OREO 110th Birthday Celebration

"Wujudkan Perayaan Ulang Tahun dengan Cara Istimewa"

by Ella Fitria | 21 Agustus 2022

"Mbak! Ini kamu pas masih bocil?"

Seru adikku yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Dasar

Sambil berlarian kecil dan menahan tawa, ia bergegas menyodorkan album foto yang cukup usang. Dengan raut wajah yang sangat antusias, lantas ia menunjukkan foto-foto jadul. Bahkan, nggak sedikit bagian tinta foto sudah menempel di plastik album. Aku tersenyum, seolah ingatanku kembali saat pengambilan foto tersebut. Suasana, kemeriahan, tepuk tangan, letusan balon, kilat lilin, dan gemuruh musik ulang tahun terbayang di pikiranku.

Foto ulang tahun ke 10 (klik untuk memperbesar)

Dulu, di lingkungan keluarga kami, perayaan ulang tahun adalah hal yang sangat langka. Mengingat, kami tinggal di pelosok desa sehingga perayaan ulang tahun masih menjadi hal yang asing. Namun, aku beruntung karena saat berusia sepuluh tahun, aku merasakan perayaan ulang tahun yang nggak pernah aku bayangkan sebelumnya. Saking ingin mengabadikan momen ulang tahun, orang tuaku bahkan rela merogoh kocek untuk menyewa tukang foto panggilan.

Bisa dibayangkan betapa bahagianya aku saat itu? Terlebih, saat itu aku dikelilingi oleh semua saudaraku. Teman-teman kelas, adik kelas, dan kakak kelas turut diundang oleh orang tuaku. Ruang tamu yang biasanya hanya ramai jika kedatangan tetangga yang ikut menonton televisi, saat itu berubah layaknya tempat pesta dengan hiasan balon dan kertas krep warna warni.

Pentingkah merayakan momen

Ulang tahun?

Meskipun aku merayakan ulang tahun saat umurku sepuluh tahun, otakku masih merekamnya dengan sangat jelas. Tentu hal ini membuktikan bagaimana kekuatan kenangan indah bisa tersusun rapi menjadi energi positif. Sebenarnya, ulang tahun nggak selalu wajib dirayakan, kok. Tergantung dengan gaya parenting dan kebiasaan yang ada di dalam keluarga.

Namun, nggak ada salahnya sesekali untuk merayakan ulang tahun orang tersayang, baik anak, pasangan, atau orang tua. Menurut Ayoe Sutomo, M. Psi seorang Psikolog menuturkan, sebenarnya nggak ada anjuran kapan waktu sebaiknya merayakan ulang tahun anak. Menurutnya, perayaan ulang tahun seperti tiup lilin dan make a wish bisa berdampak positif pada perkembangan emosi anak.

Ulang tahun yang dirayakan dengan memotong kue dan meniup lilin tentu akan membuat anak merasa istimewa, merasa mendapatkan perhatian dan perasaan disayang. Nah, perasaan-perasaan seperti ini sangat penting untuk anak karena merupakan bagian fundamental. Hal ini juga dapat memengaruhi bagaimana anak memandang dirinya dengan lingkungan sekitar, baik saat masih usia anak-anak hingga ketika dewasa nanti.

Tumbuhkan Perkembangan Emosi
yang Positif dengan

Birthday Celebration

Walaupun ulang tahun hanya dirayakan bersama keluarga kecil, anak akan merasa bahwa ia sangat spesial karena mendapatkan perhatian istimewa dari orang-orang terdekat. Tentunya, hal ini bisa menjadi salah satu pengalaman emosi yang berharga bagi anak. Tak hanya itu, berikut ini beberapa manfaat lainnya merayakan ulang tahun.

Ulang Tahun Sebagai Ungkapan Cinta yang Istimewa

Seperti halnya saat perayaan ulang tahunku yang kesepuluh. Sungguh, hingga saat ini usiaku 27 tahun, perayaan ulang tahun saat aku kecil masih membekas dan abadi di ingatanku. Aku merasa dihargai, dianggap penting, hingga merasa sangat diperhatikan oleh orang tuaku. Padahal, keluarga kami hanya sekali dalam seumur hidup merayakan ulang tahunku.

Hal ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa perayaan ulang tahun bisa menjadi cara untuk mengungkapkan bahasa cinta yang istimewa kepada orang tersayang. Perkembangan emosi anak memang akan terus tumbuh mengenal beragam emosi. Namun, jika kita sudah menanamkan pengalaman positif saat ia dalam proses bertumbuh, tentu dapat menjadi poin plus untuk bakal tumbuh kembang anak.

Ulang Tahun Merekatkan Hubungan Anggota Keluarga

Jujur, dulu orang tuaku cukup sibuk karena sedang merintis bisnis roti kering. Meskipun di rumah memiliki puluhan karyawan, orang tuaku memilih untuk mendistribusikan roti keringnya sendiri. Menyetir mobil box sendiri, mengantar kue kering dari pasar ke pasar. Sementara itu, ibuku yang me-manage keuangan dan melakukan pencatatan. Jadi, aku dan adikku hanya bertemu orang tuaku saat malam hari ketika mereka kembali ke rumah.

Makanya, begitu aku merayakan ulang tahun, rasanya seperti baru merasakan kehangatan keluarga yang utuh. Merayakan momen ulang tahun tentu bisa menjadi salah satu cara menebus hak anak atau hak orang tersayang saat kita terlalu sibuk dengan aktivitas yang kita lakukan. Toh, ulang tahun hanya setahun sekali, bukan?

Ulang Tahun Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Keceriaan

Siapa sih yang nggak merasa bahagia saat menanti hari kelahiran? Aku yakin, mau berapa pun umurnya akan selalu antusias menunggu hari lahir, bukan? Terlebih, bagi seorang anak-anak yang masih bertumbuh. Perayaan ulang tahun akan menambah rasa percaya diri bahwa ia akan memasuki usia baru dengan berbagai harapan baru.

Orang tua juga bisa memanfaatkan momen ulang tahun ini untuk mengenalkan sesuatu yang baru kepada anak. Misalnya, saat usia anak menginjak tiga tahun, orang tua bisa memberikan pengertian dan pengenalan seperti “besok Adik mau tiup lilin yang keempat, berarti sudah nggak boleh ngompol lagi, ya” atau hal semacamnya. Dengan begitu, momen ulang tahun bukan hanya sekadar perayaan, tetapi ada nilai-nilai yang dipelajari oleh anak.

Ulang Tahun Mendorong Kreativitas Anak

Perayaan ulang tahun juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong kreativitas anak. Anak bisa diajak untuk kolaborasi menghias ruangan, meniup balon, memasang dekorasi, hingga membantu membuat birthday cake. Momen tersebut bisa menjadi cara untuk mengasah kreativitas anak. 

Selain itu, kita sebagai orang tua bisa mengajak anak untuk mengonsep acara ulang tahun yang akan dirayakan. Ulang tahun nggak harus dirayakan dengan mewah dan megah, kok. Melainkan cukup dengan acara yang sederhana tetapi penuh makna.

Bisakah Merayakan Ulang Tahun Sederhana dengan

Penuh Makna?

Perayaan ulang tahun yang dilakoni para artis atau orang-orang kelas menengah ke atas identik dengan kemewahan. Namun, kita bisa menyiasatinya dengan berbagai cara, kok. Perayaan ulang tahun nggak melulu harus dirayakan dengan menghabiskan banyak anggaran. Kita bisa merayakannya dengan berbagai cara, toh nggak ada patokan aturan perayaan ulang tahun harus mewah dan megah. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mewujudkan perayaan ulang tahun anak supaya nggak over budget, tetapi penuh makna.

ANGGARAN

Diskusikan anggaran bersama pasangan

PENGELUARAN

Rinci seluruh pengeluaran dan kebutuhan ulang tahun

KONSEP

Libatkan anak untuk ikut mengonsep perayaan ulang tahun

BUAT

Buat birthday cake dan dekorasi ruangan sendiri

Diskusikan Anggaran Bersama Pasangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan merayakan ulang tahun adalah anggaran atau budget yang tersedia. Jangan sampai, perayaan ulang tahun mengganggu kondisi finansial keluarga. Jika memang budget-nya terbatas, nggak perlu memaksakan untuk merayakan ulang tahun dengan pesta mewah. Kita bisa memberikan pengertian kepada anak sehingga anak memahami dan mengerti esensi sebuah perayaan ulang tahun.

Rinci Seluruh Pengeluaran dan Kebutuhan Ulang Tahun

Nah, jika kita akan merayakan ulang tahun dengan pesta, hal yang nggak kalah penting adalah merinci pengeluaran dan kebutuhan ulang tahun. Meskipun kebutuhan ulang tahun tampak sepele, tanpa persiapan akan menghabiskan banyak anggaran. Jadi, pastikan kita menge-list semua keperluan yang akan kita beli. Selain itu, pertimbangkan juga jumlah tamu undangan yang akan menghadiri pesta ulang tahun.

Libatkan Anak untuk Ikut Mengonsep Perayaan Ulang Tahun

Untuk mewujudkan perayaan ulang tahun yang sederhana tetapi penuh makna, kita bisa melibatkan anak untuk ikut andil dalam proses menyiapkan segala kebutuhannya. Dengan begitu, anak akan merasa lebih dihargai karena diberi ruang untuk ikut menyiapkan segala keperluannya. Selain itu, hal ini juga akan melatih anak lebih bertanggungjawab dan percaya diri. Kita pun akan lebih mudah masuk ke dunia anak untuk memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai perayaan ulang tahun.

Buat Birthday Cake dan Dekorasi Ruangan Sendiri

Selain poin-poin di atas, untuk menambah keseruan perayaan ulang tahun, kita bisa mengajak anak untuk membuat birthday cake sendiri. Selain akan menghemat pengeluaran, hal ini akan membentuk ikatan orang tua dan anak makin kuat. Jika ingin membuat birthday cake sendiri, carilah resep yang mudah supaya nggak menyulitkan diri sendiri. Salah satunya, kita bisa membuat Oreo Birthday Cake Anti Gagal yang super praktis.

Kebetulan, pas banget saat ini Oreo sebagai biskuit nomor satu di dunia sedang memperingati momen ulang tahun ke-110. Nggak ada salahnya ikutan seru-seruan membuat Oreo Birthday Cake untuk merayakan momen ulang tahun sekaligus ikut memeriahkan Oreo 110th Birthday Celebration!

Nah, penasaran seperti apa resep dan cara membuat Oreo Birthday Cake Anti Gagal? Yuk simak resep berikut ini.

Fun Fact

Oreo pertama kali dibuat pada tahun 1912 di Amerika Serikat dengan ciri khas dua biskuit cokelat dengan krim di antaranya. Produksi Oreo berada di bawah naungan divisi Nabisco yang merupakan bagian dari Mondelez International, Inc. Sejak Oreo diproduksi 110 tahun lalu, ada banyak varian produk Oreo yang ditawarkan, seperti soft cake, wafer, bahkan sereal. Popularitas Oreo bisa dikatakan sebagai biskuit nomor satu secara global dengan penjualan di lebih dari seratus negara. Kita juga bisa berkreasi menggunakan biskuit Oreo untuk melengkapi berbagai momen seru bersama keluarga.

Resep OREO Birthday Cake

Anti Gagal

Kali ini aku akan mengajak teman-teman untuk membuat Oreo Birthday Cake Anti Gagal untuk perayaan ulang tahun Oreo 110th Birthday Celebration. Resep ini sudah aku gunakan berkali-kali untuk membuat birthday cake simpel dengan rasa yang juara! Berikut ini beberapa bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan Oreo Birthday Cake Anti Gagal

Sebelum membuat Oreo Birthday Cake Anti Gagal, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 3 sdm Oreo Birthday Sprinkles yang sudah dihaluskan
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sachet kental manis cokelat
  • 2 sachet susuk bubuk cokelat
  • 1/2 sdt soda kue
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 6 sdm minyak goreng
  • 6 sdm air panas

Cara membuat Oreo Birthday Cake Anti Gagal

Langkah membuatnya juga simpel banget. Kita cukup siapkan loyang untuk mengukusnya dan wadah untuk mencampur semua bahan.

  • 1

    Masukkan gula pasir dan telur, lalu kocok hingga berbuih atau berbusa (aku nggak pakai mixer alias hanya menggunakan sendok dan kecepatan tangan)
  • 2

    Masukkan Oreo Birthday Sprinkles yang sudah dihaluskan dan tepung terigu. Aduk hingga rata
  • 3

    Pelan-pelan masukkan kental manis cokelat, susu bubuk cokelat dan soda kue. Lalu aduk rata
  • 4

    Masukkan minyak goreng dan air panas, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur
  • 5

    Olesi loyang dengan minyak goreng, lalu tuangkan adonan ke loyang
  • 6

    Kukus dengan api sedang sekitar 25 menit
  • 7

    Oreo Birthday Cake Anti Gagal sudah siap disajikan

Keseruan bersama keluarga membuat birthday cake dan ngemil OREO

Uniknya Rangkaian Perayaan #UlangTahunOreo

ke 110 Tahun

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa merayakan ulang tahun sederhana dan penuh makna. Karena perayaan ulang tahun nggak melulu soal pesta saja. Melainkan banyak cara yang bisa kita lakukan bersama anak dan orang tersayang saat hari ulang tahun tiba. Seperti rangkaian perayaan #WishOreo110 yang bisa menginspirasi perayaan ulang tahun agar lebih istimewa. Kali ini ada tiga rangkaian perayaan #UlangTahunOreo, di antaranya:

1. Meluncurkan Produk Baru “Birthday Cake Flavor”

Biasanya, kemasan Oreo identik dengan warna birunya, tetapi dalam rangkaian perayaan #UlangTahunOreo ini mengeluarkan varian spesialnya dengan kemasan warna warni. Namanya adalah Oreo Cake Flavor yang memiliki kemasan dengan sentuhan balon berwarna biru, pink, dan kuning.

OREO Birthday Cake Flavor dengan krim bertabur rainbow sprinkles

Pada kemasan produk barunya ini juga terdapat tulisan 110 tahun serta tumpukan Oreo lengkap dengan lilin warna warni menggambarkan keceriaan. Sesuai namanya, Oreo Cake Flavor ini memiliki krim dengan rasa seperti kue ulang tahun dan bertabur rainbow sprinkles. Hal ini menjadi salah satu pembeda dengan produk Oreo varian lain.

2. Augmented Reality Instagram Story Filters

Nah, selain meluncurkan produk spesialnya, Oreo juga mengajak kita untuk ikut seru-seruan meniup lilin yang berjumlah 110 dengan Augmented Reality Instagram Story Filters. Caranya adalah buka akun Instagram @oreo_indonesia. Langkah pertama mainkan filter eksklusifnya dan rekam keseruan kalian. Kedua, tiup semua lilinnya yang berjumlah 110. Ketiga, upload dan tag @oreo_indonesia dengan #WishOreo110.

Tiup Lilin Ulang Tahun di Augmented Reality Instagram Story Filters

Pssst, periode ini berlangsung dari 1 Juli hingga 31 Agustus 2022, lho. Yuk, rebut hadiahnya berupa Samsung Galaxy Flip, Samsung Galaxy Fit 2, dan merchandise menarik dari Oreo. Untuk teman-teman yang sudah membeli Oreo Birthday Sprinkles bisa juga men-scan barcode yang ada di kemasan. Nantinya, kita akan diarahkan untuk ikutan meniup lilin.

3. Berkolaborasi dengan Food & Beverage

Fyi, dalam rangkaian perayaan #UlangTahunOreo juga mengajak kolaborasi dengan F&B. Sudah tahu kan F&B yang dimaksud? Yap! Bitter Sweet by Najla. Ya siapa sih yang nggak tahu enaknya Bitter Sweet by Najla? Nah, dalam kolaborasinya Oreo bersama Bitter Sweet mengusung tema Cookies and Cream Special Anniversary. Duh, menggoda banget, ya?

Kolaborasi dengan food & beverage Bitter Sweet by Najla



#WishOreo110

Agar Makin Mendunia dan Melegenda

Btw, teman-teman ingin memberikan doa dan harapan apa nih untuk Oreo? Biskuit masa kecil hingga sekarang yang melegenda dengan tagline Diputar, Dijikat, dan Dicelupin. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun yang ke-110 tahun untuk Oreo. Doa dan harapan kami sudah mengudara agar Oreo makin mendunia dan melegenda. Nah, berikut #WishOreo110 dari kami.

Diputar: Semoga Oreo Selalu Memberikan Keceriaan dengan Maksimal

Sudah sejak ratusan tahun lalu, Oreo menemani keseruan dari masa ke masa, dari generasi ke generasi. Hal ini sejalan dengan tagline Diputar yang nggak ada ujung dan habisnya. Hadirnya Oreo di Indonesia tentu menjadi salah satu kebanggaan karena kita bisa menikmati biskuit dunia tanpa harus ke negara asalnya. Aku yakin, berbagai momen keluarga Indonesia sering kali mengandalkan Oreo sebagai camilan untuk menemani keseruan dan keceriaan dari masa ke masa. Semoga, dengan usianya yang sudah menginjak 110 tahun, Oreo tetap memberikan keceriaan dengan maksimal khususnya untuk keluarga Indonesia.

Dijilat: Semoga Oreo Mampu Mempertahankan Rasa yang Otentik

Setelah Diputar, tagline selanjutnya adalah Dijilat. Semoga, setiap krim yang ada di biskuit Oreo selalu menghadirkan rasa khas yang otentik meskipun sudah memasuki usia yang ke-110 tahun. Berkat Oreo, menikmati biskuit menjadi makin menarik dan menyenangkan karena tagline melegendanya sehingga membuat pengalaman mengonsumsi biskuit terasa lebih bermakna.

Dicelupin: Semoga Oreo Selalu Menginspirasi untuk Berkreasi

Kalau mendengar kata dicelupin, aku jadi ingat saat kecil dulu saat mengonsumsi Oreo di pagi hari, ibuku selalu menyiapkan segelas susu. Fungsinya, untuk mencelupkan Oreo karena menurutku rasanya lebih enak dan nikmat jika mengonsumsinya dengan merapal mantra diputar, dijilat, dan dicelupin. Semoga, di umur 110 tahun Oreo bisa selalu menginspirasi untuk berkreasi dan memberikan pengalaman menikmati biskuit dengan cara yang melegenda.

Sumber:

  • https://www.google.com/amp/s/m.fimela.com/amp/4613766/psikolog-ungkap-manfaat-merayakan-ulang-tahun-untuk-perkembangan-anak

  • freepik
  • lottie files

9 komentar

sri mulyani 13 September 2022 - 05:48

Tampilan blugnya cantik, mau belajar mba…. 🙂

Balas
Nengsi 7 September 2022 - 14:17

bagus banget tampilan blog nya. ajarin donk kak..

Balas
Ella Fitria 7 September 2022 - 15:26

makasih lho, Mbak Nengsi. Aku juga masih belajar nih, tp kl mau tanya2 yg sekiranya aku bisa jawab, silakan jangan sungkan ya!

Balas
Lisa lestari 7 September 2022 - 12:39

Tampilan blognya bagus banget ajarin mbak

Balas
Ella Fitria 7 September 2022 - 15:25

terima kasih, Mbak Lisa. Boleh, mau diajarin bagian mana? Tp btw, aku juga masih belajar, ehehe

Balas
ainun 6 September 2022 - 22:58

baru sempet ke rumah barunya mba ella, gumushnyaaa
mau dibikinin juga hahaha

baideweii, kenapa orang-orang pada kreatif semua kalau bikin cemilan, padahal aku suka oreo, makannya cuman disambi sama cake atau makan polosan gitu aja 😀

Balas
Ella Fitria 7 September 2022 - 15:25

ahahaha, sini-sini dibikinin sama Gentala Design. *lha malah promosi, wkwkwk
kadang kl lg sok sibuk juga sama kok mbak, langsung hap aja Oreonya. hihi

Balas
Mayuf 25 Agustus 2022 - 17:54

Oreo aku juga suka kak,
Btw tampilan blognya makin keren kak

Balas
Ella Fitria 6 September 2022 - 14:25

nah kan benar, Oreo ini memang camilan andalan dari generasi ke generasi, ya? Wkwkwkw
makasih, Mas Mayuf

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: