7 Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan

oleh - Februari 11, 2021

7 Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan
 7 Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan

Akhir-akhir ini banyak kelas online yang menawarakan berbagai pelatihan, nggak sih? Banyak penyedia layanan kursus yang bisa kita pilih untuk mengupgrade kemampuan. Pun banyak alternatif kelas yang bisa kita pilih, salah satunya Kelas Karyawan yang diperuntukkan untuk para karyawan. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang sangat memudahkan kita untuk mempelajari apa pun yang kita mau. Nggak terbatas ruang, waktu, dan tempat. Bahkan, nggak ada salahnya mempelajari sesuatu saat kita sudah bekerja atau menjadi seorang karyawan, kan? 

Kelas Karyawan? Apaan Sih?

Siapa nih yang pernah mengikuti kelas karyawan? Fyi, kelas karyawan ini memiliki waktu perkuliahan yang sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal dari mahasiswa. Makanya kelas karyawan ini menjadi pilihan mahasiswa yang notabene sudah bekerja. Kalau kita mengambil kelas reguler, otomatis kita harus mengikuti jadwal perkuliahan full Senin hingga Jumat, kan ya? Tapi kalau mengambil kelas karyawan ini, jadwal perkuliahannya sangat berbeda dengan kelas reguler, karena biasanya kelas karyawan dilakukan pada malam hari. 

Kelas karyawan ini menawarkan berbagai dasar ilmu untuk membantu para karyawan dalam mengoptimalkan kemampuan saat bekerja. Nah sebagai karyawan, kita tinggal memilih nih mau stuck dengan kemampuan kita yang itu-itu saja, atau mau mengikuti kelas karyawan supaya skill kita dapat berkembang.

Tips Mengikuti Kelas Karyawan 

Tips Mengikuti Kelas Karyawan
Tips Mengikuti Kelas Karyawan 

Sebelum memutuskan mengikuti kelas karyawan, ada baiknya kita memperhatikan tips-tips berikut supaya proses perkuliahan berjalan lancar dong. Nah berikut ini beberapa tips yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kelas karyawan:

Hitung Perkiraan Biaya

Sebelum memutuskan mengikuti kelas karyawan, wajib banget kita memperhitungkan biaya yang dibutuhkan, mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya sampai lulus kuliah. 

Pilih Universitas yang Menyediakan Program Kelas Karyawan

Jangan lupa untuk memilih universitas yang menyediakan program kelas karyawan, tentunya memilih universitas yang menawarkan berbagi jurusan yang kita butuhkan. 

Berlatih Management Waktu

Memang salah satu tantangan mengikuti kelas karyawan adalah waktu. Kita harus mempersiapkan diri dan berlatih untuk mengatur waktu supaya kuliah dan kerja bisa berjalan seimbang.

Terbuka dengan Atasan Perihal Kelas Karyawan

Nah, hal yang nggak kalah penting sebelum memutuskan mengikuti kelas karyawan adalah terbuka dengan atasan perihal niat kita yang ingin bekerja sambil kuliah. Supaya selama proses mengikuti kelas karyawan nggak ada hambatan yang berarti dari pihak atasan atau perusahaan.

Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan

Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan
Manfaat Mengikuti Kelas Karyawan
Sebelum membahas manfaat mengikuti kelas karyawan, aku ingin bercerita pengelamanku mengikuti kelas online yang sesuai dengan passion dan hobiku. Sekadar mengikuti kelas online saja aku selalu mendapat ingsiht baru. Makanya aku senang sekali jika ada webinar atau pelatihan via online mengenai hal-hal yang aku sukai dan aku butuhkan. Karena selama mengikuti webinar atau pelatihan online nggak merasa terbebani, justru menjadi penyemangat untuk menyusun pola-pola yang belum aku temukan. Sama halnya ketika seorang karyawan mengikuti kelas karyawan, aku yakin akan ada banyak manfaat yang didapatkan untuk menunjang karier para karyawan, salah satu manfaatnya sebagai berikut:

1. Menambah Skill dan Wawasan

Sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas karyawan, ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu jurusan apa yang cocok untuk kita. Kalau aku sih prefer memilih jurusan yang aku butuhkan dan aku sukai. Karena, hal ini bisa membuat kita merasa nyaman dalam mengikuti kelas. Kalau sudah nyaman dalam mengikuti perkuliahan, otomatis dengan mudah skill dan wawasan kita akan bertambah tanpa kita merasa terbebani.

2. Bisa Mempraktikkan Ilmu

Selain menambah skill dan wawasan, ketika seorang karyawan mengikuti kelas karyawan bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapatkan saat perkuliahan supaya semakin mahar dalam suatu bidang. Ibaratnya malam harinya mengikuti perkuliahan dan mendapatkan materi, esok harinya bisa langsung dipraktikkan di tempat kerja. Memang kan, kalau hanya belajar dan nggak mempraktikkan ilmu yang kita dapatkan biasanya akan mudah lupa.

3. Belajar Efektif dan Efisien

Aku yakin sih semua hal bisa kita pelajari secara otodidak, namun akan lebih efektif ketika proses belajarnya dibimbing oleh ahlinya. Seperti yang aku alami tahun lalu saat belajar SEO, sok-sokan belajar otodidak tanpa bekal apa pun, yang ada bukannya paham SEO malah mindsetku menganggap mempelajari SEO ini susah setengah mati.

Rasanya berbanding terbalik saat aku berkesempatan mengikuti kelas online SEO dengan ahlinya, ternyata mengulik SEO nggak sesusah saat belajar otodidak. Sama halnya dengan kelas karyawan ini, mahasiswa dibekali ilmu oleh dosen di bidangnya. Pun mahasiswa bisa berinteraksi dengan dosen tanpa batasan waktu dan tempat. Jadi, jika mahasiswa menemui kesulitan yang berkaitan dengan disiplin ilmu di tempat bekerja, mahasiswa bisa langsung mendiskusikan dengan dosen untuk mencari solusi.

4. Menambah Networking

Nah, salah satu manfaat yang nggak kalah penting saat mengikuti kelas karyawan adalah menambah networking yang lebih luas. Kita bisa mengenal banyak teman mahasiswa dan dosen saat mengikuti kelas karyawan. Siapa tahu adanya relasi baru ini bisa berdampak baik untuk karier kita, karena relasi juga bisa memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan profesional, lowongan pekerjaan, atau bahkan partner bisnis.

5. Jam Perkuliahan Fleksibel

Seperti yang sudah aku katakan di atas, bahwa kelas karyawan ini memiliki jadwal perkuliahan yang sangat fleksibel karena bisa mengikuti jadwal dari mahasiswa. Biasanya perkuliahan kelas karyawan ini dilakukan sore hari setelah mahasiswa pulang bekerja atau dilakukan saat malam hari. Perkuliahan akan sering dilakukan saat weekend, meski demikian bisa disesuaikan dengan jadwal kita kok. 

6. Biaya Kuliah Terjangkau

Mungkin ada yang bertanya, berapa sih biaya kuliah kelas karyawan? Menurutku biaya kuliah karyawan sangat fleksibel karena mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang akan diambil, pun mahasiswa bisa mengatur biaya perkuliahan sesuai dengan kemampuan. Jujur, aku salut banget dengan mahasiswa yang bisa membiayai kuliahnya dengan keringat sendiri.

7. Menambah Ilmu Jika Ingin Berpindah Karier

Kalau kita memiliki bekal ilmu yang cukup, otomatis kita akan memiliki peluang yang lebih besar dalam jenjang karier, ya nggak? Nah, semakin banyak kita mempelajari hal baru, kita bisa mempertimbangkan job desk dan salary yang kita dapatkan. Kalau kemampuan kita meningkat dan mendapat kesempatan job desk dan salary yang lebih oke, kenapa nggak diambil? 

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat mengikuti kelas karyawan, sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Menjadi seorang karyawan pun tetap bisa meraih sarjana loh, bahkan jika bekerja sambil kuliah ilmunya bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja. Asalkan kita memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan kita supaya nggak merasa terbebani dan semakin mahir dalam menyelesaikan pekerjaan. Semoga ya, semakin banyak teman-teman di luar sana yang mampu memanfaatkan peluang salah satunya dengan mengikuti kelas karyawan. 

Mungkin Kamu Suka

13komentar

  1. Tawaran (promosi) kuliah online seperti ini, akhir-akhir sering saya dapatkan, terutama melalui grup WA. Saya cukup tertarik mbak.. Banyak kelas yg disediakan secara online, kadang jg tidak harus hadir tepat waktu, bisa hanya nonton video nya saja.. Ada yang dari Taiwan, dari Gambia, ada jg yang dari Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya kah, Mas? kl aku malah dapatnya tawaran pinjaman online dan santet via SMS. wkwkwk

      Hapus
    2. kwkwkw serem banget, meresahkan emang penipuan model sms gitu

      Hapus
  2. menambah "networking" diantara hal yang sangat penting dalam "mengembangkan sayap"....

    nice article.... thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap benar, setuju banget kalau menambah networking adalah hal yang penting dalam mengembangkan sayap :D

      Hapus
  3. Waaah iya benar sih mba, banyak keuntungan ambil kelas karyawan. Tapi kalau ga salah, jurusan sains murni jarang ada yg buka kelas karyawan. Entah kenapa, jadi sedih ajaaa huhu btw dari pertama blogwalking dulu, rasanya udah salah fokus sama template nya. Mau belajar belum ada waktu 😂 kapan2 aja lah yaaa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mbak, saat ini banyak jurusan yang membuka kelas karyawan. eh btw kenapa sedih? hhh, yuk yuk semangaattttt

      Hapus
  4. Duh la, aku jadi pengen S2 nih, pengen ngrasain juga kelas karyawan kaya gini, meskipun udah emak2 tapi tetep pengen upgrade ilmu wkwkwk

    BalasHapus
  5. Wah sangat bermanfaat banget nih mbak informasinya buat yang lagi nyari informasi mengenai manfaat mengikuti kelas karyawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Mayuf, semoga ada yang terbantu buat mereka yg lagi nyari info kelas karyawan :D

      Hapus
  6. dulu sempet kepikiran mau kerja plus kuliah lagi gitu, apalagi sekarang ini bisa online ya.
    biasa ya mesti yang jadi pertimbangan pertama adalah soal biayanya, takutnya mahallll dan nggak bisa memenuhi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah, syemangat mbak Ainun. aku juga pengen kuliah lagi, tapi takut blm bijak mengatur waktunya :D, plus mesti nabung dulu ahaha

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti