Baking Hope and Creativity with

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

by Ella Fitria | 30 September 2022

Dulu, mencari toko kue di pinggiran kota tempat tinggalku adalah sesuatu yang sangat sulit. Sungguh, saking pelosoknya, jika kami membutuhkan kue ulang tahun atau cake harus menempuh perjalanan sekitar satu jam. Untungnya, saat ini di desa tetangga sudah ada MLT Bake Shop yang menyediakan berbagai macam kue. MLT Bake Shop ini memiliki inovasi, desain, dan rasa yang enak. Pokoknya, nggak kalah dengan toko kue yang ada di perkotaan.

Bisa dikatakan, aku adalah salah satu pelanggan setia MLT Bake Shop sejak pertama kali MLT Bake Shop berdiri. Aku pun takjub banget dengan inovasi dan perkembangan toko kue ini. Bayangkan saja, toko kue home made yang berlokasi di pelosok desa bisa mendapatkan omset hingga puluhan juta perbulan. Padahal, ini bukan toko kue mewah dengan ruangan ber-AC dan etalase kaca yang berjejer rapi. Memang ya, setiap hal yang dilakukan dengan hati pasti akan menemukan jalannya sendiri.

MLT Bake Shop: Berkreasi dari Hati

Toko kue MLT Bake Shop

Nah, kali ini aku akan berbagi sekelumit cerita mengenai perjalanan MLT Bake Shop. Mbak Monalisa adalah owner dari MLT Bake Shop. Selepas lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas, beliau mengisi waktu luangnya dengan dengan membuat donat dan soft cookies. Inspirasi berupa desain dan resep didapatkan dari Instagram dan YouTube. Berkat ketekunan belajar otodidak, akhirnya beliau menemukan ramuan resep yang pas hingga mencoba menjualnya. Awalnya, beliau hanya membuat donat dan soft cookies, tetapi saat ini sudah banyak menu kue yang dibuatnya, mulai dari berbagai macam bolu, brownies, cake ulang tahun, wedding cake, dan lainnya.

Bersama Owner MLT Baking Shop, Mbak Monalisa

Selain dari sisi kualitas dan rasa yang selalu dijaga, hal yang membuat MLT Bake Shop mendapatkan customer dari berbagai daerah bahkan luar kota adalah strategi marketing yang dilakukannya. Meskipun dengan peralatan sederhana, MLT Bake Shop mampu menghasilkan foto dan konten yang cukup menarik hingga dilirik oleh banyak customer. Selain itu, digitalisasi yang makin berkembang ini juga turut mendukung MLT Bake Shop untuk menjangkau lebih banyak customer.

Hal tersebut selaras dengan manfaat pemasaran digital menurut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Salah satu manfaat dari pemasaran digital, yakni bisa menjangkau pasar yang lebih luas, audiens yang tepat sesuai barang/jasa yang dijual, biaya pemasaran yang efektif, serta mendorong inovasi dan iklim kompetisi.

Pelaku usaha memanfaatkan layanan digital
63,52 %

Berdasarkan Survei E-Commerce 2021 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 63,52% responden pelaku usaha e-commerce juga telah memanfaatkan layanan internet untuk pemasaran digital, baik melalui media sosial maupun marketplace. Memang ya, di era digitalisasi ini para pebisnis harus memiliki strategi untuk memasarkan produknya baik secara offline atau pun online agar bisa terus berkembang.

Barang kali bisnis semacam ini memiliki beberapa kesamaan dengan pekerjaan para content creator. Pasalnya, dua jenis pekerjaan ini sama-sama harus selalu memunculkan ide-ide baru dalam menyajikan kue ataupun dalam mengemas konten. Aku salut banget dengan Mbak Monalisa selaku owner MLT Bake Shop yang bisa bertahan melewati kondisi pandemi kemarin. Beliau terus berinovasi dengan mencoba membuat menu baru agar customer nggak merasa bosan.

Akun Instagram @mlt.cakes

Selain membuat menu baru, Mbak Monalisa juga rajin mengunggah foto-foto kuenya ke akun Instagram-nya. Nah, strategi marketing MLT Bake Shop ini tentu akan berkembang dengan maksimal jika didukung oleh peralatan yang mumpuni, salah satunya dengan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Laptop ini dapat mendukung kreativitas dan produktivitas MLT Bake Shop lebih optimal. Mbak Monalisa bisa memanfaatkannya untuk mencari resep dan referensi desain kue dari berbagai platform. Selain itu, Mbak Monalisa juga bisa mendesain mockup pesanan kue-kue, mengedit foto dan video untuk kebutuhan marketing dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Bebaskan Kreativitas

dan Tingkatkan Produktivitas bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Memiliki bisnis di bidang makanan seperti MLT Bake Shop ini tentu dituntut kreatif dan produktif setiap hari. Mulai dari menyiapkan bahan baku, proses pembuatan termasuk mendesain kue-kue, melakukan pencatatan keuangan, hingga promosi ke media sosial. Hal ini tentu akan lebih sempurna bila didukung dengan perangkat yang dapat membantu semua aktivitas di atas. 

Untungnya, saat ini ASUS menghadirkan laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan harga terjangkau, tetapi dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Kira-kira hal apa saja yang bisa dilakukan MLT Bake Shop dengan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini? 

Cake Mockup: Bantu Wujudkan Kue Ulang Tahun Sesuai Harapan

Memenuhi permintaan customer yang beraneka ragam memang nggak mudah. Terutama dalam pembuatan kue ulang tahun atau cake. Pembuatan kue ulang tahun ini bisa dibilang cukup spesial karena memiliki desain yang unik sesuai “harapan” customer yang ingin disampaikan dalam sebuah birthday cake.

Pembuatan dan desain kue ulang tahun kerap kali membutuhkan kreativitas dan inovasi agar desain kue yang dihasilkan bisa sesuai dengan ekspektasi customer. Nah dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini tentu bisa membantu mendesain dan preview hasil kue dengan mudah menggunakan cake mockup.

Mockup cake "Ella Fitria"

Apabila menggunakan cake mockup, Mbak Monalisa bisa dengan mudah mendesain cake ulang tahun hanya berbekal template cake, penambahan kata-kata, dan gambar pendukung dari customer. Hasil dari desain mockup ini nantinya bisa dikirim dan di-review terlebih dahulu oleh customer sebelum membuat cake yang asli. Dengan begitu, customer bisa mendapatkan desain kue ulang tahun dengan hasil yang memuaskan sesuai harapan.

Berkat dukungan prosesor up to AMD Ryzen™ 7 5800H (8-core/16-thread) dan AMD Radeon™ Graphics di laptop ini, proses pembuatan cake mockup di aplikasi pengolah grafis seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator pun makin ringan dan efisien.

Proses pembuatan mockup packaging di Adobe Photoshop

Nah, selain membuat desain cake, Mbak Monalisa juga dapat membuat desain packaging mockup yang unik. Desain ini nantinya bisa dicetak untuk hasil packaging agar tampak lebih mewah dan elegan. Tentunya, instagramable dong! Bagaimana? Sangat menarik, bukan?

Dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), semua pekerjaan seperti mockup design dapat dilakukan dengan cepat dan ringan. Terlebih, laptop ini dibekali dengan RAM up to 16 GB 3200 MHz DDR4 dan penyimpanan 512GB M.2 NVMe SSD yang membuat proses multitasking lebih gesit. Untuk kebutuhan video editing, laptop ini pun bisa diajak kerja keras, lho. Hal ini berkat adanya sistem pendingin Dual-Fan Cooling System dengan ASUS IceCool Plus. Sistem pendingin tersebut dapat menjaga suhu laptop tetap stabil untuk pengoperasian yang optimal meski dalam waktu yang lama.

Tuangkan Keindahan Warna dengan OLED Display

Setiap pebisnis tentu membutuhkan kepercayaan dari customer, bukan? Hal ini bisa ditumbuhkan dengan membangun testimoni yang baik dan display produk yang menarik. Sama seperti yang MLT Bake Shop lakukan, yakni selalu mengunggah hasil cake-nya di akun Instagram official. Dengan begitu, calon pembeli bisa melihat ulasan dan contoh kue-kue dengan mudah. MLT Bake Shop juga memiliki studio mini untuk menghasilkan foto produk. Berbekal penerangan lampu ring led sederhana dan background polos, Mbak Monalisa selalu konsisten membuat konten untuk keperluan testimoni.

Studio foto mini MLT Bake Shop dengan alat sederhana

Before After

Hasil color grading: lebih cerah, pengurangan noise, dan warna yang konsisten

Nah untuk memaksimalkan hasil foto agar lebih natural dan nyata, penggunaan layar OLED pada ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sangat direkomendasikan dalam proses color grading. Laptop ini memiliki panel OLED 14 inci (2880×1800) dengan 1,07 miliar warna. Warna yang ditampilkan juga akan tampak cerah dan vivid berkat color gamut 100% DCI-P3. Hasil editan color grading dengan menggunakan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) pun bisa menjadi lebih akurat sesuai aslinya. Istilahnya “Whats You See is What You Get“.

0 %
DCI-P3
0
miliar warna
0
nits kecerahan
0
ms response time
LCD OLED

Perbandingan layar LCD dan layar OLED

Mengedit hasil foto untuk testimoni di laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga terbilang lebih nyaman dan menyenangkan, lho. Hal tersebut karena layar laptop ini memiliki desain NanoEdge yang memberikan visual luas dan ratio 16:10 untuk tampilan optimal. Mengedit banyak foto berjam-jam juga nggak masalah. 

Selain itu, layar laptop ini aman untuk kesehatan mata karena adanya fitur Eye Care. Fitur ini mampu mengurangi hingga 70% blue light dan telah mendapat sertifikat dari TÜV Rheinland dan SGS. Oh iya, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits. Jadi, bekerja di depan laptop pada siang atau malam hari tetap terasa nyaman.

Color grading dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Pembukuan dan Kerja Nyaman, Siap Hadapi Tantangan

Pengelolaan bisnis yang baik bisa dimulai dengan pembukuan yang rapi dan tertata. Nah, untuk menunjang pembukuan dengan workflow yang mudah dan simpel, perlu menggunakan teknologi dan fitur terbaru, bukan? Beruntungnya ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home and Student 2021 dan sistem operasi terbaru Windows 11 Home.

One Touch Login dengan Windows Hello + fingerprint sensor

Sistem operasi ini juga sudah mendukung one touch login menggunakan fitur Windows Hello dan fingerprint sensor yang tersemat di tombol power. Ketika tombol power ditekan, laptop akan menyala dan otomatis login tanpa perlu memasukkan password atau pin.

Backlit keyboard 1,35 mm untuk pengetikan nyaman

Sementara itu, untuk menunjang pembukuan dan pengetikan yang nyaman, laptop ini dilengkapi dengan backlit keyboard yang memiliki key travel 1,35 mm. Pembukuan dan pencatatan penjualan di malam hari setelah toko tutup nggak akan menjadi kendala dan terasa lebih enjoy. Terlebih, jika pembukuan dan pencatatan penjualan ditemani musik dengan kualitas premium, makin semangat, bukan? Hal ini berkat teknologi audio Harman/Kardon yang tersemat di laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). 

Jika dilihat dari sisi konektivitas, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa dibilang memiliki port yang lengkap. Pasalnya, laptop ini memiliki satu port USB 3.2 Gen 2, dua port USB 2.0, microSD card reader, audio combo, dan HDMI. Untuk konektivitas wireless, laptop ini dibekali dengan Bluetooth 5 dan Wi-Fi 6, lho. Dengan Wi-Fi 6, proses upload dan download menjadi lebih cepat tiga kali lipat dibandingkan dengan Wi-Fi generasi sebelumnya. Terlebih, dengan adanya aplikasi eksklusif MyASUS, kita dapat mentransfer pembukuan, file, atau hasil foto ke smartphone dengan lebih mudah. Sungguh efisien sekali, ya? 

Untuk memaksimalkan produktivitas, laptop ini juga menawarkan fitur noise canceling yang berfungsi sebagai peredam kebisingan saat digunakan untuk zoom meeting atau menghadiri workshop online. Selain itu, ada juga tambahan fitur ClearVoice Mic yang membuat suara beberapa orang dapat disesuaikan dengan volume dan kualitasnya meskipun berada jauh dari laptop. Sementara itu, pada bagian webcam, terdapat fitur Webcam Shield yang sangat berguna menutup webcam saat nggak digunakan untuk melindungi privasi. 

Desain Ringan dan Menawan Cocok Dibawa Bepergian

Selain digunakan di rumah atau di toko, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga cocok digunakan untuk menemani berbagai aktivitas di luar ruangan. Misalnya, meeting dengan customer, menghadiri workshop, dan lainnya. Hal ini berkat desain yang kompak, ringan, dan menawan. Terlebih, laptop ini memiliki berat hanya 1.4 kg yang membuatnya sangat kompak di bawa ke mana pun. Dengan dukungan baterai berkapasitas 50 Wh tentunya siap menemani aktivitas sepanjang hari.

Dua pilihan warna Cosmos Blue dan Solar Silver

Sementara itu, dari segi desain, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki dua pilihan warna. Pertama, ada warna Cosmos Blue dengan karakteristik fun dan unik. Kedua, warna Solar Silver yang mencerminkan keanggunan dan jiwa muda. Cocok untuk pebisnis millenial, ya? Dengan begitu, rasa percaya diri pun bisa meningkat saat harus bertemu customer atau client.

Jalani dengan Hati

Biarkan Semesta yang Mengamini

Menjadi sukses adalah hak setiap orang yang mau dan ingin terus meng-upgrade kemampuan. Berkembang dengan menekuni hobi dan passion untuk menemukan jalan rezeki bukanlah hal yang mustahil. Aku banyak belajar dari Mbak Monalisa yang tinggal di pelosok desa, tetapi toko kue-nya mampu menghasilkan omset puluhan juta perbulan. Siapa sangka sih toko kecil di pedesaan yang jauh dari pusat kota setiap hari bisa mendapatkan 3 hingga 10 pesanan dari berbagai daerah?  

Hal ini tentu berkat kreativitas dan inovasi Mbak Monalisa dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. Berbekal dengan smartphone untuk mengumpulkan berbagai resep dan desain kue, akhirnya Mbak Monalisa bisa menikmati usahanya yang dibangun sejak tahun 2018. Secara nggak langsung, Mbak Monalisa ini telah mewujudkan harapan banyak orang dalam “memanggang” kreativitas tanpa batas melalui kreasi kue-kuenya. “Baking hope and creativity“.

Siapa pun kita, apa pun pendidikan kita, aku yakin, jika kita mau berusaha melihat peluang dan memanfaatkan kreativitas, kita juga bisa menjadi Mbak Monalisa yang sukses di usia muda. Terlebih, jika kita memiliki perangkat penunjang seperti laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Pasalnya, laptop ini bukan hanya digunakan untuk pebisnis seperti Mbak Monalisa, melainkan laptop ini juga bisa mendukung para pelajar, content creator, hingga pekerja kantoran untuk keperluan harian. Hal ini berkat spesifikasi, fitur, dan desain laptop yang dapat menunjang berbagai aktivitas.

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Main Spec.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

 

CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

 

Operating System

Windows 11 Home

 

Memory

16GB DDR4 on board
8GB DDR4 on board

 

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

128GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

 

Display

14.0-inch, 2.8K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 90Hz refresh rate, 600nits peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 600, 1.07 billion colors, Pantone Validated, Anti-glare display, 70% less harmful blue light, SGS Eye Care Display, Screen-to-body ratio: 85 %

 

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

 

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Micro SD card reader

 

Camera

720p HD camera
With privacy shutter

 

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

 

Audio

Smart Amp Technology
Built-in array microphone
harman/kardon (Mainstream)
with Cortana support

 

Battery & Power

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

ø4.5, 90W AC Adapter, Output: 19V DC, 4.74A, 90W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal

 

Dimension 

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm (12.43″ x 8.91″ x 0.74″ ~ 0.76″)

 

Weight

1.40 kg (3.09 lbs)

 

Colors

Cosmos Blue
Solar Silver

 

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard, Touchpad

Include & Feature

 

Office Home and Student 2021
System diagnosis
Battery health charging
Fan Profile
Splendid
Function key lock
WiFi SmartConnect
Link to MyASUS
TaskFirst
Live update
ASUS OLED Care
AI Noise Canceling

Alasan Memilih Asus

sebagai Penunjang Kreativitas Tanpa Batas

Siapa sih yang nggak kenal dengan brand ASUS? Terlebih, ASUS juga masuk ke dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune tahun 2022. Aku yakin, banyak di antara teman-teman yang menggunakan brand ASUS untuk menunjang berbagai pekerjaan atau pun urusan lainnya. Nah, berikut ini beberapa alasanku memilih brand ASUS sebagai penunjang kreativitas tanpa batas.

Inovasi, Kualitas, dan Pelayanan ASUS yang Maksimal

Sejak tahun 1995 hingga sekarang, ASUS telah menerima lebih dari 61.520 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia, lho. Salah satu penghargaannya sebagai perusahaan yang memiliki kualitas dan pelayanan terbaik oleh The Wall Street Journal Asia. Setiap produk yang dikeluarkan oleh ASUS sudah dipastikan lolos quality control untuk berbagai pengujian ekstrem. Pengujian tersebut, seperti tes abrasif, tes tekanan, tes goncangan, tes keyboard, tes kebisingan, tes engsel, tes getaran, tes akselerasi tinggi, tes temperatur, tes pemelintiran, tes port, hingga tes jatuh.

Salah Satu Perusahaan IT paling TOP di Dunia

Pada tahun 2021 ASUS dinobatkan sebagai Clarivate Top 100 Global Innovator yang memenangkan kategori laptop dan router pilihan bisnis PCMag. ASUS juga menerima 20 penghargaan di seluruh daftar produk kelas dunia, lho. ASUS menyediakan aplikasi untuk meningkatkan pengalaman hiburan dan software untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, ASUS juga memiliki berbagai aplikasi eksklusif untuk meningkatkan kemampuan laptop. Termasuk tools yang berguna dan utilitas untuk komputasi sehari-hari. 

Menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan
Btw, ASUS merupakan perusahaan pertama di dunia yang meraih Sertifikat EU Flower Eco untuk komputer dekstop dan Sertifikat EuP untuk notebook. Tentunya, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa ASUS selalu mengedepankan inovasi dan kualitas. Tak hanya itu, ASUS juga menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan, lho. Dengan begitu, kita tetap bisa berkontribusi menjaga alam meskipun dari hal-hal yang kecil.

Tersedia Service Center di Berbagai Penjuru Kota
Hampir setiap kota besar maupun kota kecil di Indonesia terdapat ASUS service center. Selain itu, ASUS juga memiliki Service Partner yang terdapat di berbagai store elektronik. Bahkan, satu kota bisa memiliki lebih dari 5 ASUS Service Partner. Nah, untuk setiap pembelian laptop resmi ASUS, kita akan mendapatkan garansi perbaikan selama 2 tahun di dalam negeri maupun secara global, lho. Sejak tahun 2020, ASUS juga melengkapi layanan dengan memberikan ASUS Perfect Warranty, yakni layanan garansi eksklusif dari ASUS di tahun pertama masa garansi notebook. Layanan ini akan menanggung 80% biaya jasa perbaikan dan spare part.

Sumber:

  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital
  • https://www.asus.com/About-ASUS-History/
  • https://www.asus.com/news/f0laqm9pa3qhlias/
  • https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400/
  • https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400/techspec/
  • freepik
0 0 vote
Rating Artikel
guest
20 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Bundamami Devi
9 Oktober 2022 22:59

Kalo editor buku dan jurnal, pake ASUS Vivobook Pro 14 Oled (M3400) ini cocok gak ya Mbak?
Jadi mupeng, hehehe

Finaira Kara
9 Oktober 2022 21:43

Laptop pertama saya juga ASUS, dan ganti laptop juga penginnya ASUS lagi. Karena entah kenapa udah sreg aja, apalagi kualitas dan fiturnya makin lengkap aja buat nunjang kerjaan. Udah lama ngiler laptop ASUS yang baru-baru, tapi bismillah segera kesampaian punya yang terbaru

Happy Dyah
9 Oktober 2022 20:04

Asus Oled mantap nih. Lebih enak dibawa kemana2 dari pada Asusku yg masih model lama. Asus terus berinovasi dan makin berkembang memanjakan customernya

Diah Alsa
9 Oktober 2022 17:37

color grading ASUS OLED ini cakep banget ya, warnanya kaya dan jernih gitu ya, tampilan utama kan jadi daya tarik sendiri untuk pesan sebuah design cake. Dengan ASUS OLED ini Mbak Monalisa pastinya bakalan bisa lebih eksplor kemampuannya lagi ya dalam berkarya 🙂

hastinpratiwi.com
8 Oktober 2022 23:14

Ya ampunn, suka banget liat grafis di artikel ini. Memang ya, ASUS tak ada duanya. Color grading-nya dengan layar OLED bikin objek foto makin soft dan terlihat lebih natural.
Aamiinin dlu bisa punya laptop ASUS jenis ini.

Aji Ervanto
8 Oktober 2022 19:57

Everyday laptop yang stylish dengan spesifikasi yang cocok mendukung pekerjaan

Haeriah Syamsuddin
8 Oktober 2022 08:14

Suka banget dengan laptop yang mudah dibawa ke mana-mana. Apalagi, jika laptopnya dibekali dengan “persenjataan” yang lengkap. Nulis bisa lebih nyaman dan ide pun bisa mengalir deras.

Mei Daema
4 Oktober 2022 11:09

laptop impian saya ini mba El, suka dengan desainnya yang ramping dan tipsi banget, cocok banget untuk dibawa mobile, apalagi mengingat laptop saya sekarang sudah mulai harus dimuseumkan nampaknya heheh

Muyassaroh
4 Oktober 2022 08:54

Cake-nya cantik-cantik sekali, Mbak. Alhamdulillah ya sangat terbantu dengan adanya ASUS yang nggak ada duanya. Usaha kecil bisa berkembang berkat ASUS. Bikin mockup pun jadi mudah buat ditunjukkan ke customer…Pengin juga punya buat ngedit-ngedit foto..

Joe Candra P
1 Oktober 2022 21:05

Setuju banget jika melakukan color grading itu emang asik kalau pakai layar OLED ya kak. Cocok nih bagi editor dan graphic designer. Ah, jadi mupeng laptop dengan layar OLED juga nih ehhehe