Kreasi Masakan Idulfitri dengan Resep Yummy App

oleh - Mei 28, 2020

Kreasi Masakan Idulfitri dengan resep Yummy App
Gema takbir terdengar menggetarkan semesta sejak semalam. Meski pandemi belum usai, namun langit malam Idulfitri tak terasa sunyi. Lantunan takbir terdengar hingga matahari terbit. Idulfitri kali ini memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, segala aktivitas dilakukan di dalam rumah hingga pelaksanaan salat Idulfitri sekalipun. Namun, buatku Idulfitri kali ini tetap istimewa terlepas kita hanya bisa silaturahmi via online.

Berbagai masakan khas lebaran tersaji di meja makan lengkap dengan kerupuk udangnya. Toples-toples kue kering juga tertata rapi di meja ruang tamu. Selepas sungkeman dengan kedua orang tua, aku melirik toples besar berisi kurma sisa Ramadan. Tanganku lincah membuka toples dengan hati-hati, ku ambil satu buah kurma lalu ku masukan ke dalam mulut. Tiba-tiba ibuku bertanya "Nggak bosan makan kurma terus, nih? Ada 1 toples kurma lagi di almari tuh, coba dibikin apa kek. Pisang di meja juga sudah 3 hari nggak ada yang mau makan" aku mengangguk setuju sambil sibuk mencari resep di mesin pencarian.

Dalam hitungan detik aku langsung menemukan resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona di website Yummy.co.id, setelah memastikan alat dan bahan untuk membuat resep ini lengkap, kami ramai-ramai langsung eksekusi memanfaatkan pisang dan kurma yang dilirikpun nggak pernah  karena saking bosannya tiap berbuka dan sahur selalu makan kurma.

Bahan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Sebelum membuatnya, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dong, ya. Nah bahan untuk membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona ini terbagi menjadi 2, yaitu:

Bahan pertama, membuat Dalgona
2 sdm gula pasir 
2 sdm bubuk coklat 
4-6 sdm air hangat 
1/2 sdt emulsifier (SP/Ovalet/TBM)


Bahan kedua, membuat Smoothies
2 buah pisang segar
100gr kurma
100ml susu cair
3 skup ice cream vanilla
es batu secukupnya
saus cokelat (bisa pakai kental manis cokelat)

Cara Membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Di Yummy app ada 4 step membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, meskipun 4 step tetapi sebenarnya simpel kok. Nih simak langkah-langkah membuatnya:
1 / 4
2 / 4
3 / 4
4 / 4

Step 1
Dalgona: Campurkan semua bahan dalgona (gula pasir, bubuk coklat, air hangat, dan emulsifier). Kocok dengan menggunakan mixer hingga kaku selama 1 menit. Sisihkan.

Step 2:
Siapkan blender masukkan pisang dan kurma. Proses blender hingga semua bahan tercampur rata (tambahkan susu cair, ice cream vanilla, es batu secukupnya)

Step 3:
Siapkan gelas yang sudah diberi saus cokelat, tuangkan smoothies kemudian tambahkan dalgona di atasnya.

Step 4:
Yummy. Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona siap dinikmati.

Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona by Ella Fitria
Hari pertama Idulfitri kami rayakan dengan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, dong. Udah pasti sehat karena  kita tahu bahan yang digunakan, steril juga karena kebersihan tetap terjaga. Ya kan bikin sendiri, jadi semuanya aman. Pun bisa memanfaatkan bahan makanan yang tersisa karena sudah bosan menikmati dengan cara itu-itu saja. Dari bahan makanan yang biasa saja bisa kita buat menu makanan atau minuman yang lebih bervariasi. Kalau kata adekku, Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona resep Yummy ini nikmat banget rasanya, manisnya oke, kurmanya terasa, pisangnya juga enak, dalgonanya mantap. Auto berasa jadi chef dadakan nggak sih? Ahahaha (padahal mah bisanya cuma ngerebus air doang)

Selain mencoba resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, aku juga mencoba resep Daging Bumbu Merah. Kebetulan di lemari es ada daging sapi dan bingung mau dimasak apaan. Akhirnya iseng mencari resep di Yummy App, ketemulah resep Daging Bumbu Merah yang simpelnya nggak ketulungan. Nah berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan Daging Bumbu Merah

Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat Daging Bumbu Merah.
Bahan Bumbu untuk Daging Bumbu Merah
Bahan
250 gr daging sapi (potong sesuai selera)
2 batang serai
1 sdm gula
3 sdt garam
2 sdt penyedap rasa (aku skip)
1 sdt lada
700 ml air

Bahan Bumbu
4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
7 buah cabai merah besar
2 cm jahe
3 cm lengkuas
Air secukupnya

Cara Membuat Daging Bumbu Merah

Estimasi waktu memasak Daging Bumbu Merah ini kurang lebih selama 40 menit. Dengan bahan-bahan yang sudah ku tulis di atas bisa dinikmati untuk 4-6 orang. Ada 5 step untuk membuat Daging Bumbu Merah, seumur-umur baru pernah masak daging sapi segampang ini. Huhu

Step 1:
Masukan semua bahan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, lengkuas, dan air) ke dalam blender, lalu haluskan.

Step 2:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, tunggu hingga harum lalu tambahkan serei.

Step 3:
Tambahkan air, gula, garam, lada, penyedap rasa ke dalam tumisan lalu masak dengan api sedang hingga mendidih.

Step 4:
Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan, masak dengan api besar hingga mendidih dan kuahnya berkurang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Step 5:
Siapkan wadah lalu tuangkan Daging Bumbu Merah ke dalamnya lalu taburi dengan bawang goreng.

Daging Bumbu Merah by Ella Fitria
Sungguh merasa terharu banget bisa masak daging sapi dengan cara sesimpel ini. Kepulan asap dari dagingnya menggoda selera, daging yang empuk dengan rasa gurih yang menyatu membuat momen Idulfitri terasa hangat meski nggak bisa berkumpul dengan keluarga besar. Ternyata #MasakItuGampang, ya. Tinggal kitanya aja pintar-pintar mencari sumber resep yang teruji dan terpercaya supaya nggak gagal. 

Cari Inspirasi Resep Makanan? Buka App Yummy Aja! 

Btw, saat pertama membaca resep keseluruhan di website Yummy.co.id, muncul pop up notifikasi kalau ternyata Yummy memiliki aplikasi yang bisa didownload melalui play store. Nggak pakai mikir lama, aku langsung download supaya makin mudah menemukan resep-resep yang lainnya. Daftarnya gratis pula! Dasar penikmat gratisan. Ahahaha
Tampilan Yummy App dan Yummy via Browser
Menurutku Yummy App ini sangat unik karena terdapat tutorial berupa video singkat cara membuat menu makanan/minuman. Selain itu, informasi resepnya lengkap banget. Ada estimasi waktu pembuatannya, jadi sebelum memutuskan membuat resep, kita bisa mempertimbangkan durasinya terlebih dahulu. Lalu ada juga keterangan disajikan untuk berapa porsi, serta estimasi harga bahannya pun ada. Mantul banget nggak sih? Kemarin saat membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona sesuai dengan estimasi waktu di Yummy App dong, cukup sekitar 25 menit udah bisa menikmati segarnya Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona. Lalu saat membuat Daging Bumbu Merah menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit.

Beberapa Fitur Yummy App
Besok lusa mau nyoba resep yang lain, ah. Karena memang kategori resep yang tersedia di Yummy App banyak banget, mulai dari Yummy tips, Yummy resep dasar, makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, camilan, makanan pendamping hingga minuman. Kerennya di Yummy App ini kita bebas berkreasi meskipun hanya punya 2 bahan makanan aja, tinggal pilih menu 'masak' lalu kita pilih bahan yang kita punya, klik terapkan,
yuhuyyy bakal muncul berbagai resep rekomendasi yang bisa kita coba.

Fyi, di Yummy App juga terdapat akun official lho, isinya para master chef dengan berbagai resep yang bisa kita coba. Itung-itung bisa menambah skill memasak sebelum berumahtangga. Akakakak

Btw, kalian yang baru belajar masak biasanya ngintip resep di mana nih? 

Mungkin Kamu Suka

58komentar

  1. Ditunggu kirimannya sampai Jakarta...

    BalasHapus
  2. boleh lah rsep pisang kurmanya...saya bosen dengan menu adat yaitu opor hehehehehe...dari zaman majapahit dirumah saya pasti nggak ketinggalan opornya...sekali2 experimen lah pisang kurma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, silakan coba kurma pisangnya. Enaaak, segerrr bgt kl esnya banyak. Hhh

      Hapus
  3. Kata banyak temen, bikin racikan kopi dalgona sampai kental berbuih mengembang padat begitu susah membuatnya ya 🤔 ?...
    Ayok, coba kita bikin yok 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang bgt kok mas Him.. Asal ada ovalet/TBM pasti bisa ngembang. Hihihi
      Cm kl cuma ngandelin kopi memang nggak semua kopi bisa dimixer lalu mengembang sih.. Cobain deh :D

      Hapus
  4. Wooww!! Resepnya kian menggoda nih mbak Ell sama seperti dirimu.🤣🤣🤑🤑

    Eehh tapi lebarannya sudah lewat nih..😊😊 Tapi nggak apa2 sih kan menunya bisa buat hari2 selanjutnya dengan acara yang berbeda yee kan mbak Ell.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha. Aku menggodamu mas? Bukan heni yg menggoda nih? Eh
      Iya bener, td siang aja masih nyoba bikin lagi. Seger bgt diminum pas panas2

      Hapus
  5. Duuuuhhhhh mba Ella jago banget masaknya, itu Daging Bumbu Merahnya looks so yummyyyyy :9 agak mirip-mirip rendang yang pastinya nggak mudah dibuat, but you did it, mba :> hihi ~ ohya, suka sama cara penjelasan mba mengenai aplikasi Yummy yang mudah dipahami dan mengalir saat dibaca :3 kebetulan saya pakai aplikasinya juga dan sudah mengikuti resep-resep Yummy dari jaman hanya feed Instagram ~

    Memang Yummy ini salah satu yang paling mudah diikuti resep-resepnya dan pilihannya pun ada banyak meski yang saya coba biasanya yang gampang-gampang dan materialnya ada saja -- belum sampai sejago mba Ella ahahaha :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha.. Iya mbak bener. Yummy ini ngasih resep selalu simpel dan mudah diikuti macam kita yg amatiran masak. Wkwj
      Blm jagooo, masih nyontek dan nanya2 ke ibu nih🤣

      Hapus
  6. Bisa dibilang makanan pisang kurma smoothies choco dalgona itu jadi karena ada tantangan dari ibu ya.

    Sepertinya pisang kurma smoothies choco dalgona itu enak banget dan bisa di coba nih kebetulan di rumah masih ada sisa setoples kurma tinggal nyari pisangnya nih btw kalau pisangnya diganti sama mangga bisa ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang begitu kak El.. Yak cobain aja, seger bgt diminum pas siang.. Bikin kenyang pula :D

      Hapus
  7. Duhh..si embak, bagi bagi gambar makanan ajah, coba sesekali bagi - bagi makanannya, kirim - kirim ke rumah gitu, siap nerima kok, hahaha.....bercanda Mbak.

    Kalau masalah masakan, biasanya lelaki terima beres ajah yah, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohoho kl rumah kang Nata cm selemparan batu udh q kirimin nih. Syangnya kan jauuuh, smpe situ udah basi dong ya. Hhhh

      Hapus
  8. aku ada satu menu yg mungkin bisa mbak coba di rumah:
    - strawberry yg disangrai, campurin gula, sambil diremet-remet biar keluar sari-sarinya.
    - kalo udah, masukin ke gelas, tuang susu sama es.

    kayaknya enak. hahaha


    sama ada lagi smoothies, tapi aku lupa apa gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh pernah dong. Wkwk
      Sygnya q nggak begitu suka strawberry, jd rasanya ya biasa aja. Kl adekku suka bgt dia

      Hapus
  9. Godaan nih kak. Untung udah kakak kasih tahu aplikasinya, jadi tinggal bikin aja nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha.. Iya bener. Tinggal intip aja di Yummy app. Cus bikin deh

      Hapus
  10. aduduuuh.. bikin ngiler 🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi smoothies pisang kurmanya yak. Hhh

      Hapus
  11. boleh nie di kirim ke bekasi :)

    BalasHapus
  12. huwa huwa mbak ella ini, saya jadi pingin hayo dikirim ke Malang mbak hihi

    wah auto download saya nih biar lebih enak daripada buka buka yutub

    eh maaf lahir batin ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl aku ke Malang tak bawakan daging bumbu merahnya yak. Ahaahaha
      Iya download Yummy App lebih praktis, ada tutorial videonya juga.. Hihi
      Iya mas, maaf lahir batin juga yaa. Sehat2 di sana :)

      Hapus
  13. tanganku lincah memebuka tutup toples wkwkwk.. gw pikir untuk membuka toples harus ada kelincahan dan keahlian tersendiri yah mbak haha :D

    resep masakan biasany gw intip-intip di youtube, tapi cuma lihat-lihat tok, karna ga bisa masak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohoho butuh keahlian dong. Aku udh mecahin toples 3 kali pas buka tutup toples tau. Marah2 jelas lah ibuku. Wkwk
      Iya kl km mending liat aja drpd masak nnti gosong semuaaaa :(

      Hapus
  14. Hemm, lagi musim dalgona yaak, tapi keliatannya so enakooo so delioso... Yg pasti perpaduan kurma dan pisang itu sehat banget, sama daging merahnya itu mbak, memggoda selera, lagian bumbunya ga ribet yaa, kudu dicoba nih 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaak. Pisang+kurma minum 1 gelas kenyangnya tahan lama. Wkwkwk
      Huum simpel bgt bumbu dan cara masaknya :D

