Aqiqah Keluarga Indonesia

Nurul Hayat

Tempat Tunaikan Rasa Syukur Dikaruniai Seorang Anak

by Ella Fitria | 21 Juli 2022

Aqiqah Keluarga Indonesia

Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat sukses menarik perhatianku. Sungguh, setiap melihat bayi yang terlahir ke dunia ini, rasa bahagia membuncah meskipun bayi tersebut bukanlah anak ku. Hal ini mungkin karena aku pernah merasakan kehilangan janin di usia kandungan tujuh weeks. Setelah melakukan kuretase dan memantapkan hati, Alhamdulillah aku hamil kembali. Saat ini, kandunganku memasuki usia lima bulan.

Hamil anak pertama rasanya serba excited, mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya agar bisa memberikan yang terbaik untuk anak kami ketika lahir nanti. Aqiqah Nurul Hayat sudah menjadi incaran kami jauh-jauh hari untuk memberikan hak anak yang sesuai dengan syariat Islam.

Hari Keluarga Nasional

Momen untuk Saling Mengasihi dan Berbagi

Hari Keluarga Nasional

Berbicara hak anak, aku jadi ingat setiap tahun kita memperingati Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni. Adanya Hari Keluarga Nasional (Harganas) menjadi salah satu pengingat kami, bahwa keluarga merupakan sumber yang selalu menghidupkan, memantapkan, menguatkan, mengarahkan, dan memelihara segala aspek kehidupan. Tanpa sadar, dari keluarga kami tumbuh dan belajar untuk mengasihi dan berbagi.

Aku membayangkan, jika kelak anak kami yang berada di perut ini sudah lahir ke dunia, aku ingin menggunakan momen Hari Keluarga Nasional untuk memenuhi hak anak-anak kami mulai dari hal terkecil sekalipun. Karena hak anak bukan hanya sekadar materi, tetapi juga berkaitan dengan emosional dan mental anak agar anak dapat merasakan masa kecil seutuhnya. Memberikan hak anak sejak dalam kandungan merupakan kewajiban dan tanggung jawab orang tua. Karena itu, sedari aku hamil, aku berusaha semampu dan sekuatku mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk anak kami.

Persiapan Menyambut Kelahiran

Bayi Pertama Kami

Orang tua mana yang tidak bahagia menyambut kelahiran bayi? Meskipun masih ada waktu empat bulan hingga bayi kami lahir, kami sudah menyiapkan berbagai hal untuk kebutuhan saat bayi kami lahir. Dengan menyiapkan segala kebutuhannya, tentu akan membuat kami lebih tenang dan fokus untuk mengurus bayi kami.

Nah, berikut ini ada beberapa poin yang sudah kami siapkan untuk menyambut kelahiran bayi pertama kami. Barangkali, ada teman-teman yang sedang bingung mempersiapkan barang apa saja untuk menyambut kelahiran bayi pertama, silakan simak poin berikut ini, ya!

Siapkan Nama yang Indah untuk Bayi

Sejak hamil pertama yang keguguran, kami sudah menyiapkan nama-nama bayi yang akan menjadi opsi ketika si kecil lahir ke dunia. Jadi, kami sudah memiliki list nama-nama bayi, baik bayi laki-laki ataupun bayi perempuan. Memberikan nama memang salah satu kewajiban orang tua kepada anak, bukan? Nama juga menjadi hak anak atas orang tuanya. Karena itu, nama anak tidak boleh sekadar nama saja, sebaiknya memberikan nama yang terbaik dan terindah.

Terlebih, hadits riwayat Abu Dawud menyebutkan: “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian”

Nama yang tersemat untuk anak juga akan mempengaruhi kepribadian anak. Tak hanya itu, nama juga merupakan doa dari orang tua terhadap anak. Maka dari itu, pemberian nama anak termasuk hal sakral yang penuh dengan doa dan harapan untuk anak kita sejak lahir hingga tua nantinya.

Keperluan Bayi

Penuhi Keperluan Bayi

Sejak dokter spesialis kandungan menyatakan bahwa aku hamil lagi, aku mulai riset apa saja keperluan bayi ketika lahir nanti. Aku dan suamiku berusaha semampu dan sebisa kami untuk memberikan yang terbaik. Bahkan, aku sampai membuat list di Microsoft Excel yang berisi daftar keperluan bayi sejak new born.

Tentunya, aku juga akan memprioritaskan kebutuhan pokok alias menghindari membeli keperluan yang tidak krusial. Karena itu, aku meriset sebanyak-banyaknya mengenai keperluan bayi new born. Nah, kalau teman-teman membutuhkan list perlengkapan bayi new born yang sudah aku masukkan ke daftar list, silakan klik link berikut ini.

menyusui

Perhatikan Kebutuhan Ibu untuk Menyusui

Tak hanya memperhatikan keperluan bayi saja, tetapi juga lengkapi kebutuhan ibu pasca melahirkan karena hal tersebut sama pentingnya! Selain itu, memperhatikan kebutuhan ibu pasca melahirkan juga dapat mendukung mental dan fisik ibu. Dengan begitu, ibu bisa memberikan ASI dan fokus merawat bayi dengan maksimal. Terlebih, secara medis dan menurut perspektif agama Islam, ASI mampu mengalahkan manfaat dari kandungan gizi susu formula. Selaras dengan hal tersebut tercantum dalam hadits berikut:

Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as berkata, “Tidak ada satu pun susu yang lebih bermanfaat dan lebih sesuai bagi anak dari air susu ibu.”

Jadi, jangan sepelekan kondisi ibu pasca melahirkan, ya! Ibu hamil yang berjuang sejak janin berusia 0 bulan hingga melahirkan luar biasa rasanya. Bagi seorang ibu yang sedang hamil dan akan melahirkan, mengikhlaskan hidup dan mati demi buah hati yang sempurna, sehat, dan menggemaskan adalah pengorbanan terbesarnya.

Siapkan Dana untuk Persalinan dan Aqiqah

Jika tidak menyiapkan dana untuk persalinan dan aqiqah, aku yakin akan kewalahan karena membuat keuangan tidak stabil. Maka, penting sekali untuk menyiapkan dana persalinan atau asuransi kesehatan. Tak hanya biaya persalinan yang cukup besar, anggaran untuk aqiqah juga bisa menguras keuangan. Karena itu, menyiapkan dana persalinan dan aqiqah sangat penting. Tujuannya, agar bisa memenuhi hak anak dengan aqiqah sesuai waktu yang dianjurkan. Dengan begitu, jika dana sudah siap tidak ada lagi tunda-menunda, bukan?

Menurut Ibnu Faris, aqiqah adalah menyembelih hewan kambing atau domba dan menyukur rambut bayi. Hal ini juga selaras dengan hadits Al-Bazzar dari Atta’, dari Ibnu Abbas secara marfu’: “Bagi seorang anak laki-laki dua ekor aqiqah dan anak perempuan seekor”.

Maksud dari hadits di atas, aqiqah adalah serangkaian ajaran Nabi SAW untuk bayi yang baru lahir. Proses aqiqah terdiri dari mencukur rambut bayi, memberi nama, dan menyembelih hewan. Jumlah hewannya tergantung dengan jenis kelamin bayi. Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad atau sunnah yang harus diutamakan. Jujur, untuk urusan aqiqah aku sangat tertarik dengan Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat.

Memilih Aqiqah Siap Saji Agar Lebih

Praktis dan Higienis

Dari Al-Hasan dari Sammuroh radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.” (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 dan dinilai shahih oleh Al-Albani).

Umumnya, menyembelih kambing atau domba untuk aqiqah pada hari ke-7, ke-14, atau hari ke-21 setelah seorang bayi lahir. Berkaca saat kemarin adikku melangsungkan aqiqah anak pertamanya yang ribet luar biasa. Meskipun sudah ada “rewang” yang berjumlah sepuluh orang, tetap saja kami kerepotan. Bahkan, sejak pagi, kami sudah memulai menyembelih hewan aqiqah agar bisa membagikan olahan aqiqah bada dzuhur. Namun, hingga waktu maghrib tiba, kami belum selesai membungkus nasi dan daging untuk dibagi-bagikan ke tetangga. Selain repot waktu, tenaga, dan materi, rumah pun menjadi berantakan dan aroma kambingnya awet sekali.

Maka dari itu, aku dan suami memutuskan untuk mencari Aqiqah Keluarga Indonesia siap saji yang bisa dikirim ke rumah kami di Purbalingga untuk menghindari hal-hal tersebut. Meskipun kami tinggal di desa yang jauh dari kota, kami menemukan aqiqah siap saji yang amanah dan bisa mengirimkan daging aqiqah ke rumah kami. Bersyukur sekali kami menemukan akun Instagram Aqiqah Nurul Hayat sebagai tempat aqiqah yang terpercaya.

Tips Menentukan Tempat Aqiqah Keluarga Indonesia yang

Aman dan Sesuai Syariat Islam

Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat

Karena kami memutuskan untuk melaksanakan ibadah aqiqah tanpa merepotkan sanak saudara. Maka, aku dan suami memutuskan akan memilih Aqiqah Nurul Hayat yang merupakan penyelenggara aqiqah. Nah, saat kami melakukan riset untuk memilih tempat Aqiqah Keluarga Indonesia, ada banyak pertimbangan. Tujuannya, agar ibadah aqiqah anak kami berkah dan tidak sia-sia. Makanya, jangan hanya tergiur dengan harga paket aqiqah yang murah. Kita juga harus selektif dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Pastikan Proses Aqiqah Sesuai Kaidah Islam

Hal pertama memilih tempat aqiqah adalah memastikan proses aqiqah sesuai syariat Islam. Salah satu prosesnya adalah disunnahkan membaca doa aqiqah sebelum penyembelihan hewan. Jadi, tak hanya menyembelih hewan saja, tetapi jelas niat dan tujuannya. Untuk mendapatkan informasi ini, kita perlu menanyakan kepada penyelenggara tempat aqiqah. Kita juga bisa mengamati proses penyelenggara aqiqah tersebut melalui aktivitas media sosialnya.

Perhatikan Kredibilitas dan Pelayanannya

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih tempat aqiqah adalah mengecek kredibilitas dan pelayanannya. Caranya, bisa dengan membaca ulasan atau review dari pelanggannya. Kita juga bisa mencoba berdiskusi dengan bagian admin tempat aqiqah untuk menanyakan informasi yang kita cari.

Nah, agar lebih yakin, kita dapat memeriksa mengecek apakah tempat aqiqah tersebut sudah memiliki sertifikat halal dari MUI atau belum. Intinya, cari tahu dulu info sebanyak-banyaknya terkait tempat aqiqah yang akan kita pilih. Pokoknya, jangan sampai kita buru-buru menentukan tempat aqiqah sehingga tidak sesuai dengan hak yang seharusnya kita terima.

Pilih Tempat yang Memberikan Benefit Banyak

Selanjutnya, untuk memilih tempat Aqiqah Keluarga Indonesia yang tepat adalah pertimbangkan tempat aqiqah yang memberikan berbagai benefit. Misalnya, kita akan mendapatkan souvenir aqiqah, sertifikat pelaksanaan aqiqah, kemasan atau box makanan yang eksklusif, isi masakan dengan porsi yang maksimal, dan lainnya. Hal ini tentu menjadi nilai tambah dalam mempertimbangkan tempat aqiqah siap saji.

Cek Kondisi Hewan Aqiqah

Aku dan suamiku lebih prefer memilih tempat aqiqah yang memberikan izin kami untuk menyaksikan langsung proses pemotongan hewan aqiqah. Alasannya, tentu agar makin yakin dan tenang jika kami bisa langsung mengecek hewan untuk aqiqah anak kami.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan umur kambing atau domba untuk aqiqah sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Syarat umur kambing untuk aqiqah sesuai sunnah adalah minimal 1 tahun, dan syarat domba aqiqah minimal 6 bulan. Jangan sampai lupa, ya! Tanyakan hal ini juga kepada penyelenggara tempat aqiqah.

Periksa Beragam Pilihan Paket Aqiqah

Buat kami, kepraktisan tenaga, waktu, dan materi memang sangat penting. Bukan tanpa alasan kami memutuskan akan menunaikan ibadah aqiqah melalui tempat aqiqah siap saji. Namun, lagi-lagi kita harus selektif memilih tempat aqiqah yang menawarkan beragam pilihan paket. Dengan begitu, kita bisa lebih leluasa mengatur budget dan makanan aqiqah yang sudah matang. Jadi, kita bisa melaksanakan ibadah aqiqah ini sesuai dengan budget, tetapi tetap sah menurut syariat Islam. Selain itu, kita juga tidak bingung lagi akan membagikan olahan masakan aqiqah untuk tetangga terdekat atau panti asuhan karena banyak pilihan paket aqiqah.

Pertimbangkan Proses Pengantaran Daging atau Masakan Aqiqah

Poin terakhir yang tidak kalah penting adalah proses pengantaran daging atau masakan aqiqah. Jangan anggap remeh proses pengantaran masakan aqiqah ini, ya. Sebaiknya, kita konfirmasi jauh-jauh hari untuk memastikan apakah tempat kita terjangkau untuk pengiriman masakan aqiqah atau tidak. Terlebih, kami yang tinggal jauh dari kota, agar makin praktis, usahakan penyelenggara aqiqah bisa menjangkau tempat tinggal kita.

Aqiqah Nurul Hayat

Pelopor Aqiqah Keluarga Indonesia

Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat

Aqiqah Nurul Hayat merupakan pelopor aqiqah sejak tahun 2003 sebagai unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. Nah, sejak saat itu Aqiqah Nurul Hayat berkembang dan bertumbuh dengan puluhan ribu layanan aqiqah setiap tahunnya. Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat memiliki berbagai keunggulan sebagai tempat aqiqah hewan mentah atau makanan siap saji. Berikut ini beberapa alasan kami memilih Aqiqah Nurul Hayat sebagai tempat aqiqah anak kami ketika lahir nanti.

Halal

Halal dan Sesuai Syariat

Pelayanan yang Memuaskan

Aqiqah Sekaligus Bernilai Sedekah

Halal dan Sesuai Ketentuan Syariat Islam sehingga Lebih Aman

Sebagai umat Islam, melaksanakan ibadah aqiqah tentu wajib berpatokan dengan syariat Islam agar aqiqah ini mendapatkan keberkahan dan sah secara hukum Islam. Aqiqah Nurul Hayat merupakan penyelenggara aqiqah yang berpatokan dengan syarat sahnya aqiqah. Tak hanya itu, Aqiqah Nurul Hayat juga menjamin kehalalannya karena sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan berstandar higienis Dinas Kesehatan dengan nomor : 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012.

Hal ini menjadi salah satu alasan kami sangat tertarik melaksanakan ibadah aqiqah di Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat. Selain proses aqiqah-nya berpatokan dengan syariat Islam, Aqiqah Nurul Hayat juga sudah tersertifikasi halal dan sudah terjamin higienis. Dengan begitu, nilai dan kualitas Aqiqah Nurul Hayat terjamin.

Pelayanan Admin Aqiqah Nurul Hayat yang Memuaskan

Kemarin, aku sempat berdiskusi dengan admin Aqiqah Nurul Hayat. Jujur, responsnya sangat membantu karena informatif banget. Sekalipun aku banyak bertanya, adminnya ramah banget dan menjelaskan semua pertanyaanku dengan sabar. Kalau teman-teman sedang mencari tempat aqiqah, bisa langsung mencoba diskusi dengan admin whatsapp Aqiqah Nurul Hayat, ya.

Screenshot Pelayanan Admin Aqiqah Nurul Hayat

Melaksanakan Aqiqah Sekaligus Bernilai Sedekah

Kapan lagi bisa aqiqah sekaligus bersedekah? Nah, kalau kita melaksanakan aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat sekaligus bernilai sedekah, lho. Kenapa? Alasannya, karena semua keuntungan penjualan ini digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Termasuk untuk mendukung program beasiswa setiap semester sebanyak 4.500 anak yatim.

Beasiswa

0
Anak Yatim

Beragam Benefit dari Aqiqah Nurul Hayat

Yang kami sukai dari Aqiqah Nurul Hayat adalah benefit yang akan kami terima. Nantinya, kami akan mendapatkan 50 eksemplar Risalah Aqiqah dan untuk tasyakuran akan mendapat 50 eksemplar Risalah Doa. Selain itu, kami juga akan mendapatkan souvenir gratis berupa boneka Qiqo dan sertifikat pelaksanaan aqiqah. Tak hanya itu, Aqiqah Nurul Hayat juga menyediakan layanan pengantaran hewan mentah atau masakan aqiqah siap saji secara gratis bila lokasinya berada dalam satu kota.

Mendapatkan

0
Eksemplar Risalah Aqiqah dan Do'a

Sertifikat dan Souvenir Aqiqah Nurul Hayat

Kemarin, kami sempat bertanya mengenai ongkos kirim Aqiqah Nurul Hayat cabang Purwokerto ke rumah kami di kabupaten Purbalingga. Karena tempat tinggal kami berbeda kabupaten, kami dikenai ongkos kirim yang super terjangkau, yakni hanya Rp50 ribu saja. Selain itu, Aqiqah Nurul Hayat juga bisa membantu mendistribusikan nasi box aqiqah ke panti asuhan dan kaum dhuafa yang membutuhkan. Nantinya, pendistribusian nasi box ini akan didokumentasikan sebagai bukti ke pelanggan.

Tak Hanya Lezat, Aqiqah Nurul Hayat Menawarkan Paket Lengkap

Memilih tempat aqiqah tidak bisa asal sembarangan. Selain mengutamakan ketentuan syariat Islam, sebaiknya kita juga mempertimbangkan rasa masakannya. Untuk kualitas dan rasa masakan Aqiqah Nurul Hayat terjamin lezat karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman.

Aqiqah Nurul Hayat menyediakan dua paket utama, yakni Paket Daging mentah dan Paket Masakan. Nah, untuk paket masakan ini terbagi menjadi dua, Paket Masak Non Kotak dan Paket Kotakan. Untuk lengkapnya simak infografis berikut ini, ya!

Paket Aqiqah Nurul Hayat (Klik untuk memperbesar gambar)

Platinum
Istimewa
Super
Puas
Tasyakuran

Spesifikasi Paket Kambing Aqiqah

Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat

Hadir di Berbagai Wilayah dengan Ribuan Pelanggan

Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat

Tidak dipungkiri jika Aqiqah Nurul Hayat disebut Aqiqah Keluarga Indonesia karena tersebar di lebih dari 30 cabang di Indonesia. Aqiqah Nurul Hayat juga telah dipercaya puluhan ribu pelanggan, lho. Setiap bulannya, Aqiqah Nurul Hayat membantu ibadah aqiqah ummat lebih dari 3.000 kambing dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia.

0
Kambing/bulan
0
Kota

Banyak pelanggan yang memberikan ulasan positif mengenai pelaksanaan Aqiqah Nurul Hayat. Mulai dari kalangan menengah hingga artis dan tokoh masyarakat merasa terbantu dengan hadirnya Aqiqah Nurul Hayat. Kami pun sempat ketar-ketir saat mencari penyelenggara aqiqah di daerah kami karena tempat tinggal kami jauh sekali dari pusat kota. Namun, kami bersyukur karena ada Aqiqah Nurul Hayat yang bisa menjangkau tempat tinggal kami.

Proses Pemesanan dan Pembayaran yang Mudah

Sungguh, kami makin kaget saat tahu Aqiqah Nurul Hayat ini juga tersedia di ecommerce Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Di mana lagi kita bisa melaksanakan ibadah aqiqah dengan sentuhan jari saja? Tinggal klik, pilih paket aqiqah, dan checkout dengan melakukan pembayaran. Selain pemesanan bisa dilakukan melalui ecommerce, kita juga bisa langsung memesan melalui website https://aqiqahnurulhayat.com/order. Atau, kita bisa langsung memesannya melalui admin Whatsapp. Sangat praktis, bukan?

Penutup

Semoga, besok lusa ketika tiba bayi yang ada di perutku lahir, aku dan suamiku bisa menunaikan ibadah aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat. Aamiin. Memang ya, mencari tempat Aqiqah Keluarga Indonesia perlu banyak pertimbangan agar ibadah aqiqah ini berjalan lancar dan sesuai syariat Islam. Kami makin yakin memilih Aqiqah Nurul Hayat karena kami boleh menyaksikan secara langsung pemotongan hewan aqiqah. Dengan begitu, proses penyembelihan hewan aqiqah makin transparan demi kenyamanan pelanggan.

Jujur, aku tidak bisa membayangkan jika setelah melahirkan nanti harus ribet mengurus proses aqiqah sendiri. Waktu, tenaga, dan keribetan lainnya bisa dihindari dengan memilih aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat. Nah, pas banget setiap tahun kita memperingati Hari Keluarga Nasional yang bisa dijadikan momentum agar orang tua memberikan hak anak secara penuh salah satunya dengan melaksanakan aqiqah. Doaku, semoga semua ibu hamil yang akan melahirkan diberikan kekuatan dan kelancaran rezeki agar bisa melaksanakan aqiqah tepat waktu. Aamiin

Sumber:

  • https://aqiqahnurulhayat.com/news/4-syarat-kambing-aqiqah-yang-harus-dipenuhi

  • https://portaljember.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-163742848/aqiqah-anak-laki-laki-2-kambing-bolehkah-dicicil-buya-yahya-menjawab-begini

  • https://m.tribunnews.com/lifestyle/2022/03/17/cara-memilih-jasa-aqiqah-menurut-praktisi-jangan-karena-tergiur-harga-murah?page=all

  • freepik
  • lottie files

Beri Komentar