ASUS ExpertBook B5 OLED Series

Teman Bisnis Untuk Kerja Makin Optimis

oleh Ella Fitria | 31 Maret 2022

ASUS ExpertBook B5 OLED

Start from Rp 22jt

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED

Start from Rp 21jt

Kutipan di atas adalah sekilas motto bisnis digital yang kami jalankan. Jujur, awalnya kami merintis bisnis ini hanya sebagai pekerjaan sampingan. Hitung-hitung untuk menambah uang jajan. Namun, makin ke sini ternyata bisnis yang kami jalankan bisa dibilang “meroket”. Terlebih, adanya pandemi sejak akhir tahun 2019 banyak kebiasaan yang berubah terutama pada transformasi digital.

Kini masyarakat lebih menggemari ekosistem digital yang serba cepat, serba praktis, dan serba efektif ketimbang ekosistem konvensional. Oleh karena itu, “kebiasaan” dalam melakoni bisnis membutuhkan formulasi khusus. Tujuannya, agar bisnis yang dijalankan tetap eksis dan mudah diterima oleh masyarakat. Nah dari sini, pelan-pelan bisnis yang kami geluti mulai berkembang dan menampakkan hasil.

Bisnis di Dunia Digital? Yakin Mencukupi Kebutuhan?

Sebelum kami memutuskan untuk resign dari pekerjaan kantoran, tentunya kami sudah membuat perhitungan yang cukup matang. Aku memutuskan resign dari guru honorer. Sementara itu, suami memilih resign dari salah satu kantor pemerintahan. Bukan tentang seberapa banyak materi yang akan kami dapatkan dari bisnis ini. Namun, seberapa nikmat menjalani bisnis sesuai hobi dengan keleluasaan waktu yang kami miliki.

Sungguh, bersyukur banget karena dari bisnis digital ini, keuangan kami cukup stabil. Bahkan, kami bisa menanggung beberapa kebutuhan orang tua dan mertua. Namun, untuk memutuskan fokus di bisnis digital juga tidak semudah yang teman-teman bayangkan.

Kami harus memiliki bekal dan penunjang yang cukup sebelum memutuskan resign dari pekerjaan yang selama ini kami geluti. Memang tak mudah, tetapi tak begitu susah juga, kok! Asalkan ada niat untuk belajar, meng-upgrade ilmu, dan berani membuka kesempatan selebar-lebarnya. Insya Allah, rezeki tak akan terlambat, apalagi tertukar!

Kami mulai yakin bahwa bisnis digital di masa sekarang dan mendatang sangat menjanjikan. Seperti quotes dari John Chambers, bila pebisnis tidak memiliki inovasi dan tidak mengakomodasi teknologi baru, bersiaplah bisnis yang dijalani akan tertinggal jauh dari pesaing. Dari situ, kami memiliki visi bahwa bisnis digital ini akan sangat membantu perubahan transformasi digital di berbagai sektor.

Fakta Digitalisasi Makin Digemari

Bisnis kami hadir karena melihat peluang pasar digital yang makin hari makin dibutuhkan. Menurut data terbaru dari Global Web Index, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8,5 jam perhari untuk melakukan aktivitas online. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis digital yang menjanjikan, bukan?

Sementara itu, penelitian dari Government Technology / AST survey menyebutkan 4 dari 5 negara mengatakan bahwa transformasi digital atau digitalisasi telah menjadi misi yang penting sejak pandemi Covid-19. Sekitar 66% mengatakan, bahwa mereka berencana untuk meningkatkan penggunaan platform digital untuk berbagi informasi selama 12 hingga 24 bulan mendatang.

Aktivitas Online Orang Indonesia

0
jam / hari

Misi Transformasi Digital

0
dari 5 Negara

Hasil survei yang diambil dari beberapa negara, 75% dari pemerintahan berharap akses pelayanan menjadi lebih baik berkat transformasi digital. Lalu, 69% berharap transformasi digital dapat meningkatkan pengalaman dalam layanan. Tak heran, saat ini di Indonesia transformasi digital juga disambut hangat oleh para pebisnis. Melalui digitalisasi, bisnis yang dijalankan bisa menjangkau seluruh dunia, tanpa ada batas ruang dan sekat.

Harapan Beberapa Negara Terhadap Transformasi Digital
Akses Layanan Jadi Lebih Baik 75%
Meningkatkan Pengalaman dalam Layanan 69%

Peluang Bisnis Digital Creative Bersama Gentala Design

Gentala Design kami rintis pada 1 Januari 2020. Awalnya, bisnis ini hanya berfokus pada jasa desain logo saja. Namun, saat ini Gentala Design memiliki layanan yang jauh lebih luas sejak pertama launching. Bagi kami, Gentala Design adalah wadah untuk belajar, bertumbuh, hingga menekuni hal-hal berbasis digital. Gentala Design bukan sekadar branding atau nama saja, melainkan melalui Gentala Design kami bisa survive hingga saat ini.

Nah, kira-kira bisnis digital Gentala Design seperti apa, sih? Jawabannya, tentu layanan yang kami tawarkan berdasarkan dengan kemampuan kami. Luasnya bisnis digital membuat kami harus memetakan dan mengelompokkan hal apa saja yang bisa kami kerjakan. Beberapa kali kami juga membentuk tim dan berkolaborasi dengan freelancer untuk menyelesaikan beberapa project.

