Kurikulum Internasional:

Dukung Kualitas Pendidikan Indonesia Makin Berkelas

Kurikulum ibarat sebuah kendaraan yang mengantarkan pendidikan sampai tujuan tanpa hambatan.

Rupanya pernah menjadi guru honorer membuat saya banyak belajar mengenai kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia. Beberapa kali, kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Meski demikian, standar kurikulum saat ini masih membutuhkan perubahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kurikulum pendidikan merupakan sebuah strategi untuk melahirkan generasi yang berdaya saing nasional, bahkan internasional. Pada dasarnya, kurikulum nasional dan kurikulum internasional memiliki perbedaan yang signifikan. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai peran kurikulum internasional pada pendidikan di Indonesia.

Pendidikan Sebagai Salah Satu

Instrumen Investasi

Dr. Marshall Schott, PhD

Saya sepakat dengan Dr. Marshall Schott, PhD. Louisiana State University, USA yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu instrumen investasi masa depan. Pasalnya, melalui pendidikan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, cerdas, beretika, bermoral, dan bertanggungjawab. Selain itu, untuk terjun ke dunia kerja di kancah internasional akan lebih mudah jika seseorang memiliki background pendidikan yang mumpuni.

Sejatinya, pendidikan bukan hanya sekadar selembar kertas berupa ijazah. Melainkan, sebagai landasan untuk melatih cara berpikir dan meningkatkan value untuk menghadapi dunia kerja pada abad 21. Maka dari itu, sangat penting memilih pendidikan yang menerapkan kurikulum internasional. Mengapa demikian? Mari kita bahas lebih lanjut.

Peran Kurikulum Internasional untuk Aktualisasi Pendidikan Indonesia

Dalam Undang-undang Nomor 2003, Pasal 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mendefinisikan kurikulum sebagai seperangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Nah, lain halnya dengan kurikulum internasional karena menggunakan standar pendidikan internasional yang diterapkan oleh pendidikan di berbagai belahan dunia.

Saat ini penggunaan kurikulum internasional makin banyak diterapkan di berbagai Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Salah satunya adalah Sampoerna University. Menurut saya, kurikulum nasional dan kurikulum internasional memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Kurikulum Nasional

hanya berfokus pada penguasaan materi pelajar

Kurikulum Internasional

lebih menekankan pada pengembangan keterampilan emosional, sosial, dan intelektual

Tentu saja kurikulum internasional ini bisa menjadi jembatan dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa agar dapat bersaing di dunia global. Terlebih, pada kurikulum internasional, siswa memiliki kebebasan memilih mata pelajaran berdasarkan minatnya. Berikut ini beberapa peran kurikulum internasional jika diterapkan pada pendidikan di Indonesia.

Bahasa

Menghasilkan output yang fasih berbahasa Inggris karena dalam proses pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Pembelajaran

Proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dengan model pembelajaran yang modern dan melibatkan siswa sepenuhnya

Wawasan

Siswa memiliki bekal wawasan internasional sebagai persiapan untuk menghadapi persaingan global

Kreativitas

Potensi kemampuan siswa akan lebih terlihat karena gaya pembelajaran berfokus pada kreativitas

Study Locally, Compete Globally

di Sampoerna University

Universitas Sampoerna adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tinggi ala Amerika. Sampoerna University memiliki sistem dengan standar nasional dan internasional untuk menyiapkan mahasiswa yang sukses secara akademis maupun profesional. Selain itu, kampus ini bertumpu pada pembelajaran inovatif dan kreatif berbasis teknologi yang bekerja sama dengan University of Arizona.

Sampoerna University menggunakan kurikulum internasional sehingga menjamin mahasiswanya memiliki keterampilan dan kredensial. Hal ini bertujuan agar lulusan Sampoerna University dapat bersaing dan menggapai karier cemerlang baik secara nasional ataupun internasional.

Sampoerna University:
Wujud Pendidikan Unggulan Masa Kini

Saat ini, kita bisa menempuh pendidikan perguruan tinggi dengan standar internasional tanpa perlu meninggalkan Indonesia. Sampoerna University berkomitmen memberikan pendidikan terbaik dan unggul untuk menyiapkan mahasiswa memiliki skill agar mampu bersaing di kancah global. Nah, berikut ini beberapa keunggulan menempuh pendidikan di Sampoerna University.

Fasilitas, Kurikulum, dan Tenaga Pendidik Berstandar internasional

Selain berpedoman pada kurikulum internasional, semua tenaga pendidik di Sampoerna University juga berstandar internasional. Begitu pun dengan fasilitas yang ditawarkan, salah satunya adalah laboratorium milik Faculty of Engineering and Technology (FET) yang merupakan hasil kerja sama dengan Louisiana State University, Amerika Serikat.

Selain itu, di Sampoerna University juga memiliki 3D Visualization Lab dan Motion Capture Studio yang super canggih untuk mendukung mahasiswa prodi Creative Digital Design. Hal ini memungkinkan mahasiswa mengasah kreativitas dan inovasinya agar mampu menghasilkan karya yang mendunia.

Metode Pembelajaran Berbasis STEAM

Di era digitalisasi seperti sekarang ini tentu saja membutuhkan skill mumpuni agar bisa bersaing di dunia internasional. Hal ini sejalan dengan metode pembelajaran Sampoerna University berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematic). Perpaduan metode ini sangat cocok diterapkan pada masa sekarang. Tentunya, agar mahasiswa memiliki kompetensi bekerja dengan mengedepankan berbagai aspek.

Double Degree Dalam Satu Waktu

Menariknya, Sampoerna University menawarkan program double degree yang bisa diperoleh dalam satu waktu. Double degree ini berupa gelar sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan gelar sarjana (S1) terakreditasi Sampoerna University. Tak hanya itu, mahasiswa juga dapat melakukan transfer kuliah ke universitas mana pun di Amerika Serikat atau Kanada pada tahun berikutnya.

Siap Bersaing di Dunia Global

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Student Affairs Sampoerna University pada tahun 2017, ada 94% lulusan Sampoerna University yang berhasil mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu 3 bulan. Selain itu, banyak juga alumni Sampoerna University yang memiliki karier tinggi di berbagai perusahaan global. Hal ini berkat penerapan kurikulum internasional yang berfokus pada pengembangan skill dan pengetahuan.

Biaya Terjangkau untuk Pendidikan Standar Internasional

Sampoerna University menjadi salah satu kampus unggulan dengan biaya yang relatif terjangkau untuk pendidikan berstandar internasional. Beberapa mahasiswa memilih kampus ini karena dilatarbelakangi mahalnya biaya pendidikan di Amerika Serikat. Untuk itu, Sampoerna University hadir menjadi alternatifnya.

Sampoerna University menawarkan program dengan biaya paling terjangkau bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mendapatkan gelar Sarjana dari Amerika Serikat tanpa meninggalkan Indonesia. Terlebih, Sampoerna University juga menawarkan double degree dalam satu waktu.

Mari bekali diri dengan memilih kurikulum internasional agar bisa bersaing di kancah global. Siap bekerja, siap bersaing di dunia, dan siap memimpin bersama Sampoerna University.

Campus Tour

Yuk tengok kampus Sampoerna University secara virtual

Sumber:

  • https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/kurikulum-internasional-yang-ada-pada-sekolah-di-indonesia/
  • https://danacita.co.id/blog/alasan-kenapa-kamu-harus-kuliah-di-sampoerna-university-20222023/
  • https://youtu.be/v9Z_AI9QJ1Y
  • lottiefiles
  • freepik
  • fontawesome
0 0 vote
Rating Artikel
guest
1 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Aji Ervanto
25 Februari 2023 08:36

investasi yang tak lekang oleh waktu yaitu ilmu (pendidikan)