Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

oleh Ella Fitria
Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
 Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Membangun UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memang bukan sesuatu yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar UMKM yang sedang dibangun dapat meraih kesuksesan. Salah satu hal yang penting tersebut adalah pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan akan menjadi penentu kesehatan dari keuangan UMKM dan juga akan menjadi penentu keberhasilan UMKM tersebut, oleh karenanya pastikan kamu mengelola keuangan UMKM ini dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dan cara paling mudah adalah dengan software akuntansi. Software akuntansi memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, khususnya keuangan UMKM.

Pengertian Software Akuntansi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang software akuntansi, sebenarnya apa sih software akuntansi ini? Software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak dengan fitur-fitur akuntansi yang akan membantu penggunanya melakukan pengelolaan keuangan. Software akuntansi ini akan membantumu melakukan pencatatan sehingga kamu nggak perlu melakukan pencatatan keuangan secara manual atau memasukan rumus seperti halnya di Excel. Nggak hanya itu, dengan software akuntansi kamu juga bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis tanpa harus repot membuatnya.

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
Memilih software akuntansi untuk UMKM merupakan sesuatu yang penting. Pastikan kamu memilih software akuntansi terbaik untuk membantu keuangan UMKM yang kamu kelola. Berikut beberapa rekomendasi software akuntansi untuk UMKM yang wajib kamu coba:

1. Kledo

Kledo merupakan software akuntansi yang sangat cocok untuk pengelolaan keuangan UMKM. Terlebih dengan basis cloud yang ada di dalamnya membuat Kledo dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Selain itu Kledo juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan UMKM, seperti invoice, purchasing, inventory, biaya, aset tetap, dan laporan. Terdapat 3 (tiga) paket yang dapat dipilih di Kledo, yaitu paket gratis selamanya, paket pro, dan paket elit. Dengan paket gratis selamanya kamu bisa menggunakan Kledo secara gratis selamanya, namun ada fitur-fitur tertentu yang nggak dapat digunakan. Untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada di Kledo kamu bisa memilih paket pro atau paket elit.

2. GNU Cash

GNU Cash bisa menjadi salah satu pilihan buat kamu yang ingin menggunakan software akuntansi yang cocok untuk UMKM. GNU Cash didesain khusus agar mudah digunakan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. GNU Cash telah dilengkapi fitur-fitur membuat pengelolaan keuangan jadi super mudah, yaitu mulai dari fitur account invoicing, fitur receivables, fitur account payables, fitur account investasi, fitur depresiasi nilai, pajak, akun kredit, hingga fitur pinjaman. Selain fitur-fitur di atas, GNU Cash juga mampu melacak pendapatan, rekening bank, beban, dan juga saham. Namun untuk menggunakan GNU Cash kamu harus mengunduh dan menginstalnya di komputer.

3. Zipbook

Rekomendasi software akuntansi terbaik untuk UMKM selanjutnya adalah software akuntansi dari Zipbook. Zipbook adalah software akuntansi yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun bisa digunakan secara gratis, Zipbook memiliki fitur yang lengkap. Buat kamu yang membutuhkan software akuntansi untuk pengelolaan keuangan freelance atau tenaga lepas, Zipbook ini sangat cocok. Zipbook telah dilengkapi live chat untuk semua penggunanya yang membutuhan bantuan saat menggunakan Zipbook. Sayangnya, karena Zipbook belum ada di Indonesia, membuat kamu harus menyesuaikan jam kerja di luar negeri saat ingin menggunakan live chat yang ada di Zipbook.

4. Wave

Masih membutuhkan rekomendasi software akuntansi gratis lainnya? Mungkin software akuntansi dari Wave bisa menjadi salah satu pilihan. Wave merupakan software akuntansi yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun gratis, Wave tetap memberikan fitur-fitur terbaiknya, mulai dari invoice, pencatatan laporan keuangan, hingga membuat kuitansi secara online. Selain itu, Wave juga dapat digunakan untuk menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tanpa adanya batasan ke pembukuan. Dengan semua kemudahan dan fitur yang ada di dalamnya, Wave telah digunakan oleh jutaan orang baik versi gratis ataupun berbayar.

5. Cloudbooks

Cloudbooks menjadi rekomendasi software akuntansi selanjutnya yang dapat digunakan secara gratis dan di sana kamu dapat menambahkan pengguna secara bebas, dapat membuat invoice, membuat proyek, melacak pengeluaran, melacak waktu yang terintegrasi, hingga untuk memberikan perkiraan. Selain gratis, software akuntansi ini juga dapat digunakan dengan berbayar dan mendapatkan fasilitas pengiriman invoice lebih dari 5 untuk setiap bulannya dan juga dapat melakukan pembayaran online.

Kesimpulan

Software akuntansi menjadi pilihan paling tepat bagi UMKM yang ingin mengelola keuangan dengan mudah. Ada berbagai jenis software akuntansi yang dipilih. Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi yang telah dijelaskan di atas dan pastikan dengan software akuntansi tersebut keuangan usaha menjadi lebih sehat dan dikelola dengan baik.

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Mayuf
27 Januari 2021 08:08

Makasih kak atas rekomendasinya sangat lengkap dan bermanfaat 😀

Ella Fitria
29 Januari 2021 02:31

sama-sama, Kak Mayuf.. kepo2in dulu mau pakai yang mana, hhh

Ainun
31 Januari 2021 09:29

namanya asing semua buat aku, tapi ini layak dicoba untuk yang punya bisnis gitu, misal bisnis rumahan yang sederhana aja, nggak harus yang perusahaan gede gede

Ella Fitria
3 Februari 2021 03:54

cus mbak Ainun, hayuk coba2in bisnis trus pke software akuntansi biar praktis.. beneran tahun ini aku ngebet banget bisnis apa gitu biar bisa nabung makin banyak buat jalan2 kl pandemi ini kelar. wkwkwk

LinRaNa Mom
3 Februari 2021 10:35

saya punya banyak temen UMKM ini. Boleh juga ntar diinfo.
Btw, kalo yang berbayar berapakah kikira kita harus merogoh kocek?
Saya lihat ada yang gratis juga.
Tapi ini software ya… bukan aplikasi… mksdnya yang bisa diunduh di ponsel kita

Mugniar
3 Februari 2021 21:55

Wow … benar-benar ya … tidak perlu repot lagi mencari akuntan kalau sudah punya software akuntansi gratis. Setidaknya, untuk yang mudah – menengah masih bisa ditangani sendiri ya.

blogger parenting
4 Februari 2021 09:55

Memang zaman now segala sesuatu jadi lebih mudah ya kak. Dulunya kita kudu bikin keuangan manual. Saya kalo akhir bulan dulu suka pusing bikin laporan keuangan. Eeeh sekarang banyak banget aplikasi akuntansi yang sangat mudah penggunaannya bahkan banyak yang gratis.

Dian Restu Agustina
5 Februari 2021 08:36

Pati dengan adanya software akuntasi seperti di list ini akan memudahkan pelaku UMKM untuk pengelolaan usahanya. Kalau dulu masalah administrasi keuangan masih secara manual atau pakai excel sekarang ada pilihan software yang bikin praktis dan ekonomis pengerjaan.

Bayu Haryanto
5 Februari 2021 11:16

Nah kemaren itu temen ada yang tanya soal fitur untuk perhitungan administraksi keuangan kedai kopinya. Ternyata ada beragam pilihannya. Info ini sangat membantu seklai

Mengaturduit
5 Februari 2021 21:34

Kalau harga dari 5 software akuntansi ini sama relatif sama atau berbeda ya. Pertimbangan harga dari software akuntansi juga perlu diperharikan.

Kuliner Asyik
6 Februari 2021 01:13

UMKM hrs melek software jg ya untuk mempermudah dan melancarkan usaha mereka

Zen
Zen
6 Februari 2021 03:44

Itu aplikasi-aplikasinya menyediakan auto backup ke internet kah Mbak?

Ririn Wandes Melalak Cantik
6 Februari 2021 07:51

Memudahkan dengan kehadiran 5 software ini ya untuk para pelaku UMKM. Cocok nih memang sudah saatnya para pelaku UMKM untuk menggunakan software akuntasi tersebut.

Han
Han
6 Februari 2021 07:51

Belum nyoba sih, tapi jadi tertarik. Apalagi buat bisnis rintisan yaaah.
Ternyata banyak yaaa pilihannya

Mei Daema
6 Februari 2021 09:29

saya baru tahu tentang aplikasi akuntansi ini, pastinya semoga bermanfaat bagi para pelaku UMKM

Mutia Ramadhani
6 Februari 2021 22:45

Kledo, GNU Cash, Zipbook, Wave, dan Cloudbooks, belum satu pun saya familiar sama softwarenya. Mungkin karena saya bukan pemilik usaha. Hehehe. Informasi Mba Ella ini pasti berguna banget buat pengusaha UMKM pemula. Soalnya mengelola keuangan itu bagian terberat dari sebuah usaha. Kalo udah ada yang automasi seperti ini, pasti lah banyak peminatnya. Tinggal belajar dan gunakan software yang dirasa paling kita pahami.

Bayu Fitri
6 Februari 2021 22:45

Software akuntansi ini berguna sekali ya kak untuk membantu pelaku usaha dalam menjalankan usahanya karena mereka tidak perlu repot mengerjakan pekerjaan manual lagi dalam menyusun laporan keuangan

Nurhilmiyah
7 Februari 2021 22:19

Jadi pingin nyobain paket pro nya Kledo ini, biar bisa menggunakan semua fitur-fiturnya ya Mba Ella. Dengan adanya software akuntansi seperti ini pastinya sangat membantu UMKM dalam memanajeri usahanya yaa

Farah Salsabila
7 Februari 2021 22:19

serius deh aku baru tau ada software untuk UMKM gini hahahaha

padahal kampus ku suka banget ngadain kesempatan buat mahasiswa bikin UMKM, wajib banget sih mereka baca blog kak ella 😀

Ella Fitria
9 Februari 2021 02:36

yap mbak, silakan di infokan siapa tahu bermanfaat.. bener sekali ini software dan ada yang gratis, ada pula yang berbayar.. Untuk harganya tergantung mbak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.