Skandinavia Lagom Apartment, Paduan Estetika dan Harmoni dari Ujung Eropa

oleh - Oktober 20, 2019


Duduk di atas pasir pantai tanpa alas, membiarkan pandangan bersua dengan alam, ditambah tiupan angin sepoi  menerpa wajah dengan lembut cukup membuatku bahagia. Hobiku, menikmati matahari kembali ke peraduannya dengan menyisakkan semburat cahaya jingga. Tapi apakah kebahagiaan cukup sebatas dengan menikmati senja? Tentu tidak.

Menurut penelitian The World Happiness kriteria bahagia dihitung dari enam variabel kunci yang mendukung kesejahteraan, antara lain pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Sudahkah kita menengok diri sendiri? Bahagiakah kita? Bahagiakah orang-orang Indonesia? Tahun ini The World Happiness kembali merilis 10 negara paling bahagia di dunia, yakni:
10 Negara Paling Bahagia
Dari kesepuluh negara paling bahagia di atas, yang mendominasi diurutan puncak negara-negara di Semenanjung Skandinavia. Secara geografis, Semenanjung Skandinavia merupakan wilayah paling utara benua Eropa, dengan daerah utara beriklim ekstrim hingga ke Kutub Utara. Norwegia, Swedia, dan Finlandia.

Bahagia Dimulai Dari Diri Sendiri

Bukan tanpa alasan orang-orang yang hidup di Skandinavia memiliki kebahagiaan tinggi. Dikutip dari laman http://www.skandinavia.co.id/ ternyata mereka menerapkan falsafah Skandinavia yang bisa kita terapkan dalam kehidupan. Berikut beberapa filsafah hidup bahagia di Skandinavia :
Filsafah Hidup Bahagia di Skandinavia

Bertahan Hidup dengan Konsep Sisu

"Sisu adalah konsep Finlandia yang unik," tulis Universitas Finlandia di situs webnya. Sisu merupakan konsep tentang bertahan dalam menghadapi tantangan hingga mencapai akhir hayat. Bisa dikatakan sebagai kekuatan atas dasar kemauan, tekad, ketekunan, dan tindakan secara rasional dalam menghadapi kesulitan. Ini menjadi sebuah konsep yang sangat penting untuk setiap individu supaya lebih semangat dan kuat saat menghadapi masalah.

Karir Melesat Dengan Tradisi Fika

Tradisi Fika
Fika dapat diartikan sebagai "rehat sejenak" dari tekanan hidup dengan menjalin ikatan bersama orang terdekat. Biasanya ditempat kerja kita bisa melakukan tradisi fika dua kali, pertama saat pagi hari sebelum memulai kerja dan kedua pada waktu istirahat. Dengan melakukan rehat sejenak bersama teman kantor, pikiran dan tekanan pekerjaan menjadi lebih ringan. Alhasil akan membuat kinerja kita semakin baik karena terhindar dari stres.

Hidup Bahagia dengan Konsep Lykke

Kata "lykke" bahasa Denmark artinya "kebahagiaan." Namun dalam peringkat World Happiness Report, Denmark selalu menempati peringkat paling atas. Dalam buku yang berjudul "The Little Book of Lykke," Meik Wiking membagi ilmunya tentang kebahagiaan menjadi enam kategori, yakni kebersamaan, uang, kesehatan, kebebasan, kepercayaan, dan kebaikan.

Menciptakan Kedekatan Keluarga dengan Konsep Hygge

Sebuah Harmoni dan Kebahagiaan ala Skandinavia
Konsep "hygge" dalam bahasa Denmark diterjemahkan sebagai kesenangan jiwa. Konsep ini menciptakan atmosfir yang hangat bersama orang-orang terdekat untuk melakukan hal-hal kecil. Misalnya sepulang kerja kita sempatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, meski hanya meminum secangkir teh bersama.

Hidup Cukup dengan Konsep Lagom

Menurut Lexin kamus Swedia-Inggris Lagom berarti "enough, sufficient, adequate, just right" atau jika diterjemahkan secara bebas kecukupan atau sesuatu yang tidak berlebihan atau kekurangan. Yap! Cukup. 
Cukup bersama keluarga, cukup dengan rasa aman, cukup dengan kesehatan, cukup dengan karir, dan cukup dengan teman.

Nah selain beberapa falsafah di atas yang diterapkan oleh orang-orang Skandinavia, mereka juga memiliki tempat tinggal yang sangat nyaman dengan desain simpel, elegan, dan modern. Kita bisa meniru gaya hidup dan hunian dari Skandinavia ini, karena berdasarkan laporan SDSN dan The World Happiness taraf kebahagiaan Indonesia berada di urutan ke 93 dari 156 negara.

Hidup Seimbang di Apartemen Skandinavia

Apakah mungkin kita bisa sebahagia orang-orang yang hidup di Skandinavia?
Jawabnya tentu sangat mungkin karena di Indonesia sudah hadir Apartemen Skandinavia yang dirancang khusus dengan memperhatikan setiap detail sudut ruangan dan menggunakan bahan terbaik yang dilengkapi dengan teknologi terbaru "Genius Home"

Apartemen ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 10 ha, dengan konsep Skandinavia di mana fungsi dan estetika menyatu dalam harmoni. Terinspirasi oleh gaya desain Nordic atau negara-negara Skandinavia di mana kesan modern, sederhana, namun karakter yang kuat menjadi ciri khas setiap unit.

Desain Interior Apartemen Skandinavia

Desain interior Apartemen ini menggunakan gaya Skandinavia terbilang aesthetic dan memiliki keunggulan dari sisi fungsionalitas, simpel, dan tahan lama. Desain dan dekorasinya mengedepankan ide yang minimalis, dimana semua elemen yang digunakan memiliki tujuan, nggak mencolok dan nggak terlihat berantakan.

Identik dengan Warna Putih
Perpaduan Warna Monokrom Terkesan Simpel
Desain Interior Elegan


Desaian interior apartemen Skandinavia identik dengan warna putih, mulai dari dinding, lantai, karpet, almari, sprei hingga bed cover. Warna putih dapat memberi kesan luas, lapang, dan terang.

Memanfaatkan Material Alami
Penggunaan Material Alami
Selain menggunakan keramik dan marmer, apartemen Skandinavia juga memanfaatkan kayu yang digunakan sebagai lantai. Perdapuan dinding berwarna putih dengan lantai kayu menampilkan kesan natural dalam setiap ruangan.

Penggunaan Aksesoris
Aksesoris Simpel dan Fungsional
Aksesoris yang terdapat di ruang apartemen Skandinavia memiliki warna natural yang nggak terlalu mencolok, perpaduan warna monokrom memunculkan kesan simple dan elegan. Aksesrois ini meliputi karpet, bantal sofa, lampu hias, dll. Untuk penggunaan aksesoris di apartemen Skandinavia sangat multifungsi, hal ini sejalan dengan konsep Lagom.

Lagom not too much not too little, just righ

Apa hubungannya sih Lagom dengan Apartemen Skandinavia? Seperti yang sudah kujelaskan di atas, Lagom berasal dari bahasa Swedia yang berarti cukup. Lagom bisa diaplikasikan ke semua aspek dalam kehidupan. Salah satunya asepk hunian. Nah Skandinavia apartemen ini menerapkan konsep Logam supaya para penghuni merasa nyaman dan aman. Semua serba cukup dan serba seimbang. Dimuali dari desain interior apartemen didukung dengan fasilitas lingkungan yang sangat lengkap.