Istilahnya, kami mulai melebarkan sayap untuk bekerja sama dengan seorang ahli di bidang tertentu. Semoga next, kami bisa memiliki tim tetap dan bisa memiliki kantor resmi untuk mewujudkan mimpi-mimpi kami. Aamiin. Nah, berikut ini beberapa bisnis digital Gentala Design yang kami jalankan hingga saat ini.

Layanan Gentala Design

Web Development, untuk Menunjang Berbagai Kebutuhan Digital

Ide bisnis ini muncul karena suamiku memiliki keahlian membuat website mulai dari website log (blog), company profile, website store, webapp, agency dan lainnya. Umumnya, untuk menyelesaikan satu website kami membutuhkan waktu mulai dari dua minggu hingga satu bulan. Sebenarnya tergantung konsep dari klien, sih. Kalau konsepnya sudah matang, kami bisa lebih cepat untuk mengeksekusinya.

Jadi teringat bulan lalu, kami mendapat klien untuk pembuatan webapp. Konsep dari klien yang sudah matang kami wujudkan melalui desain UI/UX dan prototyping. Setelah prototype disetujui oleh klien, lanjut proses koding yang lumayan memakan energi dan pikiran. Alhamdulillah, tidak ada kendala sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Meskipun, ada beberapa konsep yang diubah oleh klien, tentu dengan senang hati kami segera melakukan revisi dan perbaikan.

E-Wedding Invitation, Cara Baru untuk Membagikan Momen Bahagia

Terhitung baru tahun 2021 lalu, kami membuka layanan e-wedding invitation untuk menghadirkan undangan pernikahan yang unik. Hadirnya peluang ini tentu karena tren acara pernikahan saat pandemi yang dilakukan “semi digital” dengan para tamu undangan. Tak hanya e-wedding invitation berupa landing page web, kami juga sering menerima pesanan undangan pernikahan untuk dicetak dan dibagikan secara konvensional.

Desain Grafis, Cocok untuk Tampilan Media Agar Lebih Memesona

Paling excited saat kami mendapatkan klien untuk pembuatan logo, baik logo personal ataupun logo perusahaan. Bagi kami, logo bukan sekadar pengaplikasian nama, melainkan logo memiliki arti sebagai nyawa dan harapan. Rasanya tuh bahagia karena kami dipercaya untuk merepresentasikan makna dan arti logo tersebut. Selain logo, kami juga sering mendapat klien untuk pembuatan desain kaus, infographic, banner, hingga power point untuk keperluan presentasi.

Video Visual, untuk Menunjang Konten Agar Makin Bermakna

Saat ini, banyak UMKM atau pebisnis yang berlomba-lomba membuat konten berkualitas dan berbobot di media sosial untuk menarik audiens. Kami hadir dengan layanan pembuatan video visual, baik video company profile, video animasi untuk campaign, hingga video untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa. Selain itu, beberapa kali kami juga menerima video opener dan logo stings.

Persiapan yang Dibutuhkan untuk Menunjang Bisnis Digital

Merintis bisnis digital seperti Gentala Design tanpa persiapan tentu tak akan bertahan lama. Terlebih, saat ini banyak agency atau freelance yang menekuni dunia digital sekaligus menawarkan keahlian yang berhubungan dengan digitalisasi. Oleh karena itu, beberapa poin di bawah ini adalah bekal yang kami siapkan untuk lebih siap menekuni dunia digital.

1. Investasi Ilmu karena Tak Lekang Oleh Waktu

Kami betah berjam-jam menatap layar laptop hanya untuk belajar hal baru. Sungguh, mempelajari hal yang kami sukai rasanya lebih ringan dan enjoy. Ada rasa puas saat kami menemukan dan mempelajari sesuatu yang kami cari. Terlebih, saat ini banyak platform yang menyediakan ilmu gratis. Banyak pula ahli-ahli yang sukarela membagikan ilmunya melalui berbagai platform di internet.

Intinya, kita harus memiliki niat dan kemauan agar bisa meng-upgrade ilmu. Toh, sampai kapan pun kita bisa menerapkan ilmu yang kita pelajari karena tidak ada ilmu yang sia-sia. Terkadang hari ini kami belajar A, eh besoknya langsung kedatangan project yang membutuhkan penerapan ilmu tersebut.

2. Membangun Relasi Agar Bisnis Makin Diminati

Hal yang harus disiapkan selanjutnya adalah membangun relasi. Namun, sebelum membangun relasi, sebaiknya kita juga melakukan branding terlebih dahulu. Dengan begitu, bisnis yang kita jalani bisa lebih dikenal dan dipercaya oleh orang lain. Terkadang, menjalin hubungan baik dengan klien juga akan mendatangkan klien baru. Karena klien lama merasa puas dengan pekerjaan yang kami selesaikan sehingga sukarela merekomendasikan bisnis kita ke kerabat, ke rekan kerja, bahkan ke perusahaannya. Jadi, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik karena hal tersebut bisa mendatangkan relasi baru untuk bisnis kita.

Membangun relasi juga membantu kita menyelesaikan berbagai problem terkait project. Kami sering berkolaborasi dengan relasi freelancer saat ada project yang memerlukan dukungan tim untuk problem-solving. Intinya, membangun relasi tidak hanya membuat bisnis kami makin dikenal, tetapi sebagai sarana untuk saling bertukar ide, berkolaborasi, dan mengatasi masalah.

3. Amati-Tiru-Modifikasi untuk Ciptakan Inovasi

Untuk mendapatkan strategi bisnis, tidak salah kok bila kita belajar dari kompetitor. Asalkan, kita tidak melanggar ketentuan dan tidak menjiplak mentah-mentah strategi dari kompetitor. Sebisa mungkin, gunakan konsep Amati-Tiru-Modifikasi (ATM) untuk “menjual” bisnis yang sedang kita jalani. Cari kekurangan dan kelebihan kompetitor lalu bandingan dengan bisnis kita. Dengan begitu, harapannya kita bisa menawarkan inovasi baru yang unik dan berbeda dari kompetitor.

4. Upgrade Gadget Khusus Bisnis Agar Job Cepat Finish

Untuk mendukung bisnis, tentunya kita membutuhkan gadget agar bisnis kita makin lancar. Aku yakin, bukan hanya bisnis digital yang membutuhkan gadget mumpuni. Namun, bagi pebisnis seperti UMKM hingga koperasi besar juga membutuhkan peralatan pendukung seperti laptop bisnis.

Kenapa Pebisnis Harus

Menggunakan Laptop Bisnis?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa seorang pebisnis harus menggunakan laptop khusus bisnis? Padahal saat ini banyak laptop consumer yang menawarkan laptop dengan performa unggul. Eits, coba deh kita simak alasan-alasan berikut ini kenapa seorang pebisnis idealnya menggunakan laptop bisnis untuk menjalankan atau mengembangkan bisnisnya.

Dibuat dengan Kualitas Tinggi, Andal, dan Tahan Lama

Kebanyakan laptop bisnis dibuat dengan material berkualitas tinggi dan tahan lama. Hal ini sejalan dengan penggunaan laptop bisnis yang biasanya digunakan sepanjang hari untuk bekerja. Dari sisi ketahanan, laptop bisnis juga dituntut untuk lebih awet dan tidak gampang rusak dibanding laptop consumer biasa. Oleh karena itu, laptop bisnis masih bisa digunakan dengan lancar tanpa kendala untuk jangka panjang.

Menurut kami memilih laptop yang andal dan tahan lama merupakan hal yang sangat penting. Terlebih, laptop termasuk sebuah aset yang harus dijaga dan dirawat. Jangan sampai kita mengeluarkan dana berlebih karena laptop yang digunakan sering rusak atau bermasalah.

Seperti kejadian yang kami alami beberapa bulan lalu, kami memang masih menggunakan laptop consumer biasa untuk menjalani bisnis ini. Alhasil laptop kami sering digunakan untuk menyelesaikan deadline hingga kerja over sepanjang hari. Laptop kami pun mengalami kerusakan di beberapa bagian, seperti keyboard, webcam, hingga sasis yang pecah.

Memiliki Sistem Keamanan & Privacy yang Ditingkatkan

Jujur, selama ini kami khawatir karena menyimpan berbagai berkas penting, seperti bank data, login account, dan file project dari klien hanya di laptop consumer biasa. Hal ini merupakan risiko yang cukup besar karena keamanan laptop biasa sangat jauh berbeda dengan laptop bisnis. Tentunya, bila kami sudah menggunakan laptop bisnis, kami tak akan khawatir karena data lebih aman. Laptop bisnis juga menawarkan sistem privacy yang lebih terjamin. Dengan beberapa fitur tambahan di laptop bisnis juga menjadikan waktu kerja kita lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, memiliki laptop bisnis untuk mengembangkan bisnis digital adalah sebuah impian. Bagi kami, laptop merupakan amunisi dalam menjalani bisnis digital ini. Tanpa laptop, kami tidak akan bisa menghasilkan karya dan menjalankan bisnis ini. Nah, begitu kemarin tahu ASUS ExpertBook B5 OLED Series hadir untuk segmen bisnis, kami langsung kepincut dong. Sungguh! Terlebih, layarnya OLED, uy! Mendesain berjam-jam, tidak akan membuat mata cepat lelah dong!

ASUS ExpertBook B5 OLED Series

Dukung Segudang Produktivitas dan Bisnis

ASUS meluncurkan laptop ExpertBook B5 OLED Series yang dirancang khusus untuk para profesional bisnis. Laptop ini memiliki dua series yang bisa kita pilih sesuai dengan style kita. Ada seri ASUS ExpertBook B5 OLED (B5302CEA) dengan form factor clamshell dan ASUS ExpertBook B5 Flip OLED (B5302FEA) yang convertible. Laptop seri ini sangat cocok untuk menunjang bisnis digital yang kami jalankan. Terlebih seri ini mengusung desain ultra-portable, sehingga cocok untuk dibawa kemanapun saat berbisnis dengan partner.

Tidak hanya untuk menunjang bisnis digital, ASUS ExpertBook B5 OLED Series juga pas digunakan untuk para UMKM hingga segmen pengusaha atau perkantoran seperti koperasi. Nah, bila teman-teman membutuhkan laptop profesional bisnis yang powerful, desain luwes, dan ultra-portable coba deh pertimbangkan ASUS ExpertBook B5 OLED Series.

Meskipun laptop ini hadir untuk segmen profesional bisnis, tetapi ASUS juga mengedepankan tampilan yang modern. Terbukti ExpertBook B5 OLED series tersedia dalam seri flip yang convertible. Makanya, kami sangat tergiur dengan tampilan dan desain yang ditawarkan ASUS ExpertBook B5 Flip OLED (B5302FEA). Nah, agar tidak hanya kami yang kepincut, kali ini aku akan mencoba membahas laptop ini lebih dalam, siapa tahu teman-teman sedang membutuhkan laptop bisnis.

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED

Teman Bisnis Para Milenial

Umumnya, laptop bisnis hanya mengutamakan security, manageability dan performa. Namun, saat ini seiring berubahnya kebiasaan yang lebih banyak mobilitas, laptop bisnis dengan portabilitas dan fleksibilitas mulai digemari oleh para pebisnis. Dalam segi desain juga mengalami peningkatan menjadi lebih modern, compact, dan estetik. Cocok banget untuk para milenial yang sedang merambah ke dunia bisnis. Supaya makin jelas, simak kelebihan yang dimiliki ASUS ExpertBook B5 Flip OLED, yuk!

Laptop Bisnis Anak Muda dengan Desain Penuh Gaya

Ngomongin laptop bisnis pasti yang terlintas di benak teman-teman adalah laptop “bongsor” dengan desain jadul, kan? Namun, tenang saja! Itu kan laptop bisnis zaman dulu yang hanya mementingkan durabilitas dan keamanannya saja. Kalau sekarang beda dong, karena sudah ada laptop ASUS ExpertBook B5 Flip OLED yang dibuat dengan konsep kesuksesan bisnis dalam gaya. Keren, kan?

Bagaimana tidak keren, laptop ini mempunyai desain convertible dengan layar yang dapat dilipat hingga 360°. Oleh karena itu, laptop ASUS ExpertBook B5 Flip OLED sangat fleksibel digunakan dalam berbagai mode. Kita bisa menggunakannya, seperti laptop biasa, tablet, stand hingga tent. Bagiku fitur ini sangat berguna, apalagi saat kita akan memaparkan presentasi maupun kolaborasi project dengan partner bisnis.

Oh iya, ngomongin soal layar, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dibekali dengan layar sentuh 13.3 inch berpanel OLED, lho. Tahu kan kalau layar OLED ini dapat memberikan warna yang lebih tajam dan realistis? Dengan color gamut DCI-P3:100% membuat tampilan warna yang lebih kaya dan vivid. Oleh karena itu, laptop ini cocok untuk menyelesaikan project yang mengutamakan keakuratan warna seperti project desain grafis dan video. Bagi pelaku bisnis yang bergelut di bidang desain, tentu tak perlu khawatir dengan keakuratan warna layar laptop ASUS ExpertBook B5 Flip OLED karena telah disertifikasi PANTONE® Validated OLED display.

LCD OLED

Selain itu, layar ini memiliki contrast ratio yang lebih baik dibandingkan dengan panel LCD biasa. DisplayHDR™ memungkinkan layar memiliki kontras rasio 1.000.000:1 yang menampilkan warna hitam lebih pekat. Hal ini dikarenakan layar OLED memproduksi cahaya dan warna dari setiap pixel. Gambar yang dihasilkan pun menjadi lebih detail meskipun dalam scene gelap.

Tak hanya itu, layar ini juga memiliki resolusi 1920 x 1080 dengan screen-to-body ratio 78% dan tingkat kecerahan hingga 400 nits. Selain itu, teknologi anti-glare display dan 70% low blue light menjadikan laptop ini nyaman digunakan sepanjang hari. Untuk mendukung produktivitas, laptop ini juga dapat digunakan dengan Stylus ASUS Pen yang mendukung 4096 tingkat sensitivitas tekanan. Cocok banget untuk mendesain, membuat catatan rapat, maupun menggambar, kan?

Nah untuk mengimbangi desain dan layar yang memukau, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED memiliki body yang ringan dan compact, lho. Sasis bagian atas dan bawah terbuat dari alumunium murni. Sementara itu, di sekitar area keyboard terbuat dari magnesium-aluminium sehingga bobot laptop ini hanya 1.3 kg saja. ASUS ExpertBook B5 Flip OLED memiliki dimensi panjang 30.90 cm, lebar 21.06 cm, dan ketebalan hanya 1.69 cm. Ringkas dan ringan, kan? Tentunya bikin nyaman ketika laptop ini dibawa bepergian.

Bagaimana, nih? Teman-teman sudah ikutan kepincut untuk memiliki ASUS ExpertBook B5 Flip OLED, belum? Kalau aku sih pengin banget. Terlebih, bisnis kami memang menekuni dunia desain grafis yang sering bergelut pada keakuratan warna. Desainnya yang compact dan convertible juga mencerminkan bisnis anak muda dengan penuh gaya.

asus-body-intro

Berat 1.3 KG

Star Black

Panjang 30.90 cm

Lebar 21.06 cm

Lebar 1.69 cm

Support ASUS Pen (4096 sens)

mesin

Intel® Core™ i7 generasi ke-11

Intel® Iris Xᵉ Graphics

16GB DDR4 RAM up to 48 GB

SSD 512GB M.2 NVMe™ upto 1TB

Slot Ekspansi M.2 2280 upto 1TB

Performa Cepat Produktivitas Kian Meningkat

Demi menunjang kerja lebih ringan dan efisien, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dibekali dapur pacu yang mumpuni. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-11 (i7-1165G7) dengan 4 cores dan 8 threads serta telah tersemat Intel® Iris Xᵉ Graphics di dalamnya. Prosesor ini memiliki kecepatan base clock 1.2 – 2.8 GHz dan boost clock hingga 4.7 GHz, lho. Dengan jumlah cores dan threads yang banyak, kecepatan boost clock yang tinggi, membuat laptop ini kuat untuk diajak kerja multi-tasking sepanjang hari.

Hal ini sejalan dengan dukungan RAM 16GB DDR4 on board yang masih dapat ditambah hingga total 48GB. Tentu membuat kerja multi-tasking makin lega dan lancar. Di bagian penyimpanan, laptop ini dibekali SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 yang super ngebut. Hebatnya lagi, laptop ini masih dapat ditambah penyimpanan hingga total 2TB berkat slot ekspansi M.2 2280 PCIe 3.0×4. Wah, ini sih sangat cukup untuk menyimpan file project klien yang makin hari makin bertambah. Terlebih, file desain dan video membutuhkan ruang yang tidak sedikit, bukan?

Oh iya ngomongin soal penyimpanan, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED sudah mendukung teknologi Redundant Array of Independent Disks (RAID). Baik RAID 0 (Striping) maupun RAID 1 (Mirroring). Teknologi RAID 0 memungkinkan berkas disimpan dan disebar di kedua drive yang berbeda. Oleh karena itu, teknologi ini dapat memaksimalkan kinerja write-read karena tugas dibebankan ke beberapa drive. Sementara itu, RAID 1 memungkinkan berkas disalin di kedua drive untuk menjamin data tetap aman jika salah satu drive rusak.

Satu lagi nih, dikarenakan ASUS ExpertBook B5 Flip OLED ini merupakan laptop bisnis, tentunya sistem operasi yang dipakai juga lebih baik dong dibandingkan laptop konsumer biasa (Windows Home). Nah, menariknya laptop ini sudah pre-installed Windows 10 Pro, bahkan dapat di-upgrade ke Windows 11 Pro secara gratis (beberapa seri laptop sudah Windows 11 Pro pre-installed). Eh, memang ada bedanya dengan sistem operasi versi Windows versi Home? Tentu ada bedanya dong! Windows versi Pro ini memiliki opsi keamanan dan fitur yang ditingkatkan, seperti BitLocker Device Encryption, Cloud Management yang memungkinkan kerja di manapun, account policy, dan lain sebagainya.

Tidak hanya desain laptopnya saja yang keren, tetapi laptop ini juga memiliki dapur pacu yang mencerminkan konsep produktivitas tanpa batas. Dengan manajemen penyimpanan yang oke dan sistem operasi yang pro menjadikan laptop ini menjadi pilihan yang tepat untuk para pebisnis.

Bisnis Tetap Terhubung dengan Konektivitas Pendukung

Hidup di era digital ini mengharuskan kita untuk tetap terhubung daring. Segala aktivitas mulai merambah ke dunia digital mulai dari meeting, jual-beli, maupun remote working. Perangkat kerja yang mendukung teknologi baru akan membuat kerja lebih efisien dan lebih mudah.

Maka dari itu, fitur konektivitas ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dilengkapi beberapa teknologi baru seperti Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0 (dual band). Dengan adanya teknologi terbaru tersebut, laptop ini dapat terhubung melalui internet maupun bluetooth tanpa kendala. Apalagi jaringan Wi-Fi 6 memiliki banyak keunggulan seperti koneksi lebih cepat 40% dibanding Wi-Fi 5, kapasitas jaringan yang besar dan hemat baterai. Jadi, kita tidak perlu khawatir saat meeting online koneksi sering ngelag. Kan tidak lucu saat kita menjadi pembicara via online, tetapi koneksi sering terputus, bisa-bisa kita dianggap kurang profesional.

Kecepatan Wi-Fi 6
Hingga 9.6 Gbps
Kecepatan Wi-Fi 5
Hingga 4.5 Gbps
Audio

Combo Audio 3.5mm

Power

Tombol Power

USB 3.2

USB 3.2 Gen 2 Type-A

HDMI 2.0

HDMI support 4K

Lock

Kensington lock slot

Thunderbolt 4

2 port Thunderbolt™ 4 Type-C. Kecepatan transfer data 40 Gbps

micro HDMI

Micro HDMI support RJ45

Selain konektivitas nirkabel, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED juga memiliki port Input-Output (I/O) yang lengkap. Ada Combo Audio Jack 3.5mm, micro HDMI (RJ45 lan), USB 3.2 Gen 2 Type-A, HDMI 2.0b, dan dua Thunderbolt™ 4 Type-C yang telah mendukung display serta power delivery.

multi-monitor

Layar Utama OLED

Extended Screen via HDMI

Extended Screen via Thunderbolt™ 4

Extended Screen via Thunderbolt™ 4

Oh iya dengan hadirnya dua port Thunderbolt™ 4 dan satu port HDMI 2.0, laptop ini dapat menampilkan tiga display sekaligus ke layar UHD 4K eksternal, lho. Fitur ini sangat membantu kita jika memerlukan tampilan extend tambahan saat bekerja multi-tasking. Hayo, siapa nih yang sering menggunakan multi display saat kerja? Kalau aku sih memang sangat senang menggunakan beberapa monitor saat bekerja. Rasanya, kerja jadi lebih efisien dan tidak repot-repot swipe berbagai aplikasi.

Nah, untuk menunjang kerja lebih nyaman, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED memiliki backlit keyboard dengan tombol fungsi khusus. Kita dapat dengan mudah mengambil screenshot, mengaktifkan webcam, menonaktifkan mikrofon, mengaktifkan noise canceling, hingga akses aplikasi MyASUS hanya lewat tombol fungsi di bagian atas keyboard.

Selain tombol fungsi pada keyboard, ada juga fitur NumberPad 2.0 yang tersemat di bagian touchpad. NumberPad ini memungkinkan kita untuk mengetik angka di touchpad dengan mudah. NumberPad ini dapat diaktifkan dengan mengetuk ikon di kanan atas. Seentara itu, kecerahannya juga dapat diatur melalui ikon di kiri atas.

Bagaimana nih, sudah bisa membayangkan nyamannya bekerja dengan ASUS ExpertBook B5 Flip OLED? Oh iya, ada satu lagi fitur menarik yang bakal bikin kita lebih betah bekerja seharian. Mau tahu? Yap! Fitur engsel ASUS ErgoLift. Fitur ini secara otomatis bisa memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman saat layar dibuka. Fitur ini juga memberikan space di bawah laptop untuk sirkulasi udara agar lebih lancar. Oleh karena itu, menjadikan laptop ini tidak mudah panas.

Kalau laptop sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti ASUS ExpertBook B5 Flip OLED sih bakal betah banget kerja seharian, ya? Terlebih, baterai laptop ini mempunyai kapasitas 66Wh yang dapat bertahan hingga 12 jam. Baterai pun dapat terisi hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit saja. Jadi, tidak masalah ketika kita sering menyelesaikan pekerjaan saat bepergian.

Bisnis Makin Kuat dengan Keamanan dan Privasi Data yang Ketat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, laptop bisnis memang dirancang memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding laptop consumer biasa. ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dilengkapi fitur keamanan advanced untuk perlindungan data yang lebih baik.

Laptop ini memiliki sistem keamanan biometrik internal berupa fingerprint sensor yang menyatu dengan tombol daya. Dengan integrasi fitur Windows Hello, kita cukup mengetuk dengan sidik jari untuk masuk ke sistem operasi. Hal ini cenderung lebih aman daripada kita mengetikkan sandi atau pin yang rentan terekspos.

Selain itu, laptop ini juga terdapat sistem keamanan backend yang melindungi laptop dari peretasan. Chip TPM 2.0 yang tertanam pada laptop memastikan data seperti kata sandi, kunci enkripsi dan data transaksi penting tetap aman. TPM memungkinkan data penting yang tersimpan terenkripsi dan tidak bisa dibaca oleh peretas.

Untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan privasi, pada bagian webcam laptop ini dilengkapi dengan penutup fisik (webcam privacy shield) yang berguna menutup webcam ketika tidak digunakan. Penutup ini dapat dibuka dan ditutup dengan mudah hanya menggeser ke kiri atau ke kanan.

Privacy Live

Nah, untuk pengalaman remote working dan meeting, ASUS ExpertBook B5 Flip OLED memiliki fitur menarik yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan privacy, nih. User-status indicator, merupakan lampu led kecil pada bagian belakang layar. Lampu led ini otomatis menyala merah saat kita sedang melakukan panggilan ataupun meeting melalui aplikasi. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda untuk memberitahu orang sekitar supaya tidak mengganggu kita ketika sedang sibuk.

Dengan laptop ini, pengalaman remote working juga menjadi lebih profesional berkat fitur AI noise-canceling dan AI noise-reducing. Noise-canceling merupakan peredam bising dua arah yang memastikan suara masuk dan keluar saat panggilan menjadi lebih jernih. Pasti kan di antara kita sering merasa kesal saat meeting online ada suara bising sekitar yang masuk. Nah, dengan adanya noise-canceling semua kebisingan itu bisa hilang, deh. Canggih banget ya, laptop ini?

Sementara itu, noise-reducing merupakan fitur di webcam yang dapat menghilangkan noise hingga 23% pada gambar yang dihasilkan. Dengan begitu, gambar di layar laptop akan tampak jernih dengan detail yang lebih baik. Berkat kedua fitur AI tersebut tentunya pengalaman remote working dan meeting menjadi lebih profesional dan nyaman.

Tes Jatuh

Lolos uji tes jatuh dari berbagai sisi setinggi 120 cm saat laptop dihidupkan

Ketahanan Port

Tahan hingga 15.000 kali pengujian colok-lepas

Tes Engsel

Lolos tes 50.000 kali buka tutup engsel laptop

Tes Tumpah

Uji ketahanan tumpahan cairan ke keyboard hingga 66cc

Selain peningkatan keamanan, laptop bisnis juga memiliki durabilitas yang andal. Begitu juga laptop ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dirancang dengan build quality yang tangguh. Ketangguhannya bahkan diakui melalui sertifikasi lolos pengujian ekstrem berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Ketangguhan tersebut sangat penting untuk memastikan seri laptop ExpertBook B5 OLED untuk selalu diandalkan, baik untuk pengoperasian dalam kondisi ekstrem hingga penggunaan sehari-hari, suhu ekstrim, guncangan yang tinggi, dan jatuh.

Pengelolaan Tambahan Eksklusif ASUS

MyASUS

Perangkat lunak yang sangat berguna mengatur dan kustomisasi tambahan. Seperti profil kecepatan kipas dalam berbagai skenario, mengaktifkan fitur peredam bising, menghubungi pusat layanan, dan lain-lain.

ASUS Control Center

Perangkat lunak manajemen yang berguna untuk mengatur dan mengontrol laptop secara jarak jauh berbasis web. Tentunya, sangat berguna untuk memantau kesehatan atau kelayakan aset perusahaan.

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5 OLED Series

Karena laptop ASUS ExpertBook B5 OLED ini memiliki dua seri, berikut ini aku sisipkan dua tabel spesifikasi dari masing-masing seri. Semoga, adanya tabel spesifikasi ini bisa membantu teman-teman untuk membandingkannya.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Flip OLED

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED (B5302FEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

16GB on board Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp21.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Spesifikasi ASUS ExpertBook B5 OLED

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp22.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Di mana Bisa Mendapatkan

ASUS ExpertBook B5 OLED Series?

Untuk mendapatkan ASUS ExpertBook B5 OLED Series ini, teman-teman bisa langsung mengunjungi official store, baik secara online maupun offline. Karena laptop ini termasuk salah satu laptop untuk para profesional, teman-teman harus menanyakan stoknya terlebih dahulu ke store yang akan teman-teman kunjungi. Biasanya, laptop ini bisa didapatkan di store offline kota-kota besar. Namun, jika teman-teman ingin membelinya melalui online, pastikan memilih website official store ASUS, ya! Tujuannya, agar terjamin keaslian dan originalitas-nya.

Harga ASUS ExpertBook B5 OLED Series

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED

Rp. 21 Jutaan

ASUS ExpertBook B5 OLED

Rp. 22 Jutaan

Untuk harga ASUS ExpertBook B5 OLED (B5302CEA) mulai dari Rp. 22 jutaan. Sementara itu, untuk ASUS ExpertBook B5 Flip OLED (B5302FEA) mulai dari Rp. 21 jutaan. Bagaimana? Untuk sekelas laptop profesional bisnis, harga tersebut termasuk murah atau mahal, nih?

Menurutku, harga yang ditawarkan sangat sebanding dengan performa dan spesifikasi yang dimiliki laptop ini untuk menunjang bisnis. Toh, saat ini segala sesuatu sudah mulai go digital. Jadi, laptop menjadi salah satu aset yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis. Demi apa? Demi mendukung bisnis yang makin lancar dan menghasilkan, terlebih untuk bisnis digital yang kami jalankan. 

5 Alasan Memilih Brand ASUS untuk Mendukung Bisnis

Siapa sih yang tidak kenal brand ASUS? ASUS masuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune, lho. Menurut lembaga riset terkemuka GfK, hingga awal kuartal ketiga 2021, ASUS berhasil menguasai pangsa pasar laptop consumer di Indonesia dengan 30,9%. Artinya, angka ini terpaut cukup jauh dengan capaian produsen lain yang berada di perangkat kedua dan ketiga di pasar Indonesia. 

Untuk detailnya, hingga awal kuartal ketiga 2021, laptop ASUS berbasis Intel menguasai 35,9 % pasar. Sementara itu, untuk laptop berbasis AMD, penguasaan pasar ASUS mencapai 23.3 %. GfK juga menyebutkan sejak awal tahun sampai akhir kuartal ketiga 2021, total penjualan perangkat komputasi mencapai sekitar 1,168 juta unit. Wow banget kan, ya? Nah, biar teman-teman makin yakin memilih ASUS, berikut ini ada beberapa alasan dari aku kenapa memilih brand ASUS. Simak hingga selesai, ya! 

ASUS Brand Motherboard No. 1 di Dunia

Motherboard merupakan kunci kualitas dan keandalan suatu PC atau notebook. Nah, sejak tahun 1989 ASUS telah menjual lebih dari 500 juta motherboard, lho. Makanya, hingga sekarang ini, 1 dari 3 komputer yang terjual di dunia menggunakan motherboard ASUS. Jadi, tidak heran lagi kalau ASUS merupakan salah satu brand motherboard nomor 1 di dunia.

Perusahaan IT paling TOP di Dunia

Teman-teman tahu nggak kalau ASUS berada pada peringkat 10 dalam kategori Elektronik Konsumer sebagai “Perusahaan
paling Inovatif 2010”? Peringkat dan kategori ini diberikan oleh Fast Company. Fast Company merupakan media publikasi yang selalu memantau perkembangan web dan industri teknologi dunia.

ASUS juga memiliki berbagai aplikasi eksklusif untuk meningkatkan kemampuan laptop. Termasuk tools yang berguna dan utilitas untuk komputasi sehari-hari. Tak hanya itu, ASUS juga menyediakan aplikasi untuk meningkatkan pengalaman hiburan dan software untuk meningkatkan produktivitas.

ASUS NO. 1 dalam Kualitas dan Pelayanan

Sejak tahun 2001 hingga sekarang ASUS menerima 61.520 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia. Hal ini menunjukkan bahwa ASUS memiliki visi dan misi mendalam untuk berbagai gebrakan inovasi terbaiknya. ASUS juga mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan yang memiliki kualitas dan pelayanan terbaik oleh The Wall Street Journal Asia.

Oleh karena itu, teman-teman tidak perlu khawatir terhadap kualitas ASUS. Karena setiap produknya, sudah pasti lolos quality control untuk berbagai pengujian ekstrim. Pengujian ekstrim tersebut, seperti tes keyboard, tes kebisingan, tes engsel, tes getaran, tes abrasif, tes tekanan, tes goncangan, tes akselerasi tinggi, tes temperatur, tes pemelintiran, tes port, hingga tes jatuh.

Menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan

ASUS merupakan perusahaan pertama di dunia yang meraih Sertifikat EU Flower Eco untuk komputer dekstop dan Sertifikat EuP untuk notebook. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa ASUS selalu mengedepankan inovasi dan kualitas. Tak hanya itu, ASUS juga menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan, lho. 

Banyaknya Service Center yang Tersebar di Penjuru Kota

ASUS memiliki service center yang tersebar di seluruh kota Indonesia, bahkan di kota yang tidak begitu besar pun terdapat layanan service center ASUS. Selain itu, ASUS juga memiliki Service Partner yang terdapat di berbagai store elektronik. Kadang, satu kota bisa memiliki lebih dari 5 ASUS Service Partner yang bisa teman-teman pilih.

Oya, setiap pembelian laptop resmi ASUS, otomatis kita akan mendapatkan garansi perbaikan selama 2 tahun di dalam negeri maupun secara global. Garansi ini tentu saja berlaku bila kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian konsumen. Namun, tenang saja, sejak tahun 2020 lalu, ASUS juga melengkapi layanan dengan memberikan ASUS Perfect Warranty.

ASUS Perfect Warranty merupakan layanan garansi eksklusif dari ASUS di tahun pertama masa garansi notebook. Layanan ini akan menanggung 80% biaya jasa perbaikan dan spare part untuk kerusakan-kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna.

Nah, bagaimana? Sudah yakin memilih brand ASUS untuk laptop pebisnis, kan?

Bisnis di Era Digital Makin Lancar dengan ASUS ExpertBook B5 OLED Series

Untuk mencapai level bisnis yang makin tinggi, tentu perlu adanya dukungan dari perangkat laptop bisnis dengan performa tinggi. Selain mengutamakan security dan manageability, laptop bisnis masa kini juga mengutamakan portabilitas dan fleksibilitas. Ya, mengingat kebiasaan yang dilakukan saat pandemi, kita banyak melakukan kegiatan mobile, bukan? Oleh karena itu, membangun atau mengembangkan bisnis pasca pandemi ini tentu membutuhkan laptop bisnis yang compact dengan fitur yang lengkap.

Semoga, teman-teman pelaku bisnis di luar sana tetap bisa survive bahkan berkembang pesat dan optimis dengan inovasi bisnisnya. Pelan-pelan, yuk coba upgrade alat kerja seperti laptop dengan generasi terbaru. Tujuannya, agar bisnis yang kita jalankan makin optimis, aman, lancar, dan produktivitas kita juga meningkat. Semoga lagi, di tahun 2022 ini kita bisa memiliki laptop bisnis idaman ASUS ExpertBook B5 OLED supaya bisnis kita makin optimis, ya! Aamiin

Sumber:

1. https://www.asus.com

2. https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B5-B5302C-11th-Gen-Intel/techspec/

3. https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B5-Flip-B5302F-11th-Gen-Intel/

4. https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/GKdjgv4b-tren-digital-marketing-di-tahun-2022

5. https://papers.govtech.com/Heres-How-the-Pandemic-is-Accelerating-Digital-Transformation-136582.html

6. https://www.quora.com/Is-there-a-difference-between-consumer-and-business-laptops

7. https://www.laptopmag.com/articles/10-reasons-why-consumers-should-buy-business-notebooks

8. https://www.diffen.com/difference/RAID_0_vs_RAID_1

9. https://ark.intel.com/content/www/us/en/ark/products/208921/intel-core-i71165g7-processor-12m-cache-up-to-4-70-ghz-with-ipu.html

10. https://www.asus.com/content/Laptop-OLED/

11. https://www.microsoft.com/en-us/windows/compare-windows-11-home-vs-pro-versions

12. https://www.howtogeek.com/368332/wi-fi-6-what%E2%80%99s-different-and-why-it-matters/

13. https://sea.pcmag.com/components/44477/what-is-a-tpm-and-why-do-i-need-one-for-windows-11

3 komentar

joecandra18 7 April 2022 - 23:11

Wooooowwww ini sih keren banget tulisannya kak. Kayaknya bakal meminang expertbook nih, mantabbbb kak heheh

Balas
Yolani 5 April 2022 - 08:38

wah baru tau nih bedanya laptop biasa dg laptop bisnis. oke juga ya fitur2 tambahannya. bisa dipertimbangkan jika memiliki bisnis untuk pakai laptop bisnis ini

Balas
fanny_dcatqueen 1 April 2022 - 06:16

Aku tadi udah bersiap utk baca harga di atas 50mio . Langsung takjub ternyata masih 20an Mio . Masih masuk budget.. soalnya lagi nyari laptop baru mba, yg skr ini udah kayak hidup segan mati ga mau . Lemotnya astaghfirullah.. udah tua juga sih…

Makanya lagi seneng baca segala macam review laptop. Dan Asus memang inceranku dr awal.

Naah paling suka kalo yg mereview punya background di bidang digital, Krn dia pasti ngerti mana laptop yang paling sesuai utk kerjanya dia . Soalnya aku cari laptop memang yg tangguh, warnanya bagus, aman buat nyimpen data2 confidential. Juga aksesnya cepat. Jadi kayaknya fix aku milih Asus yg utk business ini aja sih ❤️

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: