Sensasi Rafting Di Sungai Progo Magelang

by - September 10, 2018

Rafting Sungai Progo, Magelang
Kali ini aku mau menjajal rafting di Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah. Kalian tahu Jawa Tengah kan, tahu? Itu lho provinsi yang memiliki tagline JATENG GAYENG yang menjadi identitas Pemerintah Jawa Tengah dalam rangka memasarkan dan mempromosikan berbagai potensi serta produk di wilayah Jawa Tengah. Nggak hanya itu, slogan dan logo ini menjadi pemersatu masyarakat Jawa Tengah agar makin mencintai Provinsi Jawa Tengah dan bersama-sama membangun Jawa Tengah menjadi lebih maju.

Tahun 2015 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara resmi meluncurkan Logo dan Tagline Branding Jawa Tengah dengan JATENG GAYENG, setelah hampir tiga tahun tagline itu diupgrade menjadi GAYENG REBORN. Jadi nggak cuma hati dan otak yang butuh diperbaharui, tagline pun perlu supaya melahirkan dan menjadikan sesuatu baru lahir kembali. 

Pagi itu, dering telpon terdengar samar. Aku memaksa membuka mata perlahan, ku raih handphone yang tak jauh dari tempat tidur. Dari kejauhan terdengar suara B Rois berusaha membangunkanku, yakali baru tidur beberapa jam doang udah siang. Hmmm, dibangunin jam 6, melek jam setengah 8, padahal rafting dimulai jam 8. Ehehehe belum mandi dan belum sarapan. Oh tenang aja, mandinya kita skip, ye kan mau basah-basahan juga. *alasaaan kan kan 😹

Setelah cuci muka, gincuan dan nggak lupa semprot minyak wangi. Kami sarapan dulu dong, biar tenaganya makin kuat untuk mengarungi bahtera rumah tangga, eh bahtera sungai Progo ding.πŸ˜… Pertama banget rafting di rute Progo atas dengan grade III sepanjang 9 km. Dulu zaman masih pacaran, pernah mau nyoba rafting di sungai Progo ini, belum juga kesampaian rafting bareng pacar eh udah putus duluan. Bisa apa aku?😭
Sebelum rafting tetep dong, wajib narsis! 
Sebelum terjun bebas ke Sungai Progo, kami dibekali arahan oleh riverguide, mulai dari bagaimana memegang dayung, sampai bagaimana melindungi diri jika perahu terbalik. Sementara di belakang kami, gemuruh aliran sungai Progo seakan melambai lembut mengajak kami untuk segera turun. Sedang kami masih sibuk memakai helm dan life jacket, tetap dong safety first! Sakjane aku khawatir kalau kaki kram kaya waktu tubing, ya gimana baru bangun tidur banget nih udah mau rafting aja. Meskipun melakukan warm up bareng riverguide sih.
Tim Rafting Penuh Kasih Sayang Sungai Progo
Selanjutnya kami membentuk kelompok, idealnya dalam satu perahu karet diisi oleh 4-6 orang, nah aku bareng Mas Aji (ebret), Mas Yasir, BB Idah, dan Mbak Yani. Formasi depan diisi oleh Mas Aji dan Mas Yasir, di tengah ada aku dan BB Idah, lalu mbak Yani menempati posisi belakang, eh belakangnya lagi ada mas Suket ding sebagai riverguide.

Kami menempati perahu sesuai formasi, aliran sungai Progo atas masih cukup tenang, ye meski tenang tetap harus dayung dong ya, kan kompak *padahal ku pura-pura dayung doang, hahaha
Tenang aja, ada Mas Aji dan Mas Yasir, meski mulut mereka julid banget tapi tenaga mereka bisa kami andalkan kok.

Baru beberapa meter perahu kami melaju, tiba-tiba perahu Om Capik melempari kami dengan plastik yang berisi air, "pyar" pecah dong ya kami basah kuyup. Pertanda perang dunia ke II siap dimulai, padahal kami tuh anak baik-baik, nggak pernah nakal apalagi balas dendam. *percaya kan? Hahaha
Salah satu jeram di Sungai Progo
Tiupan angin di sungai Progo seloah menghipnotis kami, tenang, damai, sejuk, berasa hanya ada satu perahu karet di aliran sungai Progo, padahal kami rafting bareng teman-teman GenPI se-Jateng dan IMMJ (Ikatan Mas Mbak Jawa Tengah). Kalian bisa bayangin nggak kalau Mas Mbak Jateng rafting bareng kami? Gilee, bertolak belakang banget 3.600.000 derajat dengan kami. Ya gimana, kalau kami ketemu jeram, mulut udah kaya pakai toa teriak kencang banget, belum kalau lagi becanda trus ngakak. Lha kalau Mas Mbak Jateng tuh dinakalin tetap senyum, dicipratin air senyum, perahu karetnya ditabrak senyum, diteriakin senyum, sampai perahu terbalik masih tetap senyum. Allahu, anggun gila nggak sih, udah gitu duduknya juga beraturan, nggak kaya kita petatak petetek senyamannya πŸ™Š
Eh udah jangan bahas IMMJ terus, ndak aku pengin daftar jadi Mbak Jateng. *belum daftar udah pasti langsung ditolakπŸ˜…

Jeram di Sungai Progo Atas cocok banget bagi pemula yang ngebet rafting, jeramnya cukup aman nggak begitu ekstrim, apalagi karena kami melakukan rafting saat musim kemarau jadi jeramnya santai, beberapa kali perahu kami malah tersangkut batu, aliran sungainya juga cukup tenang kok. Enak lha buat rafting sama pacar orang *lha kok πŸ˜‚
Detik-detik perahu karet tersangkut, Sungai Progo
Meski perahu karet sempat tersangkut batu, tapi alhamdulillah perahu kami nggak terbalik dong. Tapi kurang afdol aja sih kalau udah di air nggak terjun bebes sekalian, meskipun nggak jago renang. Ehehehe
Sialnya saat udah nyemplung dan pengin naik ke perahu karet, aku nggak bisa, padahal udah berusaha pegangan tali pun. Trus mas Suket nanya "mbak, mau dinaikin?" sepontan ku jawab dong "maaaauuu Mas! Cepetan naikin! " lha semua pada ngakak, cie ella mau dinaikin sama mas Suket, cie.. Kampreettt!!! Naik ke atas perahu karet woiii, emang tuh otak mereka mesti di kasih bayclin biar bersih.

Hampir satu jam kami mengarungi sungai Progo, capek? Lumayan, karena semalam cuma bobok sebentar. Alhasil kami menepi bareng perahu yang lain, sebenarnya bukan mau istirahat, tapi cuma mau foto doang. Ahehehe, apalah piknik tanpa konten, ya kan.πŸ™Š
Mode on semua uy, rafting sungai Progo
Nggak ada capeknya, rafting sungai Progo
Kami melanjutkan menyusuri sungai Progo dengan raut bahagia, dibeberapa titik terlihat aktivitas orang yang sedang memancing, ku kira nggak ada ikannya lha jebul kata mas Suket ada banyak ikan di sungai Progo Atas, tau gitu sih bawa jaring. *eh

Nggak terasa kami sampai finsih dengan urutan ke dua, mayan lah. Teriak-teriak kita selama dua jam nggak percuma. Oke sip, satu persatu kami turun dari perahu karet yang sudah menepi. Dilanjutkan jalan kaki menuju angkutan yang sudah siap membawa kami kembali ke start. Sebelum naik mobil jemputan, kami disuguhi kelapa muda dan getuk lho. Duuuh, lemesnya langsung ilang nih. Tinggal ganti beser, pengin pipis terooos kalau minum kelapa muda. 😹
Merasa keren finish ke dua, rafting sungai Progo
Buat kalian yang sedang berada di Magelang, wajib menjajal rafting Sungai Progo Atas biar merasakan sensasi liburan di Magelang, karena Magelang nggak cuma Candi doang. Cukup membayar 200K, kalian bisa menaklukan aliran sungai Progo Atas sepanjang 9 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. 

Alamat basecamp Rafting Progo Atas berada di Hotel Puri Asri Magelang, Jl. Cempaka No. 9, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Btw, sekarang udah mulai masuk musim hujan lho, kamu nggak pengin ngajakin aku mengarungi hatimu gitu? Eh mengarungi sungai Progo maksudnya. Kesel sih, demen kamu tapi kamu demen yang lain. *TAMAT*😹

You May Also Like

45 komentar

  1. sdh lama ga BW, ga aktif. jd bingun mau komen apa
    y udah la..
    Komen komen komen komen komen komen komen komen komen
    Ini komentar ini komentar

    jgan d masukin spam mbak Ella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas lho hati-hati jangan sampai kelelep nyebur ke sungai...kalau sampai nyebur ke sungai kelelep saya yang susah....

      Hapus
    2. Mas Tamaaaaa, kemana aja woi? Jangan galau muluuuk *ehhh

      Triknews : alaaaah kaya mau nolongin aja πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

      Hapus
  2. Lain kali kalo mau dinaikin
    Hubungi saya y
    Dih jorok g mandi
    Harusnya ga boleh sarapan tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau dong dinaikin sama mas nikiii

      Hapus
    2. Niki : apa lo! Nggak mandi juga wangiiii, 😜😜😜

      Ahmad Fauzi : langsung hubungi kontak wasapnya aja masπŸ˜‚

      Hapus
  3. Ayo pada mangap... makanya nyeburnya jangan ke sungai tapi kehatinya, jadi kan gak perlu minta di taikin mas Suket.

    mungkin malah enggak mau mentas. he..he..
    piss mblo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas andiii, was loh hati2 nanti mimpi ku datang ke rumah lagi, mimpi punya anak lagi.. Lama2 kualat sama cewek jomblo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  4. Duh baca ini jadi pengen rafting lagi, apalagi bareng mas mbak IMMJ , ahay tapi sayangnya perahuku finish paling akhir....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa situ sih jahil, makanya finish terakhir 😜
      Yok sini rafting di sungai Serayu Banjarnegara

      Hapus
  5. Lucu, gak terasa saya senyum-senyum sendiri bacanya. Hahaha... Saya kalau mau renang juga nggak mandi, Mbak Ella. Yekan mau mandi di kolam renang, yak ehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah tos dulu mbak, kita sama. Yg penting mah gincu, udah! Wkwkwk

      Hapus
    2. Waah tos dulu mbak, kita sama. Yg penting mah gincu, udah! Wkwkwk

      Hapus
  6. Eh itu koook ...,
    ada 2 angsa putih ikut selfie syantik yaa ?.
    Pas nglewati di jalur kali Progo mana ketemu angsa putih itu, kak πŸ€” ?

    ... Seumur-umur beberapakali aku dolan sekitaran kali Progo aku ngga pernah lihat ada angsa nglangi di sana, kak ..
    hahaa... payah !.
    Padahal hotel itu kan deket rumahku, kak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayaah, di hotelnya banyak angsa putih mas, coba aja masuk ke hotelnya di area start atau kolam renang, kemarin ku liat 5-8 angsa kl nggak salah.. Welah deket tah, bulan juli ku nginep di distu padahal

      Hapus
  7. Rafting kayak nonton film ya dua jam selesai...
    Enaknya habis itu makan getuk dan minum air kelapa muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, macam nonton film.. Wqwqqq
      Getuknya ntap, syg nggak ke foto

      Hapus
  8. Mba Ella kapan-kapan cobain yang di Bogor, tapi harus bareng pacar orang ya. Biar greget sensaninya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapppp, boleh pinjem pacar mbaknya nggak? Biar gregetnya maksimal mbak *lalu ditipuk πŸ˜‚

      Hapus
  9. aku naik banana boat aja takut mbak Ella, apalagi kalau rafting seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah kaang, padahal rafting bikin nagih bangeeet

      Hapus
  10. Belum pernah uy main ginian. Padahal deket sama kampung sendiri. Kalo pulang kampung bawaannya pengen di rumah doang sih, sambil makan.

    Harus nyoba nih. Senggaknya sekali seumur hidup lah. Masa ga pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas, mas, mau aku temenin rafting? Eaaak!
      Cobain lah, sekali aja pasti nagih

      Hapus
    2. Mas, mas, mau aku temenin rafting? Eaaak!
      Cobain lah, sekali aja pasti nagih

      Hapus
  11. Yeeeee.... aku udah pernaaah di Magelang juga..

    Sempat kuatir juga sihgak kalu kalu perahunya terbalik.. tapi pas udah jalan, malah pengen "perang" sama tim lain dg tujuan= nyempungin mereka atau kita yg kecemplung... nggak seru dong kalu lempeng² ajaa... hehe.

    Pengen rafting lagiii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, seru kan ya.. Jd bikin nagih malah, sekarang cobain rafting di Sungai Serayu Banjarnegara sini

      Hapus
    2. Bener banget mas, seru kan ya.. Jd bikin nagih malah, sekarang cobain rafting di Sungai Serayu Banjarnegara sini

      Hapus
  12. seumur-umur belom coba rafting ._.
    aku menyedihkan sekali ya Allah...
    seru banget! tapi takut mental...
    berat badanku ringan banget...
    kurus kyak bambu O_o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kita samaan lho, berat badanku kl kena angin aja kaya mau kebawa. Wkwkwk
      Tp seru kak, coba aja kl nggak percaya sini

      Hapus
    2. Eh kita samaan lho, berat badanku kl kena angin aja kaya mau kebawa. Wkwkwk
      Tp seru kak, coba aja kl nggak percaya sini

      Hapus
  13. Ini orang mau rafting aja pakai acara dandan loh pas di Progo. Gusti kakkakakkakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kamprer ki.. Cuma pakai gincu doang, ye kan biar keliatan udah mandi πŸ˜‚

      Hapus
  14. Wah, malah rung tau raftingan aku..

    Btw, iku salah 1 didadekne pacar wae ben kesampaian rafting karo pacar.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rafting neng kali Serayu Banjarnegara rene mas.. Hayah kui rafting kro pacar, pacar orang. HAHAHA

      Hapus
  15. Pas jaman masih kuliah pernah diajakin ke sini tapi gak ikut soalnya nggak ada uang.
    Terus kemarenan itu pernah rafting tapi sensasinya kayaknya nggak seseru di sini :D

    BalasHapus
  16. Kemarin rafting di mana mas Gall? Mesti coba yg di Progo atau Sungai Serayu Banjarnegara sini

    BalasHapus
  17. Hahahaha 'naik' ayo 'naik' :D
    Btw jadi ingat dulu rafting di Caldera Citarik Resort River. Huwaaaaa ada perasaan dagdigdug begitu. Takut tapi dalam hati ada suara "Kapan lagi?" ya sudah sikat saja hahaha. Asyik memang rafting itu ... takut, tapi setelah dicoba, mau lagi dan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer bgt mbak, bikin nagih kl rafting.. Hehehe

      Hapus
    2. Beneer bgt mbak, bikin nagih kl rafting.. Hehehe

      Hapus
  18. pasti seru sekali nih, adrenalin terpacu menikmati hempasan2 arus yang deras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu, bikin nagihhh.. Pokoknya kl diajakin main air apalagi rafting nggak akan nolak bang.. Ehehe

      Hapus
  19. Ini acara yang sambil nginep-nginep di Puri Asri Magelang bukan sih? Dulu kayae Mas Aji sempet ngeshare info di grup Blogger Solo buat gantiin dia, karena nggak bisa dateng. E...lha kok disini ada fotonya.

    Mayan lah ya, 2 jam teriak-teriak heboh di atas perahu karet sampai mau dinaikin Mas Suket *imajinasiku liar pas moco iki xD--Wkwkwk ampun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayah itu mas Aji ikut kok, satu perahu kita.. Aku cah polos, pas ditanya "mau dinaikin mbak?" lha ya langsung ju jawab, maaauuu!!! Eh jebul pd saru :(

      Hapus
  20. Selalu ih kalo baca blog mbak ella serasa ikutan ada disituuuuu. Wkwk,pingin ngettt..kenal salam ya mbak, eh salam kenallll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wqwqwq, yok rafting bareng mbak.. Sini main, baru mau nerima kenal salamnya, eh salam kenalnya

      Hapus