Program Student Company: Wadah Edukasi Kewirausahaan Para Pelajar

oleh - November 09, 2021

Program Student Company Sebagai Wadah Edukasi Kewirausahaan Para Pelajar
Program Student Company Sebagai Wadah Edukasi Kewirausahaan Para Pelajar
Terus terang, aku baru tahu program sekeren Student Company yang mengajak adik-adik SMA/SMK untuk mahir berwirausaha. Dulu, tiap aku mendengar kata “wirausaha” rasanya sudah skeptis duluan. Paling-paling "berwirausaha di sekolah" tuh kaya zamanku saat duduk di bangku SMK. Tugas kewirausahaan pasti mewajibkan semua siswa untuk berjualan produk yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. 

Iya, kami harus menjual berbagai produk dengan target mingguan. Sayangnya, produk-produk yang harus kami jual tuh sama persis dengan produk yang ada di warung-warung atau minimarket. Ada minyak, kopi, tepung, dan sebagainya. Makanya, begitu tahu program Student Company aku kaget setengah mati. Sungguh, ini program terkeren yang pernah aku tahu untuk memfasilitasi anak-anak SMA/SMK di Indonesia. 

Prestasi Junior Indonesia Menggandeng Berbagai Mitra untuk Fasilitasi Pengembangan Kewirausahaan

Prestasi Junior Indonesia Menggandeng Berbagai Mitra untuk Fasilitasi Pengembangan Kewirausahaan
Prestasi Junior Indonesia Menggandeng Berbagai Mitra untuk Fasilitasi Pengembangan Kewirausahaan
Prestasi Junior Indonesia (PJI) merupakan Yayasan Prestasi Junior Gemilang Indonesia. Yayasan ini bagian dari salah satu LSM terbesar di dunia yang fokus memfasilitasi generasi muda untuk bekerja dan berwirausaha. PJI berfokus mendorong lahirnya lapangan kerja agar tercapainya kesuksesan finansial melalui pembelajaran langsung, kesiapan kerja, literasi keuangan, dan pendidikan kewirausahaan.

Menurutku, program Student Company inisiasi dari Prestasi Junior Indonesia ini bukan sekadar program. Melainkan ada harapan besar dan ide-ide berlian yang diwujudkan oleh adik-adik SMA/SMK melalui program ini. Prestasi Junior Indonesia juga menggandeng berbagai mitra untuk memfasilitasi pengembangan kewirausahaan.

Mitra-mitra tersebut di antaranya Citi Indonesia dan Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia, dan PT Marsh Indonesia. Prestasi Junior Indonesia konsisten mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC) di tingkat SMA/SMK.

Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021
Nah kemarin, pada Sabtu 6 November 2021, aku berkesempatan bergabung mengikuti zoom Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021. Suatu kehormatan banget bisa hadir di tengah orang-orang hebat. Narasumbernya ada Asep Sukmayadi, M.Si., plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Lalu ada Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia. Ada Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia. Ada Gusni Puspitasari, Brand and Marketing Communications Manager PT AIG Insurance Indonesia. Dan ada Douglas Ure, Presiden Direktur dan CEO PT Marsh Indonesia. 

Selain itu, pada acara zoom ini juga dihadiri oleh beberapa pelajar dari program Student Company yang mengenalkan dan memaparkan produk yang telah dihasilkan.

Pentingnya Edukasi Kewirausahaan di Zaman Serba Digital

Pentingnya Edukasi Kewirausahaan di Zaman Serba Digital
Pentingnya Edukasi Kewirausahaan di Zaman Serba Digital
Ternyata program Student Company ini telah melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK sejak 12 tahun lalu. Iya, sudah sejak 12 tahun yang lalu. Ke mana saja aku ini baru tahu program sekeren ini, ya Tuhan. Jadi tuh, program Student Company ini merupakan program PJI yang berfokus pada usaha pengembangan keterampilan berwirausaha melalui pengalaman langsung mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah.

Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan produksi dan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Programnya beda banget dengan tugas kewirausahaan yang aku jalani dulu, kan? Menurutku, program Student Company ini lebih serius dalam memberikan edukasi kewirausahaan dan memberikan ruang kepada adik-adik SMA/SMK untuk mencetuskan ide, memproduksi produk, bahkan hingga proses pemasaran.

Kerennya, tahun ini ada 549 pelajar SMA/SMK dari 9 kota/kabupaten yang ditantang untuk mencetuskan ide, merealisasikannya, hingga memasarkan produknya. Sekolah tersebut meliputi daerah Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar. 

Btw, sejak bulan Mei 2021 ada 30 bisnis baru yang diinisiasi melalui program Student Company, lho. Bisnis ini berhasil memperoleh omzet hingga Rp 239 juta. Meski baru duduk di bangku SMA/SMK, adik-adik ini bisa berlatih untuk mandiri secara finansial. 

Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia
Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia
Aku juga sepakat banget dengan pernyataan Bapak Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia. Kurang lebih pernyataannya sebagai berikut:

“Saat ini, para pelajar masuk sebagai golongan generasi Z yang memiliki keunggulan karakter berupa ‘true digital natives’. Kami meyakini, kedekatan generasi Z dengan teknologi mampu memberikan sudut pandang yang unik, efisien, dan jitu dalam memecahkan berbagai masalah di lingkungan mereka. Harapan kami, ide bisnis dari para pelajar peserta SC 2021 bisa terus tumbuh menjadi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang solid dan terus berkembang.”

Aku memiliki keyakinan kalau ide bisnis para pelajar Student Company ini bisa berkembang dan menjadi lebih besar. Alasannya karena inovasi ide yang mereka cetuskan tergolong unik dan relate banget dengan kehidupan saat ini. Nah, biar teman-teman nggak penasaran, yuk intip produk apa saja yang dihasilkan oleh 7 finalis pelajar Student Company 2021.

7 Finalis Lolos dalam Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021

Selama acara zoom berlangsung, aku ikutan senyum-senyum bahagia ketika beberapa pelajar memaparkan ide dan produk yang mereka hasilkan. Ikutan bangga banget, apalagi produk yang dihasilkan tuh unik dan inovatif banget. 

Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan memilih 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021. Jadi itu, kalau ikut Student Company setiap sekolah memiliki nama perusahaan sendiri. Nah, dari 7 perusahaan siswa yang lolos ini akan mempresentasikan performa bisnis mereka untuk memperebutkan kehormatan mewakili Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik.

Jangan kaget ya kalau program Student Company sekeren dan seserius ini dalam memfasilitasi para pelajar untuk berwirausaha. Hehehe. Berikut ini daftar 7 finalis Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021:

7 finalis Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021
7 produk finalis Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021
  1. Qreate SC dari SMAN 34 Jakarta yang disponsori oleh Marsh Indonesia. Qreate SC ini memiliki produk Kreaktiv Crate. Produk ini merupakan alat pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja.
  2. Wignesa SC dari SMAN 3 Semarang yang disponsori oleh Citi Foundation. Wignesa SC ini memiliki produk Tatilo. Produk ini merupakan tas kombinasi daur ulang kain jeans bekas dan batik. Tas ini tersedia dalam tiga jenis, ada sling bag, backpack, dan pouch bag. Lucu-lucu banget produknya, nggak terlihat seperti produk daur ulang.
  3. Covarsi SC dari SMAN 81 Jakarta yang disponsori oleh Citi Foundation. Covarsi SC memiliki produk Pineary. Produk ini merupakan paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen. Kurang unik apa coba produknya? Keren banget nggak sih?
  4. Neon SC dari SMAN 2 Denpasar yang disponsori oleh Citi Foundation. Neon SC memiliki produk Your Hat. Produk ini merupakan paket bucket hat dua sisi dan masker kain yang terbuat dari paduan kain drill dan kain endek. 
  5. Semaja SC dari SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan yang disponsori oleh AIG Insurance Indonesia. Semaja SC memiliki produk Bintang Eco-Friendly Notebook. Produk ini merupakan binder dengan kertas isi daur ulang yang dilengkapi recycling kit kertas. Produk ini juga diperkenalkan dengan IP character Bintang dan Tora.
  6. Mico SC dari SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat yang disponsori oleh Citi Foundation. Mico SC memiliki produk Mico T-Shirt. Produk ini merupakan kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.
  7. Alanza SC dari SMAN 16 Surabaya yang disponsori oleh Citi Foundation. Alanza SC memiliki produk La Cocina. Prpduk ini merupakan paket alat memasak berupa talenan dan spatula yang terbuat dari kayu mahoni. Uniknya produk ini dilengkapi dengan aplikasi smartphone untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk, makanan, dan resep masakan.

Keren-keren banget kan produk para pelajar SMA/SMK Student Company ini. Duh, jadi mumpeng ingin membeli La Cocina, nih. Doaku, semoga para pelajar Student Company ini bisa berkembang dan tumbuh menjadi pelaku UMKM yang go international. Aamiin. Terima kasih orang-orang baik yang sudah memfasilitasi program Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC), ya. Semoga makin sukses dan kebaikan-kebaikannya bisa menular untuk orang lain. Aamiin lagi, ya! Kalau kamu, paling penasaran dan suka dengan produk yang mana, nih?

#PJI #StudentCompany #ISCC2021

Mungkin Kamu Suka

7komentar

  1. Sy baru tahu kalau ada program kayak gini. Coba dulu pas SMA ikutan. Telat deh

    BalasHapus
  2. Jujur aja Mba, saya baru tahu juga loh tentang Student Company ini. Keren-keren ternyata ya adik-adik Kita prestasinya, saya semasa SMU rasanya belum bisa berkontribusi banyak Kaya mereka. Semoga ilmu mereka bermanfaat buat negara Indonesia.

    BalasHapus
  3. Zaman now banyak sekali wadah untuk belajar berwirausaha. Keren sekali ya sudah belajar berwirausaha sejak muda, zamanku dulu aku sma mana ada...
    Beruntung banget ya mereka...

    BalasHapus
  4. Wah, programnya keren ya Mbak. Produk-produknya pun unik dan tak kalah kerennya. Memang generasi zaman now itu beruntung banget, sudah tersedia berbagai fasilitas dan program keren yang mengasah kemampuan dan bakatnya di segala bidang. Mantaplah pokoknya!

    BalasHapus
  5. Menjadi wirausaha di zaman saat ini memang menjanjikan. Selain adanya platform untuk jualan online, tapi juga ada prpgram keren seperti ini mba. Saya jadi pengen ikutan kalau ada lagi mba

    BalasHapus
  6. Ternyata sudah mulai sejak 12 tahun yang lalu ya. Dan banyak menghasilkan siswa yang menghasilkan produk yang unik dan inovatif

    BalasHapus
  7. wah keren-keren banget produk bikinan anak-anak SMK ini. apalagi yang ada aplikasinya itu dan rata-rata juga menggunakan konsep ramah lingkungan yaa. mantap banget

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti