Sop Senerek Magelang : Gabungan Kuliner Nusantara dan Belanda

by - September 21, 2018

Sop Senerek Pak Parto Magelang
Ada yang bilang kalau main ke Magelang nggak nyoba Sop Senerek rasanya belum "sah". Lah lah, aku segede gini belum pernah nyoba, padahal bukan pertama kali main ke Magelang. Ya gimana, nggak suka makan tumbuhan sih. *siap-siap ditendang anak vegetarian πŸ˜‚

Sampai akhirnya setelah selesai workshop di Hotel Puri Asri Magelang bareng teman-teman GenPI Jateng ku diajak kulineran. Yo ayo yo banget kan, dan pilihan kulineran jatuh ke "Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto". Tiba-tiba BB Idah memastikan
"Ell, jadi ikut kulineran? Sop Senerek lho, yakin?"

"jadi ayo, agak penasaran juga sama rasanya, tapi ku nggak mau pakai sayur". Jawabku.

Banyak yang bilang kalau Sop khas Magelang ini berasal dari gabungan kuliner Nusantara dan Belanda. Kalau orang Belanda bilangnya “Snert Soup” tapi karena orang jawa lidahnya lempeng maka "Snert Soup" dibaca "Sop Senerek". Terserah yaa, terserah! 😀

Lokasi Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto
Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto, Magelang
Kami berlima mengendarai motor menuju kawasan Terminal Lama Kota Magelang, tepatnya di Jl. Ikhlas C No. 12, Pertokoan Rejo Mulyo, Magelang dimana Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto berada. Kala itu terik sore nggak begitu terasa, karena justru ku cengar cengir membayangkan mantan sedang asyik membelah kota Magelang bareng selingkuhannya. Ya gimana kalau nggak salah ingat, dulu waktu kami masih pacaran, hampir tiap weekend dia bilang ada kerjaan di Magelang. Yaelah Bambaaang, bayi juga tau kalau sepintar-pintarnya TUPE melompat pasti jatuh juga. Tapi begoku aja yang kebablasan. *eh wis, bahas Sop Senerek aja yuk!πŸ˜‚


Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto, Magelang
Kami memarkirkan motor persis di depan Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto. Tempat parkirnya cukup luas karena warung nasi ini memang terletak di area Terminal Lama Kota Magelang. Kami melangkahkan kaki masuk, memilih meja dan tempat duduk. BB Idah dengan gesit memesan 5 porsi Sop Senerek. Saat itu Warung Nasi Pak Parto nggak begitu ramai, hanya terlihat beberapa pengunjung. Warung Nasi ini sebenarnya cukup luas, terdapat beberapa meja berjejer rapih. Tapi sayangnya meja dan lantainya agak kotor. Mungkin karena kami berkunjung di jam sore kali ya.

Cita Rasa Sop Senerek Pak Parto

Nggak begitu lama, 5 mangkuk Sop Senerek dengan kepulan asap tersaji di meja. Satu mangkuk Sop Senerek berisi kacang merah, bayam, wortel, daun bawang, dan potongan daging sapi. Eh kalau Sop Senerek pesananku nggak ada bayamnya, do'akan ya biar cewek cantik ini doyan sayuran lagi :(

Sop Senerek Pak Parto Tanpa Bayam, Magelang
Aroma Sop Senerek Pak Parto bisa dibilang standar lah, kaya sop buatan Ibu di rumah. Saat ku cicip kuahnya, "wow" asyiiin tapi enak, ya emang karena selera asinku tinggi, rasanya jadi tambah gurih aja gitu. Tapi kalau kata teman-temanku malah terlalu asin. Mas Aji sampai merem-merem setelah nyicip kuahnya.

Di meja memang terdapat kecap dan sambal, tapi ku nggak tertarik untuk menambahkannya ke mangkuk. Tekstur kacang merahnya empuk tapi padat, lunak tapi nggak lunak banget. Eh gimana? Tahu kan maksudku, ya. Tekstur potongan daging sapinya juga empuk, irisan wortelnya dimasak setengah matang gitu, pas. Meski ada potongan daging sapi, kuahnya tetap bening kok, nggak keliatan banyak lemaknya. Bumbu rempahnya lumayan terasa, *padahal tahu jenis bumbu aja nggak. Hahaha
Tapi minimal aku bisa merasakan ada lada di Sop Senereknya.

Awalnya kami mengira kalau makan Sop Senerek memang harus disantap dengan nasi, supaya rasa asinnya nggak terasa kebangetan.*tapi buatku nggak papa sih seasin ini. Kami sengaja nggak memesan nasi karena perut baru diisi sebelum kulineran. Nah, usut punya usut, rasa asin ini karena kuah Sop Senerek tinggal tetes terakhir. Bumbu dan tetek mbengeknya mengendap, jadilah kami pelanggan terakhir dengan keasinannya. *nasib, nasibπŸ˜‚
Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto, Magelang
Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto juga menyediakan Sop Iga, Sop Buntut, dan Cingur lho. Kapan hari kalau ke Magelang lagi mau coba Sop Iganya ah. Tapi nggak mau ke sana sore hari, takut dapat kuah tetes terakhir njuk keasinan lagi. Ya walaupun suka asin tapi kalau yang berlebihan kan nggak baik. Contohnya berlebihan percaya sama kamu, nggak baik. Ujungnya sakit. *allahu jempol susah banget ngerem nihπŸ˜‚

Harga Dan Jam Buka Warung Nasi Sop Senerek Pak Parto

Harga satu porsi Sop Senerek Pak Parto Rp.15 ribu. Buka dari jam 06.00-16.30 WIB.



You May Also Like

44 komentar

  1. apakah sudah buka cabang di luar kota ni sop, jadi pengen malam malam makan ini , lagi hujan disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku blm mas, masih di sekitaran Magelang aja

      Hapus
  2. Di Purworejo juga ada ini, Sop beginian. Jadi nggak usah jauh-jauh ke Magelang, lah. Hahaha.
    Tapi aku baru tau kalau sop ini aslinya dari Magelang. Tak kira dulu itu, cuma sekedar permainan kata doang. Ternyata memang nama aslinya itu sop snerk. Bhaique. Sekarang saya paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakah? Besok kl q ke Purworejo ajakin makan sop ini yaa.. Siapa tahu rasanya bedaaa

      Hapus
  3. Kalau Magelang saya ingatnya Tahu Kupat, tapi kalau Sop Senerek saya blum pernah nyoba, mungkin suatu saat kalau ke Magelang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, Magelang juga terkenal dengan tahu kupatnya.. Tapi kemarin ku lebih penasaran dengan sop senereknya.. karena emang nggak begitu doyan tahu sik, wqwq

      Hapus
  4. Makanan nya enak bangett... dulu waktu kecil suka banget makan sop, apalagi biasanya cuma sisain kuah nya doang hha :D, tapi sop khas magelang emang enak sih, ak pernah nyoba sekali waktu kerumah temen di magelang... rekomended banget la

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, aku juga suka tapi kuahnya doang.. tp skrg2 sih lagi belajar makan sayurnya..

      Hapus
  5. kirain itu asinnya karena jadi ciri khas, ternyata kuah terakhir. Ya memang benar-benar apes tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, awalnya juga ku kira asinnya karena harus dimakan bareng nasi, eh ternyata karena terakhir. wqwqwq

      Hapus
  6. belum coba belum coba
    ini kayaknya maag-friendly
    seger banget
    tapi kok aku lebih suka ada bayamnya ya mbak
    entah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh mas kalau lewat Magelang, segeeer bangeeet.. kl yg suka sayuran pasti lebih suka yg ada bayamnya

      Hapus
  7. Ya ampun, sempat-sempatnya membahas mantan, Mbak hihihi.

    BTW, sopnya unik. Kalau di sini sop dengan bahan kacang merah tidak ada yang pakai bayam. Eh, atau saya yang gak gaul, ya? :P

    Iya, sih. Seingatku begitu. Kalau di sini, kacang merah temannya ya selain bayam itu (yang di menu di atas). Tapi ini unik ya. Pake bayam. Dan pasti enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga heran mbak, kenapa sempet mikir mantan trus. Hahaha
      coba mbak masak sendiri, kacang merah tambah dengan bayam.. hiks

      Hapus
  8. Oho, kalau aku yang mesen, tentu ga pake bayam juga. hehehe. Di tunggu kedatangannya di blog saya.

    BalasHapus
  9. Serius itu sang mantannya begitu? :p gagal fokus sama sop-nya saya. Hahaha ... maafkeun akyu Kak Ella :D

    Btw sop senerek ini mirip sop buntut di Warung Damai, tempat kami menikmati sup iga setiap Kamis. Penampakannya mirip dengan sop senerek ini, Kak Ella. Ada kacang merah yang lembut, wortel, daun sop tapi tanpa sawi memang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, lupakan matntan mbak. wkwkwk
      wah iya kah? aku kok jadi pengin makan sop iga yaa

      Hapus
  10. Sop ada bayamnya..hihi..unik sekali, ya, Mbak. Kita kebalikan banget, ya. Kalau saya sayuran mentah aja suka banget, apalagi kalau udah matang gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wqwqwqwq iya mbak, coba deh mbak masak trus aku nyicip. Haha
      iya makanya aku kurus banget ik

      Hapus
  11. Aku belum pernah ke Magelang mba. Sop senereknya bikin ngiler asli. Beneran mba ngga bohong. Haha. Emang itu dijualnya cuma di Magelang aja ya mba? Soalnya aku baru pertama kali denger nama sop senerek sih. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Khas Magelang nih. Kalau ke Jogja mampir ke Magelang. Cobain, pasti bikin nagih

      Hapus
  12. Wew.. Bola-bali lewat Magelang, tapi lagek ngerti enek sop iki..
    Mungkin akune sing kurang mengeksplor ya..? Sing digolek mung mie ayam.. haha

    Pas dilihat sekilas tak kira rdo tawar hlo.. Ternyata asin.. hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh mie ayam rekomended di Magelang sebalah mana mas? iki ncen enak

      Hapus
  13. walau Kuah terakhir yang penting nikmattt. asal jangan kuah terakhir mantan.. :)

    BalasHapus
  14. hhmm. sepertinya enak juga..

    BalasHapus
  15. Masa ga pake bayamnya. Padahal seger loh, sehat pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak begitu suka mas, masih latihan makan sayur, ehehehe
      otw sehat nih

      Hapus
  16. liat fotonya aja udah ngiler, masyaAllaah.... btw maaf jadi kebaca curhatanya mbak...hehe. salam kenal :)

    BalasHapus
  17. Oh gitu tah, aku berarti harus ke Magelang lagi dong biar sah.

    Seperti mantanmu yang otewe sah..eh
    Dah lupakan :D

    Kalau buka dari jam 6 mah cocok buat sarapan juga. Apalagi pulang gowes. Mantep.
    Bayam itu enak lho, coba lagi deh. Masa kalau sama popeye. Coba minta tips ke si olive :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaas, sesuk lakbok tak bom. gelem koe? ngezeliin, hhhh
      iyap, seger bgt buat sarapan abis gowes

      Hapus
  18. Aduhh... pasti enak banget, kirimin gua dong, kirim lewat telepati ckck

    BalasHapus
  19. Wahhh unik banget sih ini sopnya, anti mainstream ya hahahah.
    Aku biasanya makan kupat tahu ssih, favorit banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita kebalikannya mbak.. aku nggak begitu suka tahu,wqwqwq

      Hapus
  20. Lah-lah, baru tahu ini. Pdahal dulu 4 bulan tinggal di Magelang dan beberapa kali lagi berkunjung kesana. Enak bnagat keliatannya

    BalasHapus
  21. Sop kacang merah itu enaaaaak. Sayang pasar tempat ART ku belanja jrg jual :(. Hrs ke pasar yg gedean. Dulu mama ku srg bikin sop senerek ini. Tp kalo kebiasaan di rumahku jg ga pake sayur mba. Palingan cm wortel, kentang ama daun sop. Jd kangen sop kacang meraaah :p. Kalo ke magelang mah kejauhan. Tp tempatnya bakal aku catet, kapan2 ke magelang hrs didatangin. Dan semoga aku ga keasinan dptnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw, iya mbak. Aku lebih seneng kacang merah sama wortelnya sih.. eheheh
      cus kl ke Magelang jangan lupa mampir

      Hapus