Teman Kreasi Cilacap Kenalkan UMKM Jajan Khas

oleh - Agustus 20, 2021

Teman Kreasi Cilacap Kenalkan UMKM Jajan Khas
Teman Kreasi Cilacap Kenalkan UMKM Jajan Khas

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kota Cilacap? Pantainya? Atau malah seafood-nya? Beberapa kali aku mengunjungi kota Cilacap dan singgah di beberapa destinasi wisata alamnya. Sungguh, wisata alamnya terutama pantai pasir putih Cilacap benar-benar membuat takjub. Terlebih, untuk tiba di pantai pasir putih Cilacap, aku mesti naik kapal kayu terlebih dahulu.

Sayangnya, saat aku ke Cilacap kesulitan mencari oleh-oleh jajan khas Cilacap. Mentok-mentok hanya membeli kerupuk atau sea food untuk buah tangan. Namun, besok lusa ketika main ke Cilacap lagi sudah nggak bingung membeli oleh-oleh jajan khas Cilacap. Alasannya karena sekarang ini sudah ada Teman Kreasi Cilacap yang berfokus memproduksi dan memasarkan jajan khas Cilacap.

Teman Kreasi Cilacap Bantu UMKM Go Digital

Teman Kreasi Cilacap Bantu UMKM Go Digital
Teman Kreasi Cilacap Bantu UMKM Go Digital
Teman Kreasi Cilacap adalah sebuah gerakan sosioenterpreneur yang fokus pada pengembangan UMKM member Smartfren Community dan masyarakat umum di kabupaten Cilacap. Menurutku kegiatan Teman Kreasi Cilacap bisa menjadi sarana/ wadah untuk pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Nggak hanya memasarkan produknya saja sih, Teman Kreasi Cilacap juga membantu mengembangkan dan meningkatkan produksi. 

Teman Kreasi Cilacap mengusung konsep pemberdayaan yang melibatkan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerja dan membuka peluang bagi reseller untuk memasakan produknya. Nah, untuk mendukung hal tersebut, Teman Kreasi Cilacap juga mengadakan pelatihan guna meningkatkan hardskill dan softskill bagi pelaku UMKM di wilayah Cilacap, lho. Seperti, pelatihan digital marketing dan pelatihan pengemasan sambal awet tanpa bahan pengawet.

Selain mengadakan pelatihan, Teman Kreasi Cilacap juga bekerja sama memasarkan produknya dengan TV kabel Cilacap melalui bazar online produk UMKM yang disiarkan di channel TV kabel dan youtube. Menurutku produk-produk Teman Kreasi Cilacap tergolong unik, lho. Ada keripik debog, tepung bumbu, rolade ikan, stik sukun, kripik mint, kripik pegagan, manggleng, dan masih banyak lainnya. 

Yuk, Intip Sejarah Teman Kreasi Indonesia!

Teman Kreasi Indonesia
Teman Kreasi Indonesia
Sebenarnya Teman Kreasi Indonesia itu program apaan sih? Fyi, Teman Kreasi adalah program dari Smartfren Community. Saat ini Smartfren Community sudah tersebar di 102 kota di seluruh Indonesia. Program Smartfren Comunnity adalah Edukasi Literasi Digital ke Masyarakat dan Pengembangan sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia. 

Perjalanan Teman Kreasi Indonesia dari tahun ke tahun memang membanggakan. Pada bulan Juni 2019 CSR Smartfren bidang Industri Kreatif berfokus untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang. Lalu, pada bulan Januari 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kab Bandung Barat. Nah dari Rumah Kreatif inilah cikal-bakal Teman Kreasi Indonesia makin digencarkan. Sementara pada bulan Maret 2021 Smartfren Community secara resmi meluncurkan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.

Terdapat 32 Teman Kreasi Indonesia yang ada di 30 kota, lho. Tentu saja dari 32 Teman Kreasi Indonesia memiliki produk unggulan yang berbeda-beda. Mulai dari jajan khas, kopi, kerajinan bambu, penulisan buku, content creator, penerbitan, digital marketing, fashion, aksesoris, hingga bimbel semua diwadahi oleh Teman Kreasi Indonesia. Keren banget nggak sih? Ikutan senang meski di daerahku belum ada Teman Kreasi Indonesia, semoga ke depannya Teman Kreasi Indonesia makin meluas. Aamiin

Program Teman Kreasi Indonesia sebagai Wadah UMKM Indonesia 

Kegiatan Teman Kreasi Cilacap
Kegiatan Teman Kreasi Cilacap
Hayo ada yang penasaran apa saja program Teman Kreasi Indonesia? Siapa tahu ada yang tertarik untuk bergabung dan mengikuti Program Teman Kreasi Indonesia. Ada tiga program utama Teman Kreasi Indonesia, antara lain:
  1. Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis, 
  2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat, dan 
  3. Pendampingan atau business coaching secara virtual.
Teman Kreasi Indonesia juga mendapat dukungan dari Smartfren berupa koneksi internet 4G LTE Advance, lho. Koneksi internet 4G LTE ini tentu dapat menunjang berbagai kegiatan Teman Kreasi Indonesia khususnya wirausaha online. Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM yang ada berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, adanya program Teman Kreasi Indonesia ini juga membuka peluang digitalisasi bagi pelaku UMKM sehingga dapat membantu memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat setempat. 

Smartfren Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Foto 1_Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021
Berkat mengembangkan UMKM melalui program Teman Kreasi Indonesia, Smartfren mendapat penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 dalam kategori Sustainable Innovative SME Development, atas inovasi "Teman Kreasi Indonesia. Mantap banget sih ini, apalagi tahun 2020 Smartfren juga mendapatkan penghargaan atas inovasi pelaksanaan program corporate social responsibility dalam pengembangan Smartfren Community. 

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Memang ya, Smartfren ini benar-benar memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan untuk masyarakat. Smartfren memiliki berbagai program salah satunya Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting seperti pendidikan, UMKM dan masyarakat digital. 

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021
Smartfren mendapat penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Btw, teman-teman tahu nggak sih IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia? Yap IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia adalah ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Berbagai aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini antara lain: inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Sekali lagi, slamat untuk Smartfren yang dua kali ini berturut-turut meraih penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia. Semoga ke depannya lebih banyak inovasi yang WOW untuk membantu masyarakat lebih sejahtera, terutama di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Aamiin

Mungkin Kamu Suka

9komentar

  1. Wah aku baru tau loh kak di Cilacap ada pasir putih, pengen explore cilacap dan bener banget di masa pandemi yang penuh ujian juga semoga menjadi berkah untuk pegiat umkm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dong mbak, indaaahh bunget. jadi mesti naik kapal dulu kalau mau ke pantai pasir putih Cilacap.. semoga kapan2 bisa main ke Cilacap yak, terus jajan khas Cilacap di Teman Kreasi :D

      Hapus
  2. Di Cilacap emang deket pantai ya Mba? Belum pernah ke sini soalnya. Saya ada saudara yang tinggal di Jawa, tapi daerah Gombong. Ini deket engga ke Cilacap? Moga para pelaku UMKM lewat Taman Kreasi bisa bertahan dani berkembang meski di tengah pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket banget mbak, dari kota Cilacapnya ke pantai cuma hitungan menit. tp kalau mau ke pantai pasir putihnya sekitar 25 menitan nyabrang pakai kapal kayu dilanjut tracking bentar. Kalau dari Gombong kota, ke Cilacap kota sekitar 2 jam deh, hihi

      Hapus
  3. Wah keren banget ya mbak program utama dari Teman Kreasi Indonesia ini. Semoga bisa terus berinovasi membantu UMKM terutama di masa pandemi seperti sekarang. BTW, baru tahu Teman Kreasi merupakan program dari Smartfren Community...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, Teman Kreasi Indonesia ini program dari Smartfren Community. Keren2 ih, banyak daerah yang digandeng Teman Kreasi khususnya pelaku UMKM

      Hapus
  4. Wah Cilacap, terkenal nggapaknya hehe

    Sepertinya nanti perlu berkunjung ke destinasi yg ada di sana.

    Kalau nggak ada halangan saya juga bakal jadi orang sono, tepatnya di Purwokerto, semoga lancar wkwkw (Kok malah curhat)

    BalasHapus
  5. Wah keren ya Teman kreasi Cilacap, sudah ikut suport UMkm, semoga sukses terus kegiatannya. Pastinya ini sangat membantu pelaku umkm di masa pandemi yang sulit ini.

    BalasHapus
  6. Saya pengen banget ke cilacap namun masuk suka bingung dengan transportasinya. Di Cilacap banyak objek wisata yg belum saya ketahui nih mba

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti