7 Tips Merawat Kompor Listrik agar Tetap Bersih dan Awet

oleh - Juli 19, 2021

7 Tips Merawat Kompor Listrik agar Tetap Bersih dan Awet
sumber: https://www.pexels.com/photo/stove-under-hood-in-modern-kitchen-at-home-6980569/

Kompor bisa dikatakan perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki. Karena peralatan satu ini sangat berguna untuk mengolah makanan yang setiap hari dikonsumsi oleh anggota keluarga. Namun, perlu diingat jika kompor tidak hanya digunakan untuk mengolah makanan saja, tapi peralatan satu ini harus rutin dibersihkan.

Kehadiran kompor listrik kini menjadi salah satu alternatif yang semakin memudahkan semua orang yang ingin mengolah makanan. Bagaimana tidak, jika kompor listrik jauh lebih praktis dari kompor biasa yang harus bergantung pada gas LPG yang dipandang kurang aman. Akan tetapi, ingatlah untuk tetap merawatnya agar dapat awet sehingga dapat digunakan bertahun-tahun.

Sumber: https://www.pexels.com/photo/modern-kitchen-interior-with-stove-under-hood-at-home-6980666/
Buat kamu yang ingin memiliki kompor listrik yang mulus serta awet hingga bertahun-tahun, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan. Jadi, ikuti tips berikut ini, yah.

Membersihkan Kompor Listrik Jangan Pakai Bahan Kasar

Umumnya permukaan pada kompor listrik terbuat dari bahan keramik atau kaca yang menyebabkan kompor mudah tergores dan terkena noda. Sehingga sangat dianjurkan untuk menghindari membersihkan kompor menggunakan sabut logam ataupun spon cuci piring biasa karena bisa menyebabkan goresan.

Gantinya Anda bisa menggunakan kain yang bersih atau cairan pembersih khusus permukaan keramik atau kaca. Selain itu, Anda sebaiknya membersihkan kompor beberapa hari sekali secara rutin. Hal ini bertujuan agar kotoran atau minyak tidak akan menempel dan berkerak karena dibiarkan begitu lama. 

Jangan Menggunakan Peralatan Masak Berbahan Kasar

Ada beberapa macam peralatan masak yang sebaiknya dihindari karena kurang cocok digunakan untuk kompor listrik. Seperti penggorengan atau panci yang terbuat dari besi tempa berat (cast iron), karena mempunyai permukaan yang kasar yang rawan membuat kompor menjadi tergores.

Kamu juga sebaiknya menghindari perabotan yang terbuat dari keramik atau tanah liat yang tidak dipoles halus sebab dapat berisiko menggores kompor.

Cuci Bagian Bawah Alat Masak Sebelum Digunakan

Ketika kamu mencuci peralatan dapur, jangan lupa membersihkan bagian bawah panci, penggorengan, atau teko. Terlebih jika bagian bawah penggorengan atau peralatan tersebut sudah menghitam. 

Hal ini sangat penting dilakukan karena bekas lemak, arang, atau minyak yang berada di bagian bawah alat masak dapat meninggalkan noda di atas kompor. Apalagi jika memang jarang dibersihkan.

Jangan Menaruh Sendok Sayur atau Spatula di Permukaan Kompor Listrik

Saat kamu sedang memasak, jangan pernah menyimpan sendok sayur atau spatula di permukaan kompor khususnya yang masih basah. Sebab, alat yang masih basah tersebut baik yang disebabkan karena kuah atau minyak panas dapat menyebabkan permukaan kompor listrik menjadi kotor. 

Kuah masakan ataupun minyak panas apabila menempel pada permukaan kompor akan meninggalkan noda yang biasanya cepat kering dan sulit untuk dibersihkan. Sebagai alternatif, kamu bisa menyediakan piring kecil untuk digunakan sebagai tempat meletakkan peralatan tersebut.

Jangan Meletakkan Wadah Kaca di Atas Kompor Listrik

Apabila kamu sehabis memanggang makanan dalam wadah kaca di dalam oven, hindari mendinginkan dengan meletakkan di atas permukaan kompor. Hal ini dapat membuat permukaan kompor listrik menjadi retak bahkan bisa pecah.

Jika kamu tidak memiliki tempat untuk menaruh wadah panas, kamu bisa melapisi kain atau serbet yang sedikit tebal di atas kompor sebelum meletakkan wadahnya.

Jangan Menaruh Benda Berat di Permukaan Kompor Listrik

Sebenarnya kompor listrik induksi memang dirancang untuk bisa menampung beban yang misalkan kuali besar yang dipenuhi makanan. Akan tetapi, beda halnya dengan barang seperti kardus berat. 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari meletakkan sembarangan barang terlebih yang memiliki beban yang berat di atas permukaan kompor. Karena bisa saja barang tersebut merusak atau menggores permukaan kompor listrik.

Sebab permukaan kaca yang awalnya hanya retak bisa menjadi pecah saat kompor dinyalakan.

Bersihkan Noda-Noda Lengket yang Menempel

Ketika kamu merebus atau memasak sesuatu seperti gula dan karamel yang lengket, hati-hati dan usahakan agar tetesannya tidak mengotori atau menempel pada bagian atas kompor. Karena gula, karamel dan makanan lainnya bisa saja meninggalkan noda kekuningan yang sulit untuk dibersihkan. Bahkan bisa saja permanen. Sehingga sebagai solusi, kamu bisa mengatur agar panci tidak terlalu penuh.

Namun, apabila noda-noda lengket tersebut sudah terlanjur menempel, sebaiknya segera bersihkan begitu kamu melihatnya atau setelah menyelesaikan masakanmu. 

Akan tetapi, pastikan sebelum membersihkan kompor sudah dalam keadaan terputus dengan aliran listrik. Lalu gunakan scraper untuk membantumu mengorek noda. Kamu bisa melakukannya secara perlahan untuk menghindari goresan pada kompor. 

Apabila noda telah terangkat, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk kaca atau keramik. Sebaiknya gunakan kain saat mengolesnya kemudian usap hingga benar-benar bersih. 

Jadi, agar kompor listrik kamu bisa awet sebaiknya ikuti tips merawat kompor di atas. Sementara untuk kamu yang sedang mencari kompor listrik, kamu bisa membeli di Ladara.id.

Mengapa harus membeli kompor listrik di Ladara?

Di Ladara.id ada beragam kompor listrik yang bisa menjadi pilihan. Tentu saja dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Apabila kamu mencari tempat pembelian kompor listrik terbaik maka Ladara.id ini sangat direkomendasikan. 

Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai jenis kompor listrik, seperti kompor listrik single, kompor listrik double, hingga kompor listrik yang bisa dibawa ke mana-mana. 

Selain itu, kelebihan ladara.id yaitu telah menghadirkan kompor listrik yang mempunyai fitur yang lengkap. Bahkan produk yang ditawarkan berasal dari merek terkenal dengan kualitas nomor satu.

Jadi, tunggu apalagi. Ayo beli kompor listrik di Ladara.id


Sumber

https://www.aca.co.id/Info-Asuransi-Detail/Cara-Benar-Merawat-dan-Menggunakan-Kompor-Listrik-Induksi

https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/home-and-living/kintan/tips-merawat-kompor-listrik-induksi-agar-tetap-bersih-dan-awet

https://www.google.com/amp/s/review.bukalapak.com/amp/techno/sudah-beli-kompor-listrik-catat-cara-merawat-yang-benar-55662

http://blog.duniamasak.com/bagaimana-sih-cara-merawat-kompor-listrik-yang-benar/

Mungkin Kamu Suka

2komentar

  1. Tempat saya sering mati lampu jdi susah kalau mau pakai kompor listrik hehe

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti