Nostalgia dengan Semangkuk Mie Ayam Di Banyumas

oleh - November 09, 2019

Mie Ayam Kamsir
Mie Ayam Kamsir
Kadang suka mikir, ada nggak sih orang yang nggak doyan mie ayam? Kalau ada, kenalin ke aku deh. Kumau cari alasan kenapa itu orang nggak doyan mie ayam, siapa tahu bikin aku sadar dari pecinta mie garis keras. Pokoknya kalau sudah diizinkan makan mie sama ibu, rasanya tuh surga dunia meski lebih sering makan mie colong-colongan sih. Apalagi zaman jadi anak kos, tiada hari tanpa nyetok mie instan dong.

Pun semasa KKN di Banyumas begitu nemu mie ayam yang cocok di lidah, tiap hari makannya mie ayam. IYA TIAP HARI. Secinta itu memang sama mie ayam. Nah mie ayam Kamsir adalah kunci mode on saat KKN, kunci balikin mood yang cape luar dalem, kunci munculin ide gila, dan yang pasti kunci penyelamat lapar ala anak kosan (murah pake banget).

Terus kemarin pas main ke Cilacap, sengaja mampir makan siang di mie ayam Kamsir ini. Kan nggak mungkin kubela-belain sengaja ngemie ayam di sini. Lha dari rumahku aja jaraknya jauh, kaya hubunganku sama mantan. Adoh. Pol. Jadi mampir ke mie ayam Kamsir kalau pas lewat jalur utama Banjarnegara - Banyumas aja.

Lokasi Mie Ayam Kamsir

Lokasi Mie Ayam Kamsir
Lokasi Mie Ayam Kamsir
Mie Ayam Kamsir ini beralamat di Pedongkolan, Piasa, Somagede, Kabupaten Banyumas. Kalau dari arah Banjarnegara sebelum SPBU mini Piasa kalian langsung belok kiri masuk gang gitu, nah dari situ jaraknya paling hanya 200 meteran kok. Bisa diakses menggunakan roda dua maupun roda empat.
Suasana di dalam warung Mie Ayam Kamsir
Hamparan sawah di samping mie ayam Kamsir
Lokasinya strategis banget menurutku, selain nggak jauh dari jalan utama, warung mie ayam ini juga dikelilingi hamparan sawah. Mejanya sengaja dibuat menghadap ke sawah, makanya enak banget duduk lesehan sembari merasakan tiupan angin sepoi yang berebut masuk melalui sela-sela dinding yang terbuat dari bambu. Apalagi disuguhi semangkuk mie ayam dan segelas es teh. Udahlah sampai nggak kepikiran cem-ceman, mau ngilang ya sana! 😹

Rasa Mie Ayam Kamsir

Semangkuk Mie Ayam Kamsir
Semangkuk Mie Ayam Kamsir
Btw pas KKN kalau nggak salah tahun 2016-an, dan sekarang tahun 2019 rasa mie ayamnya nggak jauh berbedaaa. Yakan lidah nggak pernah bohong. Semangkuk mie ayam disajikan dengan potongan sawi, ayam, daun bawang, dan taburan kacang tanah beneran nikmat bangeeeet. Sebenarnya dari penyajiannya sama seperti mie ayam pada umumnya, yang membuat beda adalah rasa rempah kaldu yang kental. Kuahnya endessss! Ya allah ngapa malah sekarang jadi pengin mie ayam banget. Huhuhu

Tekstur mienya kenyal, kusuka banget dengan mie yang nggak begitu gede kaya di mie ayam pak Kamsir ini. Tapi entah karena aku lupa atau memang ada inovasi rasa, kaldu yang dicampur dengan potongan daging ayamnya terasa pedas pakai bangeeet. Kaya udah dikasih cabai dan merica, tapi tetap enak sih.

Harga Mie Ayam Kamsir

Mie Ayam Kamsir
Mie Ayam Kamsir
Tebak harga semangkuk mie ayam ini berapa? Cuma Rp. 8 ribuuuuu, semangkuk ini mana bisa kuabisin, makanya dulu pas KKN sering pesan setengah porsi. Ini bukan soal pelit ya, daripada mudazir nggak abis. Padahal mah emang pelit. Wkwkwkwk
2019 masih ada mie ayam dengan harga Rp. 8 ribu semangkuk penuh gini? Mantaaaap. Meski kadang mikir ini pak Kamsir dapat laba nggak ya? Tapi ya mana mungkin nggak dapat laba masih jualan, ye kan?

Jam Buka Mie Ayam Kamsir

Buat kalian yang nggak sabar antre, nggak usah ke sini deh. Soalnya memang selalu ramai, tapi biasanya antrenya nggak selama di mie ayam Tumini kok.
Mie ayam Kamsir ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam setengah 2 siang. Tutupnya nggak mesti jam berapa coy, tergantung mienya udah abis apa belum. Malah kata mbak-mbak yang kerja di situ kalau weekend jam 1 siang biasnaya udah ludes nih mie ayam. Padahal satu harinya menyajikan sekitar 250n porsi mie ayam.

Overall dari lokasi, harga, rasa, dan pelayanan Mie Ayam Kamsir not bad lah. Bisa untuk rekomdasi tempat makan teman-teman kalau lewat jalur utama Banjarnegara-Banyumas. Besok kalau kamu main ke sini, kuajakin mie ayam Kamir mau nggak? 🤭

Mungkin Kamu Suka

35komentar

  1. banyuwamas pwt dan daerah operasi 5 kereta api mura mura pokoknya duh pengen ke sana lagi
    tapi aku sampe somagede dulu pernah sih ke sokaraja sama apa lupa aku nama daerahnya

    pengen lagi jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau main ke Purwokerto lagi berkabar yaaaa

      Hapus
  2. Tampilan mie ayamnya bener-bener menggiurkan. Di sini tidak semenarik itu, tidak ada kacang-kacangnya.

    BalasHapus
  3. Uih, baru tahu mie ayam bisa diberi toping kacang gitu. Hmm, dulu kayanya gak ada yang rekomendasiin mie ayam ini. Mungkin dulu 2004 - 2009 sosmed dan blogging belum ramai, jadi cari info tempat rekomended gak seramai sekarang.

    Kalau skr masih di sana, pasti diampiri nyoba #kangenpurwokerto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, Mas.. Skrg cari info rekomendasi apapun udh byk muncul.. Yawees sini main ke Banyumas lg

      Hapus
  4. GILAAA MIE AYAM 8 RIBU ITU MIE AYAM APAAN? Btw, sekilas gue pikir itu tadinya bubur ayam lho. Baru tahu mie ayam ada yang pake kacang gitu. Heehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan nggak pd percaya.. Beneran 8rb sampai kenyangggg buanget, nggak abis malahan. Huhuhu
      Btw, di sini byk lho mie ayam ada taburan kacangnya

      Hapus
  5. Sudah lama sekali saya nggak dengar kata somagede, ternyata disana ada mie ayam super sedap ya mbak. Dari tampilannya terlihat enak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Kl ke Somagede coba mampir ke Piasa deh

      Hapus
  6. Mie Ayam e kok aneh yo, ono kacang dll ahhahahaha.
    Kayake berkuat kental banget, rasanya kalau orang pantai cocok gak ya yang cenderung suka asin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini mah mie ayam toping kacang gt banyak mas. Udh jd hal biasa, dan jangan salah itu mie ayam rasanya uasinnnn. Enaaakkk..

      Hapus
  7. Tampilannya agak berbeda dari mie ayam di daerah saya nih. Salah satunya ada kacang, kalau di sini nggak pakai kacang. Tapi apapun itu mie ayam emang enaaaaak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbakkkk. Apapun jenis mie ayam sunggu enaaaaa... Mie ayam yg berbahan sayurpun enaaaa🤣

      Hapus
  8. Mie ayamnya, kok ada kacangnya sih....bikin gemes mau ikutan cicip juga nih....

    Ohy...gambar artikelnya dibuat pakai kamera dng resolusi berapa Mbak...? kok bening banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini kang, nanti kutaktir mie ayam topping kacang. Wqwqwq
      Pke resolusi 6000x3376, Kang..

      Hapus
    2. waduh resolusinya banyak amat yah.... ? :) kayak resolusi tahun 2019. :)

      Hapus
  9. pertama liat gambarnya, aku kira bubur ayam tau mbaa, soalnya ada kacangnya.. haha..
    ealah ternyata mie ayam ya, jadi ngiler aku nya kan. aku juga pecinta mie ayam garis keras nih. hehe..

    btw, itu kuah mie ayam keliatannya kentel bener yaaa.. enyaakk gituu.. murah pulak cuman 8 ribu. hoho~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enyaaakkkk bgtttt.. Sini main2 ke Banyumas mbak.. Kutraktir deh🤣

      Hapus
  10. Mie ayam pakai kacang tanah? Lah, mie ayam apa pecel itu? *Tapi kok penasaran ya?
    Di Solo, malah masih ada mie ayam 5000an dan 6000an lho, La. Murah, dan masalah rasa, menurutku juga enak tenin. Tapi nggak sampai bikin segila dirimu yang bela-belain ODOMA. One Day One Mie Ayam. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh disini mie ayam ada taburan kacangnya biasa ih.. Kampretttt tp emg enak teninnnnnn.. Duh pas ke solo mau nyobain mie ayam lilin ora sida, Mas😂

      Hapus
  11. DARI FOTONYA KAYAKNYA ENAK BANGEEETTT! Mana tempatnya luas dan lokasinya di pinggir sawah lagi. Btw mie ayam yang pernah kumakan baik di Bandung atau Jogja nggak ada yang pake kacang tanah, La.

    Aku suka mie ayam, tapi nggak sampe makan tiap hari juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini udh jd hal wajar mas kl mie ayam pke kacang. Tp ya banyak juga sih warung mie ayam yg kacangnya terpisah.. Ya kujuga nggak tahu kenapa bisa2nya mamam mie ayam tiap hari. Wkwkw
      Tp sekarang udah insyafffff kok

      Hapus
  12. unik nih ada kacangnya. Itu kacang tanah kan yah?

    BalasHapus
  13. aduh, gambarnya bikin lapar jiwa di pagi-pagi begini ahaha..
    komplit banget ayamnya banyak, dan itu eh ada kacangnya yaa wkwkm
    jadi kangen mi ayam kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, mari mencintai produk Indonesia. Wkwkwwk
      Yuk makan mie yuk

      Hapus
  14. Jadi laper liat mie ayamnya.
    Kayaknya abis ini mau nyari mie ayam yang deket-deket rumah deh.
    Udah ngiler soalnya.

    BalasHapus
  15. Mie ayam kamsir lokasinya pas di tepi jalan ya

    BalasHapus
  16. Mie ayamnya beda banget kayak mie ayam asal Pekalongan mbak. Aku ngelihatnya malah kayak bubur ayam daripada mie ayam. Suerrrr, ini enak banget mah. Lihat gambarnya aja udah nahan air liur.
    Yummy :)

    BalasHapus
  17. aaaak sini bilangin ke aku juga kalo ada yang gak doyan mie ayam, kelejatan yang kaqiqi tauuuk ❤️

    BalasHapus
  18. bikin ngiler aja mbak,, jadi laper liat gambarnya

    BalasHapus