Seperti yang dituturkan oleh Norman Eka Saputra, Marketing Director Apartemen Skandinavia saat jumpa pres. “Kami ingin menciptakan hunian yang didesain dengan konsep seimbang dan nyaman. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan unsur natural pada rancangannya dan menghadirkan beragam fasilitas, seperti fitness center; taman dan kolam renang,”

Lagom Feel is

Dengan kelengkapan fasilitas dan desain interior yang sangat elegan dan minimalis, penghuni apartemen akan merasakan keseimbangan yang sempurna. Mulai dari keseimbangan gaya hidup, kesehatan, pendidikan, karir, dan keluarga. Semua kebahagiaan berasal dari hunian yang nyaman dan aman. Menciptakan kebahagiaan  yang berasal dari tempat tinggal.
Hunian yang Nyaman akan Menciptakan Kebahagiaan

Fasilitas Apartemen Skandinavia 

Selain memiliki desain interior yang sangat elegan dan menerapkan kosnep Lagom, serba cukup dan seimbang dalam keluarga, karir, kesehatan, keadilan, kebebasan, dan keamanan. Nah berikut ini fasilitas Apartemen Skandinavia yang dapat membuat penghuninya merasakan kebahagiaan yang seimbang.

SkandiFit untuk Keseimbangan Kebugaran

SkandiFit merupakan fasilitas yang terdapat di apartemen Skandinavia yang dapat digunakan oleh semua penghuni apartemen. Fasilitas SkandiFit sama halnya pusat kebugaran yang mendukung dalam keseimbangan kesehatan fisik dan untuk rekreasi.
Fasilitas SkandiFit Apartemen Skandinavia

Infinity Pool untuk Keseimbangan Kesehatan

Selain fasilitas SkandiFit, di apartemen Skandinavia terdapat fasilitas yang dirancang untuk memanjakan penghuninya. Infinity Pool ini terletak di lantai podium 6a dengan view menghadap ke danau Kota Tanggerang. Kolam renang ini terbuka untuk semua penghuni apartemen Skandinavia yang dilengkapi landscape design ala Skandinavia.
Fasilitas Infinity Pool Apartemen Skandinavia

Nordic Corner untuk Kenyamanan Bersama

 Fasilitas Nordic Corner (Balai Warga)
Nordic Corner atau bisa disebut dengan Balai Warga. Ruangan ini dapat digunakan untuk menyambut tamu, acara gathering, maupun arisan. Dengan desain interior yang menggunakan elemen natural seperti kayu dan berbagai hiasan hijau sesuai dengan konsep Lagom Sakandinavia.

Ratio Parkir 1 : 1

Failitas yang nggak kalah menariknya adalah tersedianya rasio parkir 1 : 1, area parkir ini menjadi jaminan kenyamanan dan keamanan bagi penghuni saat pulang ke rumah. Failitas ratio parkir menjadi salah satu keunggulan Skandinavia apartemen. Dari total unit 1.065, tersedia sebanyak 1.950 lot parkir yang dapat digunakan.

Genius Home

Menurutku fasilitas terkeren yang nggak semua apartemen miliki adalah Sistem Rumah Genius (Genius Home) yaitu teknologi aplikasi yang berkemampuan dalam menyatukan kebutuhan penghuni untuk berinteraksi langsung dengan bagan-bagan pengelola gedung, disertai aplikasi smart home system dan local commerce yang dapat diakses pada smart phone masing-masing penghuni. Bener-bener kenyamanan ada digenggaman tangan.

Amenities

Berikut tipe unit yang tersedia di Skandinavia Apartement:


Surroundings

Berbicara tentang lingkungan yang nyaman sering kali nggak bisa lepas dari lingkungan asri. Selain memberikan kesejukan udara segar, tinggal di lingkungan asri juga berpengaruh baik terhadap kondisi mental maupun fikiran seseorang.

Lingkungan yang Nyaman Juga Berkontribusi untuk Menciptakan Kebahagiaan
Nah lingkungan di apartemen Skandinavia menghadirkan gaya hidup ala Scandinavian dengan adanya taman hijau yang terbuka 1 hektar. Selain itu, untuk menyeimbangkan hidup di hunian Scandinavian terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti :
Skandinavia Surroundings
  • Tangcity Mall yang merupakan Mal paling populer dan pusat gaya hidup, hiburan serta bisnis di Kota Tangerang.  Memiliki taman ikonik di Kota Tangerang dengan pepohonan rindang dan Pop Art unik dan dilengkapi juga dengan fasilitas free wifi hotspot. 
  • One Park yang terletak di antara Apartemen Skandinavia ada sebuah promenade outdoor al-fresco dining yang hip dan modern serta dilengkapi tenant-tenant FnB ternama serta taman bermain anak.
  • Premium Office Park merupakan building 5 lantai yang dilengkapi basement dan elevator ready terletak di tengah Kota Tangerang di antara Jl.Jendral Sudirman, Jl. Perintis Kemerdekaan, dan Jl. Moh. Yamin. Dengan didukung kawasan bisnis, pusat perdagangan dan pusat finansial yang sudah berkembang menjadikan Business Park ini sebagai Icon Ruko Premium di Kota Tangerang.
  • Kawasan hotel bintang 4 untuk memanjakan penghuni apartemen tersedia juga hotel bintang 4 yang nggak jauh dari lokasi apartemen. 
  • Hospitals. Selain beberapa fasilitas terdekat di atas, hal yang penting lainnya yaitu dekat dengan pusat kesehatan. Skandinavia ini dekat dengan RSUD Kota Tengerang hanya menempuh waktu sekitar 5 menit dan ada pula beberapa klinik terdekat dengan apartemen Skandinavia.
  • Universitas. Dekat dengan pusat pendidikan adalah nilai plus tersendiri. Begitu pula dengan Apartemen Skandinavia ini. Terdapat beberapa Universitas di sekitar Skandinavia seperti Universitas Raharja, UNIS Tangerang, UMT Tangerang, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer PGRI Tangerang dan masih banyak pusat pendidikan lainnya.
  • Golf Country Club. Oh iya hampir aja lupa, sebagai penunjang rekreasi dan hiburan, tak jauh sekitar 10 menit terdapat Golf Country Club untuk pecinta olahraga Golf.
  • Parks Spacious Green Area. Agar harmoni tetap terjaga, dan rasa bahagia bisa tercapai dengan maksimal, di sekitar apartemen juga terdapat beberapa taman hijau. Seperti Taman Potret, Taman Bambu, dan Taman Kota KiTangerang.

Lokasi Apartemen Skandinavia

Lokasi apartemen Skandinavia berada di pusat kota Tanggerang tepatnya terletak di Jl. Jend. Sudirman No.1, Babakan, Kota Tangerang, Banten. Hanya 20 Menit dari Bandara Soekarno-Hatta, 10 Menit Tol Jakarta Merak, dan 5 Menit Trans Jabodetabek.
Kalau kamu tertarik bisa kontak 021-55767999 atau email us.hello@skandinavia.co.id

Ya salaaaaam, gimana? Gimana? Fasilitasnya lengkap bangeeeetttt. Genius homenya bikin ngiler, huhuhu
please calon suamiku baca artikelku ini. Ku ingin tinggal di Apartemen Skandinavia biar hidup makin seimbang.
Tolong aamiinkan yang kenceng yukkkk!


Sumber :

  1. Pentingnya lahan parkir & ketersediaannya di apartemen skandinavia http://skandinavia.co.id/en/skandinavia/news/detail/5ac074f651d26148046ce0ff
  2. Apa itu Skandinavia? Fakta, Sejarah & Informasi Lainnya https://www.amazine.co/27132/apa-itu-skandinavia-fakta-sejarah-informasi-lainnya/
  3. Cara bahagia ala orang skandinavia http://skandinavia.co.id/en/skandinavia/news/detail/5b922987fb9fff7962f1e5ec

Mungkin Kamu Suka

29komentar

  1. Sudah semakin pro saja yak el. Manthaphhhh jiwa

    BalasHapus
  2. finlandia mantap sih :D
    dari segi pendidikan nomor satu, eh ternyata juga paling bahagi
    ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap betuuul, paling bahgaia, paling maju pendidikannya pula. keren banget

      Hapus
  3. baru paham kalau yang kayak gitu itu namanya desain Nordic dan scandinavian
    Selama ini kukira yang kaya gitu itu miripmirip rustic.

