5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

oleh - Juli 16, 2021

5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
 5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Apakah Si Kecil sudah mengikuti kursus bahasa Inggris di Jakarta saat ini? Sudahkah menemukan tempat tempat les bahasa Inggris yang bagus? Mama Papa jangan menunda soal pelajaran bahasa asing Si Kecil, sebab ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak nantinya di masa depan. 

Manfaat pertama agar anak menjadi lebih familiar dengan bahasa baru, kedua memperluas pengetahuan. Ketiga menambah skill yang kini jadi perhitungan besar ketika hendak melanjutkan jenjang pendidikan. 

Bahasa Inggris merupakan syarat wajib untuk bisa melanjutkan sekolah di luar negeri. Apalagi jika ingin agar anak bisa mendapatkan beasiswa, kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan tentu harus cas cis cus. 

Mempersiapkan Si Kecil belajar sejak dini nggak ada ruginya kok buat Mama Papa. Tapi bukan hanya mencari les bahasa Inggris di Jakarta saja yang diutamakan. Supaya bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, ada juga beberapa tips berikut ini yang perlu dilakukan. 

5 Cara agar Si Kecil Bisa Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa 

Orang tua akan bangga jika anaknya bisa kuliah dengan beasiswa.
Kesuksesan anak mendapat beasiswa tergantung dengan pendidikan yang dipersiapkan orang tua.  Images credit: pexels.com

Bisa mendapatkan beasiswa adalah sebuah prestasi yang luar biasa, apalagi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Mama Papa pasti bangga Si Kecil bisa meraih kesuksesan di masa depan. 

Tapi nggak boleh juga hanya bergantung pada keberuntungan anak, karena untuk mendapatkan itu semua peranan orang tua sangat penting. Lalu apa saja yang harus Mama Papa lakukan untuk mendukung agar anak bisa memperoleh beasiswa? 

Yuk ikuti beberapa tips suksesnya berikut ini. 

1. Kenali Jenis Beasiswa yang Tersedia

Selain kursus bahasa Inggris di Jakarta, Mama Papa terlebih dahulu harus mengetahui beasiswa apa saja yang dibuka. Tentunya harus sesuai dengan program studi yang disukai. Jika anak masih bingung memilih jurusan, mulailah untuk mengarahkan. 

Saat ini ada banyak pilihan jurusan kuliah di luar negeri yang bisa diketahui melalui internet. Setelah tahu minat anak, baru membuat daftar beasiswa apa saja yang tersedia. Biasanya ada beberapa jenis seperti beasiswa dari pemerintah negara tujuan atau Indonesia. 

Ada juga beasiswa swasta seperti dari setiap universitas. Cari tahu berapa besaran beasiswa, syarat dan juga deadline-nya. Karena beberapa beasiswa ada yang diadakan tahunan jadi lebih mudah untuk mencari informasinya sejak awal. Sehingga anak tidak terlambat mendaftar. 

2. Meningkatkan Banyak Prestasi

Salah satu unsur penilaian yang cukup besar dalam beasiswa adalah prestasi yang didapatkan. Baik itu prestasi akademik atau di luar akademik Mama Papa harus tetap mendukung. 

Contohnya saja, setelah anak ikut kursus bahasa Inggris di Jakarta, ajak mereka supaya aktif mengikuti lomba. Seperti lomba debat bahasa Inggris atau menulis cerpen dengan bahasa Inggris. Selain bahasa, ada juga lomba sains atau olahraga yang meningkatkan penilaian. 

Penilaian ini akan menjadi pandangan pihak universitas apakah siswa yang masuk bisa memberikan kontribusi besar. Jadi buat Si Kecil mengikuti berbagai jenis kegiatan sebanyak mungkin dan pupuk prestasinya. 

3. Lulus Tes TOEFL/ IELTS

Prestasi yang dimiliki anak juga harus dibuktikan melalui beberapa rangkaian tes. Untuk bahasa Inggris ada dua jenis tes yang bisa dipilih sesuai yang dipersyaratkan yaitu TOEFL atau IELTS. 

 

Kursus bahasa Inggris di Jakarta bisa memudahkan Si Kecil tes TOEFL/ IELTS.
Memiliki sertifikat tes TOEFL/ IELTS dengan nilai tinggi dibutuhkan agar mudah mendapatkan beasiswa. Images credit: unsplash.com

Kedua jenis tes ini akan mengukur kemampuan bahasa Inggris anak dan ada tolak ukur nilai yang harus dilampaui. Tentu supaya Si Kecil sukses mengikuti tes, perlu mengikuti kursus bahasa Inggris di Jakarta yang terbaik. 

Mama Papa bisa memilih kursus bahasa Inggris online di Jakarta yang mudah untuk diakses kapan saja. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya carilah tempat kursus yang juga lengkap dengan fasilitas tes TOEFL dan IELTS. 

4. Membuat Essay dan Motivation Letter yang Menarik

Semua jenis beasiswa mewajibkan pelamarnya untuk menyertakan cv, motivation letter dan juga essay. Tips dalam membuatnya sangat banyak, seperti menceritakan awal mula mengapa memilih program studi yang dituju. 

Perlu juga menceritakan soal tujuan ke depannya dalam jurusan tersebut. Intinya dalam motivation letter dan essay mampu memperlihatkan keinginan dasar yang kuat dan besar untuk diwujudkan. 

Tentu saja semuanya harus ditulis dalam bahasa Inggris. Nah inilah kenapa mengikuti kursus bahasa Inggris di Jakarta sejak dini adalah hal yang sangat penting. Si Kecil akan lebih mudah mengungkapkan apa saja keinginan mereka dalam essay dan motivation letter. Tanpa harus kesulitan dalam hal bahasa. 

5. Lulus Tes SAT dan ACT

Tes ACT atau American College Testing lebih cenderung ke materi tentang sains, dibutuhkan jika anak ingin mengambil jurusan di bidang sains. 

Berbeda dengan tes SAT (Scholastic Aptitude Test) yang terdiri dari tes matematika dan bahasa Inggris. Untuk mempersiapkan lulus tes ini, anak juga perlu kursus bahasa Inggris di Jakarta

Mama Papa tentu sudah paham bukan bahwa persiapan Si Kecil untuk meraih beasiswa nantinya sangat panjang dan perlu dimulai dari sekarang. Supaya tidak lepas pandangan akan proses pendidikan anak, Mama Papa bisa juga menggunakan aplikasi Kiddo.id

Melalui Kiddo.id, Mama Papa bisa memanfaatkan fitur barunya yaitu Milestone Tracker. Fitur ini akan sangat membantu soal pemantauan tumbuh kembang serta potensi anak. Ada beberapa layanan yang bisa didapatkan seperti pemantauan tumbuh kembang Si Kecil berdasarkan Usia. 

Ada juga tes potensi yang menyesuaikan k8 kecerdasan majemuk. Mama Papa juga bisa membuat jurnal tumbuh kembang anak di fitur ini. Banyak juga panduan aktivitas yang bisa dilakukan bersama untuk anak usia 0 hingga 12 tahun. 

Selain fitur tambahannya tersebut, Kiddo.id juga menyediakan layanan kursus bahasa Inggris di Jakarta dan banyak konten edukasi untuk parenting. Jadi tak perlu menunda lagi, Mama Papa bisa langsung unduh aplikasinya dan maksimalkan untuk tumbuh kembang anak. 


Sumber: 

  1. https://www.kompasiana.com/emmasurbakti/585b98d4c022bd401a762bd4/manfaat-belajar-bahasa-inggris-sejak-dini#:~:text=Otak%20mereka%20masih%20elastis%20sehingga,anak%2Danak%20begitu%20luar%20biasa.
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171122114948-282-257317/5-tips-agar-dapat-beasiswa-kuliah-di-luar-negeri
  3. https://glints.com/id/lowongan/cara-mendapat-beasiswa-s1-luar-negeri/#.YOgX1ugzbIU
  4. https://ehef.id/post/tips-sukses-untuk-mendapatkan-beasiswa-ke-luar-negeri


Mungkin Kamu Suka

0komentar

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti