Tips Sewa Apartemen untuk Staycation

oleh - Agustus 03, 2020

Tips Sewa Apartemen untuk Staycation
Tips Sewa Apartemen untuk Staycation
Siapa yang sudah kangen jalan-jalan? Siapa hayo? Kalau ada pertanyaan seperti itu, aku bakal jawab paling cepat dan keras deh. Sungguh sudah mabok banget buat PJJ (Pelajaran Jarak Jauh), mabok banget home visit saat pandemi, apalagi hampir tiap malam meng-entery nilai, belum lagi menghadapi beberapa wali murid yang super istimewa. Duuhhhh... Rasanya sudah pengin gendong ransel dan pakai sepatu, terus lanjut staycation. Yang demen bepergian pasti nggak asing lagi dengan istilah staycation ya?

Yap! Staycation adalah istilah untuk kegiatan berlibur tanpa meninggalkan kota asal. Staycation ini sangat cocok buat kamu yang memiliki kesibukan namun tetap ingin rehat sejenak dan berlibur supaya mode on lagi. Terutama buat kamu yang tinggal di area perkotaan padat seperti Jakarta, dengan waktu senggang yang terbatas. Staycation Jakarta menjadi opsi yang tepat bagi para pekerja untuk menikmati quality time bersama orang-orang terdekat. Selain menginap di hotel, apartemen juga dapat menjadi opsi akomodasi yang tepat bagi kamu yang berencana untuk staycation lho. Nah, kali ini ku kasih tips memilih apartemen untuk staycation nih.

Berikut Tips Memilih Apartemen untuk Staycation:

Tips Memilih Apartemen
Tips Memilih Apartemen

Pastikan Kenyamanannya

Apartemen ini sedikit berbeda dengan hotel yang memiliki jaminan kenyamanan karena dikelola oleh manajemen khusus yang profesional di bidang hospitality ya, sementara untuk apartemen biasanya dikelola secara personal. Oleh sebab itu, sebelum menginap, penting untuk memastikan kondisi apartemen dalam keadaan yang nyaman. Nah, untuk memastikan hal ini, kamu bisa menghubungi pengelola kamar ataupun mencari informasi melalui review-review yang ada di internet.

Ketahui Lokasinya Secara Tepat

Buatku, saat mau menginap di hotel ataupun apartemen wajib banget tahu lokasinya secara tepat, apalagi kalau bepergian untuk urusan bisnis. Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih apartemen adalah jaraknya yang dekat dengan lokasi keperluan bisnis atau pekerjaan kamu, dan pastikan apartemen tersebut memiliki akses transportasi yang memadai. Kalau pun kamu berkendara dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk memastikan apakah apartemen tersebut memiliki lahan parkir yang cukup untuk kendaraan kamu. Terus nih, kalau memang bepergian dengan transportasi umum, maka ada baiknya untuk sewa apartemen Bekasi yang lokasinya dekat dengan stasiun, terminal, ataupun pusat transportasi umum lainnya.

Pastikan Keamanannya

Keamanan merupakan faktor yang sangat penting. Tentunya, kamu nggak ingin mengalami hal-hal yang nggak menyenangkan seperti menjadi korban dari tindakan kriminal ketika tengah menginap di apartemen kan? Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa apartemen tempatmu menginap memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Membaca review dari internet cukup membantu untuk hal ini kok, dan jangan lupa untuk menyimpan kontak pengelola kamar juga petugas keamanan di apartemen tersebut sebagai langkah preventif apabila kamu membutuhkan bantuan.

Pilih Apartemen dengan Fasilitas yang Sesuai Kebutuhan

Seyahuku setiap apartemen menyediakan fasilitas yang relatif sama, namun ada kalanya di beberapa apartemen menyediakan fasilitas tambahan seperti dapur ataupun balkon. Sebelum memilih apartemen yang akan diinapi, cek terlebih dahulu fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh unit tersebut, dan apakah fasilitas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, memilih apartemen dengan fasilitas dapur akan menjadi hal yang percuma kalau kamu nggak berencana untuk memasak ketika berada di apartemen tersebut. Lebih baik memilih jenis kamar lain yang tentu harganya lebih terjangkau karena tanpa fasilitas dapur.

Cek Harga dan Informasi Apartemen di Traveloka

Nah, kalau kamu nggak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal di atas secara terpisah, solusinya bisa saja di aplikasi Traveloka untuk informasi yang lebih lengkap. Di Traveloka, semua informasi mulai harga, fasilitas, hingga review dari orang-orang yang pernah menginap di apartemen tersebut telah tersedia. Kamu bisa memilih apartemen yang sesuai, tentunya lebih mudah dan praktis hanya dengan mengecek satu aplikasi ataupun website resmi Traveloka. Terdapat juga rating Traveloka yang berasal dari ulasan pengguna sehingga terjamin kredibilitasnya dan dapat dipercaya.

Tertarik untuk sewa apartemen sebagai akomodasi staycation Jakarta-mu? Atau masih ingin mengecek opsi akomodasi lainnya? Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk memesan akomodasi staycation yang kamu inginkan di Traveloka, supaya kamu mendapatkan harga yang hemat dan terjangkau, ditambah lagi berbagai promo dan potongan harga yang menguntungkan. Jangan lupa untuk selalu stay first ya, patuhi protokol kesehatan supaya kita bisa sama-sama melawan pandemi ini. :)

Mungkin Kamu Suka

39komentar

  1. Baru dnger istilah staycation... heheh dan ternyata artinya itu.
    dan keinget kejadian dulu udh lama sih sekitar 2019. Waktu itu lagi suwung alias bete atau bosan dirumah. Pengen liburan tapi bingung sama siapa karena saya orang Shift liburan nggk barengan sabtu minggu.

    Nah itu nggk tau kenapa, pikiran darimana. Tiba2 saya booking hotel di Kota tempat saya tinggal buat 2 malam di Traveloka.. alhasil saya santai2 di hotel sndirian nikmatin rebahan, TV, Mandi berendam... ahahahah gokil. Padahal rumah saya 5 menit perjalanan dari hotel. Pemborosan emng. Tapi seru ternyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang Bay, istilahnya staycation. Duh kan diceritain begitu aku auto pengen me time, huhu
      Memang ya meskipun dikata pemborosan tp nggak ada salahnya sekali2 buat ngrefresh energi. Xixi

      Hapus
  2. Sewa apartemen ini pas kalau untuk keluarga besar. Kalau datang sendiri, mending menghilang di penginapan-penginapan murah hahahahha

    BalasHapus
  3. haha gw masih betah aja kok dirumah, kalo mau jalan-jalan karna gak ada duit :D.. pastinya kalo milih sewa apartemen yang nyaman dan murah itu yang penting hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu dong Mas Khanif. Wkwk
      Iya banget kl mau pilih apartemen untuk staycation kudu bener2 jeli biar sesuai budget dan fasilitas yang kita pengen :)

      Hapus
  4. Selama pandemi aku baru sekali staycation. Tp masih ada 3 hotel lagi yg bakal aku inepin sampe akhir tahun ini. Abisnya, Krn blm berani naik pesawat ato kendaraan umum, jadinya liburan staycation udh paling bener ya mba.

    Cari yg Deket dan reputasinya bagus, supaya kita yakin mereka bener2 melakukan std protocol covid dengan bener. Aku sampe nelponin hotel2 yg aku inepin utk cari tau seperti apa protocol mereka. Kalo aku ga yakin, ya batal nginep di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa udah staycation aja mbak. Hihi
      Sepakat bgt sih staycation di masa pandemi begini emang kudu slektif banget ya.. Semoga pandemi segera berakhir ya biar bisa leluasa bepergian :D

      Hapus
  5. Sama mba Ella, saya sudah rindu angkut koper dan pergi jauh hehehehe. Tapi berhubung Corona masih belum hilang, alhasil staycation pun menjadi pilihan ~ kebetulan ada beberapa jadwal staycation yang akan saya lakukan tapi masih di bulan-bulan berakhir BER hehehehe semoga saat itu, keadaan sudah jauh lebih baik dari sebelumnya :D

    Eniwei, saya setuju dengan poin-poin yang mba Ella jabarkan, especially kalau yang disewa apartment, karena pastinya akan memiliki sistem berbeda dengan hotel kebanyakan :) saya pribadi sometimes menginap di apartment especially kalau dalam kurun waktu seminggu ke atas, sebab fasilitas di apartment tentunya lebih lengkap (ada kitchen, laundry machine, etc.) :3

    Ps: thank you untuk tips-nya mba, jadi semangat staycation segera <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak Eno semoga kondisi makin membaik yaa.. Biar mbak Eno bisa staycation dg aman tanpa khawatir. Hihi
      Iya mbak, memang beberapa apartemen menawarkan fasilitas yang lebih lengkap daripada hotel :)

      Hapus
  6. Wah.. Mbak juga bu Guru yah :)
    Jadi tambah kamus bahasa nih, staycation. Btw, Infonya lengkap sekali, yg tadinya saya belum paham (maklum orang desa) sekarang jd paham :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma nemenin anak2 belajar mbak. Hhh
      Samaaa. Aku pun tinggal di desa kok :D

      Hapus
  7. Oh ternyata staycation itu berlibur tapi tidak meninggalkan kota asal ya mbak. Aku juga ingin staycation, tapi di daerah Brebes belum ada apartemen yang bisa disewa.

