Menyusuri Goalawa Purbalingga Dengan Traveloka Xperience

oleh Ella Fitria
Gua Lawa
Goalawa Purbalingga
Dua tahun sudah berlalu, aku masih bergelut dengan pekerjaan pilihan ayahku. Tidak mengapa, aku mencoba berdamai dengan diri sendiri, bukan karena saat itu tidak memiliki pilihan, tetapi karena aku merasa tertantang meski awalnya tidak menyukai pekerjaannya.

Perlahan aku menikmati apa yang aku kerjakan, merasa nyaman dengan apa yang aku lakukan. Orang-orang menyebutnya aku tengah berada di zona nyaman. Tapi siapa sangka perjuangan untuk bertahan dengan pekerjaan yang tidak disukai sampai akhirnya menikmati dan merasa nyaman membutuhkan waktu dan usaha keras. Aku yakin senyaman-nyamannya hidup pasti merasakan jenuh dengan rutinitas yang itu-itu saja, bukan?

Bertahan dengan pekerjaan yang tidak disukai ternyata tidak selamanya berakhir buruk. Ella Fitria

Sejak zaman kuliah, aku memiliki cara untuk menghadapi kejenuhan sekaligus  sebagai bentuk terimakasih kepada diri sendiri dengan cara melakukan “sebuah perjalanan“. Mengajak tubuh, pikiran, serta isi hati untuk melakukan sebuah perjalanan adalah cara ampuh untuk survive di titik jenuh. Menghabiskan waktu dan mengcharge energi tidak perlu ke tempat yang jauh atau pun ketempat mewah. Seperti perjalanan yang beberapa hari lalu aku lakukan dengan Traveloka Xperience.

Jiwa-jiwa yang butuh Xperience (merasakan) liburan

Menyusuri Goalawa

Pagi itu aku bangun lebih awal, bergegas mandi, sarapan dan memastikan isi ransel tidak ada yang tertinggal. Aku mengikat tali sepatu tak sabaran, bersiap menempuh perjalanan menuju sebuah gua. Goalawa atau dikenal dengan Golaga merupakan lava cuve satu-satunya di Indonesia. Gua ini  terletak  di Kabupaten di Purbalingga, Jawa Tengah. Goalawa terbentuk akibat aliran lava yang keluar dari kepundan gunung Slamet di masa silam. Kakiku perlahan melangkah masuk ke dalam gua, atmosfir dingin langsung terasa. Kutarik nafas, kuhembuskan perlahan. Sesekali aku memejamkan mata, melepaskan penat setelah enam hari kerja. Baru di bibir gua aku sudah menikmatinya.
Pemandangan di dalam Goalawa
Icon Kelelwar yang terbentuk dibebatuan di dalam Goalawa
Bebatuan di Goalawa yang diberi lampu warna warni
Bebatuan di Goalawa dengan lighting sederhana

Selain karena Goalawa ini sebagai rumah hewan kelelawar, terdapat bebatuan yang berbentuk Lawa sehingga gua ini dinamakan Goalawa. Goalawa terdiri dari tiga level gua, di dalam Goalawa ini juga terdapat 14 gua dengan nama yang berbeda.

Lava Coffee Shop Di Dalam Gua

Langkahku terhenti saat melewati Lava Coffee Shop, seriusan ada coffee shop di dalam gua? Iya seriussss. Di coffee shop ini selain menyediakan kopi khas Purbalingga juga menyediakan makanan ringan khas Purbalingga seperti nanas bakar, mendoan, dan boled mletek (olahan singkong goreng).

Lava Coffee Shop di dalam Gua
Lava Coffee Shop di dalam Gua
Lava Coffee Shop Nampak dari Luar Gua
Lava Coffee Shop Nampak dari Luar Gua
Pengunjung Bersantai Ria di Lava Coffee Shop
Pengunjung Bersantai Ria di Lava Coffee Shop

Hawa sejuk terus merasuk ke dalam tubuh, aroma kopi serta iringan musik keroncong membuat betah berlama-lama di coffee shop dalam gua. Tetapi aku harus melanjutkan perjalanan, menikmati keindahan gua yang didukung dengan lighting sederhana membuat hawa mistis gua makin terasa. Setelah menyesap kopi dan mencicipi camilan khas Purbalingga, aku meneruskan langkah. Bergegas menyusuri gua sepanjang kurang lebih lima kilometer.

Interactive Zoo Di Kawasan Goalawa

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat mengunjungi kawasan Goalawa adalah berinteraksi dengan hewan rusa. Pengunjung bisa memberi makan berupa wortel sekaligus bermain bersama hewan-hewan tersebut. Dari sini, aku belajar mengasihi sesama mahkluk hidup, melihat rusa-rusa tersebut makan dengan lahap aku tersenyum bahagia. Sederhana, tetapi ada rasa syukur yang bergetar di dalam hati ketika melihat orang-orang menyayangi makhluk hidup di sekitar kita.

Interactive Zoo di Kawasan Goalawa

Glamping Kawasan Goalawa

Glamping Kawasan Goalawa
Glamping Kawasan Goalawa

Beberapa langkah dari kawasan Interactive Zoo terdapat area Glamping. Glamping sangat cocok bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam dan merasakan udara sejuk kaki gunung Slamet. Glamping merupakan kependekan dari kata “glamour” dan “camping“. Sama halnya dengan camping pada umumnya, bedanya glamping ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tenda Glamping area Goalawa ini berada di atas pepohon, pengunjung benar-benar akan merasakan sensasi camping yang menyenangkan.

Lokasi Goalawa

Lokasi tepat Goalawa berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dari pusat kota Purbalingga membutuhkan waktu sekitar 1 jam bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tetapi harus extra hati-hati, ya. Karena medan yang akan dilalui menanjak dan berliku

Tiket Masuk Goalawa Purbalingga

Tiket masuk Goa Lawa bisa didapatkan melalui Traveloka, lho. Padahal dulu setahuku, Traveloka hanya menyediakan tiket pesawat, kereta api, hotel, dan beberapa tempat wisata yang populer untuk kalangan menengah ke atas. Tetapi ternyata awal tahun ini, Traveloka melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan hiburan dan gaya hidup yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Yap! Namanya Traveloka Xperience.

Berkat adanya Traveloka Xperience, destinasi, aktivitas dan rekreasi lebih banyak tersedia. Mulai dari wisata murah seperti tiket masuk Goalawa Purbalingga hingga wisata high class. Mulai dari tempat terdekat dengan lokasi kita hingga menjangkau seluruh dunia. Semua berada digenggaman kita. Terdapat lebih dari 10 ribu mitra yang tersebar di 60 negara dan menawarkan lebih dari 10 produk gaya hidup. Nah lho, liburan bakal praktis banget karena sudah terintegritas. 

Tiket masuk Goalawa Purbalingga hanya Rp. 13.500 dengan Traveloka Xperience, mendapat disc. 10%. Kalau kalian beli langsung di loketnya harganya Rp. 18.000. Bakal terasa banget hematnya kalau kalian liburan ramai-ramai atau bareng keluarga, apalagi ditambah dengan menggunakan voucher dari Traveloka. 

Keuntungan Menggunakan Traveloka Xperience

Beberapa Keuntungan Menggunakan Traveloka Xperience

Banyak Pilihan Hiburan dan Gaya Hidup

Bukan hanya memudahkan traveling, tetapi Traveloka Xperience ini juga memudahkan dalam melakukan aktivitas liburan serta gaya hidup karena menyediakan berbagai layanan kategori mulai dari pijat dan spa, kecantikan, tiket bioskop, tiket event / festival / konser musik, karaoke, tur, perlengkapan perjalanan, kursus / workshop, makan dan minuman, hingga kelas olahraga.

Traveloka Xperience ini benar-benar memudahkan pengguna untuk menikmati perjalanan mulai dari alat transportasi, tiket atraksi atau wisata, treatment kecantikan hingga kulineran. Jadi kalau kalian dari luar kota ingin #XperienceSeru di Purbalingga, kalian bisa booking kebutuhan liburan di Traveloka Xperience. 

Banyak Pilihan untuk Menambah Xperience Liburan Kamu
Kerennya, setiap Kategori di Traveloka Xperience memiliki highlights, deskripsi, rincian aktivitas, pengalaman yang ditawarkan, dan review dari orang-orang yang pernah mencobanya. Ini sangat berguna buatku, karena aku nggak mau dong melakukan perjalanan atau mencoba hal baru yang endingnya kurang berkesan.

Praktis Saat Liburan

Selain banyak kategori di Traveloka Xperience, hal yang membuatku senang menjelajah bersama Traveloka Xperience adalah kita tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena keterangan ketersediaan tiket selalu up to date. Kita pun bisa memilih tanggal liburan sesuai keinginan kita.

Kita juga tidak perlu berdesakan mengantre serta berpanas-panasan untuk mendapatkan tiket, cukup dengan aplikasi Traveloka Xperience semua menjadi lebih mudah. Bisa booking sambi gegoleran pula. Kerennya setelah kita melakukan pembayaran, e ticket akan dikirimkan via email. Aku cukup menunjukkan e ticket ke petugas loket Goalawa tanpa harus mencetaknya. Paperless! Demi mendukung Indonesia go green. ❤ 

Metode Pembayaran Lengkap

Traveloka Xperience menyediakan lebih dari 40 pilihan metode pembayaran. Kurang lengkap apa coba? Kita bisa memilih metode pembayaran yang dirasa paling memudahkan kita. Bisa diberbagai minimarket, m-banking, i-banking, saldo uangku, kartu kredit, bank transfer hingga pay letter.

Diskon Berlimpah

Selain pilihan metode pembayaran yang lengkap. Di Traveloka Xperience juga banyak diskon yang ditawarkan. 
Btw, kemarin iseng-ising klik kategori spa & kecantikan, nemu facial di kota terdekat dengan harga Rp. 106 ribu perorang. Niat facial mengajak ibu, ternyata dapat diskon Rp. 100 ribu. Bayangkan facial untuk dua orang yang seharusnya membayar Rp. 212 ribu cukup membayar Rp. 112 ribu doang. Makin cintaaaa sama Traveloka Xperience nggak sih?🥰
Ini mah rejeki anak shalehah. Akhir bulan bisa menghabiskan waktu bareng ibu untuk merawat kulit supaya tetap cantik paripurna. 

Bebas Cemas 

Mana ada sih orang yang ingin liburan malah berujung tidak tenang? Cemas tidak mendapatkan tiket, cemas antre saat membeli tiket, cemas tidak menemukan alat transportasi di lokasi liburan. Padahal cukup buka satu aplikasi semua akan beres, cepat, dan aman. Kalau ada kendala customer service Traveloka Xperience juga siap sedia 24 jam.
4 Langkah Mudah untuk Merasakan Liburan di Traveloka Xperience
Nah, apakah kalian sudah pernah mencoba fitur Traveloka Xperience? Bagaimana Xperiencemu? Coba deh, install aplikasi Traveloka, lalu klik fitur Xperience. Disitu kalian tinggal pilih kategori yang kalian mau, bisa disesuaikan dengan lokasi terdekat kalian juga. Yang paling kusuka dari Traveloka Xperience dilengkapi dengan beberapa rekomendasi pilihan aktivitas liburan dan gaya hidup sesuai dengan ketertarikan dan hobi kita. Seru banget kan? Eh see u, di #XperienceSeru facial treatment dengan Traveloka Xperience, yaaa!!!

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
dear anies
23 September 2019 04:13

traveloka semestinya pilihan tepat untuk kaki jalan2

t h y a
24 September 2019 08:07

wah, fitur baru ya kak traveloka Xperiencee?
banyak banget keuntungannya plus dapet diskon pula kalau pakai traveloka xperience.
recommended banget nih,boleh dicoba 🙂

Kak Rasyid
24 September 2019 08:07

Wuuih, jadi pingin nih cobain Traveloka Xprerience nya .. Seru ..

Riza Alhusna
24 September 2019 08:07

Gw udah pernah ke situ mbakkk

Jaman masih kecil, jaman goalawa masih becek gak ada ojek…

Jasmi Bakri
24 September 2019 09:46

Keren banget tempat wisatanya dalam gua. Jadi pengen ke sana.. Mupeng, sumpah.

Mechta
24 September 2019 10:57

Wow..Golaga makin kereeeen ih. Ada glamping juga? Aduuuh..mauuu.. La, glamping di sini yuuk kapan2..

Wisnu Tri
24 September 2019 14:40

Ih, iya, aku taunya juga Traveloka itu buat pesen-pesen tiket transportasi doang. Ternyata, bisa buat mesen tiket masuk ke area wisata juga? Mantap!

Nanas bakar? Penasaran aku… Itu nanasnya pas dibakar udah kondisi mateng, apa setengah mateng, apa mentah, La?

Aris Armunanto
25 September 2019 00:11

Wah Goalawa sekarang tampil beda, sekarang ada Lava Coffee Shop dan dalamnya udh nggak remang2 lagi, untung saja dulu pernah kesini dua atau tiga kali ketika masih alami, tapi kepengin juga sih melihat yg sekarang

Nasirullah Sitam
25 September 2019 03:21

Sekilas kok mirip Gua Jatijajar ya, hahahahahahha

Ursula Meta Rosarini
25 September 2019 04:52

Eh ciyusan kok gua lawa udh jadi sebagus ini ya? Aku asli Purwokerto, ga jauh kalau ke Purbalingga, tp aku baru sekali ke gualawa waktu masih kecil, dulu mah bener2 gua yg penuh kelelawarnya, skrg udah jd instagramable gini ya, udh lama ga pulang kampung.

Rohyati Sofjan
25 September 2019 06:44

Pernah baca atau nonton tentang Gua Lawa. Beda banget dengan apa yang pernah saya baca dan tonton sekarang. Lebih canggih dan kekinian. Dulu mah, isinya kalong doang berikut kotorannya dan hal lain berupa mistis yang menyelubungi.
Tapi baca ini bikin saya ingat novel epik cerita silat yang ada sejarahnya, gua di sama digambnarkan beda. Yang di sini bisa nyegarin ingatan saya tentang wujud gua. Keren banget yang ini mah, gua bisa dijadikan tempat wisaata yang ramah dan gaya. Jadi masyarakat biasa bisa tahu banyak dan belajar dari alam sekaligus jadi penyayang binatang.
Pesan tiket tempat wisata di Traveloka Xperience asyik juga, mudah banget kesannya. Jadi pengen gunain aplikasinya agar saya bisa mudah keliling tanpa bingung mau ngapain. 🙂

Ipeh Alena
26 September 2019 12:50

Sama kak. Daku pun kalo mau nyoba satu fitur baru atau pergi ke tempat wisata. Selalu cek dulu ulasannya. Maklum, takut nanti malah berakhir menyesal

dudukpalingdepan
27 September 2019 13:06

cantik banget goanya ^_^

Btw saya juga pernah pakai traveloka xperience, benar-benar memudahkan. Nggak perlu antri plus dapat diskon juga. Best deh Traveloka.

Bang Day
27 September 2019 20:38

Tata cahaya pada goanya super keren tuh.Aih si mba ternyata penyayang binatang… si dia gmn mba, Eh

Muyassaroh
27 September 2019 20:38

Wah.. Dirimu selalu membuatku iri,Mbak..petualangan yang menyenangkan bisa traveling ke mana-mana.. Kapan ya bisa ke sana…

Akhmad Muhaimin Azzet
27 September 2019 20:38

Waaah, oke banget ini ya, Mbak, goalawanya indah, travelokanya sangat memudahkan.

Rudi Chandra
28 September 2019 16:45

Busyet… Ada kafe di dalam goa dong, menarik juga tuh.

Traveloka emang mantep sih, sekarang udah banyak yang bisa dibeli di aplikasinya.

Siti Faridah
28 September 2019 16:45

Infografisnya keren banget, Kak. Wisata Goa juga bagus banget. Dan aku jadi pengen segera liburan setelah baca postingan ini. Asik ya sekarang karen sudah ada Traveloka Xperience.

efo.teo
29 September 2019 08:11

Waaaaa Ella masih terus aktif di blog. Saya bahagia ehe.

Perihal pembahasan di paragraf awal, dirimu hebat juga bisa memaksakan diri sebegitunya. sedangkan saya, waaaaa, yasudalayaaa wgwgw.

Apalagi neh, Traveloka Xperience? Wgwgw makin jadi aja ini Traveloka yak wgwgw 😀

Btw, Goa Lawanya bagooooooooos. Bawa saya ke sana dong.

Ella Fitria
30 September 2019 05:31

Bangeet mbak. Mulai dr transportasi smpe hotel dan tiket wisata. Tambah lagi byk hiburan dan gaya hidup yg ditawarkan. Uww