Peran Rumah Modular

untuk Hidup Berkelanjutan

Kami bangun rumah layaknya seperti lego. Jadi kami cetak dulu, lalu dilihat desainnya dan kami hitung budget-nya. Kemudian kami bangunkan (rumah) dengan waktu yang relatif singkat.

Membayangkan rumah dengan desain layaknya kepingan lego rasanya mustahil. Namun, ternyata generasi saat ini mulai melirik tren rumah modular. Selain memiliki banyak keuntungan daripada rumah konvensial, rumah modular juga lebih ramah lingkungan.

Contoh desain rumah modular © Sergey Melnikov
Contoh desain rumah modular © Sergey Melnikov

Rumah modular atau prefabrikasi (prefab) adalah rumah/ bangunan yang konstruksi pembangunannya lebih cepat daripada sistem konvensional. Bangunan yang menggunakan sistem modular ini menggunakan metode pembangunan dengan mengerjakan sebagian komponen bangunan di luar site (pabrik) dan merakitnya di dalam site (erection).

Berbeda dengan metode konstruksi konvensional, metode konstruksi modular tidak melakukan pembangunan struktur pada lokasi konstruksi secara langsung. Komponen modulnya merupakan hasil fabrikasi di pabrik, kemudian modul-modul tersebut dikirim ke lokasi/ proyek. Pada pelakasanaannya tinggal menyusun modul/ part-part menjadi kesatuan bentuk rumah/ bangunan layaknya seperti mainan lego.

Konsep rumah modular ini memiliki kekuatan yang sama dengan rumah konvensional, asalkan memiliki struktur tanah yang bagus. Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai rumah modular ramah lingkungan untuk hidup berkelanjutan. Karena kini sudah saatnya kita memulai hidup dengan memperhatikan lingkungan dan berdampingan dengan alam.

Mengulik Sejarah

Konsep Modular Pertama di Indonesia

Ternyata sejak zaman dulu, konsep modular sudah menjadi bagian dari proses konstruksi. Seperti pembangunan candi-candi zaman dulu yang terdiri dari part-part kemudian disusun di suatu lokasi menjadi bangunan candi. Selain itu, ada banyak bangunan atau gedung-gedung yang disusun dengan konsep modular. Berikut ini beberapa bangunan yang tercatat menggunakan konsep modular.

Sejarah Modular oleh Dwi Wanto, VP of Engineering PT Waskita Beton Precast Tbk
Sejarah Modular oleh Dwi Wanto, VP of Engineering PT Waskita Beton Precast Tbk

Emisi Karbon:

Memicu Meningkatnya Perubahan Iklim

Sungguh saya sangat kaget saat mengetahui sektor pembangunan konstruksi rumah ternyata menghasilkan emisi karbon CO2 dalam jumlah yang cukup besar. Tentunya, hal ini sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim. Pasalnya, untuk membangun satu rumah saja kita membutuhkan tenaga, air, material konstruksi, tenaga listrik, transportasi, dan lainnya. Belum lagi, proses pembangunan rumah akan menghasilkan berbagai jenis limbah.

Emisi karbon dalam konstruksi pembangunan rumah
Emisi karbon dalam konstruksi pembangunan rumah

Makin banyak rumah membangun rumah, maka makin banyak pula gas yang teremisikan. Emisi karbon merupakan proses pelepasan karbon ke lapisan atmosfer bumi. Efek dari emisi karbon ini dapat menyebabkan naiknya suhu bumi sehingga berdampak buruk untuk lingkungan, kesehatan, bahkan di sektor ekonomi.

Mirisnya, jika suhu bumi terus naik, maka es laut di kutub dan cakupan gletser akan berkurang. Hal ini tentu saja akan menyebabkan permukaan air laut meningkat. Karena itu, potensi banjir pada wilayah pesisir pantai pun menjadi ancaman. Selain itu, emisi karbon ini tidak menutup kemungkinan akan memengaruhi perubahan iklim dan pemanasan global yang berujung terjadinya bencana alam.

Yuk, Berdiskusi Bagaiamana Caranya Menekan Emisi Karbon

Di Sektor Konstruksi Rumah

Saya termasuk orang yang beruntung karena dapat mengikuti berbagai webinar di acara tahunan Tempo Media Week (TMW) 2023. Salah satu webinar yang saya ikuti mengusung tema “Rumah Modular Sebagai Alternatif Perumahan Masa Kini yang Ramah Lingkungan” pada 1 Maret 2023 lalu. Ada empat narasumber expert yang mengulas seluk beluk rumah modular, di antaranya:

Dwi Wanto

VP of Engineering PT Waskita Beton Precast Tbk

Iwan Prijanto

Ketua Umum Green Council

Tri Resandi

Design Planning Manager PT Panasonic Home Deltamas

Novriansyah Yakub

Arsitek Rumah Modular

Menurut Iwan Prijanto, Ketua Umum Green Council menuturkan bahwa emisi karbon dapat mengakibatkan bencana alam dan perubahan iklim makin meningkat. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mitigasi mengurangi penurunan emisi karbon. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi emisi karbon di sektor konstruski rumah adalah dengan menerapkan rumah modular.

0 %
Emisi karbon dari
sektor konstruksi bangunan

Menururt Data Global Alliance for Buildings and Construction (2021) menunjukkan bahwa sektor konstruksi bertanggung jawab atas 37% emisi karbon dioksida dan 36% konsumsi energi global. Hal ini sejalan dengan pemaparan dari Iwan Prijanto, beliau menuturkan sektor bangunan merupakan penyumbang emisi karbon paling besar, yakni sekitar 37-38%. Dengan rincian 28% berasal dari aktivitas operasi bangunan dan 11% dari material konstruksi. Kemudian, untuk energinya sekitar 35%, air 12%, dan menghasilkan sampah sebanyak 35%.

Mengapa rumah modular

bisa dikategorikan rumah ramah lingkungan?

Rumah modular termasuk rumah ramah lingkungan karena semua komponen diproduksi di pabrik sehingga minim limbah. Selain itu, tidak membutuhkan banyak sumber daya alam dan energi manusia. Limbah-limbah yang dihasilkan pun akan diproses ulang untuk dimanfaatkan sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalikan.

Proses perakitan rumah modular dengan komponen yang dibuat di pabrik
Proses perakitan rumah modular dengan komponen yang dibuat di pabrik

Rumah modular menggunakan material yang bersifat ramah lingkungan. Penggunaan baja ringan pada konstruksinya menggantikan penggunaan material kayu yang umumnya digunakan pada rumah konvensional. Rumah modular juga mengusung konsep green building concept. Dengan begitu, konsepnya sudah sangat matang mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pemakaian.

Selain itu, rumah modular juga menggunakan green material berupa limbah kaca sebagai substitusi parsial semen pada beton. Hal ini dapat membantu mengurangi produksi dan penggunaan semen sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon saat proses produksi semen.

Perbandingan Konsep Modular Vs Konsep Konvensional

Modular

House
  • Menyederhanakan Proses Konstruksi dengan Fabrikasi Komponen di Pabrik
  • 30-40% lebih cepat karena dikerjakan pararel
  • Lebih Sedikit Material yang Terbuang dan Tenaga Kerja Instalasi yang Dibutuhkan
  • Pengaruh Cuaca Relatif Kecil Karena Komponen Diproduksi di Pabrik
  • