6 Desain Rumah Populer di Indonesia, Artistik Banget!

oleh - November 20, 2020

Sumber : properti.kompas.com
Sumber : properti.kompas.com

Kita pasti sering menemukan banyak desain-desain rumah yang unik dan menarik di seluruh media kan? Mulai dari website, majalah, televisi dan lainnya, kita akan disuguhkan berbagai gambar rumah unik jaman now maupun old. Buat kamu yang ingin membangun sebuah rumah pasti akan merasa kesulitan dalam mengatur sebuah desain dari rumah tersebut. Hal ini tentu untuk kenyamanan dan kepribadian kamu sebagai penghuni serta pemilik rumah. 

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi desain rumah yang sedang populer di Indonesia. 

1. Rumah Kontemporer

Sumber : dekoruma.com
Sumber : dekoruma.com

Rumah dengan gaya Kontemporer ini mengusung sebuah perpaduan 2 konsep, yakni masa kini dan masa depan. Gaya dari rumah kontemporer ini memiliki ciri khusus yang terletak dari warnanya. Biasanya rumah kontemporer menggunakan warna netral, mulai dari hitam, putih dan abu-abu. Berkat warnanya yang nggak terlalu mencolok, kamu bisa memadukannya dengan berbagai macam gaya, seperti kontemporer modern, kontemporer elektrik dan masih banyak lagi lainnya.

2. Rumah Bohemian

Sumber : dekoruma.com
Sumber : dekoruma.com

Gaya rumah yang satu ini sering banget dipakai oleh orang-orang yang menginginkan rumah nyaman dan artistik. Bohemian sendiri memiliki sebuah arti, seseorang yang menginginkan rumahnya nyaman dan artistik. Gaya rumah Bohemian biasanya menimbulkan kesan chic-boho. Chic-boho sendiri adalah dengan menambahkan bahan tekstil, kayu, kulit hewan, hingga aksen metalik. Jika kamu ingin menerapkan konsep ini perlu mengaplikasikan sebuah pola warna-warna cerah dan pola kreatif. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah perlu berhati-hati dalam menyajikan pola berantakan ini. 

3. Rumah Vintage

Sumber : idntimes.com
Sumber : idntimes.com

Gaya rumah vintage ini tak lepas dengan model motif bunga-bunga. Karena hal ini dapat membuatnya terlihat lebih kuno dan tak lekang oleh zaman. Menerapkan gaya vintage sebenarnya nggak sesulit yang kamu pikirkan. Kamu hanya memerlukan sebuah perabotan-perabotan yang berkesan vintage, mulai dari cangkir, guci antik, meja kayu serta lainnya. Buat kamu pecinta klasik dan barang-barang kuno, rumah bergaya vintage ini cocok banget diterapkan. Selain itu juga, kamu akan mendapatkan feel tahun 70-an. Hiaslah rumah kamu dengan meja kayu, gorden flora vintage serta jam dinding kuno. Ada 3 desain vintage yang biasa digunakan, yakni Vintage Eropa klasik, Western dan juga Indonesia.

4. Rumah Industrial

Sumber : archify.com
Sumber : archify.com

Desain satu ini memang kebanyakan dipakai pada restoran dan juga kafe di Indonesia. Rumah dengan gaya Industrial mengusung ciri khas dari desainnya yang menggunakan dinding batu bata. Selain itu, tatanan barang dan properti di dalamnya juga harus rapi. Tak hanya itu saja, jika ingin menerapkan desain Industrial pada rumah, kamu juga memerlukan kayu lapuk, beton dan juga baja untuk mendapatkan feelnya. Rumah bergaya industrial ini juga biasanya mengusung pencahayaan yang unik dan menarik. Jadi tak heran kalau kebanyakan rumah industrial menggunakan lampu gantung.

5. Rumah Tropical

Sumber : casaindonesia.com
Sumber : casaindonesia.com

Gaya rumah Tropical ini cocok banget dipakai di Indonesia, karena memang Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Rumah Tropical biasanya mengusung kesan natural, jadi tak heran kalau ada banyak pepohonan dan beberapa jendela berukuran besar supaya sirkulasi udara bisa menjadi lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa perabotan rumah yang terbuat dari kayu pada rumah bergaya tropical ini.

6. Rumah Minimalis

Sumber : satujam.com
Sumber : satujam.com

Pertama kali diperkenalkan oleh Zen yang berkebangsaan Jepang, rumah minimalis ini menggunakan perabotan minim. Zen beranggapan bahwa semakin sedikit perabotan di dalam rumah hidup seseorang akan menjadi lebih tenang. Oleh sebab itu, desain dari rumah minimalis ini menerapkan warna, furniture dan perabotan seminimal mungkin. 

Itulah 6 gaya rumah yang sedang populer di Indonesia. Jika kamu ingin memulai membangun rumah bisa pakai material apapun. Mau pakai baja ringan, kayu, batu bata, batako, genteng beton atau genteng tanah liat, itu semua kembali kepada keinginan kamu sendiri. Jadi, gaya mana nih yang akan kamu terapkan pada rumahmu?

Mungkin Kamu Suka

2komentar

  1. Hi Kak Ella! Selamat tahun baru ya 🥳

    Semua gaya rumah yang Kak Ella sebutkan di atas adalah kesukaanku semua 🤣. Asli, aku nggak bisa memilih karena rasanya ingin semua part dalam rumahku kelak mengandung salah satu dari konsep di atas. Maruk banget ya 🤣 tapi bermimpi dulu, boleh kan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak Lia, selamat tahun baru juga ya!!!!
      pokoknya doa baikku buat kak Lia :)
      aku pun mupeng banget punya rumah seperti desain2 di atas kak :D
      Semoga ya, 2021 bisa punya rumah impian, ihihi

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti