Smartfren Lakukan Uji Coba Jaringan 5G

oleh Ella Fitria
Smartfren Lakukan Uji Coba Jaringan 5G 

Hidup di era serba digital memang memudahkan hidup, ya. Asalkan kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Dulu, aku masih merasakan susahnya mendapatkan sinyal 3G, eh sekarang ini nggak terasa alhamdulillah bisa selalu menikmati sinyal 4G dari Smartfren.

Dengan sinyal 4G yang stabil, aku bisa merasakan kemudahan hidup seperti di negeri dongeng. Sungguh, memiliki suami yang hobi mengoleksi barang smart elektronik membuatku paham mengenai fungsi jaringan internet. Ternyata fungsi jaringan internet ini nggak melulu digunakan untuk chating dan googling saja. Melainkan jika kita bisa memanfaatkan jaringan internet lebih luas, kemudahan hidup akan dirasakan.

Smart home, begitu orang-orang menyebutnya. Dengan bantuan jaringan 4G saja aku bisa dengan mudah mengoneksikan berbagai alat elektronik di rumah hanya dengan bantuan perintah suara. Nggak perlu pencet sakelar ketika ingin menghidupkan atau mematikan lampu, pun nggak perlu repot menyalakan/mematikan kipas angin. Cukup dengan rebahan, terkoneksi dengan jaringan internet semua bisa dikontrol. Tentunya, kita harus memiliki peralatan elektronik yang kompatibel, ya.

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Satu

Aku nggak bisa membayangkan bagaimana kemudahan era digital jika jaringan 5G Smartfren bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Dengan jaringan 5G ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa repot. Semua serba digital, bahkan urusan manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga pariwisata bisa dengan mudah bisa kita jangkau.

Seperti uji coba jaringan 5G tahap satu yang dilakukan oleh Smartfren. Pada 2019 lalu, Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat lho. Keren banget nggak sih? Pengujian itu memperlihatkan kecepatan jaringan 5G yang tembus hingga 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Yap! 8,7 Gbps setara dengan 8.700 Mbps. Sungguh ya Smartfren ini WOW banget.

Saat melakukan uji coba tahap dua, Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

Pengujian jaringan 5G tahap satu diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone. Semoga nantinya dunia industri bisa makin berkembang dengan adanya jaringan 5G ini, ya.

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua
Hasil Uji Coba Jaringan 5G Smartfren Tahap Dua

Pada hari Kamis, 17 Juni 2021 Smartfren bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang didukung oleh ZTE dan Qualcomm melakukan uji coba tahap dua di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat.

Mulyadi, ST., MT., selaku Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo mengatakan, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.”

Yap! Lagi-lagi Smartfren berhasil memperlihatkan kecepatan jaringan yang luar biasa. Saat uji coba tahap dua, Smartfren sukses memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G. Ya salam, ini sih kecepatannya bisa 5-6 kali lipat dari jaringan 4G. Kalau kita download ukuran file 2 GB cuma butuh waktu 9 detik doang. Menajubkan banget sih ini!

Dalam pengujian jaringan 5G tahap dua ini Smartfren memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat. Mulai dari penggunaan jaringan 5G pada Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beberapa tamu undangan juga menyaksikan video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, mencoba streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Warren Huang, selaku Chief Marketing Officer ZTE Indonesia dan Shannedy Ong, selaku Managing Director Qualcomm Indonesia juga mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G untuk mencapai industri 4.0.

So, bagaimana nih teman-teman sudah siap menikmati jaringan 5G dari Smartfren? Sabar dulu ya, ini baru tahap uji coba jaringan 5G. Semoga jaringan 5G Smartfren bisa segera kita nikmati. Nggak cuma bisa dinikmati kita saja. Namun untuk industri, layanan umum, dan crithical. Demi memudahkan berbagai sektor untuk kemajuan negeri ini. Aamiin

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:36

yap bener mbak, udh nggak sabar banget buat nyobain jaringan 5G nih

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:36

iya mbak Erin, ini baru tahap uji coba jaringan 5G sih. semoga aja kita bisa segara menikmati jaringan 5G ini ya

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:32

ini baru tahap uji coba ya kak, blm launching jaringan 5G. Semoga kita bisa segera merasakan jaringan 5G-nya

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:31

Iya mbak Mia, kerja jadi makin nyaman, nggak badmood cuma nungguin loading doang, hehe

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:31

iya nih mas, kita tunggu launchingnya kapan yak. ini baru uji coba jaringan 5G, hehe
aku juga mikir gitu, 5G bakal lebih cepat wush wush dan paket data otomatis makin terkuras 😀

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:30

aamiin mbak Rini, semoga kita bisa merasakan kemudahan di jaringan 5G ya

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:29

nah iya mbak Maria, aku pun nggak sabar nunggu 5G di Indonesia nih, biar bisa ganti gadget *alasan

Balas
Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:28

iyap, ini masih uji coba, hihi

Balas
Finaira Kara 15 Juli 2021 - 05:01

Dulu pas baru ada 4G, semua gebrakan hp jadi 4G semua samai gnti simcard. Eh, sekarang ada 5G dan setahuku Smartfren ini udah ada eSim juga. Makin canggih banget emang

Balas
Antung apriana 13 Juli 2021 - 05:39

wow jaringan 4G aja sudah canggih gimana dengan jaringan 5G ya? mantap banget nih smartfren sudah bisa memberikan layanan 5G buat pelanggannya

Balas
Erin Herlina 13 Juli 2021 - 05:38

Wow, keren sekali 5G. Asyik banget ya kalau jaringan bisa lebih cepat. Akan banyak kemudahaan saat menggunakan perangkat elektronik. Apalagi buat unduh dokumen dari internet jadi super-super cepat.

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: