Bebaskan Mimpi, Luaskan Imajinasi Bersama ASUS VivoBook 15 A516

oleh - Juni 29, 2021

Ilustrasi Ella Fitria bersama ASUS VivoBook 15 A516
Kalau kamu ditanya, apa mimpi terbesarmu, kira-kira kamu mau jawab apa, nih? Ada nggak sih mimpi besar yang akan kamu raih di kemudian hari?

Di sudut kamar dengan memangku laptop dan diiringi musik akustik, aku mulai melempar tanya kepada diri sendiri. Sebenarnya apa mimpi terbesarku? Rintik hujan di luar terdengar riuh seakan ikut menimpali dengan berbagai jawaban.

Empat tahun lalu pergulatan batin saat memutuskan menjadi seorang guru seolah terulang kembali. Setelah menikah dan ikut suami, aku kembali menata diri. Bergumul dengan pikiran sendiri untuk mencari keputusan terbaik. Akhirnya aku memberanikan diri untuk resign dari sekolah dan mulai fokus dengan pekerjaan freelance.

Menjadi Freelancer, Impian Besar yang Pelan-Pelan Akan Aku Wujudkan

Barangkali mimpi terbesarku saat ini adalah bisa bekerja dari mana saja, kapan saja, tanpa harus ke kantor. Menjadi freelance memang sering dipandang sebelah mata, tetapi jangan menganggap remeh pekerjaan freelance ini. Di luar sana banyak orang berprofesi sebagai freelance yang mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. Bahkan nggak jarang gaji seorang freelance lebih menjanjikan daripada gaji seorang pekerja kantoran.

Menjadi Freelancer, Impian Besar yang Pelan-Pelan Akan Aku Wujudkan
Alhamdulillah mimpiku pelan-pelan terwujud. Belum lama ini aku diterima di salah satu perusahaan yang cukup besar sebagai copy writing. Nggak hanya itu, aku juga menjadi freelancer desain grafis untuk beberapa klien yang berada di luar negeri. 

Bigger Dream, Bigger Challenge

Mimpi Besar, Tantangan Besar
Menggapai sesuatu sering kali mengalami kesulitan bukan? Tiap mimpi memiliki tantangan tersendiri. Memutuskan resign dan menjalani pekerjaan sebagai freelance yang mampu mencukupi kebutuhan hidup memang nggak semulus yang ku kira. Nah, berikut ini beberapa tantanganku dalam mengejar mimpi: 

Penguasaan Bahasa Asing yang Sering Bikin Pusing

Sebagai freelancer, selain harus menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, aku juga harus menguasai bahasa asing. Hal ini penting untuk menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Entah itu saat berdiskusi mengenai suatu proyek atau saat meeting dengan klien. Meski nggak harus jago-jago banget, tetapi menguasai bahasa asing bisa memudahkan aku untuk komunikasi dengan klien.

Aku sering mengalami kesulitan saat mendapatkan brief berbahasa Inggris atau bahasa asing lain. Meskipun ada alat translator, tetapi nggak semua makna bisa diterjemahkan sempurna sehingga dapat menyebabkan persepsi yang berbeda.

Manajemen Waktu yang Nggak Menentu

Terbiasa bekerja di kantor mulai pukul 07.00-15.00 WIB membuat aku sedikit kewalahan saat pelan-pelan mewujudkan mimpiku. Menjadi freelancer di perusahaan yang berada di luar negeri mengharuskan aku untuk beradaptasi dengan jam kerja. Terkadang task-ku mendapat follow up di pagi hari, siang hari, bahkan dini hari. 

Meskipun jam kerja freelance lebih fleksibel dibanding jam kerja kantor, bukan berarti aku boleh lalai dalam hal mengatur waktu. Secara nggak langsung aku harus pintar-pintar mengatur jam kerjaku sendiri supaya pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Belajar Platform Kolaborasi yang Belum Dikuasai

Untuk memudahkan pekerjaan, aku mengikuti platform kolaborasi dari klien. Ada yang menggunakan aplikasi Trello, Slack, ada juga yang menggunakan Chatwork. 

Ilustrasi Platform Kolaborasi
Supaya task dan komunikasi makin lancar, aku harus memahami fitur dan cara kerja beberapa platform kolaborasi yang dikehendaki oleh klien. Mungkin karena belum terbiasa menggunakan platform kolaborasi, jadi rasanya agak ribet.

Pun mempelajari beberapa platform juga memakan waktu yang nggak sebentar. Akhirnya pekerjaan menjadi tertunda karena harus mempelajari aplikasi baru yang belum dipahami.

Singgah Tempat Baru, Belajar Standar Baru

Jujur, selama ini aku hanya terbiasa menulis artikel di blogku. Menulis di blog pribadi rasanya lebih mudah daripada menulis artikel untuk platform klien. Terlebih klienku memiliki standar konten yang cukup bagus. Mulai dari susuan kalimat, jumlah kata dalam paragraf, harus menggunakan kata baku, hingga berbagai standar konten lainnya. 

Ilustrasi Drama Penulis dan Editor
Meski demikian, aku merasa bersyukur sekali karena bisa mempelajari hal baru yang sangat berguna untuk kualitas tulisanku. Perlahan aku mulai terbiasa mengikuti standar baru dan berimprovisasi menjadi lebih baik.

Melatih Kesabaran dengan Klien Berjuta Keinginan

Menurutku menghadapi klien perusahaan lebih enak daripada menghadapi klien perorangan. Sungguh deh, apalagi jika klien perorangan dari Indonesia. Ya, meski nggak semua klien perorangan banyak maunya sih.

Ilustrasi Designer VS Client
Jujur, belum lama ini aku menerima pesanan desain logo untuk personal branding. Begitu logo sudah jadi, klien minta revisi di luar briefing awal. Setelah direvisi, eh klien memutuskan menggunakan logo awal saja dengan revisi yang berbeda lagi. Huhuhu. Sabar, sabar.

Satu Laptop Mini yang Menghambat Mimpi

Kendala lain yaitu di perangkat yang aku pakai selama ini. Laptop yang aku gunakan tergolong laptop kecil dengan layar yang sempit. Meski memiliki resolusi FHD, tetapi ukuran fisik layarnya kecil sehingga konten yang ditampilkan tampak kecil dan sulit dibaca.

Hal ini sering menggangguku sebagai seorang freelancer. Terutama untuk pekerjaan desain grafis dan menulis. Aku sering kelelahan jika terlalu lama menatap layar laptop yang kecil karena harus zoom in dan zoom out. Rasanya ingin sekali memiliki laptop dengan layar yang lebih lebar supaya pekerjaan cepat terselesaikan. 

Apesnya, saat ini aku juga harus bergantian menggunakan laptop bersama suami. Bulan lalu prosesor PC suami rusak. Alhasil PC nggak mau nyala dan kerjaan kami mulai menumpuk. Sebenarnya bisa saja menggunakan satu laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, tetapi harus dengan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi. Huhuhu, memang nih sepertinya sudah waktunya kami upgrade laptop, ya. 

Bigger Dream, Bigger Hope

Aku meyakini kalau ada niat dan kemauan untuk upgrade diri demi menggapai mimpi, maka nggak ada yang nggak mungkin. Pun sama, tiap ada kendala atau kesulitan pasti akan ada jalan dan harapan jika kita mau melakukan sesuatu.

Mimpi Besar, Harapan Besar

Salah satu solusiku untuk menggapai mimpi besarku menjadi seorang freelance yang mampu mencukupi kebutuhan hidup adalah sebagai berikut:

Berlatih Konsisten dalam Membuat Konten

Pertama, demi menggapai sesuatu, dibutuhkan keseriusan dan kemauan untuk memperbaiki kekurangan. Konsisten menjadi modal awal untuk meraih mimpi-mimpi. Lakukan apa yang bisa kita lakukan. Kalau pun belum menemukan jalannya, jika kita konsisten dalam berkarya Insya Allah akan ada jalan menuju mimpi yang ingin kita wujudkan.

Bangun Profesional Kerja sebagai Langkah Utama

Untuk menggapai sebuah mimpi harus dilandasi dengan profesionalitas. Masih mengejar mimpi kenapa harus profesional, sih? Oh jangan salah ya, jika mimpi kita berhubungan dengan dunia digital, maka wajib banget membangun profesional kerja supaya dilirik oleh perusahaan incaran kita. Pun sama, misal kita memiliki mimpi menjadi seorang pebisnis harus menerapkan profesional kerja supaya dipercaya oleh kolega. 

Menambah Ilmu dengan Belajar Hal Baru

Poin ini tampaknya klise banget, ya? Namun jangan dianggap enteng. Menggapai sebuah mimpi sering kali terhambat oleh hal-hal yang sebelumnya kita nggak tahu sama sekali. Maka penting banget menyiapkan diri sendiri untuk mau belajar hal baru. Kuncinya sabar, cari informasi sebanyak-banyaknya, lalu praktikan sesuai dengan apa yang telah didapatkan.  

Atur Jadwal Pekerjaan supaya Nggak Kewalahan

Aku yakin, apa pun mimpinya kita harus mengatur waktu dengan baik. Demikian juga aku, yang awalnya bekerja kantoran sekarang fokus membuat jadwal harian karena nggak perlu lagi berangkat ke kantor. Aku bisa bekerja di mana saja, kapan saja, asal terhubung dengan internet. Pelan-pelan aku menemukan pola waktu kapan harus menyelesaikan berbagai pekerjaan digital.

Menjadi Freelancer yang Solutif dan Kreatif

Katanya, jadi orang itu yang solutif! Begitu, ya? Ahaha, pun sama dengan seorang freelance. Terlebih jika menghadapi klien yang banyak maunya dan nggak jelas. Seorang desainer grafis harus berimprovisasi supaya klien merasa puas dengan pekerjaan yang kita selesaikan. Oya, aku juga sering berdiskusi dengan editorku. Ada kalanya aku bertukar ide dan masukkan supaya kualitas pekerjaan kami semakin baik.

Pakai Laptop yang Easy Portability dan Effortless Productivity

Nah untuk mendukung kerja di mana saja, kapan saja, dan produktivitas terus meningkat tentu dibutuhkan laptop yang bisa memenuhi semua kebutuhan terkait pekerjaanku. Seperti laptop yang memiliki layar lebar, bodi yang ringan, dan performa menakjubkan.

Kebetulan belum lama ini ASUS Indonesia menghadirkan sebuah laptop yang mampu menjawab semua tantangan dan mendukungku dalam mewujudkan mimpi-mimpiku. Yap! ASUS VivoBook 15 A516 salah satu laptop yang bisa membantuku meraih mimpi-mimpi. Kok bisa? Yuk kita bahas magic-nya ASUS VivoBook 15 A516.

Bigger Dream, Wider Screen bersama ASUS VivoBook 15 A516

Nggak bisa dipungkiri bahwa perangkat kerja yang tepat dapat menunjang pekerjaan lebih efektif dan cepat. ASUS VivoBook 15 A516 ini hadir untuk menjawab kebutuhanku. Laptop ini termasuk laptop entri level yang cocok untuk pekerja kantoran maupun pekerja lepas (freelance) sepertiku. Berikut beberapa alasan kenapa ASUS VivoBook 15 A516 ini cocok untuk menemaniku meraih mimpi-mimpi.

Bigger Dream, Wider Screen bersama ASUS VivoBook 15 A516

Layar Luas untuk Mimpi Tanpa Batas

Ngomongin soal layar, aku tuh sering kesal kalau mengetik atau bekerja di layar laptop yang kecil. Makanya aku lebih memilih mengetik di monitor PC suami karena layarnya lebih lebar. Sayangnya, PCnya rusak, jadi mau nggak mau aku hanya bisa mengandalkan laptopku ini.

Jujur, aku sempat "mbatin" coba deh kalau di Indonesia ada laptop yang ringan dengan layar lebar dan harga masuk akal. Rasanya ingin sekali ganti laptop untuk pelan-pelan mewujudkan mimpi yang sempat terpendam. Eh, ternyata Gusti memberikan jawaban melalui brand ASUS. Lebih tepatnya ASUS VivoBook 15 A516. *kencengin doa dan usaha biar bisa memiliki laptop ini, ya Tuhan. Aamiin

Layar Luas untuk Mimpi Tanpa Batas

ASUS VivoBook 15 A516 dibekali dengan layar luas 15.6 inch, lho. Menurutku 15.6 inch lumayan luas untuk ukuran laptop. Selain itu, varian tertinggi ASUS VivoBook 15 A516 sudah menggunakan panel IPS beresolusi FHD 1920x1080 px dan NTSC: 45%. Serta dilengkapi dengan lapisan panel anti-glare yang sangat berguna untuk menghalau pantulan sinar.

Perbandingan Layout di Adobe Illustrator CC
Menurutku ukuran fisik layar yang lebih besar ini berguna banget. Maklum selama ini aku menggunakan laptop dengan layar kecil. Meski punya resolusi layar yang sama, yaitu 1920x1080px, tetapi tampilan yang dihasilkan tampak kecil. Makanya aku harus menggunakan pengaturan scale and layout. Beda cerita jika aku menggunakan layar laptop yang lebih lebar karena tampilannya akan lebih nyaman dilihat.

Oya, ASUS VivoBook 15 A516 juga memiliki tampilan NanoEdge Display. Fitur ini memungkinkan layar tampak lebih luas sampai ke tepi dengan Screen-to-body ratio: 83%. Artinya, aku bisa berkreasi lebih fokus berkat lembar kerja yang luas. Pun akan lebih efektif dan efisien karena aku nggak perlu zoom in & zoom out lagi.

Bisa membayangkan nggak sih kerja dengan layar luas yang dilapisi panel IPS dengan sudut pandang 178° yang luas, lapisan anti-glare, dan layar yang luas sampai ke tepinya? Fix, nyaman dan makin produktif banget sih ini.

Performa Bertenaga untuk Kerja Lebih Bahagia

Bagiku sebagai seorang freelance yang juga sering mengerjakan desain grafis wajib hukumnya memiliki perangkat yang mumpuni. Minimal telah memenuhi standar Minimum System Requirements sebuah aplikasi supaya pekerjaan nggak terkendala oleh pemrosesan yang lamban.

Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini hadir dengan beragam pilihan dapur pacu, lho. Mulai dari Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz) untuk pekerjaan kantor ringan, hingga Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz) untuk performa yang lebih bertenaga.

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. -ASUS Official

Sebagai gambaran, prosesor Intel® Core™ i5-1035G1 adalah prosesor generasi ke-10 yang memiliki 4 core dan 8 thread. Prosesor ini memiliki kecepatan frekuensi yang bisa diboost hingga 3.60 GHz, lho. Cocok untuk menjalankan berbagai aplikasi desain grafis seperti Adobe IllustratorAffinity Designer, maupun CorelDraw. Apalagi prosesor ini dilengkapi dengan prosesor grafis bawaan (iGPU) Intel® UHD Graphics 600 yang membuat pemrosesan grafis lebih cepat dan smooth

Performa Bertenaga untuk Segala Kebutuhan
Oh iya untuk mendukung kinerja yang lebih optimal, di varian tertinggi ASUS VivoBook 15 A516 juga dibekali kartu grafis diskrit NVIDIA® GeForce® MX330, 2GB GDDR5. Menurut laman NVDIA, kartu grafis ini mampu meningkatkan kinerja laptop hingga 2x lebih cepat dibanding prosesor grafis bawaan (iGPU Iris Plus Graphics) saat menjalankan proses editing grafis maupun video.

Sementara di bagian memory (RAM) ASUS VivoBook 15 A516 disediakan beberapa opsi mulai dari 4GB hingga 8GB DDR4. Konfigurasi RAM ini pun masih bisa ditingkatkan hingga Max 12 GB berkat slot ekspansi 1x DDR4 SO-DIMM. Cukup lega bukan untuk multitasking beberapa pekerjaan sekaligus? Terlebih untuk desain grafis yang memang membutuhkan memory besar. Auto bikin kerja lebih bahagia nggak tuh?

Simpan Lebih Banyak, Lakukan Lebih Baik

Menurutku kombinasi dual storage SSD + HDD di laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini nggak kalah penting. Aku bisa menyimpan file pekerjaan yang besar seperti grafis dan video di HDD dengan kapasitas yang lebih lega. Sementara untuk SSD bisa aku gunakan sebagai penyimpanan file sistem dan aplikasi untuk proses load lebih cepat.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern. - ASUS Official

ASUS VivoBook 15 A516 dibekali dengan opsi penyimpanan SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 hingga 256GB dan 1TB HDD SATA 5400RPM 2.5". Berkat penyimpanan SSD M.2 NVMe yang memiliki form factor kecil sehingga desain laptop ini bisa lebih ramping dan lebih compact. Nah, space yang kosong bisa diisi oleh slot ekspansi lain seperti 1x STD 2.5” SATA HDD deh.

Perbandingan Kecepatan SSD dan HDD
Dari segi kecepatan, SSD M.2 NVMe 20 kali lebih cepat dibanding HDD dan 5 kali lebih cepat dibanding SSD SATA, lho. Dengan proses load lebih cepat, tentu pemrosesan file juga akan lebih maksimal. 

Bobot Ringan Bikin Produktivitas Tanpa Beban

Sebagai laptop yang dijuluki "One of the world’s smallest all-rounder 15-inch laptops", sudah tentu laptop ini memiliki desain yang compact dan stylish. ASUS VivoBook 15 A516 memiliki bobot keseluruhan yang super ringan hanya 1.8 kg. Sedangkan dimensinya hanya 36.02 x 23.49 x 1.99 cm. Cukup ringan dan relatif kecil, bukan? Apalagi jika dibanding dengan laptop lainnya yang memiliki ukuran layar yang sama.

"One of the world’s smallest all-rounder 15-inch laptops"

Dari segi penampilan, ASUS VivoBook 15 A516 hadir dengan 2 pilihan warna. Yaitu Slate Grey dan Transparent Silver yang menghadirkan kesan elegan-modern. Kalau aku lebih suka dengan warna Slate Grey karena terlihat gagah dan futuristik. Sedangkan warna Transparent Silver cocok untuk kamu yang prefer dengan gaya simpel dan elegan.

Oya ngomongin soal desain, meskipun ASUS VivoBook 15 A516 memiliki bobot ringan, bukan berarti dirakit dengan bahan yang ala kadarnya, lho. Laptop ini memiliki rangka yang kuat dan proteksi di bagian penyimpanan HDD. Pada bagian layar, laptop ini dilengkapi dengan Reinforced Lid yang berfungsi untuk melindungi dan memperkuat layar dari benturan atau pun tekanan saat membuka Lid.

Enhanced Protection pada ASUS VivoBook 15 A516
Selain itu, ASUS VivoBook 15 A516 juga dilengkapi dengan Reinforced Chassis yang berguna untuk melindungi komponen internal, memperkuat engsel, dan penahan tekanan selama mengetik. Nah yang terakhir ada E-A-R® HDD Protection yang memiliki peran penting dalam melindungi HDD dari benturan. Fitur ini memungkin perlindungan dari 3 arah yang secara efektif mengurangi guncangan dan benturan. Fix lah, ini sih sudah seperti bangunan tahan gempa, ya. Kalau teman-teman memiliki laptop ASUS VivoBook 15 A516 nggak perlu khawatir dibawa traveling atau bepergian di segala medan.

Nah bagaimana, ASUS VivoBook 15 A516 magic banget kan? Selain memiliki layar yang luas dengan desain modern dan futuristik, laptop ini juga ringan dan aman dibawa kemana saja. Menggunakan ASUS VivoBook 15 A516 produktivitas auto akan meningkat. Pantas saja laptop ini memiliki tagline "Easy portability. Effortless productivity".

Bekerja Lebih Produktif dengan Fitur Inovatif

Siapa sih yang nggak suka fitur Fingerprint Sensor? Bagiku fitur ini wajib ada di sebuah laptop demi menjaga privacy yang lebih terjamin. Adanya Fingerprint Sensor juga memudahkan ku untuk login Windows dengan satu sentuhan tanpa harus repot mengetik password ataupun pin. Seperti di laptop ASUS VivoBook 15 A516 juga dilengkapi dengan Fingerprint Sensor bawaan di bagian touchpad yang sudah diintegrasikan dengan Windows Hello.

Keyboard Fullsize dan Fingerprint Sensor
Sementara untuk keyboard ASUS VivoBook 15 A516 sangat nyaman digunakan untuk mengetik karena memiliki key travel 1,4 mm. Key travel jenis ini biasa digunakan untuk mengetik dan meng-entri data lebih cepat serta efektif. Terlebih keyboard laptop ASUS VivoBook 15 A516 memiliki ukuran full size (dilengkapi tombol numerik di sebelah kanan).

Terus nih, buat kamu yang sering kerja lembur di malam hari, nggak perlu khawatir karena keyboard ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi backlit untuk membantu mengetik di tempat yang minim cahaya.

Port Input Output ASUS VivoBook 15 A516

Rasanya bekerja produktif nggak akan sempurna tanpa diimbangi dengan lengkapnya port input-output (Port I/O). Semakin lengkap dan inovatif fitur yang ditawarkan, semakin mudah dan efisien pula dalam bekerja. 

Nah, untungnya ASUS VivoBook 15 A516 ini dilengkapi dengan berbagai port i/o modern. Seperti USB 3.2 Gen 1 Type-C yang fleksibel dan cepat, USB 3.2 Gen 1 Type-A, dua buah USB 2.0 Type-A tambahan, HDMI 1.4, Combo Audio Jack, dan Micro SD card reader. Kebayang nggak sih, semua gadget dan device bisa terhubung dengan mudah dengan ASUS VivoBook 15 A516?

Selain port i/o yang lengkap, ASUS VivoBook 15 A516 juga didukung beragam fitur yang memudahkan konektivitas dan produktivitas. Seperti Wi-Fi 5(802.11ac), Bluetooth 4.1 (Dual band), baterai 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion yang tahan lama, serta aplikasi McAfee dan MyASUS.

Aplikasi MyASUS
Oya, menurutku fitur MyASUS ini inovatif banget untuk nge-boost produktivitas. Aku bisa dengan mudah mengintegrasikan smartphone ke laptop berkat aplikasi MyASUS di laptop dan aplikasi Link to MyASUS yang telah dipasang di smartphone. Link to MyASUS memungkinkan kita mengirim berkas dengan sekali drag saja. Bisa juga untuk menerima panggilan di laptop, mirroring screen, screen extender, URL transfer, dan remote file access. Bagaimana kerja nggak semakin produktif dengan ASUS VivoBook 15 A516 coba? Terlebih bagi freelancer yang nggak bisa lepas dari kedua gadget tersebut.

Btw, sebagai pelengkap ASUS VivoBook 15 A516 sudah pre-installed Windows 10 Home dan Microsoft Office Home and Student 2019, lho. Jadi kita nggak perlu membeli dan meng-install windows dan office lagi. Lisensinya pun dijamin original dan akan mendapat pembaruan secara rutin. Kurang apa lagi coba? Sebagai freelance sudah barang tentu selalu membutuh aplikasi office ini. Keseharianku juga nggak bisa lepas dari aplikasi Ms. Word untuk menge-draft dan menulis konten. So, worth it banget deh kalau sudah pre-installed. Say no to windows dan office bajakan deh.

Pre-Install Windows 10 Home dan Office Home and Student 2019

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Tabel Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516

Warna Transparent Silver
Slate Grey
Layar 15.6 Inch, HD (1366x768) 16:9, Anti-glare display, LED Backlit, 200 nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:83%
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display,LED Backlit,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)
GPU NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600
RAM 4GB DDR3 on board
4GB DDR3 on board,4GB DDR4 SO-DIMM
8GB DDR3 on board
4GB DDR4 SO-DIMM ,Memory Max Up to:12GB
Storage 1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD,256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Konektivitas Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1
Webcam VGA Camera
I/O 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader (on selected model)
Expansion Slots (includes used)
1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0x2
1x STD 2.5” SATA HDD
Baterai & Power Supply 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

ø4.0, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 33W AC Adapter, Output: 19V DC, 1.75A, 33W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal
OS Windows 10 Home
Keyboard, Touchpad & Fingerprint Backlit Chiclet Keyboard with Num-key
Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
Audio SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support
Included Software
McAfee
MyASUS
MyASUS Features
AppDeals
System diagnosis
Battery health charging
Splendid
Tru2Life
Function key lock
Smart WiFi
Link to MyASUS
Office Home and Student 2019 included

Included in the Box
Backpack
HDMI
Dimensi dan Berat (WxDxH)
36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18" x 9.25" x 0.78" ~ 0.78")
1.80 kg (3.97 lbs)

Harga ASUS VivoBook 15 A516

Jangan kaget kalau kamu melihat harga ASUS VivoBook 15 A516 di bawah ini, ya. Menurutku harganya worth it to buy, kamu tinggal memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti yang aku bilang di atas, kalau ASUS VivoBook 15 A516 hadir untuk semua kalangan. Baik Pelajar, guru, pekerja kantor, hingga freelance. Penasaran berapa harganya? Yuk simak baik-baik spesifikasi laptop ASUS VivoBook 15 A516 lengkap dengan harganya:

  • Rp 5.299.000 (Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/HD/Office Pre-installed);
  • Rp 5.399.000 (Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed);
  • Rp 7.599.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/HD/Office Pre-installed);
  • Rp 7.899.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed);
  • Rp 7.799.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed);
  • Rp 8.199.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/512G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed);
  • Rp 10.999.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/4G+4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed);
  • Rp 11.099.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/8G/1TB+256G PCIE/VIPS FHD/Office Pre-installed).

Sungguh aku ngiler banget sama ASUS VivoBook 15 A516 yang harganya Rp 11.099.000. Semoga semesta mengaminkan untuk segera memiliki laptop ini supaya makin semangat untuk mewujudkan mimpi yang pernah terkubur dalam-dalam. Aamiinkan yuk. Aamiin.

Oya, jika kamu ingin membeli ASUS VivoBook 15 A516 nggak perlu bingung karena laptop ini tersedia di berbagai offline store ASUS yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Atau demi meminimalisir penyebaran virus COVID-19 kamu juga bisa membeli laptop ASUS VivoBook 15 A516 secara online di official store ASUS. Pastikan membeli laptop ini di official store ya, supaya produknya terjamin aman dan juga original.

Alasan Memilih Brand ASUS

Siapa sih yang nggak mengenal brand ASUS? Memang luar biasa banget sih inovasi teknologi yang dihadirkan oleh ASUS. Maklumlah, ASUS ini sudah berdiri sejak tahun 1989 hingga saat ini. ASUS juga dikenal sebagai perusahaan multinasional dengan motherboard terbaik dunia, komputer pribadi berkualitas tinggi, monitor, kartu grafis, router, dan solusi teknologi lainnya. 

Pada tahun 2019 ASUS juga menerima 4.390 penghargaan yang diberikan oleh organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia, lho. Memang ya, produk-produk yang diluncurkan oleh ASUS nggak pernah asal-asalan. Sebelum meluncurkan inovasi baru, mereka selalu melakukan riset dengan menggandeng para expert dan ahli di bidang teknologi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Nggak hanya itu, berikut masih ada beberapa alasan kenapa memilih brand ASUS:

Semua Produk ASUS Lolos Quality Control

Yap, semua produk ASUS yang diluncurkan sudah melalui pengujian ekstrim, lho. Di antaranya tes keyboard, tes temperatur, tes pemelintiran, tes port, tes abrasif, tes tekanan, tes kebisingan, tes engsel, tes getaran, tes goncangan, tes akselerasi tinggi, hingga tes jatuh. So, nggak perlu khawatir memilih brand ASUS sebagai teman meraih mimpi-mimpimu karena semua produknya telah lolos quality control.

Mengedepankan Teknologi Sustainable

ASUS juga merupakan perusahaan pertama yang mendapatkan Sertifikat EU Flower Eco untuk komputer dekstop dan Sertikifat EuP untuk Notebook, lho. Sertifikat EU Flower Eco diraih oleh ASUS karena selalu mengedepankan teknologi yang sustainable alias ramah lingkungan. Nggak cuma mengedepankan inovasi teknologi, tetapi ASUS juga sangat peduli dengan kehidupan berkelanjutan.

Tersebarnya Service Center ASUS di Berbagai Kota

Jujur, tiap berkunjung ke beberapa kota yang ada di Jawa Tengah selalu menemukan service center ASUS. Selain itu, ASUS juga memiliki Service Partner, lho. Dalam satu kota bisa terdapat lebih dari lima ASUS Service Partner yang bisa kamu pilih. So, kalau laptopmu ada kendala atau mengalami kerusakan bisa banget langsung datang ke service center atau service partner ASUS. Eh tapi nggak usah khawatir rusak ding, karena garansi produk ASUS relatif lama tergantung dengan jenis produknya. 

Wujudkan Mimpi Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Menggapai mimpi diperlukan berbagai dukungan salah satunya dengan teknologi seperti ASUS VivoBook 15 A516. Apa pun mimpimu ketika diyakini dan diusahakan Insya Allah pelan-pelan akan menemukan jalannya. Tuhan nggak akan mengkhianati usaha dan kerja keras kita untuk meraih apa pun yang kita inginkan.

Sabar, konsisten, upgrade diri, dan lengkapi perangkat yang mumpuni adalah kunci untuk meraih mimpi-mimpi. Jangan takut melakukan sesuatu di luar batas kemampuanmu, karena kalau orang lain mampu melakukan, kenapa kamu nggak?

ASUS VivoBook 15 A516 hadir untuk menemani berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga freelance. Bahkan bisa untuk mengolah desain grafis dan video editing, lho. Jadi bagaimana? Sudah siapkah mewujudkan mimpi dengan ASUS VivoBook 15 A516 belum, nih? Yuk, sama-sama berdoa semoga bisa segera memiliki laptop ASUS VivoBook 15 A516 untuk menjemput mimpi-mimpi yang belum terwujud. Kira-kira kalau kamu memiliki laptop ini, apa yang akan kamu lakukan, nih? 

Sumber:
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516/
https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=69009923988e4535aa0433ce7cb1769b
https://www.nvidia.com/en-us/geforce/gaming-laptops/mx-330/
https://www.nitrotekno.com/ssd-sata-vs-nvme-vs-m-2-apa-perbedaannya/

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”




Mungkin Kamu Suka

33komentar

  1. Laptopnya keren ya, Mbak. Semoga sukses untuk lombanya. Dan tetap selalu semangat untuk belajar hal baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbak, terima kasih doanya ya. Memang nih ASUS laptopnya keren2 uy, selalu ada inovasi terbarunya :)

      Hapus
  2. Lumayan mahal juga ya mbak harga laptop ASUS ini tapi kalau sebanding dengan speknya kenapa engga. Bismillah nabung untuk beli ASUS 15 ini karena penting juga nih untuk kerja sebagai blogger, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau cari yang murah ada juga kok mbak, kalau aku sih ngiler yg 11 jutaan. Spesifikasinya oke buat kerja dan meraih mimpi2ku, wkwkwk

      Hapus
  3. keren mbak! :) memang bakat untuk bekerja profesional juga butuh didukung sama fasilitas yan gprofesional juga ya, biar mimpi-mimpi kita lebih mudah jalannya :) Sukses mbak Ella :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak Atiq, bener banget sih. Untuk bekerja profesional dan mewujudkan mimpi2 dibutuhkan perangkat yang mumpuni :)

      Hapus
  4. Bloggerz, check! Copywriter, check! Freelancer, check! Graphic designer, check! Insya Allah gak lama lagi jadi bundapreneur Mba Ella. Amiiin. Kalo ayah saya bilang, bermimpi lah setinggi-tingginya. Kalo bermimpi saja kamu takut, jangan harap kamu bisa raih sukses kecil sekali pun. Senangnya kalo dalam perjalanan meraih mimpi kita, kita didampingi peralatan super canggih, khususnya laptop gahar seperti ASUS VivoBook 15 A516 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbak Mutia, makasih banyak doanya loh. terharu aku tu! Semoga ya, kesampaian meminang ASUS Vivobook 15 A516 ini

      Hapus
  5. Untuk sekelas freelancer profesional seperti Mbak Ella memang seharusnya memiliki laptop yang spesifikasi nya sesuai dengan kebutuhan. Pekerjaannya banyak dan membutuhkan keseriusan. Semoga laptopnya bisa dimiliki ya. Aamiin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak Okti, semoga ya kita bisa segera upgrade laptop :D

      Hapus
  6. Wow keren banget ini leptop fiturnya canggih nih bisa membantu pekerjaan yang cukup berat seperti desain grafis dan aktivitas lainnya. btw, Itu grafisnya keren juga mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, urusan pekerjaan digital mesti dibarengi dengan device yang mumpuni. salah satunya dengan ASUS ini, hihi.. Wah, makasih loh

      Hapus
  7. Kak Ella.. kalo ada 10 jempol mau ngasih semua. Bukan tulisannya aja yang cakep.. tapi semua infografis nya menarik kak. Cakeppppp. Ditambah foto sendiri yang atraktif. Memang beda ya kalo designer grafis. Semua serba keren.
    Semoga menang ya kak.. aku doakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, bisa aja mbak ih. masih butuh bnyk upgrade hal baru dan laptop nih mbak. biar makin bisa ngegas. btw, makasih doanya yaa. aku amainkan :)

      Hapus
  8. Masya Allah ... ya penulis, ya desainer grafis ... keren banget, bisa dikerjakan dari rumah, tinggal menej waktunya, ya.

    Semoga impian tercapai semua ya Mbak Ella. SUksessss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih doanya mbak Niar, aamiin banget pokoknya. Mbak Niar dan keluarga sehat2 selalu, yaa

      Hapus
  9. Meski freelancer, mimpi harus visioner ya kak. Semangaaat.. semoga terwujud mimpi²nya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu dong, wkwkw
      jangan salah meski freelance mesti punya tujuan dan target :)
      aamiin, terima kasih doanya ya

      Hapus
  10. Bener banget nih jadi freelancer itu sangat nikmat sekali tapi masih dipandang sebelah mata ya, kalau mba ella sih multi profesi nih :) laptop A516 ini emang pas banget mendukung karir para freelancer ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kadang dikira ngepet malah. wkwkwk tp ya sudah, biarkan orang lain yg penting kita terus gas buat berkarya :)
      semoga kita bisa segera upgrade laptop ini ya mbak, aamiin

      Hapus
  11. Punya laptop yang lebih unggul pastinya bisa bantu wujudkan mimpi dan luaskan imajinasinya ya. Aktifitas pekerja digital yang kebanyakan berhubungan dengan laptop pastinya memang tantangan tersendiri ketika tidak memiliki perangkat yang mumpuni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ririn, adanya laptop yang mendukung pekerjaan memang terasa banget sih. susah uy kl pakai laptop yang nggak memenuhi kriteria minimal sebuah aplikasi yang aku gunakan, hhh

      Hapus
  12. wahh.. mimpi saya juga jadi freelancer yang hebat mba...
    dan punya laptop asus kek gini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos virtual dulu yuk mbak, aamiin ya semoga disegerakan upgrade laptop ASUS dengan layar 15.6 inch

      Hapus
  13. Selalu sukaa sama infografisnya mba ella. Kreatif bangett. Hehe. Blognya juga keceee. Jadi iri, gimana tuh tulisan bisa baguss dan infografisnya juga keren.
    Btw saya juga pengeeeen banget punya laptop baru dari ASUS hehe. Doakan juga dapat ya mbaa. Goodluck mba ella untuk mimpinya, mudah-mudahan tercapaii

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa aja nih Kak.. Ammin, semoga ya kita bisa segera upgrade laptop dengan layar lebar ini, hihi.. Aaamiin lagi deh.. stay safe ya kak

      Hapus
  14. Laptop asus vivobok udah siap pakai, nggak perlu instal ke service lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, nggak perlu lagi buat install windows bajakan, wwkkwk

      Hapus
  15. Laptop saya juga ASUS mbak keren emang ya kinerjanya dan sangat dapat diandalkan pastinya Asus tiada dua deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah udah berapa tahun pakai ASUS nih kak? Mantap memang ya

      Hapus
  16. laptop impian dari dulu, suka dengan desainnya yang slim dan ringan banget, cocok buat saya yang mobile kerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita bisa segera upgrade laptop ini ya mbak Mei, biar kerja makin leluasa :)

      Hapus
  17. kerjaan kalau udah didukung sama piranti yang oke, bawaannya jadi semangat, no lemot lemot club gitu.
    kadang suka senewen kalau liat lemot atau masih muter muter loading, tapi kudu sabar, adanya itu.
    asus ini tau banget keinginan pekerja pekerja kreatif, karyawan yang tugasnya banyak juga dengan menghadirkan laptop yang istimewa pokoke

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti