tok. Wkwkwk

Aris Armunanto
23 Agustus 2018 04:57

Saya bukan penghobi bakso, tapi setelah baca postingan ini dan liat fotonya, jadi pingin deh nyobain baksonya,….sayang waktu dulu ke Nusa Kambangan dan Benteng Pendem ga tau ada bakso enak dan legendaris didekatnya hiks…

Nasirullah Sitam
23 Agustus 2018 14:58

Aku malah nggak ngeh sama pasarnya ahahhaah.
Pas di sana niatnya mau blusukan malah cuma jalan aja nggak jelas

Cikasur
23 Agustus 2018 14:58

Liat fotonya malah tertarik nyobain mie ayamnya wkwk

Ngayap.com
23 Agustus 2018 14:58

100 kg, meski uenak tenan sampe bisa menjual sebanyak itu.. Kirimina dong ke Jakarta, hehehe

Agus rusdi
23 Agustus 2018 22:56

mantap ada babatnya mie ayamnya juga masih murah 1o k eh iya namanya juga pak Joko kalau turis mungkin bisa bilang ini milik mr Joko widodo

TRIKNEWS
24 Agustus 2018 12:18

Bakso Pak Joko Kuliner Cilacap Yang Wajib Dicoba ? ah masak sih…? terus harganya bersahabat nggak ?

ok lah nanti kapan kapan kalau saya pulang ke Semarang saya tak nyoba ke warung nya Pak JOKO sang kuliner di CILACAP

Tuteh
25 Agustus 2018 11:00

Ya ampyuuuun bikin ngilerrrssssss foto-foto baksonya 😀

Akhmad Muhaimin Azzet
28 Agustus 2018 14:23

waaah, boleh juga ini kalo suatu saat ke Cilacap…

Niki s
28 Agustus 2018 14:23

Kalo boleh tau itu sapinya kok mau t dijadiin bakso?

wadud mrf
29 Agustus 2018 05:38

Gambarnya tuh sungguh menggoda selera, tp sayangnya terlalu jauh.

Ursula Meta Rosarini
30 Agustus 2018 02:11

Ahh jadi kangen bakso Jawa, entah kenapa bakso2 di Jkt rasanya biasa aja, apalagi aku penggemar bakso, jadi suka coba2, kalau lg pulang ke Purwokerto pgn juga ke Cilacap, udah lama ga ke Cilapap hihihi

andi nugraha
30 Agustus 2018 02:11

Dududu, gak tahan pengen, save kalau ke cilacap, harus minta traktir teh Ellah nih 😀
Eh, cari bakso pak Joko ding 😛

HendraDigital
30 Agustus 2018 02:11

Wah bae bae kepiting masih nyangkut di kaki, hehehe… Nyeker girl.

Kok jadi lapar ya liat foto di atas. Tanggung jawab nih mba, jadi ngiler liat mie ayam

Fajarwalker.com
30 Agustus 2018 13:49

Wahwah keren juga ya dari tahun 1985. Itu udah berapa generasi coba? 😀

Ahmad Fauzi ZA
31 Agustus 2018 14:04

mungkin ngeliahat bakso gitu, ga ngerasa spesial karena banyak yg jualan bakso. nah klo gue ngeliat fotonya sih bikin ngiler. karena di tempat gue sekarang ga ada yg jualan.
itu foto mie ayamnya kenapa menggiurkan gitu ya.
jadi pengen

Ramadani Idaham
31 Agustus 2018 14:04

Sejak 1985 ? Waduhhh, gua masih belum ada gitu hehe

Muyassaroh
2 September 2018 02:32

Kamu udah ada niat ngajakin aku belum, Mba? Pak Joko pasti nungguin kamu ngajakin aku ke sana 😀