Baru Pertama Kali, Ini Tips Membeli Rumah untuk Pemula

oleh - April 28, 2021

Baru Pertama Kali, Ini Tips Membeli Rumah untuk Pemula
 Baru Pertama Kali, Ini Tips Membeli Rumah untuk Pemula

Rumah merupakan salah satu contoh kebutuhan pokok manusia selain makanan dan pakaian. Pasalnya bangunan ini diperlukan sebagai tempat untuk berlindung hingga tempat berkumpul bersama keluarga. 

Meski sudah tersedia dana, nyatanya membeli rumah tidak semudah kelihatannya apalagi jika kali pertama. Oleh sebab itu, berikut tips membeli rumah yang bisa kamu ikuti.

1. Pemilihan Lokasi

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, yang perlu kamu perhatikan yaitu terkait dengan lokasi. Karena pemilihan lokasi yang tepat bagi masing-masing orang tentunya bisa berbeda. 

Umumnya seseorang akan mempertimbangkan tempat yang tepat atas dasar sarana infrastruktur yang ada dan lokasi kerja. Bahkan bila sudah berkeluarga dan memiliki anak biasanya juga akan mempertimbangkan lokasi sekolah. 

Pertimbangan lainnya adalah akses, bagi yang tidak memiliki kendaraan akan mencari lokasi rumah dengan akses transportasi yang memadai. Maka dari itu, pastikan kamu memilih lokasi yang sekiranya tidak akan menyulitkan aktivitas kamu ke depannya.

Namun perlu diingat bahwa daerah yang dekat dengan perkantoran, sekolah, dan mempunyai sarana infrastruktur lengkap umumnya dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi. Sehingga kamu perlu menyiapkan dana lebih jika ingin mengambil lokasi di rumah di sekitaran tersebut.

2. Pastikan Kondisi Keuangan Aman

Tips membeli rumah selanjutnya yaitu pastikan kondisi keuangan kamu tetap aman. Pasalnya dana merupakan persiapan utama ketika ingin membeli hunian. 

Mengingat harga properti saat ini semakin meningkat dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Jadi kamu perlu memastikan bahwa dana yang terkumpul memang mencukupi untuk membeli sebuah rumah.

Hitung dengan tepat apakah ada uang yang tersisa apabila dana tersebut sudah terpakai untuk membeli rumah. 

Jangan sampai keputusan kamu untuk membeli hunian malah membuat kondisi finansial menjadi terbebani, dan kebutuhan sehari hari malah tidak terpenuhi dengan baik.

Jika kondisi keuangan nyatanya tidak bertambah lantaran terus digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kamu mungkin dapat menempuh beberapa cara lain, misalnya membeli rumah dengan sistem kredit atau KPR, dan masih banyak lainnya. Namun ini juga memerlukan perhitungan matang, agar tidak sampai salah langkah.

3. Menentukan Cara Beli Rumah

Berlanjut dari poin sebelumnya, dimana sempat disinggung bahwa kamu bisa memilih untuk membeli rumah dengan beberapa cara. Tips membeli rumah selanjutnya yaitu mempertimbangkan cara tunai maupun kredit sembari melihat kondisi keuangan. 

Dimana cara tunai bisa kamu tempuh jika dana yang ada memang benar benar sesuai dengan harga rumah dan masih ada sisa untuk melanjutkan hidup. 

Namun jika biaya masih belum mencukupi, maka sistem kredit atau KPR mungkin bisa menjadi pilihan. Akan tetapi pengajuan KPR tentunya memerlukan beberapa syarat, terlebih kamu harus membayar harga pokok ditambah dengan biaya kredit. 

Agar terjamin, maka kamu perlu memilih perusahaan pembiayaan terpercaya dan KPR yang sesuai kemampuan kamu. Jangan memaksakan untuk membeli rumah yang cicilannya terlalu tinggi.

4. Membeli Rumah Bekas atau Baru

Saat ingin membeli rumah, biasanya banyak orang yang dihadapkan pada pilihan apakah harus membeli rumah baru atau rumah bekas. 

Meski kebanyakan berpikir bahwa rumah baru sepertinya jauh lebih baik karena bisa memilih desain yang disukai. Namun rumah second mungkin dapat memberikan kamu keuntungan tersendiri.

Misalnya saja ada orang yang ingin menjual rumahnya karena sedang membutuhkan uang mendesak, sehingga ditawarkan dengan harga miring. 

Tentu kamu akan jauh untung jika menemukan kasus seperti ini. Akan tetapi, dalam tips membeli rumah bekas, pastikan bahwa kamu sudah mengecek terlebih dahulu keabsahan sertifikat bangunan tersebut.

Membeli rumah memang bukan perkara yang mudah, karena bangunan ini menjadi salah satu aset berharga yang merupakan bentuk investasi jangka panjang. 

Tentunya diperlukan banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli suatu hunian. Oleh karena itu kamu juga perlu memberi proteksi asuransi rumah untuk memberikan rasa aman. Dengan beberapa tips di atas, Semoga bisa membantu kamu untuk memperoleh tempat tinggal yang tepat.

Mungkin Kamu Suka

0komentar

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti