Tips Menata Ruang Tamu Dengan Tema Graphical Pop

oleh - September 29, 2019

Ruang Tamu Tema Graphical Pop (desain oleh Ella Fitria)
Ruang Tamu Tema Graphical Pop (desain oleh Ella Fitria)
Kalian pernah membayangkan kalau suatu saat punya rumah impian nggak? Atau sederhananya pernah membayangkan punya ruang tamu yang simpel dan elegan? Eh kalian nggak usah brisik ya, walaupun belum menikah nggak ada salahnya bahas dunia perumahan, toh sekarang juga tinggal di rumah, ya masa tinggal di hutan?

Aku sepakat dengan ungkapan "Rumahku Istanaku". Karena bagiku, senyaman-nyamannya tempat adalah rumah. Ella Fitria
Aku punya angan-angan, besok lusa kalau sudah menikah mau bikin rumah yang simpel, elegan dan kelihatan fresh. Cukup ada ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 3 kamar tidur, dan 1 kamar mandi. Udah gitu aja, nggak pingin punya rumah segede gambreng ala sinetron-sinteron gitu.

Trus kemarin sempat mikir kalau punya rumah simpel, elegan, dan memberi nuansa fresh, otomatis aku mesti mendesain dengan tema kekinian. Apalagi bagian ruang tamu menjadi poin utama dalam sebuah rumah, nggak mau memberi kesan pertama yang kurang nyaman untuk tamu kita, kan?

Desain interior ruang tamu bertema Graphical Pop
Desain interior ruang tamu bertema Graphical Pop
Setelah jari-jariku berselancar di internet mencari ide tema ruang tamu, jatuh cintalah aku pada tema Graphical Pop. Graphical Pop ini memberikan nuansa yang serius namun tetap menyenangkan. Kombinasi warna pastel dengan sentuhan monokrom menyempurnakan furnitur dan memberikan kesan simpel elegan. Tema ini tuh lebih ke anak muda banget, kusukaaaaa.

Sketsa ruang tamu tema graphical pop menggunakan Google Sketchup
Sketsa ruang tamu tema graphical pop menggunakan Google Sketchup
Nah berikut tips yang perlu diperhatikan dalam menata ruang tamu supaya terlihat simpel, elegan, dan fresh dengan tema Graphical Pop beserta ilustrasinya yang aku buat menggunakan aplikasi Google Sketchup dan V-Ray Next.

Dinding

Pilihlah cat dinding dengan warna pastel atau warna cerah. Karena warna pastel akan menghasilkan sentuhan yang menyenangkan, sedangkan warna cerah akan memantulkan cahaya sehingga memberi kesan bersih dan simpel.

Dinding berwarna pastel dengan aksen garis dan bidang
Dinding berwarna pastel dengan aksen garis dan bidang
Kita juga bisa memberikan sentuhan aksen pada dinding berupa garis-garis dan bidang (graphical) supaya ruangan terlihat lebih artistik elegan, tentunya aksen disesuaikan dengan warna cat dinding, ya. Supaya terlihat lebih menyatu. Kaya hatiku dan hatimu, eaak! 

Tentukan Titik Fokus Ruangan

Menentukan titik fokus ruangan merupakan hal yang sangat penting, apalagi untuk ruang tamu. Titik fokus sebuah ruangan terletak pada objek tertentu, biasanya menjadi pusat perhatian saat pertama kali tamu masuk ruangan. Namanya juga ruang tamu, jelas digunakan sebagai tempat untuk bersantai saat menerima tamu. Makanya titik fokus ruang tamu biasanya ada di sekitar tempat duduk atau sofa. Nah penempatan dan pemilihan tempat duduk jangan sampai keliru. Usahakan sofa terletak pada bagian yang memiliki view yang bagus, berada di posisi strategis untuk akses objek sekitarnya dan nyaman.

Desain ruang tamu Graphical Pop nampak atas
Desain ruang tamu Graphical Pop nampak atas
Biasanya ruang tamu akan terlihat sempit atau luas tergantung kita meletakkan posisi sofa. Kita mesti mempertimbangkan ukuran sofa supaya sesuai dengan ruangan yang kita miliki, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil karena sofa yang bagus adalah kunci kenyamanan dan juga sebagai titik fokus ruangan.

Sofa sederhana berwarna monokrom-pastel
Sofa sederhana berwarna monokrom-pastel
Untuk menunjang desain Graphical Pop, pilih sofa yang sederhana daripada sofa yang terlalu banyak ornamennya. Prioritas memilih sofa cukup dilihat dari kualitas kain, warna kain (pastel/monokrom), dan bentuk yang simpel untuk kesan yang lebih elegan.

Membeli Karpet Sesuai Ukuran

Selanjutnya setelah menentukan warna cat dinding dan aksennya, hal yang perlu diperhatikan adalah lantai. Supaya ruang tamu terlihat luas, kita butuh mengaplikasikan karpet. Yap! Bisa menggunakan karpet berbahan wol ataupun karpet permadani. Karpet ini dapat dipasangkan di bawah meja sofa. Tapi sebelum membeli karpet, ada baiknya mengukur lantai terlebih dahulu jangan lupa berikan space antara karpet, lantai dan dinding. Usahakan warna karpet pastel/monokrom supaya senada dengan cat dinding. 

Dekorasi Ruang Tamu

Untuk dekorasi ruang tamu kombinasikan furnitur modern dan simpel supaya menciptakan ruang yang menarik, eklektik, dan individual. Perpaduan warna pastel dengan monokrom akan menciptakan nuansa yang menyenangkan.
Beberapa ornamen tambahan seperti lukisan dan tanaman
Beberapa ornamen tambahan seperti lukisan dan tanaman
Menggantung pigura ataupun lukisan akan lebih indah jika digantung setinggi mata. Lebih tepatnya jika dinding dipotong secara vertikal menjadi empat bagian (dari bawah ke atas), maka titik fokus seni berada di urutan ketiga (dihitung dari lantai). Untuk hiasan dinding, pilihlah karya seni abstrak bergaris yang simpel dengan warna monokrom atau lukisan apapun yang berwarna monokrom.

Selain hiasan dinding, kita juga bisa memberikan kesan sejuk dengan menambah beberapa tanaman hidup untuk ruang tamu dikombinasikan dengan pot atau vas bunga monokrom.

Rak Penyimpanan Barang

Penyimpanan barang dan drawer
Penyimpanan barang dan drawer
Pastikan di ruang tamu memiliki ruang penyimpanan, baik berupa rak ataupun almari. Gunanya untuk menata barang yang kita sukai, seperti koleksi hotwheels, buku, dll. Tapi perlu diingat, usahakan rak penyimpanan ini multi-fungsi supaya tidak memakan banyak tempat. Misal rak penyimpanan gabungan antara lemari televisi dengan lemari untuk koleksi barang. Supaya terkesan adem, kalem, dan elegan, usahakan warna rak penyimpanan berwarna putih, abu muda atau kayu berwarna pastel. Duh bakal manis banget, kan?

Pencahayaan Ruang Tamu

Penting banget nih point nomor 6. Penerangan! Kalau aku lebih suka dengan pencahayaan rendah daripada lampu overhead. Apalagi dengan tema Graphical Pop, dinding serta furnitur sudah terkesan berwarna dengan pencahayaan yang rendah.

Sumber cahaya dari jendela samping sofa
Sumber cahaya dari jendela samping sofa
Usahakan tempat duduk atau sofa nggak langsung menghadap jendela atau sumber cahaya karena bisa mengganggu kenyamanan dan menyilaukan mata. Atur sofa membelakangi sumber cahaya atau berada di samping sumber cahaya.

Memilih Furnitur yang Sesuai

Ini nih hal yang tak kalah penting, pemilihan furnitur yang tepat akan membuat ruang tamu lebih hidup sesuai dengan tema yang diinginkan. Untuk tema Graphical Pop, memiliki ciri khas furnitur berwarna abu muda/monokrom. Sedangkan aksesoris pendukungnya berwarna pastel. Dududu indah banget nggak sih perpaduan warnanya?

Furnitur pendukung ruang tamu bertema Graphical Pop
Furnitur pendukung ruang tamu bertema Graphical Pop
Untuk mewujudkan ruang tamu simpel dan elegan memang nggak mudah, apalagi bagi orang yang masih asing tentang dunia desain interior dan perfurnituran. Tapi tenang, kita bisa explore properti dan cari furnitur sesuai tema Graphical Pop seperti di atas atau rekomendasi furnitur bertema lain melalui Informa.
Situs Official Informa
Situs Official Informa
Masih ada yang belum tahu tentang Informa? Informa ini sumbernya furnitur keren, menyediakan berbagai koleksi dan aksesoris berkualitas untuk hunian dan kantor. Informa memiliki konsep one stop shopping untuk semua produk furnishings dengan beragam gaya, desain inovatif, dan tahan lama serta harganya yang terjangkau.

Keunggulan Belanja Di Informa

Keunggulan Belanja di Informa
Keunggulan Belanja di Informa

Mudah Dan Praktis

Sekarang belanja furnitur tinggal klik-klik doang, ya. Mudah banget macam belanja skincare. Kalian bisa download app Informa di App store untuk merasakan praktisnya belanja furnitur secara online. Di aplikasi Informa juga terdapat rekomendasi produk yang kece-kece. Berguna banget buatku, untuk membantu memilih barang saat bingung menentukan barang yang mau dibeli.
Kemudahan belanja dengan Aplikasi Informa
Kemudahan belanja dengan Aplikasi Informa
Kalau kalian nggak suka belanja online, nggak masalah karena store Informa tersebar di seluruh Indonesia. Bisa cek melalui aplikasi di menu store locator. 

Lengkap

Seperti yang kubilang tadi, Informa ini menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari produk untuk ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, hingga aksesoris rumah tangga. Mau nyari apa aja ada kok, asal masih berhubungan dengan furnitur. Eh nggak cuma furnitur kok, barang elektronik pun ada dong. Kita bisa langsung memilih fitur kategori, lalu klik kategori apa yang akan kita cari.

Semua furnitur rumah dalam satu aplikasi
Semua furnitur rumah dalam satu aplikasi
Metode pembayarannya juga lengkap banget, tinggal pilih. Trus ya, yang bikin puas belanja melalui app Informa tiap produk ada keterangan detailnya jadi nggak akan bikin kecewa, kalaupun kita nggak puas dengan barang yang sudah kita terima, kita bisa komplain dan melakukan pengembalian barang. Caranya juga cukup mudah, kita tinggal mengisi form pengembalian barang yang sudah disediakan. Mantap nggak tuh? 

Diskon Berlimpah

Ngomongin diskon mah nggak bisa dipisahkan dari kaum hawa ya, kalau lagi ngantuk dengar kata "diskon" mata tiba-tiba auto melek. Di Informa ini banyak diskon yang ditawarkan, mulai dari potongan harga, hots deals, hingga cash back.

Nah lho, nggak perlu capek-capek keliling store udah bisa belanja melalui aplikasi Informa dan dapat diskon pula. 

Nikmati Informa Rewards

Beberapa keuntungan dari Informa Rewards
Beberapa keuntungan dari Informa Rewards
Kalau kita menjadi member Informa, kita akan menikmati keuntungan lebih banyak, diantaranya :

Point Rewards
Keuntungan menjadi member Informa adalah points yang dikumpulkan bisa digunakan untuk berbelanja atau ditukarkan dengan merchandise menarik, akumulasinya belanja Rp. 100.000 mendapatkan 1 point. Bayangin kalau belanja produk yang banyak atau satu set furnitur ruangan, pasti lumayan juga points yang didapatkan, kan?

Pay All With Points
Points yang sudah kita kumpulkan, bisa digunakan untuk membayar belanjaan, lho. Makin semangat belanja di Informa biar bisa mengumpulkan points.

Brithday Gift
Keuntungan lain menjadi member Informa ketika kita ulang tahun ada hadiah ekskusif dari Informa. Uwwww, nggak sabar jadi pengin cepat-cepat ulang tahun. Wkwkwk

Free Delivery & Installation
Udah belanja mudah dan praktis, masih ditambah dengan gratis ongkos kirim barang dan pemasangan ke rumah kita. Tapi syaratnya harus jadi member Informa dulu, yaaa.

Event Invitation
Siapa sih yang nggak mau diundang ke event eksklusif dari Informa? Selain menambah relasi, juga menambah inspirasi.

Promotion Update
Kalau gabung menjadi membernya Informa, kita bakal update mengenai promosi produk dan informasi lifestyle terkini. Lumayan nggak usah repot-repot mencari diskon, karena dari pihak Informa akan memberikan informasi yang up to date ke member Informa. 

Wahai calon suamiku, besok lusa wujudkan mimpiku, yaaaa. Sederhana kok, semua kebutuhan rumah udah tersedia di Informa. Duh Informa tanggungjawab nih, gara-gara membayangkan memiliki ruang tamu impian bikin makin pengin berumahtangga. 😍




Mungkin Kamu Suka

32komentar

  1. Ruang tamu yang saya idamkan juga sama seperti ini juga mbak, selain warnanya yang cerah pastinya akan selalu nyaman berada di ruang tamu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak.. Bikin fresh, jd makin betah buat ngrumpi di rumah. Wkwkwk

      Hapus
  2. Suka dengan desainnya: sederhana, minimalist, namun tetap stylish. Tak kira tadi gambar ruang tamu beneran ternyata desain sendiri pake aplikasi. bagus banget, menginspirasi kalau mau buat desain buat rumah sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih newbie, Kak. Coba2 doang. Wkwkwkwk

      Hapus
  3. lucuk juga tema grapichal pop.. jadi kepingin desain ruang tamu juga.
    dan untuk beli furniture nya bisa di informa.. lengkap dan berkualitas yaa.. asik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Lebih seger dan anak muda banget.. Hhh
      Lengkap bgt, bisa belanja via online pula

      Hapus
  4. Ruang tamunya bagus banget.
    Jadi pengen punya ruang tamu sebagus itu saat udah punya rumah sendiri nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku doakan segera punya rumah sendiri dg ruang tamu kece ya Kak.. Aamiin

      Hapus
  5. Gara-gara nulis rumah idaman aja bisa bikin pengen buru-buru nikah, lho. Ckckck, apalagi yang baca coba *hiya!

    Bisa jadi referensi generasi milenial banget ini, merancang rumah idama, terus berburu perabotnya pakai aplikasi informa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woiiii kenapa ikutan pengen nikah? Wkwkwk
      Iyaaaa, desain sendiri, beli perabotannya sendiri pke informa. Mantul nggak tuh

      Hapus
  6. Kalau ditambak rak buku, kira-kira tambah bagus kagak itu ya
    Langsung ke channel youtubenya biar lebih puas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus Mas, itu juga udah ada rak bukunya kok. Yg di dekat bean bag itu

      Hapus
  7. Kalau interior ruang tamunya kayak gitu, semakin betah tinggal di rumah

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. yashhh, semoga segera punya rumah idaman.. uwww

      Hapus
  9. Ternyata ngecat tembok pakai pola warna-warni gini hasilnya cakep banget ya, biasanya tembok dicat satu warna doang, ahhh rumah idaman banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. cakep bangeeeet, pke tema graphical kece keliatan freshhh

      Hapus
  10. Huaaaaaaaa design rumah nya bagus bangeeeeeeeet :')

    Warnanya aku banget. Eh mba itu emang stylist interior kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, nyaman banget. waranya kece.. aku bukan stylist interior, Mbak. cuma newbie yang coba2 menuangkan ide. yaelah, sok bgt. wkwkwkwk

      Hapus
  11. Keren mbak... semoga saya bisa punya rumah seperti itu ya... minimalis...

    BalasHapus
  12. Wah idaman banget nih kamar"nya

    BalasHapus
  13. Aduh apalah aku yang anaknya suka narung barang berserakan seenaknya aja wkwkw. Gak cocok banget buat beberes dan menata sesuatu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok cari istri yang hobi beberes yak, Mas. wkwkwk

      Hapus
  14. Cakep nih, suka deh perpaduan warnanya hihihi

    BalasHapus
  15. Baru tahu kalau belanja di Informa ada sistem rewards gitu, selama ini cuma mampir lihat-lihat aja. Seru emang dekor dan desain ruangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kl dh punya membernya bisa dpetin poin lalu poin yg terkumpul bisa buat bayar belanjaan🥰

      Hapus