Refleksi Tahun 2021, Banyak Sedihnya atau Bahagianya?

oleh - Desember 22, 2021

Refleksi Tahun 2021, Banyak Sedihnya atau Bahagianya?
Refleksi Tahun 2021, Banyak Sedihnya atau Bahagianya? 

Sejak ngeblog, aku punya kebiasaan menuliskan kaleidoskop tiap tahunnya. Rasanya senang banget karena bisa mengingat momen yang dilalui selama setahun. Biasanya, tiap akhir tahun merasa "kok cepat banget" sudah mau ganti tahun saja. Namun, tahun ini justru merasa sebaliknya. Mungkin teman-teman juga merasakan hal yang sama.

Melawati Momen yang Nggak Pernah Terbayangkan

Melawati Momen yang Nggak Pernah Terbayangkan
Melawati Momen yang Nggak Pernah Terbayangkan

Tahun 2021 merupakan tahun yang paling membekas di antara tahun-tahun sebelumnya. Banyak momen penting yang aku lewati seperti sedang naik kapal. Kadang menyaksikan sunset dan sumrise yang indah, kadang juga terombang-ambing karena gelombangnya laut yang besar. 

Tahun ini momen bahagia bermula dari lamaran, menikah, pindah tempat tinggal, hingga sering menemani suami kerja di luar kota. Selain itu, aku juga beberapa kali memenangkan blog competition. Alhamdulillah rezeki dan kerjaan tahun ini lancar bangeeettt. Namun, jangan kira kami nggak ada momen sedih dan nelangsanya. Namanya juga hidup kan, ya? Ahahaha

Bulan Juni lalu aku dan suami positif Covid-19. Mati-matian kami saling jaga dan saling rawat. Setelah dinyatakan negatif Covid-19, bulan Agustus aku dikasih rezeki hamil. Senang? Tentu atuh! Namun, lagi-lagi kami harus mati-matian untuk saling menguatkan karena ternyata aku keguguran. Btw, part keguguran akan aku tuliskan terpisah, ya. Siapa tahu di antara teman-teman ada yang butuh informasi terkait keguguran. 

Nggak hanya momen di atas saja sih yang aku lalui. Tahun ini aku merasa bangga banget sama diri sendiri. Alasannya, karena tahun ini aku cuma opname di rumah sakit sekali doang. Itu pun saat kuretase. Meskipun masih meriyang-meriyang, badan sering pegal-pegal, dan kadang pusing, nggak sampai opname kaya tahun sebelumnya. 

Selagi Bisa, Mari Berkarya Semampu Kita! 

Selagi Bisa, Mari Berkarya Semampu Kita!
Selagi Bisa, Mari Berkarya Semampu Kita! 
Tahun ini semacam dream come true buat aku. Pelan-pelan sesuatu yang aku inginkan terwujud. Janji Tuhan memang nggak pernah melesat. Segala sesuatunya tepat waktu, nggak pernah terlambat sedikit pun. Ya, meskipun tahun ini juga banyak musibah yang aku alami. Namun, aku belajar lagi tentang penerimaan terbaik, tentang rasa sakit dan kehilangan.

Aku punya mantra yang sedikit mampu membuatku semangat ketika rasa malas atau semangat lagi down. Kalau ingat mantra "Selagi bisa, selagi mampu, berkaryalah semaremmu!" rasanya semangatku auto bergemuruh. Selagi bisa selagi mampu, artinya mumpung aku masih sehat, masih dikasih kesempatan, yuk bangkit! Yuk, melakukan sesuatu! Yuk bergerak! Karena nggak munafik sih, kadang rasa malas dan mager juga ku rasakan. Ahahaha

Apalagi sekarang kerjaanku nggak harus ke kantor, jadi benar-benar kudu bisa me-manage waktu sebisa mungkin. Aku masih berusaha untuk konsisten mengatur waktu kerja. Biar ingat kesehatan dan ingat pekerjaan rumah juga. Untungnya, jaringan internetku aman sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 

Smartfren Unlimited Menemani Kami Melewati Tahun 2021

Smartfren Unlimited Menemani Kami Melewati Tahun 2021
Smartfren Unlimited Menemani Kami Melewati Tahun 2021
Berprofesi sebagai writer memang nggak bisa lepas dari internet. Apalagi, aku dan suami juga punya usaha di bidang jasa. Tepatnya desain grafis dan web developer. Maka, bisa dipastikan, sehari nggak ada jaringan internet dijamin amburadul kerjaan kami berdua. Bersyukur banget provider Smartfren mengeluarkan paket Smartfren Unlimited

Paket Smartfren Unlimited bisa digunakan pada semua aplikasi dan berlaku di semua jaringan Smartfren. Paket Smartfren Unlimited terdiri dari:

  • Paket Unlimited Harian (1 hari);
  • Paket Unlimited Mingguan (7 & 14 hari) dan;
  • Paket Unlimited bulanan (28 hari).
Kalau aku menggunakan paket Smartfren Unlimited bulanan karena menurutku lebih irit dan praktis bisa digunakan selama 24 jam. Selain itu, benefit memilih paket Smartfren Unlimited juga banyak. Di antaranya sebagai berikut:
  • +Gratis Nelpon sepuasnya ke semua nomor Smartfren;
  • Akses Semua Aplikasi, kapan pun dan di mana pun;
  • Extra Unlimited Malam Internet Full Speed pada pukul 01.00 – 05.00 WIB. 
  • Registrasi atau pembelian paket Unlimited sangat mudah. Dapat dilakukan melalui aplikasi mySF atau melalui *123#.

Yuk #TemanBukaPeluangmu untuk melakukan hal terkecil sekali pun. Syukur-syukur dari hal kecil yang kita lakukan akan membuka hal-hal besar di kemudian hari. Seperti perjalanan ngeblogku yang diawali dengan curhatan nggak jelas. Namun, alhamdulillah sampai tahun ini hasil dari blog luar biasa banget. 

Resolusiku, semoga di tahun 2022 makin melesat jauh untuk berkarya dan meng-upgrade skill. Makin konsisten dan semangat berbuat baik untuk sesama. Semoga aku, kamu, kita semua sehat selalu, ya. Bahagia dan mampu melewati hari-hari dengan ringan. Aamiin. Oya, semoga tahun 2022, dunia ini makin aman dan tenteram supaya kita bisa beraktivitas dengan nyaman. Aamiin

Mungkin Kamu Suka

6komentar

  1. Kalo aku sih seimbang kayaknya mba.

    Ada sedihnya pas harus pindahan bolak balik. Dan yang paling seneng di 2021 itu pas aku lahiran putra kedelapan.
    Rasanya hati tapi bahagia dan lega

    BalasHapus
  2. hiks, aku ga pernah bikin kaleidoskop mbak, hanya mengandalkan ingatan aja.
    Kadang otak ini nggak sanggup mengingat begitu banyak momen yang sudah dilalui, kalau dibikin catatan kan jadi mudah ingat ya dan bikin evaluasi juga gitu

    alhamdulilah sekarang mba ella sehat-sehat ya dan diberi kekuatan untuk musibah yang sudah dialami. Tetep semangat dan happy pokoknya

    BalasHapus
  3. Tahun 2021 berwarna kali ya kak.
    Menikah, kemudian saling menguatkan karena covid trus dikasih rezeki hamil. Ya Allah bersyukur selalu kita ya kak atas segala cobaan dan juga rezeki.

    BalasHapus
  4. 2021 full colooorr kak ella. alhamdulillah wa innalillah :)
    Tapi terus bersyukur itu harus dong yaa mbaa, biar Allah kasih nikmat yg lebih banyak di tahun 2022, aamiin

    BalasHapus
  5. Saya juga gak pernah bikin kaleidoskop diri sendiri.
    Rencana tiap tahun ada.
    tapi gak pernah eksekusi.
    padahal kayaknya asyik juga ye kan mengingat apa aja yang udah kita jalani setahun kemaren.
    karena dah lewat, bikin resolusi aja kali ya... dan di liat lagi akhir tahun nanti, apakah semua resolusi itu terpenuhi seratus persen apa gak

    BalasHapus
  6. Semoga tahun ini kesehatan dan keberkahan selalu terlimpah buat Mbak Ella dan suami...Insya Allah musibah di tahun lalu membawa banyak hikmah...Terima kasih sudah mengingatkan untuk bersyukur dari hal kecil yang akan membuka hal-hal besar di kemudian hari.

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti