Smartfren Lakukan Uji Coba Jaringan 5G

oleh Ella Fitria
Smartfren Lakukan Uji Coba Jaringan 5G 

Hidup di era serba digital memang memudahkan hidup, ya. Asalkan kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Dulu, aku masih merasakan susahnya mendapatkan sinyal 3G, eh sekarang ini nggak terasa alhamdulillah bisa selalu menikmati sinyal 4G dari Smartfren.

Dengan sinyal 4G yang stabil, aku bisa merasakan kemudahan hidup seperti di negeri dongeng. Sungguh, memiliki suami yang hobi mengoleksi barang smart elektronik membuatku paham mengenai fungsi jaringan internet. Ternyata fungsi jaringan internet ini nggak melulu digunakan untuk chating dan googling saja. Melainkan jika kita bisa memanfaatkan jaringan internet lebih luas, kemudahan hidup akan dirasakan.

Smart home, begitu orang-orang menyebutnya. Dengan bantuan jaringan 4G saja aku bisa dengan mudah mengoneksikan berbagai alat elektronik di rumah hanya dengan bantuan perintah suara. Nggak perlu pencet sakelar ketika ingin menghidupkan atau mematikan lampu, pun nggak perlu repot menyalakan/mematikan kipas angin. Cukup dengan rebahan, terkoneksi dengan jaringan internet semua bisa dikontrol. Tentunya, kita harus memiliki peralatan elektronik yang kompatibel, ya.

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Satu

Aku nggak bisa membayangkan bagaimana kemudahan era digital jika jaringan 5G Smartfren bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Dengan jaringan 5G ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa repot. Semua serba digital, bahkan urusan manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga pariwisata bisa dengan mudah bisa kita jangkau.

Seperti uji coba jaringan 5G tahap satu yang dilakukan oleh Smartfren. Pada 2019 lalu, Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat lho. Keren banget nggak sih? Pengujian itu memperlihatkan kecepatan jaringan 5G yang tembus hingga 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Yap! 8,7 Gbps setara dengan 8.700 Mbps. Sungguh ya Smartfren ini WOW banget.

Saat melakukan uji coba tahap dua, Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

Pengujian jaringan 5G tahap satu diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone. Semoga nantinya dunia industri bisa makin berkembang dengan adanya jaringan 5G ini, ya.

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua
Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua

Pada hari Kamis, 17 Juni 2021 Smartfren bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang didukung oleh ZTE dan Qualcomm melakukan uji coba tahap dua di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat.

Mulyadi, ST., MT., selaku Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo mengatakan, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.”

Yap! Lagi-lagi Smartfren berhasil memperlihatkan kecepatan jaringan yang luar biasa. Saat uji coba tahap dua, Smartfren sukses memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G. Ya salam, ini sih kecepatannya bisa 5-6 kali lipat dari jaringan 4G. Kalau kita download ukuran file 2 GB cuma butuh waktu 9 detik doang. Menajubkan banget sih ini!

Dalam pengujian jaringan 5G tahap dua ini Smartfren memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat. Mulai dari penggunaan jaringan 5G pada Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beberapa tamu undangan juga menyaksikan video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, mencoba streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Warren Huang, selaku Chief Marketing Officer ZTE Indonesia dan Shannedy Ong, selaku Managing Director Qualcomm Indonesia juga mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G untuk mencapai industri 4.0.

So, bagaimana nih teman-teman sudah siap menikmati jaringan 5G dari Smartfren? Sabar dulu ya, ini baru tahap uji coba jaringan 5G. Semoga jaringan 5G Smartfren bisa segera kita nikmati. Nggak cuma bisa dinikmati kita saja. Namun untuk industri, layanan umum, dan crithical. Demi memudahkan berbagai sektor untuk kemajuan negeri ini. Aamiin

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Hermansyah
25 Juni 2021 02:29

Wow mantap perangkat elektroniknya sudah bisa dikendalikan dengan perintah suara kayak di film-film masa depan.

Kecepatannya sampai lebih dari 1.8 Gbps wow sungguh kecepatan yang fantastis dan semoga saja pas sudah resmi diluncurkan kecepatannya tetap bertahan atau malah meningkat jangan anjlok karena keberatan beban pemakaian.

TOMTOMID
4 Juli 2021 12:25

Wew. Walaupun saya bukan pengguna Smartfren dari dulu,tapi saya ikut bangga lah dengan hasil pengujian diatas kak Ella. Saya lebih bangga lagi kalau pengguna internetnya bisa menggunakan fasilitas yang ada, yang telah disediakan dengan bijak, terutama anak muda yang paling benci sama lola nya jaringan. Makasih informasinya kak Ella!

denik
6 Juli 2021 01:47

Ya ampun canggih banget ya Mba. Baca ulasan ini sambil membayangkan film yang berkisar tentang masa depan dengan kecanggihan teknologinya. Mantap dan bikin mupeng.

Farida Pane
6 Juli 2021 01:47

Mantap nih smartfren udah 5g. Bisa jadi alternatif buat yang butuh banget sinyal kuat dan cepat, ya

Sandra Hamidah
6 Juli 2021 08:28

Wow banget nih aku mau beli perdana nya dan kalo emang bagus sekalian aku pengen ganti hp juga kak hehehhe #alesan

Sitatur rohmah
6 Juli 2021 08:28

Pastinya para kaum milenial sangat antusias menyambut hal ini, 5G gitu loh.
Untuk para konten kreator maupun blogger kayak kita yang tiap hari menggunakan internet pas banget ini.

Lailatul Istiqomah, S.M
6 Juli 2021 08:27

Wah perkembangan yang pesat untuk smartfren ya kak. Proses yang sangat baik untuk smartfren uda 5G aja. Memang sinyalnya sudah sangat mendukung juga,biayanya bisa dikatakan sangat terjangkau hehehe.

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:37

belum semua perangkat elektronik di rumahku bisa dikendalikan melalui perintah suara sih mas, masih nabung terus. wkwkwk
meski begitu aku udh bersyukur banget sih, beberapa perangkat elektronik sudah bisa dikendalikan dengan perintah suara. Yap, semoga besok lusa kalau sudah launching jaringan 5G kecepatannya bisa bertahan, aamiin

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:38

iya mas Joko, aku juga ikutan bangga nih dengan uji coba jaringan 5G ini. Mantap banget kecepatannya, semoga ya kita makin bijak dan bisa selalu menghasilkan karena dengan dukungan jaringan internet yang lancar

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:40

ahahaha, belum secanggih bayangan mbak Denik kok. Semoga sih makin byk alat elektronik yang bisa kami kendalikan dengan pesan suara, aamiin

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:42

belum launching kok mbak, ini masih uji coba, ya

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:43

belum launching ya mbak, ini masih uji coba. Ditunggu launching-nya sekalian ganti hp 5g. wkwkkw

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:44

ini masih uji coba kok, mbak. Semoga aja bisa segera dinikmati oleh masyarakat luas biar kita makin semangat berkarya

Ella Fitria
7 Juli 2021 07:45

ini belum launching 5G ya kak, baru uji coba kok. 🙂

TOMTOMID
7 Juli 2021 08:04

Ini nih, patut dicontoh. Mantap kak Ella. Kita harus menjadi teladan yang baik. Toh, ntar hasilnya mudah-mudahan juga akan baik. Kalau tidak sekarang yaa nanti. Kalau tidak di dunia yaa nanti di akhirat kita akan memanen hasilnya. Hehehe

Aliaarf.com
8 Juli 2021 09:07

Aamiin semoga cepat launching
Klo dah langsung beli kartu perdananya hehe

Maria Tanjung Sari
8 Juli 2021 22:36

Sekarang teknologi udah semakin maju, udah mau 5G ya mbak. Walau belum launching resmi namun sepertinya saya tidak sabar menantikan jaringan 5G ini resmi diluncurkan.

Rini Rahmawati
9 Juli 2021 08:03

Saya pengikut setia smartfren & seneng banget kalo denger smartfren mau melebarkan sayapnya di teknologi 5G

Semoga kecanggihan teknologi yang diberikan semakin nyaman untuk dirasakan

Arif Rudiantoro
11 Juli 2021 16:43

Saya nggak bisa membayangkan jaringan 5G seperti apa, patut di apresiasi Smartfren ini Mbak.

Di sini make 4G aja sudah cepet apalagi yang 5G.

Tapi efek kurang bagusnya, kyaknya pada kantong semakin cepet jaringan pasti paket data cepet habis wkwkw

Nurhilmiyah
11 Juli 2021 16:43

Wow selamat dan sukses ya buat Smartfren, ujicoba jaringan 5G nya berhasil, kecepatannya bisa di atas 1,8 Gbps, hmm bakalan semakin jd idola nih Smartfren, apalagi para pelajar yang butuh buka elearning nya dengan cepat yaa