    Memang harus pintar pilih pilih apartemen seperti memilih pasangan juga.😂

    Harus yang nyaman, aman lingkungannya, terus kalo bisa sih yang murah juga.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Agusss tolonggggg. Ya masa cari apartemen disamain kaya cari jodohhh. Lebih sulit cari jodoh atuh. Eh
      Point terakhir sepakat banget, kudu murah. Ahahaha

      Hapus
  8. thanks 4 sharing... saya pun dalam usaha mencari apartment untuk staycation bulan depan... tapi tak tahulah macam mana sebab keadaan covid-19 yang on off di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak anies sama2. Kalau kondisi covid-19 masih on tunda staycation dulu yaa.. Hihi

      Hapus
    2. bukan kita yang tangguh tapi pihak kapal terbang yang tangguh (cancelled flight) dulu hahahaha

      Hapus
  9. wah masih belum ada dana buat staycation hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga besok tiba2 dapat rejeki buat staycation yaaa

      Hapus
  10. Akupun idup di Bali pengen staycation di penginapan pinggir pantai yang cuma 10 menit dari rumah. Kenapaaaa kok tiba2 pengen berendam di bath tubnya hotel coba haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaaakkk ajakinnn mantaaaiii ajakiiin.. Anak gunung begini udah nggak mantai dari awal tahun ini ya ampun :(

      Hapus
  11. kebetulan saya dan keluarga mau ada staycation, tipsnya sangat bermanfaat mba, dan kami rencana memang mau sewa apartemen karena memang banyakan juga yang kumpul, sharingnya sangat pas banget dan useful tentunya buat saya, wah cus lah ke traveloka langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebetulan banget ya mbak Mei, silakan bisa berburu diskon di Traveloka, xixix
      Seru nih bisa nginep ramai2 bareng keluarga di apartemen yak

      Hapus
  12. Paling enak tuh staycation di apartemen kalau bawa bayi, biasanya kan ada dapurnya, jadi bisa masak di dapurnya gitu.

    Kalau dihotel agak rempong, terlebih kalau bayinya nggak suka makan makanan instan, kayak anak saya dulu, repot banget diajak jalan-jalan karena itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Rey, lebih enak pilih yg ada fasilitas dapurnya ya.. Kl mau cuci dot atau bikin susu lebih lega drpd mengandalkan teko listrik doang. Wkwk

      Hapus
  13. Nice tips nih, Mbak Ela. Saya beberapa kali ke Jakarta belum pernah staycation, langsung pulang biasanya. Pilihan apartemen juga oke ya apalagi kalau liburan bareng keluarga besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Lia, bisa cobain nginep di apartemen. Tp kudu pinter2 pilih yg sesuai kebutuhan dan juga yg murah meriah dong. Eh

      Hapus
  14. Wah coba nginep di apartemen, kenapa tidak apalagi kalau nyaman dengan harga yang terjangkau ya? Mau banget! bisa langsung cus di Akomodasi staycation di Traveloka ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, mayan lah kalau dapat harga yang terjangkau, kapan lagi nyobain staycation di apartemen, xixi

      Hapus
  15. Setelah beberapa bulan di rumah saja, kita memang butuh penyegaran Mbak. Paling tidak bisa jalan-jalan di tempat yang terdekat. Nah, tipsnya ok juga nih buat dicoba. Langsung ceki-ceki di traveloka deh untuk cari apartemen yang sesuai budget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, nunggu kondisi membaik baru staycation ya, hihi
      mayan banget di Traveloka bisa nyari harga terjangkau :)

      Hapus
  16. Asli pingin banget staycation sama bayi. Tapi masih agak parno. Udah aman belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nunggu aman dulu ya mbak, baru cobain staycation. soalnya parno banget kl kondisi masih begini, hhh

      Hapus
  17. lama ga pernah buka traveloka, sampe ga tau ada fitur begini, bisa sewa apartemen hahaha
    atau mungkin kayaknya lebih mirip kayak airbnb ya
    point yang pertama dicari biasanya harga berbanding lurus dengan fasilitas, kadang gitu ya kebanyakan orang nyarinya, kayak nyari kontrakan, kalau di daerah pinggiran juga nggak worth it jika harganya agak ga masuk akal atau lebih dari harga pasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ada fitur untuk apartemen, hihi
      jadi makin enak buat cari apartemen kalau mau staycation, bisa pakai fitur filter dari lokasi, harga, dan fasilitas :D
      yang pasti banyak diskon dan promonya dong, xixixi

      Hapus
  18. Kalau kondisi udah aman, udah nggak ada corona di mana-mana, baru deh berani staycation, Mbak. Kangen jalan-jalan, kangen juga nggak parno waktu keluar rumah. Traveloka keren banget deh. Semua informasinya lengkap sampai review-nya juga. jadi enak mau milih nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mbak Muyas, kl masih kaya gini ke supermarket beli kebutuhan aja rasanya takut ya. hhh
      iya paling penting emang review dari pengunjung lain buat pertimbangan memilih hotel/apartemen :)

      Hapus
  19. Sepakat banget Mbak. Sekarang kalau mau staycation mesti cek n ricek dululah agar oke, saya sukanya bacaan komentar para pengguna yang sudah duluan kesana, sehingga reviewnya sesuai dengan kenyataan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak biar nggak kecewa dan sesuai ekspektasi ya, bisa juga disesuaikan dengan fasilitas yang kita butuhkan :)

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti