Pesona Tumbuhan Laut Di Pantai Krakal Gunungkidul

oleh Ella Fitria
Pantai Krakal, Gunungkidul

Jika sudah di Yogyakarta rasanya ada yang kurang kalau nggak nyempetin mampir ke pantai, iya nggak sih? Ncen cah nggunung iki, diajak ke pantai aja udah bungah nggak ketulungan. Hhh.. Makannya susah nglupain Dul, karena dia sering banget ngajakin aku ke pantai. Lha ini kenapa bawa-bawa Dul lagi sih? Yabodo amat, kemarin aja aku nulis tanpa bawa-bawa nama Dul, malah podo protes ngledek kok. Tapi kalau begini terus gimana hati gue bisa move on woi, gimana?! *sambil bertanya pada rumput yang bergoyang!😑

Stop ah bahas Dul-nya bikin mau netesin air mata nih, *ini mah bahas sendiri, nggak terima sendiri juga😂 Eh mending sekarang balik lagi bahas pantai-pantai indah di Gunungkidul aja. Kaya lebaran kemarin tu, gegara liat foto-fotoku di pantai Krakal, adekku minta main ke pantai Krakal. Yawes, aku turutin aja toh kami sedang berada di rumah mbah tepatnya di Wonosari, jarak dari rumah mbah ke pantai Krakal juga nggak terlalu jauh kok. Tapi, you know that?! Macetnya gilaaaaa, jalannya dibikin buka tutup begitu karena kendaraan di area pantai sudah membludag bangeeet. Baiklah, baiklah, aku harus bersabar nih siapa tahu jadi disayang mantan kan?💃

Setelah bersabar namun tak kunjung disayang mantan, aku nggak putus asa dong, tetap berusaha membahagiakan diri sendiri. Hahaha
Seketika moodku balik lagi saat mobil sampai di parkiran pantai Krakal, begitu turun dari mobil terdengar suara ombak bersahutan disusul dengan angin yang lumayan kenceng. Syahdu banget Tuhan…. Entah sudah berapa kali aku menginjakan kaki di atas pasir putih pantai Krakal, meski dari dulu pantai ya gitu doang, nggak ada yang berubah tapi tetep aja nggak pernah bosan.

Pantai Krakal, Gunungkidul

Salah satu yang bikin takjub di pantai Krakal adalah tumbuhan laut hijau yang bisa terlihat jelas meskipun terendam air pantai, karena air pantainya tuh bener-bener jernih banget ditambah pemandangan pasir putih dan banyak karang sepanjang pantai Krakal.

Nggak cuma itu lho, ada juga tebing-tebing dan bebatuan karang. Sakjane kemarin pengin petakilan naik bebatuan karangnya, tapi keburu ditelpon bapak nggak boleh manjat-manjat tebing. Jadi ya sudah lha. Zonk! Firasat bapak ibu memang jarang meleset. Mereka kaya punya indera ke-6.😂 Nggak papa deh nggak bisa naik ke tebing, cukup jalan di bibir pantai trus ada yang motretin juga udah bahagia banget kok. Walaupun ku nggak lepas sepatu, karena karangnya tajam coy, nggak berani telanjang kaki.

Lokasi Pantai Krakal

Pantai Krakal ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau dari kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar dua jam. Lebih tepatnya buka google maps aja🙊 Sepanjang jalan menuju pantai juga ada petunjuk jalan/plakat kok. Jadi nggak usah takut nyasar. Cukup sudah nyasar di hati mantan aja, cukup!😑

Akses jalannya juga udah mulus banget kaya pantat bayi, nggak kaya akses jalan menuju Pantai Jungwok yang dulu masih bebatuan, nggak tahu kalau sekarang. Yang jelas kalau mau ke pantai Krakal lebih enak bawa kendaraan sendiri. Atau lebih enak bonceng mantan, *eh

Fasilitas Di Pantai Krakal

Kalau menurutku, fasilitas yang ada di pantai Krakal ini udah cukup memadai kok. Kita nggak bakal kelaparan karena udah banyak penjual makanan ringan dan makanan berat, ada gazebo dekat pantai juga, trus toilet, dan beberapa penginapan di sekitar pantai Krakal. Sekarang banyak juga properti untuk swafoto di bibir pantai yang instagramable banget. Tapi maaf ya, nggak ada mantan atau jodoh di sini. Yang ada cuma kenangan doang, belum bisa hilang nih, padahal udah sampai gegar otak tapi tetep aja keinget. Duh!

Tarif Masuk Pantai Krakal

Cukup membayar Rp. 10rb/orang di loket masuk kawasan pantai Gunungkidul, kamu bisa menikmati pantai-pantai yang ada di Gunungkidul seperti pantai Baron, Indrayanti, Kukup, dll. Nggak bayar lagi, cuma bayar parkirnya doang. Murah bangeet kan ya. Wong biasanya kalau ke pantai juga bayar Rp. 10rb untuk masuk satu pantai doang lho.

Pantai Krakal, Gunungkidul

Eh ya, ku kasih tips berlibur ke pantai Krakal ya, siapa tahu ada yang pengin berlibur ke sana. Berikut tips berlibur ke pantai Krakal :

  1. Kalau nggak pengin bermacet-macet ria, jangan berlibur saat lebaran atau tahun baru. Kalau weekend masih oke lah, nggak begitu macet.
  2. Kalau nggak pengin kulit belang, berkunjunglah pagi atau sore hari. Tapi kalau kamu pengin ngitemin kulit, silakan berjemur ala-ala bule di sini. Boleh kok, boleh banget.
  3. Jangan melepas alas kaki ketika berjalan di bibir pantai. Bahaya banget nggak sih, kalau telapak kaki kita tergores karang-karang tajam. Kalau aku sih cari aman, mending pakai sepatu atau sandal sepanjang jalan di bibir pantai.
  4. Kaya yang udah ku bilang tadi, gunakan kendaraan pribadi atau bisa Sewa Mobil Jogja karena susah cari angkutan umum. 

Btw, kamu udah pernah ke pantai Krakal? Bagi tips berlibur ke pantai Krakal dong!

PS : ku baru sadar, file foto di pantai Krakal entah dimana 🙁 ku cari dari semalam cuma nemu tiga biji doang😭

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Djangkaru Bumi
7 Mei 2018 07:19

Saya orang jogja belum pernah main ke pantai krakal, jadi penasaran dengan tumbuhan laut hijaunya. Apakah benar-benar hijau.

Nasirullah Sitam
7 Mei 2018 07:19

oh mantanmu namanya DUL; Dul siapa? Duham atau Abdul?

Kang Nata
7 Mei 2018 09:27

Pesona pemandanganya sangat indah, tapi yang mengusik pikiran saya adalah kok, " wajah " sosok wanita di dalam gambar tersebut tidak kelihatan ? jangan2 sengaja di sembunyikan biar si " dul " ngk liat. 🙂

Dul = dulian luntuh. 🙂

Niki s
7 Mei 2018 10:33

10ribu per orang?
Jadi beli orang harganya 10ribu?
Walah murah y
Aduh mba saya udah item, gimana dong?

Heri Heryanto
7 Mei 2018 10:33

bersih pantainya, nggak kalah sama bali, kalau ke pantai jogja biasanya beli gorengan hewan apa namanya yg sering dijajakan di pantai ya?

Ummi Hani
7 Mei 2018 10:55

Setelah lama bersabar tapi tetap tidak dusayang, hehe ,,, bacanya gimana gitu
pemandangan yang indah
setuju banget kudu cari hari yang pas biar terhindar macet apalagi di hari raya
mending kunjungan kerumah camar kali ya hehe

Liana
7 Mei 2018 11:34

cantiknya ya Pantai Krakal. aku pernah main ke Jogja tp cuma sebentar, gak sampe 24 jam hihi
harus balik lagi ini mah 🙂

Ramadani Idaham
7 Mei 2018 22:23

Pantai nya bersih eyy keren hehe

Sungai Awan
8 Mei 2018 00:11

saya malah belum pernah ke sana mbak
itu terlihat sangat dangkal sekali yang di bibir pantai, sampai-sampai terlihat tanamannya. Ataukah itu kotoran ya

kurang banyak itu fotonya, semoga cepat menemukan fotong yang terselip di sekatnya pintu lemari itu ya mbak

Rivai Hidayat
8 Mei 2018 00:12

Paling senang ketika menyusuri pantai-pantai di sepanjang gunungkidul. Ke krakal dulu pas piknik RT. Seru, soale jarang main sama teman2 se-RT 😀

Akhmad Muhaimin Azzet
8 Mei 2018 03:32

Kalo ke Pantai saya sukanya pagi-pagi banget…

Abu Alifa
8 Mei 2018 03:32

Lautnya jernih banget kayaknya, sampai trumbu karangnya kelihatan

Agus rusdi
8 Mei 2018 05:41

tumbuhan lautnya unik banget sis jadi pingin kesana rasanya

Vika Hamidah
8 Mei 2018 06:30

wkwkkww.. Baca komennya lebih asik dibandingkan baca artikelnya hihih engak deng mami ella.. Artikelnya sangat bagus banget.. saya aja ampebaper pengen ke pantai krakal..Btw kak Ella aku terpesona dengan foto yang sedang pake baju stripes,, seperti sedang menunggu seseorang yang ada disana ya xixiix

mrhanafi.com
8 Mei 2018 09:45

saya juga turut terpesona dengan keindahan alam..begitu cantik sekali.

Muyassaroh
8 Mei 2018 15:46

Cantik banget pantainya beniing begitu mbak..kuma diajakin yaa 😀

Bang Doel
9 Mei 2018 02:59

Bukan Dul saya 'kan? hehe
Setiap jengkal Jogja selalu banyak keindahan yang rindu untuk dijelajahi. Salah satu yang belum dari sekian banyak destinasi adalah Pantai Krakal ini.
Semoga selalu ada waktu…..dan biaya.

Nathalia DP
10 Mei 2018 23:41

Dulu pernah survei ke gunungkidul, tp belum pernah ke pantai krakal, huhu… Cantik ya

Agus Supriyono
10 Mei 2018 23:41

jadi baper dan berasa kurang piknik nih, baca postingan ini

Mayuf
11 Mei 2018 01:28

Mantep mba pantainya ada karang" juga tumbuhan laut, jadi pengin segera piknik hehe