      Hapus
  15. Resep dalgona-nya itu menarik juga kayaknya dicoba, Mbak Ella. Sampai sekarang saya masih bikin yang standar aja. Kemarin ada temen cerita kalau dia nambahin mint di adonan dalgona. Barusan, Mbak Ella bikin di-mix dengan cokelat, kurma, dan pisang. Keknya saya perlu berkreasi juga, nih. :)

    Menarik juga kayaknya aplikasi yummy ini. Lumayan nambah-nambah pustaka resep saya yang masih dikit banget ini hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas.. Enak lho dimix pke pisang dan kurma. Rasanya duh susah diceritain. Beneran nggak lebay. Wkwk
      Iya download aja Yummy App byk rekomendasi resep dg bahan dan cara yg simpel kok :)

      Hapus
  16. Aku kira bumbu merahnya ditambah bumbu balado 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak niih. Cm dikasih cabe merah aja. Hihi

      Hapus
  17. Ini app-nya wajib w kenalin ke mamah ini haha :v.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah. Ibuku juga auto download kmrin, saking simpel2nya cara masak di Yummy app

      Hapus
  18. jadi pengen cobain bikin smoothies, kayaknya ga ribet yak mba
    tapi lebih ga ribet kalau tinggal makan doank, ahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah. Iya beeneeer, kl tinggal makan mah lgsg santap :D

      Hapus
  19. Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona dan Daging Bumbu Merah pastinya yummy...beruntung sekali nnt suami masa depannya mbak Ella punya istri yg jago masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. PLIISSSS SEMOGA DOI BACA. NIH LIAT KOMENNYA MAS ARIS NIH. WKWKWK
      Semoga ya besok kl udah menikah suamiku nerima masakkanku yg rasanya amburadul :D
      Tp mayan lah berkat Yummy App seenggaknya ada panduan buat masak2 enak

      Hapus
  20. buset.. ini kumpulan resep, apa bisa ya jadi kontributor nya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaa. Kl jd kontributor juga bisa dpet cuan lho mas

      Hapus
  21. baca ini pas aku habis nikmati dalgona, tapi beli hahaha
    akhir akhir ini lagi ngidam roti tawar, karena pengen nyobain yang beda akhirnya googling, tapi di aplikasi yang satunya mba, belum donlot yang yummy

    masakan menu daging merah nya itu ya ehmmmm kok kayake enakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah. Roti tawar diapakan mbak? Atau buat roti tawar sendiri? Iyaa daging bumbu merahnya simpel bgt enak pula

      Hapus
    2. cuman pengen diolesi mentega sama meises aja rotinya mba hahaha

      Hapus
  22. pisang kurma smoothies choco dalgona adalah "yang berbeda di tengah dalgona yang sedang viral" hahaha. Tapi emang bener sih, Yummy app itu resepnya variatif banget dan ga bingung mau masak apa tinggal searching aja bahan utama xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener
      Aku aja baru tahu Yummy app ternyata sesimpel dan sepraktis ini. Uhu
      Segar bgt pisang kurmanya :)

      Hapus
  23. Samaan kita... Yah walaupun bukan anggota WFH.Tapi yang namanya masak-memasak. Resep selalu aku cari di ini aplikasi.. Kemarin pas nyoba bikin sagun keju juga dari ini aplikasi... Enak, yah walaupun sedikit gagal karena overmix.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehh suka masak juga Mas Bay? Jd pgn nyoba sagun keju uy

      Hapus
  24. Manteepp bangeet mbaak ella, kok pengen yaa cobain smoothies kurma dalgonanya 😋😋😋 oiyaa barusan ku coba buka yummy app mbaak cari resep kue cubit wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi cus buat aja mbak
      Diminum siang hari sewger bangettt. Wah trs nemu resep kue cubit nih?

      Hapus
  25. Wewwwww, asyik banget nih, banyak resep siap praktik ya :D
    Aplikasi ini bakalan jadi kesayangan mamak-mamak dan semua pecinta masakan nih,termasuk saya yang keahlian memasaknya masih sangat kurang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Rey. Remaja macam q juga butuh bgt Yummy app ini (Remaja) ahahaha

      Hapus
  26. Ini app saya butuhin banget mba. Soalnya suka bingung mau masak apa sehari2.. emak2 galaunya itu2 aja

    BalasHapus
  27. Mantul... sekarang udah banyak muncul startup digital dibidang kuliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehe iya, bikin makin semangat memasak. :)

      Hapus
  28. wahh aku jadi kepengen belajar masak juga mbak ella..

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti