6 Cara Agar Tetap Sehat Selama Masa Pandemi

oleh - April 18, 2021

Sehat di masa pandemi
Credit: Freepik 

Kasus pandemi COVID-19 di Indonesia semakin hari kian meningkat karena belum tersedia vaksin spesifik untuk menanganinya. Karena alasan tersebut, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan agar mengurangi risiko penularan. Untuk memutus rantai penularan ini, berikut cara agar tetap sehat selama masa pandemi yang bisa kamu terapkan. 

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun 

Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun, ya. Kamu perlu melakukan langkah ini dengan menggunakan air bersih yang mengalir serta sabun antiseptik. Bersihkan tangan dan jari sampai bagian bawah kuku dan sela sela jari setidaknya 20 detik.

Menurut World Health Organization, mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas lainnya akan menghindari penyebaran virus dan penyakit berbahaya lainnya. Setidaknya, kamu perlu mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi, setelah bermain dengan binatang, serta sebelum dan sesudah berada di sekitar jangkauan orang sakit. 

2. Aktif Berolahraga 

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa terdapat korelasi langsung antara kesehatan fisik dan emosional. Meskipun cara normal untuk tetap aktif mungkin tidak dapat dilakukan pada masa pandemi. Tetapi, masih ada cara agar tetap sehat selama masa pandemi, seperti melakukan olahraga ringan mulai dari bersepeda, jogging, dll. Jangan lupa untuk tetap menggunakan masker, ya!

3. Menjaga Jarak yang Aman dari Kerumunan 

Penerapan social distancing menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan agar melindungi mereka yang rentan terhadap virus Corona. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga jarak dari kerumunan sebagai upaya menghindari penularan yang bisa terjadi. Virus COVID-19 lebih mudah menyebar di tempat tempat padat yang melibatkan kerumunan banyak orang. 

Jika memungkinkan, kurangi untuk pergi ke tempat ramai, seperti menggunakan transportasi umum, kantor, sekolah, lalu lintas padat, dan lain sebagainya.  Kamu bisa tetap tinggal di rumah jika tidak terlalu penting. 

4. Selalu Memakai Masker

Cara agar tetap sehat selama masa pandemi yaitu selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, terlebih di luar ruangan. Selain itu, kamu perlu membatasi interaksi dengan orang lain. Jika harus berinteraksi, ada baiknya jangan berdiri terlalu dekat. Selanjutnya, pastikan untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan.

5. Memperhatikan Asupan Nutrisi Pada Tubuh 

Diet dengan makanan sehat ketika pandemi dapat membantu Kamu meningkatkan kekebalan imunitas dan membuat tetap sehat. Seperti yang dilansir pada laman health.mil, ada baiknya jika mengonsumsi makanan utuh seperti sayuran hijau, jeruk, tomat, dan juga herba segar. 

Biasakan untuk memilih makanan dan minuman yang sehat daripada makanan ringan, olahan atau makanan cepat saji. Kamu bisa mendapatkan berbagai makanan yang menyehatkan melalui Ecommerce pangan lokal, yaitu Awal Mula yang menyediakan berbagai kebutuhan produk kesehatan hingga ketersediaan makanan dan minuman dari bahan-bahan alami yang diolah secara khusus oleh brand lokal pilihan.

6. Menghindari Berbagi Barang Pribadi 

Cara agar tetap sehat selama masa pandemi selanjutnya yaitu jangan berbagi barang barang pribadi pada siapa pun. Sebab, ada kemungkinan bila barang tersebut terkontaminasi dengan berbagai mikroorganisme, bakteri atau virus. Hindari berbagi barang pribadi, seperti peralatan mandi, peralatan makan, pakaian, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa tips yang dapat Kamu terapkan jika ingin tetap sehat selama masa pandemi. Caranya cukup mudah, awali dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun. 

Kemudian, perhatikan asupan nutrisi agar mendapatkan gizi seimbang. Tak lupa juga berolahraga secara teratur dan menjaga jarak dari orang yang sakit. 

Mungkin Kamu Suka

42komentar

  1. Terima kasih pengingatnya kak Ella. Alhamdulillah hal-hal di atas sudah kujalankan :) Semoga pandemi lekas berlalu ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. saya juga berterimaksih udah di refresh lagi...
      Udah tau semuanya, tapi ya itu, terkadang terlupa juga..
      yang paling susah itu rutin berolahraga.... *tepok jidat*

      Hapus
    2. sama2 mbak Marita, aamiin semoga ya pandemi segera berlalu biar kita nggak terus2an diliputi rasa takut dan khawatir.


      sama2 juga mbak Linrana, yuk semangat olahraga yuk *ngomong sama diri sendiri juga, wkwkwk

      Hapus
  2. Trims tipsnya kak, semenjak pandemi ini saya beneran memperhatikan asupan nutrisi tubuh. Baik buat diri sendiri maupun keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, asupan nutrisi memang nggak kalah penting di masa pandemi ini, biar daya tahan tubuh stabil dan nggak gampang terserang virus :)

      Hapus
  3. Menghindari berbagi barang pribadi ini, maka saat mudik kilat waktu ini ke kampung halaman, aku beneran bawa semua barang pribadi sendiri. Bahkan menginap di hotel bukan di rumah ortu, jadi cuma seperti tamu di rumah ortu yang sudah lansia itu. Memang sehat saat pandemi mesti banyak printilannya tapi demi keselamatan semua ya harus kita taati

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu mbak Dian, aku pun begitu. repot dikit nggak apa2 banyak barang bawaan kalau bepergian daripada harus minjem2 atau berbagi barang dengan orang lain :)

      Hapus
  4. Tips yang nomor 6 penting banget diperhatikan bagi kawan-kawan kosan. Kadang kan, suka berbagi. Misalnya aja berbagi odol, sabun cair, rinso, dll. Itu yang bukan barang pribadi sih. Kalau barang pribadi, mungkin aja. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah, iya nih Mas. kalau barang2 yg mas sebutkan masih aman untuk berbagi tapi kalau macam handuk, headset, dll usahakan sadar diri untuk nggak meminjam :D

      Hapus
  5. Sehat di masa pandemi itu penting banget, sayangnya masih banyak yang abai terhadap protokol kesehatan. Tidak pakai masker dan sering berkerumun di tempat-tempat tertentu masih sering kita lihat, ini yang harusnya jadi perhatian. Kalau semua orang mau disiplin menjaga dan menerapkan protokol kesehatan, saya yakin pandemi akan cepat berlalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang Maman, sungguh aku kaget banget saat kemarin beli takjil di alun2 sebuah kota. orang2nya pada percaya diri nggak pakai masker, berkerumun, dan ramai buanget. aku cuma bisa lirik sana lirik sini, nggak jadi beli takjil daripada takut. bukan gimana2, tapi lebih baik mencegah kan ya

      Hapus
  6. Sekarang 3M memang gak cukup ya kak. Harus ditambah dengan mengindari kerumunan juga. Trus tidak berbagi barang pribadi .
    Karena virus bisa menumpang bukan cuma di tempat yang terlihat kotor, tapi juga di barang pribadi yang terlihat bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tinggal sabar2nya kita dan pinter2nya kita buat proteksi diri. soalnya virus nggak bisa dilihat dengan kasap mata kan, *berasa makhluk ghaib ya, wkwk

      Hapus
  7. dari keenam hal yang paling sulit berbagi dgn orang lain. kebetulan dikantor sudah wfo, tiap headsetku nganggur ada aja yang minjem mbak, pernah gak ngasih, dibilang parnoan. aku sebagai orang yg keluarga jg udh ada yg kena jd takut, tapi ya gak enak nolak jg huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ya mbak, butuh kesadaran orang lain juga untuk menerapkan prokes yang ketat.. kita juga kudu punya rasa bodo amat biar selamat sehat waras, wkwk

      Hapus
  8. Siapp, laksanaken cara2 agar tetap sehat di masa pandemi yaa, Mba Ella...Duh yg sebaiknya tidak berbagi barang pribadi ini auto inget anak2 yg sdg di pesantren dehh... semoga mereka pun gak saling pinjam lg yaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Mia, mungkin kalau lingkupnya pesantren dan nggak ada yang keluar masuk pesantren insya allah aman, tp bisa jadi ada orng luar yg masuk ke pesantren dan bawa virus kan ngeri juga ya.. ya semoga aja budaya untuk saling pinjam barang pribadi di pesantren bisa diminimalisir :)

      Hapus
  9. Nah betul, keenam poin ini memang harus diperhatikan dan dilakukan dengan serius.
    Poin no 6 ini sering dilanggar di anak-anak sekolahan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka, tp di tempatku sekolah belum tatap muka nih. masih daring, rencana tatap muka bulan Juni kalau memang kondisi di sini sudah memungkinkan

      Hapus
  10. Dari sekian banyak tip, cuma olahraga yang masih males dikerjain, Mbak..apalagi kalau udah duduk, males bangun sampai berjam-jam ngerjain apalah...hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Muyas sih keasyikan berkarya kalau udah duduk, lah aku cuma asyik rebahan aja :(

      Hapus
  11. setuju banget dengan semua tipsnya. semua sudahs aya laksanakan mba, tingga konsistennya niy mba supaya tetep melakukan semuanya. smeoga kondisi semakin membaik dan kita bisa beraktifitas seperti baisa ya mba Ell

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbak Mei, udah kangen jalan2 ya? ehehe

      Hapus
  12. Si lingkungan tempat saya tinggal pake maskernya sudah kendor mbak..padahal pandemi blm selesai ya..jadinya ya kita menjaga diri sendiri dulu aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, apalagi kalau ngintip kasus di India ya, ngeri banget. jangan sampai lengah kita :(

      Hapus
  13. olahragaaa, susah bener aku mau olahraga, cuman sebatas keinginan aja, tapi realisasinya astagahhh mager hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun kl nggak dipaksa2 olhraga banyak magernya mbak, tp hayuk aja biar sehat dan badan nggak pegal1, wkwk

      Hapus
  14. Kalo gw banyak-banyak mandang anak biar hati selalu gembira. Jadi tubuh selalu sehat karena berpikir posotif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye iye tau yg udh punya anak. Nih aku mau otw bikin juga. Ahahaha

      Hapus
  15. Adikku super ketat soal berbagi pinjam peralatan makan dengan orang lain sejak ada pandemi ini, kak.
    Sampai makan di resto juga bawa peralatan sendok dari rumah.

    Dan itu jaraaang banget mau diajak makan di resto, lebih baik take away.
    Pesan, bayar cuz langsung pulang ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut ditiru nih adeknya mas Him, aku blm bisa bawa alat makan sendiri kl ke resto nih tp akhir2 ini sering take away drpd dine in

      Hapus
  16. Setuju banget sama semuanyaa :D
    Sekarang semenjak pandemi kebiasaan berubah, yang awalnya jarang cuci tangan jadi sering cuci tangan, masker udah kayak fashion, makan buah jadi lebih sering juga :D

    untuk poin 6 paham banget sih, karena aku kampusnya asrama (walaupun sekarang udah dipulangkan). di asrama tu aduuuh apa aja bisa kena pinjem bahkan ke sisir sekalipun padahal sesama perempuan sama sama punya rambut juga XD
    belum lagi sentuh sana sentuh sini, cerita, kumpul dsb, untuk pandemi ini masih say big no lah buat asrama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw mantap nih Farah, say big no buat asrama dulu lg masa pandemi gini ya. Riskan banget memang kl tinggal di asrama

      Hapus
  17. Halo Mba Eya .. Apa Kabar???
    Btw, terimakasih untuk remindernya ya.. 😁😁

    Sedang berusaha nih. Terutama olahraga.. wkwk 🤣 susah banget soalnya. I dont know why.. mungkin karena sejak lahir udah nggak sahabatan sama ini aktivitas.. 🤣🤣

    Yah seminggu sekali lah nyempet2in sepedahan. *kalau nggk mager.. 🤭

    Semoga Keadaan corona di Indonesia semakin terkendali ya.. Aminnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Om Bay. Xixixi
      Aamiin semoga corona cepet enyah dr dunia ini ya

      Hapus
    2. Halo mbak Eya apa kabar?

      Memang sekarang sudah ganti nama dari Ella ke Eya ya? 🤔

      Hapus
  18. Makan makanan bergizi tuh selalu, penting banget. Masa pandemi gini jangan diet2 yang terlalu dulu, takut sakit langsung ngedrop bisa2 kena virus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, untuk saat ini yg terpenting sehat dan jaga imun tubuh supaya tetap vit

      Hapus
  19. Tambahin mb.. ikut vaksinasi covid.

    Smg pandemi ini segera berakhir

    BalasHapus
  20. Aktif berolah raga di saat pandemi ini malas banget melakukan lebih enak rebahan.

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas perkongsiannya. Sangat berguna di waktu pandemik ni lakukan aktiviti yang sihat. Stay safe stay healthy.

    BalasHapus
  22. Kayaknya nomor enam dan dua itu susah. Kalo tidak berbagi barang nanti dikira pelit, ngga enak juga sama teman. Kalo olahraga kayaknya malas soalnya suka mager.😂

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti