Perlindungan Kesehatan Digital dan Cashless:

Bikin Hidup Aman dan Nyaman

by Ella Fitria | 21 Juni 2022

Pasca pandemi, aku merasakan perkembangan digital makin terasa. Salah satu penyebab fenomena ini mungkin dipercepat oleh perubahan kebutuhan dan preferensi pembayaran akibat pandemi Covid-19. Menurut penelitian dari ACI Worldwide dan YouGo, tercatat lebih dari separuh konsumen di Indonesia atau sekitar 55% memilih menggunakan metode pembayaran digital yang terhubung ke rekening bank mereka sebagai cara pembayaran yang lebih disukai.

0 %

Konsumen Indonesia

Memilih menggunakan metode pembayaran digital

Bahkan, saat ini ada inovasi terbaru asuransi kesehatan digital dan cashless, lho. Jadi, kita cukup mendaftar dan melakukan verifikasi secara online tanpa perlu antre dan keluar rumah. Praktis, kan? Berbicara soal asuransi kesehatan, aku jadi ingat betapa orang tuaku kalang kabut saat aku dilarikan ke UGD.

Gara-Gara Sakit, Sebidang Tanah pun Melayang

Malam itu, kondisiku sangat drop padahal sebelumnya aku sangat sehat alias nggak merasakan sakit apa pun. Ternyata, setelah dilakukan pemeriksaan oleh beberapa dokter spesialis, aku divonis memiliki penyakit kista. Malangnya, aku nggak memiliki asuransi kesehatan dan harus rawat inap hingga 2 minggu lamanya. Kebayangkan? Berapa puluh juta yang harus dibayarkan orang tuaku untuk membayar biaya rumah sakit?

Rawat Inap di Rumah Sakit Karena Kista

Alhasil, uang yang seharusnya dialokasikan untuk membayar biaya kuliah langsung habis pada saat itu juga. Begitu waktunya aku masuk kuliah, orang tuaku harus menjual aset berupa tanah. Sungguh, jika dibayangkan menyakitkan sekali karena harus merelakan tanah yang harganya setiap tahun mengalami kenaikan. Coba saja saat itu aku memiliki asuransi, aku yakin alokasi biaya kuliah dan sebidang tanah orang tuaku masih utuh.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Hal ini tentu menjadi pembelajaran aku dan suamiku untuk lebih perhatian dengan risiko kesehatan yang bisa saja terjadi tanpa tahu kapan waktunya. Ibaratnya, pelan-pelan kami jadi belajar untuk #LoveLife. Makanya, aku sangat tertarik dengan berbagai asuransi kesehatan yang ditawarkan. Terlebih, dengan inovasi asuransi kesehatan digital dan cashless dari #AstraLife.

Pentingkah Asuransi Kesehatan
Digital dan Cashless?

Mungkin, bagi sebagian orang akan mempertanyakan hal serupa. Apakah asuransi itu penting untuk kita? Beberapa orang ada yang beranggapan kalau membeli asuransi itu ujungnya bakal merugi. Hal tersebut dikarenakan mereka menganggap asuransi itu seperti investasi yang nantinya akan mendapatkan keuntungan berkali lipat.

Padahal, konsep asuransi kesehatan ibarat kita membeli plester luka yang harganya nggak seberapa dibandingkan kita membiarkan luka tersebut terbuka hingga infeksi dan berujung membebani finansial di kemudian hari. Nah, jika kita sudah memiliki plester luka, kita nggak akan khawatir jika anggota tubuh kita terluka. Kita bisa sedikit tenang karena bisa menutup luka tersebut dengan plester yang kita miliki.

Asuransi Bagaikan Trampolin untuk Mewujudkan Mimpi-Mimpi

Menariknya, Astra Life memiliki analogi asuransi sebagai sebuah trampolin. Maksudnya, dengan memiliki asuransi, kita bisa lebih leluasa untuk melompat tinggi tanpa takut jatuh dan merasakan sakit. Secara nggak langsung, Astra Life mengajak kita untuk bisa mencintai hidup tanpa takut dengan risiko yang ada. Dengan begitu, kita bisa bermimpi lebih jauh dan mampu mewujudkannya.

Terlebih, jika kita memiliki asuransi kesehatan digital dan cashless, tentu asuransi jenis ini sangat mempermudah hidup kita. Aku yakin sih, kejadian menjual sebidang tanah nggak akan terjadi lagi jika kita sudah memiliki asuransi kesehatan. Namun, sekali lagi kita harus selektif dalam memilih layanan asuransi kesehatan, ya. Kalau aku prefer ke asuransi kesehatan digital dan cashless seperti Asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection. Mau tahu alasannya? Mari simak artikel ini hingga selesai, ya!

Yuk Kenalan

Asuransi Flexi Hospital
& Surgical Protection

Nah, kabar baiknya, saat ini Astra Life melalui lovelife.co.id menawarkan produk asuransi kesehatan terbaru, yakni Flexi Hospital & Surgical Protectional. Flexi Hospital & Surgical Protection merupakan asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit yang tersebar di Indonesia. Jadi, asuransi kesehatan ini memberikan manfaat perawatan di rumah sakit sesuai tagihan dengan fasilitas cashless.

Perbedaan asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection dengan asuransi lainnya terletak pada biaya-biaya yang di-cover. Nah, berikut ini biaya-biaya yang di-cover oleh asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection meliputi:

  • Biaya kamar rawat inap hingga Rp. 2.000.000/hari
  • Biaya pembedahan
  • Biaya kunjungan dokter (umum & spesialis)
  • Perawatan sebelum rawat inap
  • Perawatan setelah rawat inap
  • Biaya rawat jalan kanker (radioterapi dan kemoterapi)
  • Biaya rawat jalan darurat
  • Biaya rawat jalan gigi darurat
  • Biaya cuci darah
  • Biaya fisioterapi termasuk terapi okupasi dan terapi wicara
  • Aneka perawatan rumah sakit

Banyak juga ya biaya yang akan di-cover oleh asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection. Dengan begitu #TagihanRSjadiRingan bukan? Selanjutnya, yuk kita intip berapa besar premi bulanannya. Tapi, tenang! Menurutku premi bulannya sangat terjangkau, kok. Terlebih, asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection memiliki lima pilihan harga kamar rawat inap yang bisa kita pilih. Berikut rincinya simulasi premi yang harus aku bayar perbulan.

Plan A
Premi
Rp 134.800/bulan
Plan B
Premi
Rp 274.600/bulan
Plan C
Premi
Rp 373.300/bulan
Plan D
Premi
Rp 509.400/bulan
Plan E
Premi
Rp 663.500/bulan

Nah, untuk mengetahui berapa premi yang harus kita bayar setiap bulan, teman-teman bisa mencoba kalkulator premi. Kita cukup mengisi jenis kelamin, usia, dan berapa harga kamar yang ingin di-cover oleh Flexi Hospital & Surgical Protection. Teman-teman bisa mengunjungi ilovelife.co.id untuk mencoba kalkulator premi dan mengetahui manfaat dari produknya. Supaya nggak ketinggalan info asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection teman-teman juga bisa mengikuti akun Instagram @ilovelife.co.id dan @astralifeid.

Alasan Memilih

Asuransi Flexi Hospital
& Surgical Protection

Di era digital saat ini, memiliki asuransi kesehatan nggak perlu repot lagi. Segala prosesnya dilakukan secara digital dan cashless, mulai dari pendaftaran hingga klaim asuransinya. Selain itu, asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection juga memiliki banyak keunggulan yang bisa kita rasakan manfaatnya. Penasaran apa saja pertimbanganku menjatuhkan pilihan kepada asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection? Yuk, simak poin-poin berikut ini:

Proses Pendaftaran yang Mudah dan Cepat

Tanpa Cek Medis

Premi Mulai dari Rp100 Ribuan Per Bulan

Fasilitas Medical Check Up Setiap 2 tahun

Klaim Secara Cashless dengan e-Card

Proses Pendaftaran yang Mudah dan Cepat

Seperti yang aku sebutkan di atas, untuk melakukan pendaftaran Asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection dilakukan secara digital dengan fasilitas cashless. Proses pendaftarannya cukup 5 menit saja, kok! Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asal terhubung dengan internet. Kita nggak perlu repot-repot antre dan membuang waktu untuk mengurusnya secara offline.

Tanpa Cek Medis

Teman-teman nggak salah baca, kok. Untuk mendaftar asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection nggak perlu melakukan cek medis. Jadi, kita cukup mengisi data diri saja. Untuk lebih jelasnya, nanti akan aku tuliskan cara mendaftar asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection, ya!

Premi Mulai dari Rp100 Ribuan Per Bulan

Kapan lagi bisa memiliki asuransi digital dan cashless dengan premi bulanan mulai dari Rp100 ribuan saja? Terlebih, dengan premi Rp100 ribuan/bulan kita akan mendapatkan cover harga kamar Rp300 ribu/malam dengan limit Rp50 juta/tahun. Padahal, kalau kita hitung-hitung, premi Rp100 ribu x 12 bulan, totalnya hanya Rp1,2 juta. Namun, kalau kita memiliki asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection bisa mendapat limit berkali-lipat.

Fasilitas Medical Check Up Setiap 2 tahun

Alasan selanjutnya aku tertarik dengan asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection adalah kita bisa menikmati fasilitas Medical Check-Up pada akhir tahun Polis ke-2 (dua) dan kelipatannya. Tentunya, terhitung sejak tanggal berlakunya polis. Untuk jenis pemeriksaan medis yang diberikan meliputi pemeriksaan darah lengkap dan pemeriksaan dokter umum. Nantinya syarat dan ketentuan Medical Check-Up akan diinfokan kepada pemegang polis melalui email.

Klaim Secara Cashless dengan e-Card

Urusan klaim asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection mudah dan praktis juga, lho! Saat kita sudah melakukan pembelian asuransi ini, kita akan mendapatkan e-Card yang dikirimkan ke email kita maksimal H+2 hari kerja dari tanggal pembelian polis. e-Card ini berfungsi sebagai kartu digital untuk melakukan proses klaim. Cara klaimnya gampang banget, kok. Cukup tunjukan e-Card kita ke petugas pendaftaran rawat inap di rumah sakit, lalu jika kita sudah dinyatakan boleh keluar dari rumah sakit, maka kita akan mendapatkan layanan Cashless.

3 Langkah Mudah Membeli Asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection

1. Pilih Paket

Nantinya, kita akan mengisi sedikit informasi kesehatan, kita cukup memilih jawaban "ya atau tidak". Setelah itu, kita wajib mengisi kalkulator premi yang berisi nama lengkap, tanggal lahir, berat badan, tinggi badan, dan memilih harga kamar yang ingin di-cover. Nantinya, premi bulanan kita akan otomatis keluar berapa jumlahnya.

2. Isi Data Diri

Masukkan NIK dan siapkan KTP untuk di-upload, ya!

3. Pembayaran

Menurutku, untuk pembayaran sangat fleksibel karena kita bisa memilih ingin membayar premi bulanan, per 3 bulan, per 6 bulan, bahkan tahunan.

Lindungi Diri, Aset, dan Mimpi-mimpi

bersama

Jujur, ketika mengingat perjuangan orang tuaku untuk mewujudkan mimpi-mimpiku, rasanya sedih dan merasa bersalah sekali. Dulu, semenjak aku divonis memiliki penyakit kista, makin hari rasanya tubuhku makin mudah lelah dan drop. Nggak heran keluar masuk rumah sakit selama 3 tahun nggak bisa dihitung saking seringnya. Entah berapa total biaya yang harus orang tuaku keluarkan.

Aku yakin, semua orang tua akan melakukan dan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Sekalipun harus mengorbankan materi yang berujung berantakannya finansial. Oleh karena itu, aku nggak mau hal serupa terjadi di keluarga kecilku. Aku ingin menjadi orang tua yang melek finansial dan paham mana saja yang menjadi prioritas untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Semoga, dengan memiliki asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection bisa membuat hidup kita menjadi aman dan nyaman. Tentunya, asuransi ini menjadi perlindungan untuk melompat lebih tinggi dalam meraih mimpi-mimpi.

Sumber:

  • https://www.tribunnews.com/techno/2021/07/08/pandemi-bikin-transaksi-cashless-di-indonesia-melonjak
  • https://ilovelife.co.id/about-astra-life
  • freepik
  • lottie files

1 komentar

ainun 28 Juni 2022 - 21:30

zaman sekarang mempunyai asuransi kesehatan perlu banget ya
buat jaga-jaga kalau misalkan dana cash juga terbatas, jadi bisa dibantu dengan adanya asuransi ini
dan ternyata bikin pengajuannya juga gampang, cukup dari rumah aja

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: