Jelajahi Aceh, Saksikan Ritual Aceh Seumuleung Unik ini

oleh - Agustus 23, 2019

Seumuleung
Seumuleung (Sumber: e-newsbagus.blogspot.com)
Ditempat kamu masih sering ada ritual adat nggak, sih? Kalau di tempatku masih ada, cuma udah jarang. Memang nggak sedikit ritual daerah yang udah mulai luntur seiring dengan perkembangan zaman di era teknologi yang tak terbendung ini. Eh tapi jangan salah, ternyata masih banyak wilayah yang melakukan ritual adat secara kontinu, termasuk Daerah Istimewa Aceh.

Ritual adat ini merupakan salah satu khasanah budaya nusantara yang terasa unik di zaman now. Tentu upacara semacam ini perlu diapresiasi sebagai cara untuk mendekatkan diri pada adiluhung warisan leluhur. Ritual ini sekaligus menjadi daya tarik wisatawan baik bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya maupun turis mancanegara. Nah, berikut ritual adat yang sering ditunggu-tunggu oleh masyarakat lokal dan sayang banget kalau dilewatkan saat kamu sedang berlibur di Aceh.

Seumuleung, Ritual Memuliakan Keluarga Raja di Aceh Jaya

Seumuleung atau yang bermakna memuliakan raja, atraksi budaya ini merupakan ritual adat yang dilakukan saat lebaran Idul Adha tiba. Atraksi budaya ini pun udah berlangsung turun temurun dan biasanya dihadiri oleh para raja dari berbagai wilayah Aceh. 

Untuk tahun 2019 ini, deretan para raja dari Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Trumon, Singkil, Pase Pidie, Aceh Selatan, Linge Takengon, dan Meulaboh, memenuhi undangan dari Teuku Saifullah, Raja Aceh Daya. Selain itu, acara ritual adat ini juga dihadiri oleh pejabat kabupaten setempat mulai dari bupati, ketua DPRK, serta unsur SKPK. 

Semuanya berkumpul dengan tujuan memuliakan raja dari Daya sebagai generasi penerus dari Sulthan ‘Alaiddin Ri’ayat Syah atau yang dikenal dengan nama Po Teumeureuhom Day. Jasad sang sulthan ini berada di puncak bukit Gle Jong, Kecamatan Jaya (Lamno), Kabupaten Aceh Jaya. Doa dan lantunan zikir pun terdengar di langit Lamno. Ugh, khidmat banget nggak sih? 

Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Pantai Lamno
Pantai Lamno (Sumber: youtube.com)
Ratuasan ribu warga dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Kota Banda Aceh pun berkumpul di pinggir pantai Lamno, tempat prosesi ini dilaksanakan. Sayangnya ritual adat yang unik dan menarik wisatawan ini masih kurang mendapat perhatian khalayak.

Para pengunjung menaiki anak tangga ke puncak bukit. Di puncak bukit ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama lautan dan bukit hijau Lamno. Tak hanya melulu panorama cantik, warga Lamno, Kabupaten Aceh Jaya dikenal sebagai keturunan Bangsa Portugis, sehingga secara kasat mata terlihat melalui fisik mereka yang rupawan dan bermata biru.

Nah, itulah sebuah ritual adat yang bisa kamu saksikan kalau kebetulan mengunjungi Aceh saat hari ke-3 setelah Hari Raya Idul Adha. Khusus buat kamu yang tinggal jauh dari Aceh dan ingin datang menyaksikan acara ini, kamu bisa memesan tiket pesawat online ke Aceh melalui website Airy atau aplikasi Airy. Promonya bikin ngebet keliling daerah. Huhuhu

Selain penginapan, Airy juga menyediakan tiket pesawat murah lho, jadi kamu bisa terbang ke Aceh dengan lebih hemat. Di website Airy atau aplikasi yang bisa diunduh di Android dan iOS ini, kamu bisa menemukan berbagai pilihan maskapai penerbangan untuk mengunjungi berbagai kota di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah maskapai Citilink, Tiket Citilink ini bisa kamu pesan dengan harga terjangkau. *apalagi kalau pas tanggal mudaaaa, terasa makin terjangkau karena gajian tiba😅

Metode pembayarannya pun sangat mudah dan praktis, kamu bisa membayar melalui kartu kredit, bank transfer, serta tunai di gerai Indomaret terdekat. Udah harganya murah, pembayarannya mudah, disediakan layanan refund dan reschedule tiket pesawat pula. Kurang apa coba? Eh ada satu lagi, transaksi di Airy juga bebas dari unsur penipuan lho. Nah kan aman banget, nggak akan kena tipu-tipu, cukup kena tipu gebetan aja. Kalau urusan cicis mah jangan. Wkwkwk




Mungkin Kamu Suka

31komentar

  1. Laaa..yuk kpn kita ke Aceh bareng?? Hehe.. BTW, Airy pancen oye La..aku tuh sering pakai juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencinta airy garis keras mbak. Wkwkwk
      Jd inget pas kita mau ke karimun, nginep dulu di airy. Hhh

      Hapus
  2. Aceh jauh sekali mbak, nggak ngebayangin main kesana,..tapi dulu pernah singgah di hati, seseorang keturunan Aceh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aris : cie bau2nya kangen mantan nih. Wkwkwk

      Bang Day : punya mantan orang Aceh juga? 🤣

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hallo Kak. Salam juga dari Banjarnegaraaaa

      Hapus
  4. ndang dolan neng Aceh, ben stok tulisane wakeh..

    BalasHapus
  5. Aceh adalah salah satu wilayah impian saya untuk dikunjungi, entah kapan bisa terwujud, semoga bukan hanya sekedar angan-angan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku doakan kenceng banget nih Mas. Semoga terwujud yaaa :)

      Hapus
  6. Salam untuk Aceh dari Garut ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau nitip salam buat dia dari aku bisa nggak yaaa?

      Hapus
  7. dari dulu kepingin sekali ke negeri serambi mekah, kapan ya bisa kesampaian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga akhir tahun 2019 kesampaian ke serambi mekah ya kak :)

      Hapus
  8. Wahhh seru banget mbak, aku suka liat acara adat kaya gitu, karna skrg udh banyak yg mulai pudar / ditinggalkan. Duh kapan ya aku bisa sampe aceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak pudar di touch up mbak. Eh dikira bedak kali ya. Eheheh
      Semoga segera bisa jalan2 ke Aceh yaa

      Hapus
  9. aceh itu heritage dan alamnya keren banget
    apalagi pernah jadi kerajaan lama upacaranya bener2 kekayaan budaya bangsa

    BalasHapus
  10. Ritual atau adat yang unik sekali ya
    Ditempat saya ritual hampir sudah tidak ada.
    Jadi sepi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempatku masih ada sih mas, tp sudah jaraaang...

      Hapus
  11. keren nih klo tiap adat istiadat kita tetap lestari kayak di Aceh ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huumb keren banget bisa nguri2 budaya terus

      Hapus
  12. uwaw, keren
    jadi penasaran pengen kesana
    pengen idul adha di sana, hahaha

    BalasHapus
  13. saya belum pernah ke Aceh. Ada yang mau ajakin saya...?

    Saya yakin disana ragam budayanya pasti banyak yang unik dan menarik.

    Apalagi Aceh di Nobatkan menjadi Kota dengan Julukan Serambi Mekkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk ke Aceh kang, kita main ke serambi Mekkah.. eheheh

      Hapus
  14. Jalan-jalan terus ya mbak kalau pakai airy, kalau tempat saya bulan muharram ada acara padusan atau kungkum di tugu suharto ini sangat ramai sekali dan dilaksanakan setiap tanggal 1 muharram

    BalasHapus