    Ternyata bukan.
    Jadi tau nanti kalau mau googling perabotan rumah harus pakai keyword Apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. impian banget sih punya rumah dengan perabot dan desain interior ala skandinavia, rasanya ademmmmm, keliatan fresh juga

      Hapus
  4. Bagus juga tuh falsafah Skandinavia, bisa diterapin di kehidupan sehari-hari.

    Btw desain interiornya cakep-cakep, ngelihatnya aja udah bikin senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, Mas. bisa kita terapkan buat kehidupan kita biar makin bahagiaaa dong

      Hapus
  5. indonesia gak masuk ya 10 negara paling bahagia? haha, indonesia sibuk nyinyirin orang sih, jadi otak kusyut kurang bahagia.. wkwk..

    kapan2 nyobain nyewa apartemen skandinavia, barangkali aku bisa jd lebih bahagia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Thyaaaa, aku ngakak. bener banget, orang sini mah pada sibuk nyinyirin dan nyari kesalahan orang lain. kwkwk
      ku mau juga punya rumah dengan desain ala Skandinavia mbakkk

      Hapus
  6. Yaelah Tangerang toh. Gw kira di luar negeri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhuyy bau2nya ada yang pengen tinggal di apartemen Skandinavia juga nih,,

      Hapus
  7. Wah hampir tidak percaya indonesia menempati urutan yang begitu jauhnya.
    Kalau saya perhatikan sebenarnya hampir memiliki kesamaan konsep dalam menjalani kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, Indonesia diurutan bawah.. bisalah kita adopsi falsafah yang bisa bikin hidup lebih bahgaia ala Skandinavia

      Hapus
  8. Sianjir, interiornya bagus-bagus parah sih. Ngga ngerti lagi.

    Bikin nyaman-senyaman-nyamannya banget ga sih, buset?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Febbbb iyaaaa. ajakin pacar hidup di apartemen Skandinavia Febbbbb. eh jangan, nikah dulu deng!

      Hapus
  9. Cakep banget nih kalau kita berniat beli hunian yang minimalis tapi pas banget buat milenial. Tapi, ya kudu nabung dulu ini, belum cukup hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayook semangat nabuuung, hhh
      kujuga lagi mulai koleksi perabot rumah yang berbau desain sakandinavia, nyicil siapa tahu kesampaian punya hunian idaman, eh

      Hapus
  10. Negara berfollowers +62 kayaknya susah ya jadi negara bahagia, pd hobby ngebully soalanya, mulut2 netijen pd kejam juga, bukanya menyebar kebaikan malah pada nyinyir kebanyakan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu sini mbak.. wkwkwkw
      eh siapa tahu tahun 2020 negara Indonesia bisa menempati posisi bahagia teratas

      Hapus
  11. wih mantul banget reviewnya mbak ella jadi punya impian bisa punya rumah dengan penataan seperti ini

    BalasHapus
  12. Sempurna banget deh kalau kita punya satu ya mbak.. Hihi.

    Bahagia memang perlu dimulai dari diri sendiri.. Kita yang menentukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, bahagia dimulai dari diri sendiri, mau bahgaia atau nggak kita yang menentukan..

      Hapus
  13. Ampyuuun!! Cantik, indah, nyaman, simple, yang penting suasana yang bikin happiness nya itu, di dukung lagi oleh fasilitas dan lingkungannya. Duh, pengen banget bisa stay di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, kujuga pengin punya hunian desain interior ala skandinavia...

      Hapus