Memaksimalkan Hobi dan Teknologi untuk Menambah Pendapatan di Tengah Pandemi

oleh - September 16, 2020


Hampir 7 bulan lamanya pandemi Covid-19 ini menggempur berbagai sektor mulai dari sektor ekonomi, pariwisata, kesehatan, hingga sektor pendidikan. Aku yakin, semua orang pasti merasakan dampak dari pandemi ini, karena aku pun demikian. Sebagai guru honorer, nggak banyak yang bisa ku lakukan di masa pandemi kecuali memanfaatkan waktu untuk mengembangkan skill supaya bisa menghasilkan pendapatan dari hobi yang dibayar. Kedengaran menyenangkan bukan? Hobi yang dibayar di tengah ketidakpastian?

Aku percaya, setiap manusia memiliki passion tersendiri. Jika kita mau berusaha untuk menggali dan mengembangkan passion, maka nggak menutup kemungkinan dengan passion yang kita miliki akan membukakan pintu-pintu rezeki.

Kebiasaan Baru yang Erat dengan Internet

Adanya pandemi Covid-19 memang memunculkan kebiasaan baru yang erat kaitannya dengan internet. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat trafik internet atau data selama pandemi meningkat 20%. Sementara menurut riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020", hampir 64% penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Pada akhir Januari 2020 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 175,4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta. Dibanding tahun 2019 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17% atau 25 juta pengguna.

Saat ini segala aktivitas hampir dilakukan secara online demi meminimalisir penyebaran virus yang begitu masif. Mulai dari pekerja kantoran yang lebih sering meeting virtual, proses belajar mengajar yang juga online, hingga para ibu rumah tangga yang memenuhi kebutuhan sehari-hari cukup dengan sentuhan jari karena makin banyak bermunculan marketplace, web store, dan layanan online yang menawarkan menu makanan hingga sayuran yang masih segar. Maka, di kondisi seperti ini, sudah saatnya kita memanfaatkan peluang dengan memaksimalkan teknologi untuk mendapat penghasilan tambahan. 

Memanfaatkan Hobi dan Teknologi di Tengah Pandemi

Siapa sih yang nggak mau memiliki penghasilan dari hobi yang dibayar? Mungkin hampir semua orang menginginkan hal demikian ya? Apalagi di tengah badai Covid-19, nggak sedikit teman-temanku yang kehilangan pekerjaan. Memang saat ini kita nggak bisa mengendalikan kondisi, pun kita nggak bisa menyalahkan situasi. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah mengasah skill dan memanfaatkan peluang yang ada. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan di tengah ketidakpastian:

Menjajal Bisnis Kuliner Rumahan

Semenjak adanya pandemi ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan untuk tetap survive di tengah ketidakpastian adalah dengan menjajal usaha di bidang kuliner rumahan. Terlebih jika kita mempunyai skill menyajikan menu makanan serta memiliki ide menu makanan 'unik' yang akan kita jual.
Salah Satu Contoh Bisnis Kuliner Rumahan

Seperti tetanggaku yang kehilangan pekerjaan karena dirumahkan, akhirnya dia mencoba merintis usaha makanan rumahan. Menu yang dijual cukup beragam, ada makanan ringan, minuman, dan juga makanan berat. Tentunya jika kita ingin menjajal bisnis kuliner rumahan harus mempertimbangkan berbagai risiko dan juga menyiapkan strategi digital marketing yang matang.

Kalau kita mencoba bisnis kuliner rumahan dengan menu makanan yang nggak tahan lama, maka mau nggak mau harus siap mengantar makanan ke customer atau kita bisa bekerjasama dengan ojol yang menyediakan fitur food supaya nggak kalah saing dengan usaha kuliner lainnya.
Tapi, strategi yang digunakan akan berbeda jika jenis makanan yang kita jual bisa bertahan lama karena kita bisa memanfaatkan marketplace sebagai sarana promosi dan tentunya kita bisa menjangkau sasaran yang lebih luas karena bisa kirim makanan yang kita jual ke seluruh Indonesia.

Manfaatkan Internet dengan Berjualan Online

Berjualan di Web Store
Berjualan di Web Store
Memang ya, pandemi ini membuat kehidupan pedagang offline hancur lebur. Pandemi Covid-19 mengharuskan siapa pun untuk tetap di rumah saja tanpa terkecuali. Meski beberapa pekan yang lalu diberlakukan new normal, namun tetap saja belum mampu menstabilkan pendapatan jika hanya mengandalkan penjualan offline.

Kebiasaan untuk belanja online seolah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Makanya, berjualan online juga menjadi peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan. Bisa dimulai dari mengoptimalkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan barang yang kita jual, bisa juga dengan membuat website store, atau membuat toko di berbagai marketplace

Aku jadi teringat dengan cuplikan video seorang bapak yang berjualan dipan dari bambu, beliau memikulnya sendiri. Peluh keringatnya terlihat menetes membasahi wajah yang sumringah. Ketika ditanya, "Pak, memang ada yang mau beli dipannya?" beliau menjawab dengan yakin "pasti ada" sambil tersenyum. Lalu ditanya lagi "sudah laku berapa dipan, Pak?". Si bapak menjawab dengan nada makin riang "belum laku, tapi yang penting yakin, ada penjual pasti ada pembeli". Sahutnya. Sungguh salut dengan optimisme si Bapak ya, namun seandainya si Bapak bisa mengoptimalkan teknologi mungkin ceritanya akan berbeda, karena beliau nggak perlu susah payah untuk memikul dipan berkilo-kilo meter hingga menemukan orang yang membelinya.

Berani Menjadi Reseller 

Yap menjadi reseller juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan, lho. Bahkan bisa dijadikan sebagai penghasilan utama. Seperti sepupuku yang baru saja lulus kuliah terpaksa menganggur karena adanya pandemi. Melamar pekerjaan dimana-mana belum ada yang diterima sampai akhirnya dia memutuskan untuk menjadi reseller salah satu produk skin care.
Berani Jadi Reseller
Baru masuk bulan ke tiga, omset yang didapatkan sudah mencapai 7 juta/bulan. Mungkin bagi sebagian orang pandemi ini merupakan sebuah musibah. Namun bagi sepupuku, pandemi ini justru membawa berkah. Kita juga bisa mencoba menjadi reseller produk apapun yang sekiranya banyak peminatnya. Pokoknya lihat peluang, maksimalkan teknologi, ada niat dan tekad insya allah semua akan berjalan lancar. 

Membuka Jasa Titip Barang (Jastip)

Peluang yang satu ini berbeda dengan menjadi reseller ya. Jasa titip atau sering disebut jastip ini adalah aktivitas menawarkan berbagai barang di suatu tempat tertentu. Jadi, kita membelikan barang pesanan yang diminta oleh pengguna jasa lalu mengantarkannya hingga tempat tujuan. Biasanya jastip ini juga memanfaatkan teknologi dan media sosial dalam mempromosikan jasanya, terutama whatsapp dan instagram.

Meski daerahku termasuk pedesaan, namun jastip ini sedang naik daun dan terbukti digemari oleh masyarakat. Mungkin karena jarak rumahku ke kota yang cukup jauh jadi adanya jastip ini cukup membantu. Teman-teman bisa mencobanya lho, ya siapa tahu jadi rejeki teman-teman kan?

Mencoba Menjadi Freelancer

Salah Satu Situs Freelance
Salah Satu Situs Freelance
Teman-teman pernah mendengar istilah freelancer nggak? Pernah dong, ya? Atau malah teman-teman juga berprofesi sebagai freelancer? Freelancer merupakan sebutan untuk para pekerja sambilan atau pekerja lepas. Biasanya jenis pekerjaan ini sering diminati generasi milenilal karena fleksibilitas waktu kerja. Saat ini, banyak situs freelance yang bisa menjadi peluang teman-teman untuk meng-applay pekerjaan yang sesuai dengan skill, di antaranya ada Sribulancer, Projects.co.id, Sribu, Fastwork, Freelancer.co.id, Freelancer.com, Upwork, dll.

Oya, pekerjaan yang biasanya dibutuhkan di situs freelance adalah desain grafis, programmer, web develop, sales dan digital marketing, virtual assistant, copywriting, penerjemah, guru les online, dll. Teman-teman bisa membuka situs freelance tersebut dan mencoba applay.

Menghasilkan Pendapatan dari Hobi yang Dibayar

Nah, peluang yang terakhir ini adalah memanfaatkan hobi ngeblog untuk menghasilkan pendapatan. Barangkali aku salah satu orang yang beruntung karena meski merasakan dampak dari pandemi, aku masih tetap bisa menghasilkan pendapatan dari blog. Berkat blog ini aku bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan berbagai kebutuhan elektronik seperti laptop yang saat ini sedang ku gunakan untuk mengetik huruf demi huruf dan juga gadget yang ku gunakan untuk mendukung aktivitas blogging.

Nggak hanya itu, dari blog aku pun bisa sedikit membantu uang bulanan untuk orang tua, hingga sedikit demi sedikit belajar berinvestasi. Semua ini nggak lain karena aku terus belajar memanfaatkan internet dan melihat peluang serta kesempatan. Buatku, blog, instagram, twitter, facebook, tiktok, dan youtube merupakan media yang patut dimanfaatkan. Ya kan daripada bermain media sosial hanya untuk berkeluh kesah, ada baiknya kita isi dengan konten positif yang seenggaknya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Pemanfaatan Sosial Media untuk Internet Marketing

Di era digital seperti ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial bukan? Kita bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dari bermain media sosial, terlebih jika kalian memiliki passion atau minat dalam dunia bisnis, kepenulisan, desain grafis, fotografi, dan juga videografi. Intinya jika kita memiliki jiwa kreatif, maka bagaimana pun kondisi kita saat ini bisa dijadikan peluang dan jalan untuk menjemput janji kehidupan di masa depan. Nah, sudah siapkah menjadikan hobi dan internet menjadi sumber pendapatan?

Beberapa Strategi untuk Menghasilkan Pendapatan dari Blogging

Memang umur blog ini ibarat baru seumur jagung, tapi nggak ada salahnya berbagai strategi untuk menghasilkan pendapatan dari blogging kan? Siapa tahu ada teman-teman yang hobi menulis dan ingin menambah pendapatan di tengah pandemi ini. 

Jujur, berkali-kali aku mengatakan awal mula ketagihan ngeblog adalah saat kondisiku sedang depresi, stres, marah, kecewa, dll. Aku memulai ngeblog hanya sekadar untuk terapi supaya tetap waras dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Justru dari blog, aku mendapatkan banyak sekali peluang dan kesempatan untuk meng-upgrade skill dan kemampuan, bahkan sampai sekarang aku nggak pernah berpikir kalau aktivitas ngeblog bisa dijadikan penghasilan utama. Kira-kira bagaimana sih strateginya? Yuk simak poin-poin berikut: 

Strategi Menghasilkan Pendapatan dari Blogging

Konsisten dalam Menulis di Blog

Di dunia ini nggak ada yang serba instan bukan? Segala sesuatu membutuhkan keuletan dan konsistensi yang nggak murah. Kenapa nggak murah? Karena konsistensi nggak bisa dibeli dan nggak bisa diukur dengan nominal. Buatku konsisten akan lebih mudah dijalani jika didasari dari hati dan hobi. Dulu, sekitar setahun lamanya aku terus menulis di blog ini tanpa menghasilkan materi, tapi tetap aku lakukan karena memang dengan menulis aku merasa nyaman. Sedari dulu aku menargetkan satu minggu minimal satu postingan, syukur-syukur bisa lebih dari satu kecuali saat kondisi kesehatanku menurun. Hhhh.


Sebenarnya ada banyak alasan kenapa seorang blogger harus konsisten dalam meng-update artikel, salah satunya karena dengan sering menulis otomatis akan meningkatkan skill menulis. Sama halnya perumpamaan semakin sering pisau diasah, maka pisau itu akan semakin tajam. Apalagi kalau kita sudah meniatkan untuk me-monetize blog, wajib hukumnya dong untuk selalu meng-update artikel secara berkala. Ya kan nggak mungkin ada agensi atau brand yang mengajak kita kerja sama jika konten yang kita update terakhir adalah 2 tahun yang lalu. 

Tingkatkan Kualitas Blog 

Untuk meningkatkan kualitas blog memang sangat kompleks ya, mulai dari pemilihan template blog, konten yang berkualitas dan informatif, hingga belajar menerapkan teknik SEO serta menaikkan nilai DA PA blog. Btw, kualitas blog bisa ditingkatkan dari beberapa aspek lho, diantaranya:

  • Kualitas Konten
Jujur, aku juga masih belajar untuk terus meningkatkan kualitas isi tulisanku. Ya meski kadang hanya sekadar curhat, namun seenggaknya ada nilai yang bisa diambil oleh pembaca. Menulis dengan pola sistematis memang bukan pekerjaan yang mudah. Tapi aku yakin, semakin kita sering menulis dan membaca maka semakin mengalir juga ide dan konsep konten yang kita tulis.

Oh iya supaya pembaca betah berkunjung ke blog kita, coba deh sisipkan story telling, foto pendukung, infografis yang menarik, serta biasakan menulis dengan heading atau penajukan supaya lebih mudah dipahami dan mudah dibaca. Tulislah apapun yang ingin kita tulis, asal itu positif kenapa nggak kita bagikan? Syukur-syukur bisa menginspirasi pembaca dan memberi energi kebaikan bagi sesama. 
  • Navigasi Blog yang Rapi dan Lengkap

Kalian pernah nggak sih berkunjung ke salah satu blog lalu bingung dengan layout dan navigasinya? Aku pernah lho, mencoba mencari menu blognya nggak ketemu, mencari menu 'baca postingan selanjutnya' juga nggak ketemu, mencoba mencari menu about-nya juga nggak ada. Jadi, aku stuck di satu artikel itu. Sayang banget kan ya, buatku template blog bukan hanya yang eye catching dan responsif saja karena template blog ibarat rumah yang memiliki pintu, jendela, dapur, dan juga toilet. Pemilik rumah harus bisa memberi petunjuk kalau ada tamu yang ingin masuk atau ingin ke toilet. Jadi, bisa membuat para tamu nyaman dan ingin kembali bertamu lagi.

  • Tampilkan Kontak dan Media Sosial

Menampilkan kontak dan akun media sosial kita di blog adalah keharusan. Hukumnya wajib, apalagi buat yang sudah meniatkan me-monetize blog. Jangan sampai ada brand yang tertarik dengan tulisan kita dan ingin mengajak kita kerja sama, tetapi bingung bagaimana menghubungi kita. Nggak harus kontak whatsapp yang ditampilkan di blog kok, minimal email dan akun media sosial kita, ya. Dengan menampilkan akun media sosial juga bisa mempermudah teman-teman untuk saling mengenal. Siapa tahu jodoh? Eh!

Aktif Bergabung di Komunitas Blogger

Keuntungan Bergabung di Komunitas Blogger

Apalah artinya jika seorang blogger tanpa dukungan teman-temannya? Menurutku banyak keuntungan yang kita dapatkan ketika bergabung dengan komunitas blogger lho, mulai dari circle pertemanan yang bertambah, informasi job dari sesama blogger, dan juga engagement blog kita makin bertambah karena sesama blogger yang saling berkunjung (blog walking). Selain itu, bergabung dengan komunitas blogger juga akan menambah ilmu mengenai blog, karena banyak tips yang sering dishare oleh teman-teman blogger.

Aktif di Media Sosial dengan Konten Positif

Seorang blogger memang erat kaitannya dengan berbagai media sosial. Buatku fungsi dari bermain media sosial adalah salah satu cara untuk membangun branding blog yang kita miliki. Dari media sosial kita bisa menggiring followers kita untuk mampir ke blog kita. Terlepas dari itu, pastikan media sosial kita juga diisi dengan konten positif dan informatif, karena sebagian agensi dan brand akan mengecek keaktifan dan kualitas konten media sosial kita sebelum mengajak kerja sama. Selain itu, banyak tawaran job yang disebarkan dalam bentuk google form di facebook lho, kita tinggal apply menunggu email jika kita terpilih untuk bekerjasama.

Branding Blog dengan Domain TLD

Menurut kalian penting nggak sih untuk mem-branding blog? Buatku penting banget sih karena banyak keuntungannya, seperti memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan juga kesempatan baru. Btw, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mem-branding blog lho, misal dengan membuat logo, nama blog unik, dan domain TLD (Top Level Domain). Akhir-akhir ini aku juga sering mendapatkan DM yang menanyakan rekomendasi penyedia layanan domain dan hosting. Makanya di tulisan ini aku akan membahas rekomendasi penyedia layanan Hosting Terbaik Indonesia dan domain yang cukup worth it untuk membantu branding blog kita.

Butuh Domain dan Hosting? Cek Exabytes Saja!

Yap! Salah satu penyedia layanan domain dan hosting yang terpercaya adalah Exabytes Indonesia. Nggak hanya menawarkan domain murah dan hosting saja, Exabytes Indonesia juga menawarkan berbagai layanan seperti pembuatan desain web, email bisnis, email marketing, wordpress hosting SSD, berbagai pilihan server, dan security. Exabytes Indonesia merupakan penyedia layanan cloud sejak 2001 yang terletak di pusat bisnis Jakarta Cyber 2 Tower. 

Penyedia layanan Exabytes Indonesia juga cocok untuk para pelaku usaha rumahan atau pun UMKM yang ingin mengenalkan produknya melalui media digital. Apalagi di era digital saat ini ya, pemanfaatan jaringan internet menjadi alat untuk mempromosikan produk dan jasanya. 

Layanan Exabytes untuk Mendukung Hobi dan Kreatifitas

Sekarang ini banyak kecanggihan teknologi yang bisa mendukung hobi dan kreatifitas tanpa batas. Berbagai hobi dan passion bisa mendatangkan penghasilan tambahan, apalagi di masa pandemi ini kita lebih sering menghabiskan waktu di rumah, maka ini saatnya kita memanfaatkan waktu untuk menggali dan mengasah skill.

Nah selain beberapa strategi blogging di atas tadi, berikut ini beberapa layanan Exabytes Indonesia yang dapat mendukung hobi ngeblog, web develop, jualan online, hingga untuk membranding produk atau usaha kita supaya tetap menghasilkan pendapatan meski di tengah ketidakpastian, layanan tersebut diantaranya:

Domain 

Buatku penggunaan domain TLD untuk sebuah blog/ web store untuk jualan online sangat disarankan supaya memperoleh kredibilitas yang tinggi dan juga sebagai sarana untuk branding. Sebenarnya nggak apa-apa kok menggunakan domain gratisan blogspot.com atau wordpress.com namun biasanya jika kita menggunakan domain gratisan akan lebih susah dalam membrandingnya, karena domain gratisan cenderung panjang. Selain itu, jika menggunakan domain gratisan akan lebih susah mendapatkan job atau pun kerja sama dengan brand dan agensi.

Nah di Exabytes ini menawarkan layanan pendaftaran domain seperti .com, .net, .id, dan masih banyak lainnya lho. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp. 119 ribuan. Selain itu, Exabytes juga menawarkan layanan transfer domain, perpanjangan dan Domain Privacy Protection untuk melindungi informasi pemilik domain. 

Hosting

Jika kita membuat blog/ website store di platform wordpress.com self-hosting, otomatis kita harus membeli hosting dong ya. Nah di Exabytes juga menawarkan beberapa pilihan hosting beragam yang cocok untuk segala kebutuhan lho. Seperti hosting untuk web pribadi, wordpress, hosting SSD, paket hosting dan lain-lain. Selain itu, ada program afiliasi terbaik untuk reseller hosting, kalau kita bergabung di program afiliasi ini tentunya bisa menjadi passive income untuk menambah penghasilan.

Design Web dan Logo

Ada yang sedang membutuhkan design web dan logo untuk blognya? Bisa banget cobain layanan design web dan logo di Exabytes lho. Layanan ini sangat cocok buat kita yang baru memulai hobi blogging nih. Nggak perlu pusing lagi mendesain tampilan blog atau web dengan koding karena di Exabytes ini menawarkan fitur website builder. Tool ini memungkinkan pengguna membuat website tanpa coding hanya dengan drag and drop. Tersedia banyak template profesional yang bisa dipasang dan tentunya mobile friendly.

Email Bisnis

Salah satu komponen yang nggak boleh tertinggal untuk melakukan branding yaitu dengan menggunakan email bisnis. Dengan menggunakan email bisnis, klien atau agensi akan lebih aware kepada brand atau blog kita ketika melihat email bisnis yang dipakai. Penggunaan email bisnis juga meningkatkan kredibilitas suatu blog atau brand, sehingga mendapat kepercayaan lebih untuk diajak kerjasama seperti email yang kugunakan ella@ellafitria.com dan hallo@rainbowdaily.com.

Dengan menggunakan email bisnis, secara nggak langsung kita juga mengenalkan produk/ jasa yang tersemat di email domain. Hal ini akan memudahkan konsumen/ klien dalam mengingat domain kita ketika ingin mengunjungi blog/ web store kita.

Kelebihan Exabytes Sebagai Penyedia Web Hosting

Untuk menunjang berbagai aktivitas digital yang dapat menghasilkan pendapatan di tengah pandemi, memang dibutuhkan support dari penyedia layanan web yang berkualitas dan kompeten. Makanya kita harus selektif dalam memilih penyedia web hosting, seperti Exabytes Indonesia yang menawarkan kemudahan untuk para pelanggan, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan Exabytes Sebagai Penyedia Web Hosting

Dukungan Teknis 24 Jam 

Exabytes Indonesia berkomitmen kepada pelanggan dengan menyediakan layanan customer service yang tersedia selama 24 jam non stop. Dengan dukungan tim teknis terbaik, pelanggan dapat terhubung melalui telepon, tiket, chat langsung atau email 24 jam setiap harinya. Jadi, jika kita mengalami kendala terkait layanan Exabytes bisa langsung menghubungi customer service.

100 Hari Jaminan Uang Kembali

Di mana lagi bisa memilih penyedia layanan hosting dan domain yang nyaman bahkan menjamin uang kembali dalam kurun waktu 100 hari jika kita merasa kurang puas dengan layanan yang kita butuhkan? Memang ya, Exabytes Indonesia ini memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. 

Aktivasi Akun Otomatis

Zaman serba canggih ini semua serba otomatis ya, jadi kalau kita menggunakan metode pembayaran otomatis maka layanan yang kita pilih di Exabytes ini juga akan siap hanya dalam hitungan jam saja. Nggak perlu repot dan ribet lagi mengurus domain dan hosting dong ya.

Aman dan Handal

Dengan rating 4.1 dari 189 votes, Exabytes terbukti selalu memberikan yang terbaik dan juga menjamin keamanan layanan yang dipilih oleh pelanggan. Apalagi berbagai brand besar dan juga salah satu kementerian RI pernah bekerjasama dengan layanan dari Exabytes Indonesia. Rasanya makin terpercaya nggak sih? 

Yuk, Tetap Menghasilkan di Tengah Ketidakpastian!

Untuk menghasilkan pendapatan tambahan di masa sulit ini nggak harus menjadi blogger kok, bisa menjadi apapun yang kamu mau. Selagi itu positive, gali terus hobi dan passion kita. Temukan kenyamanan dan peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai pintu untuk mencapai janji kehidupan. 

Dengan memaksimalkan internet kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan di tengah ketidakpastian, bisa dimulai dari hal kecil seperti membuka toko online, menjadi dropshipper, dan juga bisa membuka layanan jastip (jasa titip). Bisa juga dengan memaksimalkan skill seperti menjadi desainer logo, fotografi, videografi, dan juga web developer atau pun blogger.

Pokoknya sekecil apapun, sesederhana apapun ketika kita mau bergerak, meng-upgrade skill, dan membuka diri pasti akan ada jalan yang kita temukan. Yuk, waktunya bangkit dari keterpurukan, saatnya memaksimalkan jaringan internet untuk mengubah kondisi ketidakpastian menjadi tambahan penghasilan bersama Exabytes Indonesia karena kita nggak tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir.

Referensi :

https://www.exabytes.co.id/

https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9d61d7b8736/trafik-internet-naik-20-pada-masa-corona-operator-kucurkan-rp-19-t

https://youtu.be/y6ceHohdxe4


Mungkin Kamu Suka

35komentar

  1. Yupss bener...
    Udah lama juga saya bergelut sama bidang perblog'an walaupun saya sadar tulisan saya masih jelek.. heheh tapi nggk papa yang penting ada kemauan buat belajar.

    Daftar adsense juga udh lama. Udh nerima hasilnya juga.. Alhamdulillah, lumayan buat tambah2. Bagaikan investasi soalnya... :) dikit-dikit jadi bukit. heheh

    tapi sebenrnya ngeblog bukan itu sih tujuannya. Itu hanya sebagai 'hadiah' mungkin.. Tujuan sebenarnya, yah pengen nulis, pengen tau pengalaman orang lain juga, silaturahmi juga, syukur2 kalau tulisannya bisa ngebantu orang banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu Mas Bay. Hhhh
      Waaah udah cair dr adsense niih, pasive income yg menjanjikan memang ya. Xixixi
      Sama banget, akupun demikian mas. Kl abis nulis plong aja rasanya, dpt job blog ibarat hadiah karena tujuan awal buat terapi diri sendiri. Hhh

      Hapus
  2. Yaa, dari pandemi ini betul-betul terdampak loh. Bisnis ku skrg hancur lebur, mbak. Krn para mahasiswa nya ga ada di kampus wkwk

    BTW, untuk komunitas Blogger, mbaknya gabung di komunitas apa kalau boleh tau? Saya pengen gabung ke komunitas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pandemi segera berakhir ya Mas, biar usahanya bisa berjalan lagi :)
      Banyak komumitas blogger yg saling support Mas, ada Blogger Perempuan, Blogger Crony, Blogger Cihuy, Estrilook, KEB, dll.. :)

      Hapus
  3. wah memang ngeblog adalah jalan ninja yang pas buat pandemi gini
    dan pastinya butuh sarana dan prasarana yang memadai
    salah satunya adalah penyediaan web hosting yang terekomendasi
    dan extrabytes ini adalah jawabannya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Ikrom. Rasanya nikamt banget punya hobi yang menghasilkan ya. Hhh
      Semoga rejeki Mas Ikrom lancar yaaa. Akupun. Hihi

      Hapus
  4. Selalu suka deh sama tulisanmu, selalu inspiratif. Aku setuju kalau hal yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. Sekarang lagi seneng-senengnya belajar, berjejaring dan belajar konsisten nulis.selain bisa menjaga kewarasan dari blog bisa kenal banyak orang juga. Hihi..

    Apalagi masa pandemi gini ya, pendapatan nggak pasti tapi bersyukur juga masih cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Ria. :)
      Tos yok toss. Hhh
      Bener bgt sih mesti bersyukur, biar segala sesuatu rasanya enteng :)
      Mangats belajar yuk!

      Hapus
  5. Yeayyy akupun alhamdulillah baru dapet job blogger lagi juga
    Sejak pandemi jadi berkurang banget email tawarannya kan huhuhu

    Such an amazing tips!

    Inspiring mbaknyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikk baru dpt job.. Semoga makin sering lagi ya Mas.. :)

      Hapus
  6. Menyenangkan sekali bisa mendapat penghasilan dari rumah ya. Memang kalo mau jeli bisa banget dapat rejeki dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Asal mau berusaha dan upgrade skill. Percaya aja kl Tuhan Maha Kaya :)

      Hapus
  7. tak dinafikan ramai yang terkesan dengan pendemik ini terutama dari segi kewangan...apa yang mbak ella kongsikan ini sememangnya sangat bermanfaat dan paling penting kita ada usaha untuk melakukannya. bukan duduk 'main Internet' sahaja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Anies.. Pandemi ini memang berdampak bagi semua sektor. Huhuhu
      Semoga makin banyak yg bisa memanfaatkan internet supaya bisa menambah penghasilan :)

      Hapus
  8. Terimakasih maturnuwun informasi dan tipnya kakak Ellaaaa ...

    Semoga ya pandemi cororo ini cepat berlalu.
    Gegara epidemi banyak yang jadi kolaps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mas Him.. Iya, aamiin
      Semoga ya.. Biar segala sesuatu bisa berjalan seperti biasa :)

      Hapus
  9. Terima kasih informasinya yang super duper lengkap ini.. Semoga tetap semangat di tengah pandemi ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bang Ancis, semoga pandemi segera berakhir supaya kita bisa bebas beraktivitas seperti sedia kala ya :)

      Hapus
  10. relasi .... di tengah pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, semoga dagangannya makin lancar yaaaaa

      Hapus
  11. Siapa yang nggak mau dibayar dari hobi? Sangat senang bisa ngeblog walau belum sehabat yang lain. Setidaknya ada hiburan tersendiri dan bisa berbagi informasi bermanfaat. Dan pastinya jadi punya banyak teman sesama blogger. Seperti kita yang kenalnya dari blog ya awalnya :D
    Sukses terus mbak, selalu menginspirasi kontennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Muyass, sama. Akupun seneng banget bisa ngeblog gini meski belum sehebat mbak Muyassss, mau nyusun naskah buat satu buku aja nggak kelar2. ekekek
      iya mbaaak, peluk jaauhhhh. semoga suatu saat bisa meet up yaa

      Hapus
  12. Tips yang sangat bermanfaat Mbak.
    Tapi tetap aja sih, walau dah lama ngeblog, konsisten tetap jadi masalah terbesarku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Rudi, semoga makin konsisten ya. Coba kl ada ide langsung eksekusi ya, biar tetap konsisten menulis, hihi

      Hapus
  13. kalau memang ingin mendapatkan penghasilan dari blog, tulisan yang menarik saja tidak cukup. Seorang blogger dan blognya mesti punya sesuatu yang lebih. Blog memang harus diperhatikan dan dikembangkan terus.

    Semangat terus mbak ella untuk mengembangkan dan bisa menghasilkan duit dari blog :D
    Ditunggu karya-karyanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat banget mas Rivai. Seenggaknya konten dan informasi yang disajikan kudu unik :)
      terima kasih, Mas.. semoga Mas Rivai juga semangat dan sukses selalu yaa

      Hapus
  14. Mau ah kepoin Exabytes. Kebetulan ada blog baru tapi msh nyantol ama blog lama. Makasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mbak Hani, cus beli domain di Exabytes :D

      Hapus
  15. konsisten ini perlu tapi kadang godaannya ada aja, jadi keganggu deh hahaha
    aku setuju banget sama judulnya, banget dan banget. siapa yang ga mau dapet duit dari hobi, wahhh aku mau banget tuh.
    dan aku belum pernah pake exabytes, ada info baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mbak, tp kl dilakukan dari hati kadang tanpa disadari dah auto konsisten aja, hhh
      cus kepoin exabytes :D

      Hapus
  16. Kerja paling enak itu hobi yang dibayar. Iyak gak Mbak Ella?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap Mas Amir, paling enak kerja emang yang sepassion, rasanya entenggg trs yak, nggak terasa terbebani :D

      Hapus
  17. suka deh kl baca tulisan mbak ella coz energik dan inspiring banget.....

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti