Eid Mubarak 1440 H Mohon Maaf Lahir Batin

oleh Ella Fitria
Eid Mubarak
Happy Eid Mubarak

Rasanya baru kemarin tarawih pertama. Baru kemarin saur perdana. Eh tapi malam ini takbir udah berkumandang aja. Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu bulan Ramadan, semoga apa-apa yang kita lakukan di bulan Ramadan mendapat berkah dari Tuhan, semoga pula ibadah serta doa-doa kita menjadi penolong saat tiba waktunya kita menghadap Tuhan.

Menurutmu apa yang spesial di bulan Ramadan? Kalau menurutku ada banyak hal spesial di bulan Ramadan. Momen saur dan buka bareng keluarga tersayang, ya dulu inget banget sih makan saur dan buka sendirian, takbir udah menggema dari pengeras suara mushala tapi aku memilih menyendiri di rumah. Bukan tanpa sebab, melainkan ah sudahlaaaah. Yang penting sekarang Alhamdulillah, Ramadan kali ini banyak nikmat termasuk memaksa kaki untuk melangkah ke masjid. Lalu mengalahkan rasa malas untuk membuka mushaf yang entah kapan terakhir dibaca. Tambah semangat lagi ketika selesai tarawih ada yang ngajak tadarus bareng, kami saling mengoreksi jika ada tajwid yang keliru.
Buatku lebaran Idulfitri tahun ini agak berbeda, kami merayakan di Banjarnegara. Setelah mbah putri dan mbah kung meninggal, antusias mudikku nggak begitu besar. Rasanya ada yang kurang aja, meski di rumah mbah sudah pasti pakde, bude, om, dan tante berkumpul. Tapi rasanya nggak sehangat ketika mbah putri dan mbah kung masih ada. Nggak tahu cuma aku yang ngerasa gini atau kalian ada juga yang ngerasain hal yang sama? Soalnya di keluarga ibu juga gitu, mbah putri udah meninggal jadi ketika momen lebaran gini nggak seramai dulu ketika mbah putri masih ada. Tapi nggak papa, minta Al fatihah untuk mbah putri dan mbah kung, ya. 🙂
Oya selamat Idulfitri 1440 H untuk semua teman-teman yang merayakan, mohon maaf lahir batin, ya. Kuyakin banyak tingkah dan tutur kataku yang kadang nggak ngenakin, apalagi omonganku  yang sering ceplas ceplos asal ndeplak. Huhuhu
Maafkan, ya. Maafkan.
Btw barusan aku baca meme lucu soal permintaan maaf lebaran, kurang lebih gini :

“nggak menerima permintaan maaf via online, apaan! Nyakitinnya aja sampai ke tulang, kalau mau dimaafin ya minta maaf secara langsung!”

Dan nggak lama kemudian baca meme lagi, yang isinya kurang lebih merespon meme di atas.
“kamu bilang lebaran nggak menerima perimintaan maaf via online, maunya ketemu langsung? Kalau Allah bilang nggak menerima maaf lewat doa maunya langsung ketemu, gimana?”

Ngekek dong aku. Ya memang ada baiknya minta maaf dengan datang langsung sekalian silaturahmi ke rumah dan keluarga, tapi kalau jarak nggak memungkinkan menurutku nggak masalah dengan meminta maaf via online. Terlebih dengan teman-teman medsos yang belum pernah bertemu tapi intens berinteraksi. Apapun model permintaan maafnya semoga bisa membuat hati kita sama-sama lega dan kembali suci, ya.
Sekali lagi, untuk siapapun yang membaca ini. Mohon maaf lahir batin. Diiringi dengan suara takbir yang menggema, berkumandang, saling bersautan, memberitahukan bahwa Bulan Ramadan telah usai dan berganti dengan Bulan Kemenangan. Selamat merayakan kemenangan untuk diri sendiri dari rasa marah, sakit hati, benci, dendam, dll. Selamat merayakan Idulfitri, salam untuk keluarga tercinta, yaaa! Yang mudik hati-hati di jalan, hati-hati ndak dapat pertanyaan kapan nikah, hati-hati juga ndak ketemu mantan. Nanti hatimu ambyar. Udah-udah. Sini peluk, sini. ❤ 
Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Anggara Wikan Prasetya
7 Juni 2019 21:42

Yaa.. Pada-pada..
Mon maap lair dan batin juga..

Riza Alhusna
7 Juni 2019 21:42

Mohon maaf lahir dan batin juga mbak…

Semoga lebaran tahun ini jadi berkah buat kita semua…

Asep Rohimat
10 Juni 2019 23:37

Mohon maaf lahir dan batin juga dari Asro sekeluarga.. 🙂 🙂

Ella Fitria
13 Juni 2019 03:41

sama-sama, Mas Anggara

Bang Day
15 Juni 2019 00:26

Selamat idul fitri juga mba. Maaf lahir batin yah

ratutips.com
18 Juni 2019 00:17

Mantap kak ella.. mohon maaf lahir batin juga yaa.. selamat idul fitri..

Ella Fitria
18 Juni 2019 00:51

Aamiin, sama2 Mas Riza

Ella Fitria
18 Juni 2019 00:51

iya mas Arso sekeluargaaaa 🙂

Ella Fitria
18 Juni 2019 00:52

nggak mau peluk kamuuuuu, wkwkwk
yaw maaf lahir batin jugaa yaaa

Ella Fitria
18 Juni 2019 00:52

iya Bang Day… 🙂

Ella Fitria
18 Juni 2019 00:52

iya kak, nol nol ya.. hhh

Azka Kamil
25 Juni 2019 10:59

makasih kak informasinya…
mampir ke blog ana juga yaa