Langkah dan Prosedur Swab Test yang Perlu Kamu Ketahui

oleh - Januari 11, 2021

Langkah dan Prosedur Swab Test yang Perlu Kamu Ketahui
 Langkah dan Prosedur Swab Test yang Perlu Kamu Ketahui
Swab test Corona digunakan untuk memastikan seseorang terkena virus Corona. Swab test ini dilakukan dengan cara memeriksa sampel dari saluran pernapasan melalui hidung dan tenggorokan. Sampel kemudian diperiksa dan hasilnya dapat diperoleh dalam dua hari atau bahkan bisa diketahui dalam waktu yang lebih cepat. Bila kamu atau orang terdekat perlu melakukan Swab test, maka ikuti prosedur yang berlaku berikut. 

Langkah dan Prosedur Swab test Corona 

Swab test Corona adalah test kesehatan yang paling populer saat pandemik Covid-19. Ikuti tata cara pengambilan Swab test yang berlokasi terdekat dengan kamu supaya meminimalisir perjalanan jauh. Oya, seseorang dianjurkan melakukan swab test apabila kontak erat atau berinteraksi dengan pasien Corona. Selain itu, untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum kamu juga diwajibkan untuk melakukan swab test. Nah, berikut ini langkah dan prosedur swab test corona:

Status

Kalau nggak ada kepentingan atau merasakan adanya gejala virus covid-19 ini, Swab test nggak diperlukan. Nah, tetapi jika kamu termasuk orang-orang dengan status di bawah ini, maka kamu dapat mengajukan permintaan test Swab. 

  • Orang dalam pemantauan (ODP)
  • Pasien dalam pengawasan (PDP)
  • Kontak erat dengan pasien COVID-19
  • Mendapat hasil rapid test positif

Rujukan 

Pasien kemudian akan dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dapat melakukan proses Swab test. Biasanya pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Swasta bahkan Puskesmas yang melayani swab test. Tiap daerah atau kota memiliki rujukan yang berbeda-beda.

Pelaksanaan Swab Test

Swab test ini dilakukan dengan dua cara yakni pengambilan sampel melalui apus tenggorok di belakang hidung (nasofaring) atau sampel dari belakang mulut (orofaring). 

Prosedur swab test lewat hidung
Prosedur swab test lewat hidung
Prosedur swab test lewat hidung
a. Pasien meniup napas dari hidung untuk memastikan bersih tanpa sumbatan.

b. Posisi kepala sedikit mendongak

c. Alat swab seperti cotton bud bertangkai panjang dimasukkan sampai belakang hidung.

d. Sampel diambil dengan menyapu dan memutar alat swab dalam beberapa detik.

Prosedur swab test lewat tenggorokan

a. Pasien membuka mulut lebar-lebar.

b. Alat swab dimasukkan sampai bagian belakang tenggorokan tanpa menyentuh lidah.

c. Sampel diambil dengan menyapu dan memutarnya beberapa detik.

Setelah Mendapat Hasil Test 

Pasien yang mendapat hasil positif akan diarahkan untuk isolasi dan perawatan selanjutnya. Hasil yang negatif akan mendapat perawatan sesuai dengan gejala yang dialami. Pasien terdeteksi Corona kerap memiliki keluhan penyerta karena penyakit lain. 

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu ambil bila merasa perlu mengambil Swab test. Ikuti prosedur yang sudah ditetapkan dan tetap tenang selama menjalani test. Kerjasama mu sangat membantu penyebaran Corona di lingkungan sekitar. Pokoknya stay safe, stay health selalu. Yuk saling jaga!

Mungkin Kamu Suka

14komentar

  1. just asking... di sana, buat swab test kena bayar ke? berapa harganya per test?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harga swab test macam2 sih mbak, tergantung dimana kita testnya :)

      Hapus
  2. Akupun udah swab PCR la, soalnya atasanku positif, sekantor diswab semua, Puji Tuhan negatif semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. puji Tuhan kl mbak Meta negatif.. stay safe ya mbak

      Hapus
  3. Kalau mau ke luar kota memang lebih enak di swab test dulu ya, seperti tetangga daku, biar aman di perjalanan baik untuk orang sekitar maupun kitanya sendiri. Paling sih bisa ceki harga dulu ya sebelum di tes

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Fenni, buat memastikkan juga kl kita nggak menularkan virus ini, hhh
      bismillah deh 2021 ini pandei pelan2 musnah :(

      Hapus
  4. semoga kita terhindar ya dari si Virus ini, tapi jika memang merasa tidak dalam keadaan baaik-baik saja segera ke faskes terdekat untuk rapid yaa, kali memang butuh swab ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, Mbak Diah. semoga yaa, sehat2 di sana.. stay safe jangan kasih kendor buat selalu menerapkan prokes :)

      Hapus
  5. Saya kok belum berani swab test yah?
    Makanya perjalanan keluar kota saya tunda gara-gara takut diswab. Ah, saya penakut 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, nggak apa2 kak. asal nnti kl urgent memang harus swab jangan takut yaaa.. stay safe selalu :)

      Hapus
  6. wah saya baru tahu prosesnya swab test itu seperti ini, semoga pandemi segera berakhir ya mba, dan virusnya hilang jadi ga ada lagi test2 seperti ini

    BalasHapus
  7. Semoga sehat selalu dan g perlu ada urusan ke luar kota jadi g perlu swab tes.
    Jujur bayangin ja dah ngilu

    BalasHapus
  8. Konon katanya sakit ya, tapi ada juga yang bilang biasa aja. Mungkin tergantung si penerima swab juga ya, kalau tegang makanya sakit. Tapi kalau santai ya nggak kerasa sakit. Aku sendiri si takut di colok-colok begitu.

    BalasHapus
  9. Lihat orang yang di Swap kok rasanya ngilu, ya, terus membayangkan bakal nyeri. Mungkin cuma perasaan saya saja, sih. Semoga kita semua terjaga kesehatannya dan pandemi ini segera berlalu. Aamiin.

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti