Manfaatkan Digitalisasi untuk Mengembangkan Bisnis Jualan Online

oleh - Desember 10, 2021

Manfaatkan Digitalisasi untuk Mengembangkan Bisnis Jualan Online
Manfaatkan Digitalisasi untuk Mengembangkan Bisnis Jualan Online
Merintis sebuah bisnis dari passion merupakan hal yang menyenangkan. Kita bisa mendapat uang dari apa yang kita sukai, istilahnya menjalani hobi yang dibayar. Itulah yang sedang kami lakukan sejak dua tahun lalu. Berawal dari hobi mendesain dan menggambar grafis, kami mulai mencoba untuk jualan jasa pembuatan desain di media sosial.

Alhamdulillah, perkembangan bisnis desain grafis kami berjalan cukup baik. Kami mulai mendapatkan klien dari relasi sesama blogger maupun dari influencer dan instansi. Tak jarang juga ada yang merekomendasikan bisnis kami ke teman atau relasinya. Ke depannya kami berharap jangkauan bisnis kami bisa lebih luas lagi dan bisa lebih profesional.

Kendala dalam Pengembangan Bisnis Toko Online

Setiap bisnis pasti akan menemui rintangan dan tantangan, bukan? Tak terkecuali bisnis desain kami. Perkembangan dunia digital yang begitu pesat, menuntut kami untuk selalu berinovasi. Kami selalu berusaha belajar dari kesalahan, menerima kritik maupun menemukan solusi dari sebuah tantangan. Kali ini kami sedikit membagikan sekelumit kendala yang sering dialami pebisnis di era digital.

Kendala dalam Pengembangan Bisnis Toko Online
Kendala dalam Pengembangan Bisnis Toko Online

Susahnya Mencari Pelanggan di Internet

Salah satu hal yang paling umum dialami oleh sebagian besar pebisnis adalah mencari pelanggan di internet. Mereka nggak tahu harus memulai dari mana. Selain itu, mereka juga nggak tahu bagaimana cara jualan online untuk mencari target audiens yang sesuai dengan bisnis mereka.

Kendala Branding dan Profesionalitas

Apabila sebuah brand dikenal dengan baik, otomatis brand tersebut telah mendapat kepercayaan dari pelanggan. Nah, dari kepercayaan itulah sebuah bisnis mempunyai peluang lebih untuk memperoleh banyak pelanggan. Sayangnya penguatan branding yang kurang, sering kali menjadi kendala bagi pebisnis. Pelanggan akan cenderung memilih brand yang sudah berkompeten dan terlihat profesional daripada memilih brand yang belum dikenal.

Ribetnya Pasang Iklan Facebook dan Instagram

Nah beberapa kendala di atas sebenarnya bisa diatasi dengan memakai jasa layanan iklan di internet maupun media sosial. Dengan pasang iklan Facebook dan Instagram, kita bisa lebih mudah mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita. Tujuannya untuk membangun brand awareness kepada calon konsumen. Namun, prosedur memasang iklan di internet masih terbilang 'ribet' bagi orang awam. Seenggaknya, kita harus paham penghitungan anggaran, targeting, metode pembayaran iklan dan hal lain.

Hadirnya TOKKO Menjadi Jawaban untuk Meminimalisir Kendala Jualan Online

Hadirnya TOKKO Menjadi Jawaban untuk Meminimalisir Kendala Jualan Online
Hadirnya TOKKO Menjadi Jawaban untuk Meminimalisir Kendala Jualan Online
Apakah teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi TOKKO? TOKKO merupakan aplikasi D2C (direct-to-consumer) nomor 1 di Indonesia yang hadir untuk membantu UMKM dan pebisnis khususnya di Indonesia agar bisa JUALAN ONLINE BENERAN. TOKKO di-launching pada November 2020 lalu.

Memang usianya baru menginjak satu tahun sejak launching, tetapi TOKKO sudah menduduki peringkat 10 dalam aplikasi gratis untuk bisnis di Google Play Store. TOKKO ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating 4.7. Makanya, kami sangat penasaran untuk mencoba mengembangkan bisnis jualan online di TOKKO.

Buat kami, TOKKO seperti angin segar yang bisa membantu para UMKM dan pebisnis untuk memiliki website atau toko resmi online hanya dengan hitungan detik. Kami nggak perlu repot meng-coding website, membayar tagihan hosting dan domain, dan nggak perlu maintenance website. Kami cukup registrasi beberapa langkah di TOKKO. Begitu registrasi selesai, kami bisa memiliki website toko online.

Dengan memiliki website toko online, tentu saja bisa menjadi salah satu cara brand identity agar usaha yang kami jalani tampak lebih profesional. Setahuku, TOKKO ini berawal dari Indonesia yang dibangun oleh tim global berpengalaman di dunia digital dan e-commerce yang merupakan profesional terbaik dari Lazada, Zalora, Sephora, Fabelio, dsb. Keren banget nggak, sih?

Keunggulan Mengembangkan Bisnis dengan TOKKO

Memang kami belum lama menggunakan aplikasi TOKKO, tetapi menurut kami keunggulan TOKKO ini lengkap banget. Selain itu, TOKKO juga akan selalu gratis, hanya ada potongan biaya layanan transaksi sebesar 2,5% (untuk kategori makanan dan minuman) dan 1% (untuk kategori lainnya) dari total pembayaran di luar biaya pengiriman.

Berikut ini keunggulan menggunakan TOKKO untuk mengembangkan bisnis:
  • Siapa pun bisa jualan online dan memiliki website jualan online pribadi,
  • Sistem registrasi yang mudah dan praktis hanya hitungan detik,
  • Dapat membantu menjangkau konsumen tanpa konsumen membuat akun TOKKO,
  • Efektif dan efisien karena pesanan bisa langsung terintegrasi dengan whatsapp dan aplikasi TOKKO,
  • Pembayaran akan langsung ke penjual.

Mudahnya Registrasi Toko Online di TOKKO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk registrasi online di TOKKO ini cukup beberapa langkah saja. Bahkan, teman-teman bisa registrasi melalui smartphone. Beberapa waktu lalu, kami juga melakukan registrasi akun TOKKO melalui smartphone. Nah, berikut ini langkah-langkah mendaftar akun TOKKO:
  1. Download TOKKO di smartphone, atau teman-teman juga bisa registrasi TOKKO melalui website TOKKO,
  2. Daftarkan nomor telepon teman-teman dan masukan kode OTP. Saran kami, jika teman-teman memiliki nomor telepon khusus untuk bisnis, gunakan nomor telepon bisnis saja. Karena untuk penggantian nomor telepon, harus mengajukan ke TOKKO terlebih dulu. Jadi, nggak bisa otomatis,
  3. Langkah selanjutnya, masukan nama toko, lalu pilih kategori usaha toko teman-teman,
  4. Tambahkan produk-produk ke katalog, lengkapi dengan foto dan deskripsi produk yang menarik. Jangan lupa, input harga barang/ jasa yang ditawarkan, ya.
  5. Atur link pembayaran supaya customer bisa membayar tanpa dikenakan biaya transfer antar bank. 
  6. Jika memungkinkan aktifkan fitur bayar di tempat (COD) agar toko kita lebih menarik. Pastikan sudah mengatur metode pengiriman yang ingin teman-teman sediakan.
Toko kita sudah jadi, deh. Tinggal rajin-rajin promosi dengan membagikan link toko via WhatsApp atau akun media sosial untuk mendapatkan calon pembeli.

Fitur dan Layanan TOKKO Bantu Kembangkan Usaha Jualan Online

Fitur dan Layanan TOKKO Bantu Kembangkan Usaha Jualan Online
Fitur dan Layanan TOKKO Bantu Kembangkan Usaha Jualan Online
Menurut kami untuk fitur dan layanan TOKKO lengkap banget. Berikut ini fitur dan layanan TOKKO yang bisa kami nikmati.

Kelola Pesanan yang Masuk dengan Mudah

Cukup dengan aplikasi TOKKO, kami bisa langsung memproses orderan yang masuk karena langsung terintegrasi dengan kontak Whatsapp kami. Tersedia template chat juga lho, jadi kami tinggal copy paste nggak perlu bingung merangkai kata-kata ke customer. Ahahaha

Selain itu, kami juga bisa mengatur pesanan dan pengiriman produk dari aplikasi TOKKO. Pesanan dan pengiriman bisa langsung dipantau dan dilakukan langsung dalam satu dashboard saja. 

Memudahkan Customer dalam Memesan Produk/ Jasa

Kesan awal menggunakan aplikasi TOKKO ini user friendly banget. Jadi ketika digunakan oleh orang awam nggak akan bingung karena menu, fitur, dan tampilannya jelas dan praktis. Selain itu, customer nggak perlu membuat akun TOKKO ketika berbelanja.

Tersedia Katalog Produk

Siapa yang pernah membuat katalog produk? Kami pernah ingin sekali memiliki katalog produk, tetapi belum kesampaian. Ya kan kalau membuat katalog produk tuh ribet dan harganya juga nggak murah. Eh sekarang nggak perlu membuat katalog produk karena di TOKKO sudah otomatis ada fitur katalog produk. Jadi, kami bisa atur produk, foto, deskripsi, dan info ketersediaan produk langsung dari satu dashboard.

Analitik Toko

Siapa yang suka pusing dengan urusan analitik performa toko online? Kalau teman-teman menggunakan TOKKO nggak ada ceritanya pusing lagi, deh. Alasannya karena TOKKO dilengkapi dengan fitur dan layanan lengkap untuk mengecek performa toko kita dengan mudah, cepat, dan otomatis.

Menjangkau Pelanggan dengan Praktis

Jika teman-teman sudah memiliki akun TOKKO, teman-teman akan lebih mudah menjangkau pelanggan secara online, lho. Jadi, semudah share status dan link kepada calon pembeli melalui whatsapp atau akun media sosial teman-teman. Atau, bisa juga share link toko atau link produk spesifik yang ada di katalog kita.

Jangkau Pelanggan dengan Program Langganan TOKKO Plus

Jangkau Pelanggan dengan Program Langganan TOKKO Plus
Jangkau Pelanggan dengan Program Langganan TOKKO Plus

Fyi, TOKKO punya program baru namanya TOKKO Plus. TOKKO plus ini merupakan layanan premium berlangganan supaya kita dapat menikmati akses fitur premium di dalam aplikasi TOKKO. Nah, salah satunya adalah integrasi digital ads seperti Facebook, Instagram, dan Google.

Selain itu, ada banyak lagi fitur baru yang akan segera hadir dalam waktu 2-3 bulan ke depan. Jadi, bisa JUALAN ONLINE BENERAN dengan penjualan yang meningkat. Nah, saat ini juga sedang ada promo TOKKO Plus cuma 149 ribu/ bulan.

Tampilan webiste TOKKO Plus Gentala Design
Tampilan webiste TOKKO Plus Gentala Design
Menurut kami, menggunakan TOKKO Plus memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa menjangkau pelanggan lebih dengan marketing ads dan biaya promosi terjangkau. Di TOKKO Plus juga ada arahan atau petunjuk untuk cara beriklan di Instagram, Facebook, dan juga Google. Jadi, nggak perlu bingung lagi karena bisa promosikan bisnis dengan layanan TOKKO Plus.

Cara Aktivasi TOKKO Plus

Cara Aktivasi TOKKO Plus
Cara Aktivasi TOKKO Plus

Nah, sebelum membahas cara aktivasi TOKKO Plus, teman-teman bisa melihat infografik di atas, ya. Ada perbedaan fitur yang digunakan di TOKKO dan TOKKO Plus. Kalau teman-teman disuruh memilih mau pilih yang mana, nih? Kalau kami memilih TOKKO Plus, sih. Selain fiturnya lebih lengkap, harga yang ditawarkan untuk mengembangkan bisnis juga ramah di kantong.

Cara aktivasi layanan TOKKO Plus adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke website TOKKO melalui mobile browser atau desktop di https://web.tokko.io/login,
  2. Setelah login, pilih menu “Langganan TOKKO Plus” di halaman utama,
  3. Teman-teman akan diarahkan ke landing page TOKKO Plus, lalu klik “pilih paket”,
  4. Pilih periode paket yang teman-teman inginkan, 
  5. Selanjutnya TOKKO akan memandu kita untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account,
  6. Setelah melakukan pembayaran, kita bisa melihat aktivasi TOKKO Plus di website ataupun Mobile App TOKKO.
Selesai deh, kita bisa menikmati layanan premium dari TOKKO Plus.

Yuk, Kembangkan Bisnis Jualan Online dengan Aplikasi TOKKO

Di era digital seperti sekarang ini, kita dituntut untuk selalu berkembang dan berinovasi supaya nggak kalah saing dengan kompetitor. Salah satu cara jualan online bisa sukses adalah dengan menerapkan strategi yang baik. Salah satunya dengan aplikasi TOKKO dan dioptimalkan dengan layanan TOKKO Plus. 

Sekarang kita bisa JUALAN ONLINE BENERAN dengan mudah berkat TOKKO. TOKKO merupakan aplikasi  direct-to-consumer no. 1 di Indonesia untuk membantu UMKM mengembangkan usaha online dan website online beneran langsung dari smartphone dalam hitungan detik. Mudah, cepat, dan praktis!


Mungkin Kamu Suka

22komentar

  1. Temen-temen udah banyak yang jualan di tokko nih. Kayaknya aku aja deh yang ketinggalan.
    Ok kak, setelah baca banyak manfaat dan kemudahan berjualan di tokko, on going nih mau ikut juga punya toko di tokko .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, nggak ada kata ketinggalan kok, Mak. Cus kepoin TOKKO terus coba jualan di sana. siapa tahu rejekinya :D

      Hapus
  2. Huhuhu. Kendalanya itu buat saya pribadi ya ribet promosinya mba. Ribet pasang iklan di FB dan Instagram. Maklum lah, emak-emak udah terlalu multitasking. Bagus banget TOKKO meminimalisir kendala-kendala tersebut ya. Lumayan juga yang rekomendasiin ini saya baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Mutia, aku pun demikian. kalau suruh iklan dll sendiri rasanya ribet dan nggak ada waktu. Tp TOKKO ini hadir untuk solusi tersebut, jadi makin praktis menjalankan bisnis

      Hapus
  3. Pas benar ini ,bisa jadi solusi jualan online, makin mudah berkat TOKKO, aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia.
    Bikin UMKM terbantu untuk mengembangkan usaha. Mudah, cepat, dan praktis pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus, silakan daftar jualan di TOKKO. barangkali rezekinya di sana kan kita nggak tahu ya, mbak. hihi

      Hapus
  4. Wah ini fitur yang sangat bermanfaat untuk bakul jualan on line, apalagi sekarang belanja on line lebih cepat dan nyaman, menurut saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat banget sih, jualan online makin praktis dengan fitur2 yang ditawarkan TOKKO

      Hapus
  5. Beberapa waktu lalu temen-temen yang punya bisnis rumahan posting tentang dagangan mereka di TOKKO. Aku masih cuek karena gak faham juga aplikasi ini. Gitu baca artikel ini aku baru faham dan jadi tertarik mau buka TOKKO juga deh Mba.
    Alhamdulillah, beruntung sekali bisa baca postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan bund, cobain jualan online di TOKKO. siapa tahu jualan online kita makin laku, hihi. aamiin

      Hapus
  6. wajib banget mau buka usaha punya Tokko ini pastinya bakal ngebantu banget deh usaha aku nanti, apalagi bisa tingkatin penghasilan kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Mei, praktis banget. bisa membantu menjangkau market lebih luas tanpa kita kerepotan

      Hapus
  7. Keren ya Tokko ini, ada ads facebook dan juga IG, memudahkan sepertinya. Nggak perlu ribet urusin itu. Aku nih nggak jago cari customemr, kayanya perlu coba Tokko ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, iya, Kak. praktis karena fiturnya bisa terintegrasi. kita nggak perlu pusing untuk proses ads di FB dan IG

      Hapus
  8. Iya nih, banyak teman-teman yang udah bermitra tokko. Saya masih nyimak dulu padahal produk masih banyak. Pas pula itu lagi masanya sibuk, Eh dengan penjelasan ini saya bisa memikirkan lagi deh untuk serius jualan di Tokko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus, Kak. Siapa tahu produknya makin laku saat mendaftar jualan online di TOKKO. Semangaaat

      Hapus
  9. Kapan lagi yaa kak bisnis online jadi banyak dibantu bangett sama tokko ini. Dulu coba ada Tokko tuh dijamin bisnis online ku juga banyak terbantu dan omsetnya melesat hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, lumayan untuk meningkatkan jualan online. nggak perlu ribet dan praktis banget. yuk join jualan online di TOKKO

      Hapus
  10. TOKKO ini emang bagus ya mba?
    Soalnya banyak teman-teman saya, terutama pelaku UMKM yang jualan pakai aplikasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, membantu banget untuk jualan online. Jadi, kita nggak perlu repot2 amat terutama untuk urusan ads FB dan IG

      Hapus
  11. gak ribet yah dan Kayknya bagus nih buat mulai bisnis dari tokko

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus silakan daftar TOKKO. Siapa tahu rezekinya di sana, hihi

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti