Menginjakkan Kaki di Ibukota
plus Tur ke Kantor Telkom berkat Mengikuti

IndiHome Blog Competition

Oleh Ella Fitria
22 September 2022

Sore itu, notifikasi handphone berbunyi pelan menandakan ada pesan singkat dari nomor tak dikenal. Pelan-pelan, jemariku mengusap layar handphone, lantas membacanya dengan semangat yang meletup-letup sembari mengucap syukur. Chat tersebut berasal dari Mbak Ika, salah satu panitia IndiHome Blogger Inauguration. Sudah bisa ditebak isi chat-nya seperti apa? Yap! Tentu saja konfirmasi undangan untuk menghadiri acara tersebut.

Undangan Inauguration

Jujur, aku nggak menyangka bisa berdiri di titik ini. Di titik pertama kali mengikuti lomba blog yang berujung diundang ke jantungnya Indonesia, Jakarta. Iya, gadis desa yang dulu memimpikan ingin memiliki hunian smart living seperti iklan yang setiap weekend aku saksikan, kini bisa mencicipi hiruk pikuknya lokasi iklan yang puluhan tahun lalu aku saksikan.

Memang, bukan pertama kali aku bepergian jauh dari tempat tinggalku. Namun, sungguh bisa bepergian sekigus mendapatkan undangan karena artikel lomba blog yang ku tulis tuh rasanya bahagia banget. Meskipun, nggak tahu artikelnya menang atau kalah karena pengumumannya baru nanti malam. Ehehehe. Tapi jujur, buatku diundang ke Jakarta dan bertemu dengan peserta lomba blog IndiHome dari Makassar, Bali, Padang, Palembang, Semarang, Surabaya, Banten, dan daerah lainnya menjadi kebanggaan tersendiri.

Perjalanan dari Purbalingga ke Jakarta

dengan Kereta Api yang Mengasyikan

Terakhir kali aku bepergian jauh mungkin sudah lebih dari tujuh bulan lalu. Selain karena sedang hamil, aku juga sangat selektif dalam memilih menghadiri event online agar kondisiku tetap sehat dan stabil. Alhamdulillah, semesta mendukung tubuhku dan kondisiku untuk menghadiri IndiHome Blogger Inauguration. Maklum, untuk menuju ke stasiun Purwokerto, aku membutuhkan waktu satu setengah jam dari rumah.

Setelah itu, perjalanan dilanjut ke Stasiun Gambir dengan naik kereta api kurang lebih memakan waktu lima jam. Untung saja, perjalanan kali ini ditemani oleh suami. Kalau ditanya capek, nggak? Tentu saja capek, tetapi rasanya terbayar ketika mengikuti tur ke beberapa kantor Telkom. Ya kan, kapan lagi gadis desa ini bisa menginjakkan kaki di Jakarta plus diajak kunjungan ke kantor Telkom? 

Yuk, Intip Keseruan Peserta Blog Competition Inaguration Night IndiHome

Tur ke Kantor Telkom

Begitu semua peserta undangan IndiHome Blogger Inauguration selesai sarapan, kami berkumpul sekitar pukul 07.30 WIB untuk melakukan perjalanan menuju lokasi pertama. Btw, ada tiga lokasi yang akan kami jelajahi. Penasaran seperti apa keseruannya? Berikut sekelumit pengalaman tur ke kantor Telkom bersama teman-teman blogger dari berbagai penjuru nusantara.

Kunjungan Pertama ke OPMC Telkom Bogor

Kantor Outside Plant Maintenance Center (OPMC) merupakan kantor Telkom yang terletak di Jalan Padjajaran No.39, Bogor. Sesampainya kami di sana, kami diajak mengeksplore lantai dua yang menjadi tempat tim verifikasi keperluan pelanggan terkait jaringan telekomunikasi. Jadi, data pelanggan IndiHome seluruh Indonesia diproses, dicek, dan diverifikasi di kantor OPMC Telkom Bogor ini.

Kunjungan Pertama ke OPMC Telkom Bogor

Selain itu, di gedung lantai 3 juga ada tim customer service yang setiap hari menerima keluhan atau pengaduan jika ada kendala pada jaringan Telkom. Kebayang nggak, bagaimana suasana satu ruangan yang sibuk menerima keluhan pelanggan? Wkwkwk. Mbak dan Mas customer service-nya sabar tingkat dewa pokoknya!

Social media department IndiHome

Nah, di gedung ini juga kami diajak untuk melihat situasi dan kondisi social media department. Katanya sih, pelanggan Telkom ini paling sering berinteraksi melalui media sosial Twitter. Memang ya, digitalisasi saat ini makin melonjak dan terasa banget manfaatnya. Oya, salah satu goal kantor ini juga menjamin loyalitas pelanggan.

Kunjungan Kedua Gedung Telkom Hub alias Kantor Pusat Telkom

Kunjungan ke tempat yang kedua adalah ke Gedung Telkom Hub atau dikenal dengan Telkom Landmark Tower. Sungguh, begitu masuk lobby rasanya takjub banget karena di area resepsionis backgroud-nya berupa layar lebar, lebar banget malahan. Nah, layar tersebut bisa berubah-ubah merepresentasikan Telkom. Asyik banget! Terus, penjagaannya juga lumayan ketat. Tamu atau pengunjung nggak bisa asal slonong masuk begitu saja.

Inside Gedung Telkom Hub

Menurutku, kantor ini salah satu kantor idaman milenial banget! Alasannya, karena selain cozy, kantornya juga bersih, fasilitas lengkap, plus canggih! Kami diajak menuju lantai ke-31. Girang banget gadis desa ini bisa melihat gedung-gedung pencakar langit plus kota Jakarta dari Telkom Landmark Tower. Di lantai 31 merupakan area Telkom Sport Center. Di sana ada berbagai macam alat fitnes hingga area untuk bersantai.

Telkom Sport Center

Kunjungan Ketiga ke TIOC Command Center Telkom di Gedung Graha Merah Putih

Tempat ketiga adalah TIOC Command Center Telkom yang ada di Gedung Graha Merah Putih. Sungguh, rasa takjubnya nggak main-main karena kami diajak untuk keliling ke dalam pusatnya data Telkom untuk melihat bagaimana Telkom mengoperasikan jaringannya.

TIOC Command Center

Dinding setinggi dan sepanjang itu dihiasi layar yang berisi data-data internal IndiHome dan Telkom. Setiap hari ada pergerakan dari berbagai aspek. Jadi, jika ada ganggaun atau kendala dari pelanggan, tim TIOC Command Center bisa langsung menanganinya.

Ya, meskipun untuk menangani gangguan nggak selalu cepat karena prosesnya yang begitu rumit dan panjang. Misalnya, kabel bawah laut yang putus atau terjadi gangguan, otomatis untuk perbaikannya memerlukan waktu yang nggak sebentar, tergantung dengan kondisi di lapangan. Nggak kebayang deh, kerja kerasnya tim yang ada di TIOC Command Center. Jujur, aku cuma lihat layar yang berisi data-data kompleks auto mumet. Ahahaha

Mari Berkontribusi bersama Telkom untuk

Menyebarkan Digitalisasi di Masa Kini

Sepulang tur dari kantor Telkom, aku jadi berpikir bahwa digitalisasi di masa kini memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kontribusi kita dalam menyebarkan digitalisasi merupakan salah satu cara kecil agar masyarakat Indonesia lebih melek digital, terutama yang tinggal di daerah. IndiHome memberikan layanan aktivitas tanpa batas yang turut andil menjangkau jaringan di daerah-daerah terpencil.

Terima kasih Telkom, terima kasih IndiHome. Sudah mewujudkan salah satu keinginan gadis desa untuk menjelajah Ibukota. Next, semoga ada kesempatan-kesempatan lain yang lebih seru dan menarik. Semoga, IndiHome terus berinovasi untuk melebarkan jaringan ke pelosok negeri. Aamiin

4 komentar

ellafitria 30 September 2022 - 13:23

hiihihi, makasih ya mbak Ainun. Semoga next kita bisa bertemu di kesempatan yang lain 🙂

Balas
ellafitria 30 September 2022 - 13:22

dududu, kapan2 ya Mas Andi. Soalnya kemarin nggak sempet kemana2 karena badan udah letoy banget, wkwwk

Balas
MASANDI WIBOWO 24 September 2022 - 17:42

Asikkk…. Ke Jakarta.. sayang gak bisa mampir ke tempat saya… Selamat Ya…

Balas
ainun 22 September 2022 - 22:36

baru tadi liat poto poto di grup blogger, ehhh tulisannya udah nongol aja ini hehehe
baidewei, congrats mbak ellaaa, *dancingdancing

seru banget pastinya bisa ketemu sama temen temen se Indonesia raya pokoknya, ga bakalan nolak kalau dapet undangan kayak gini ya

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: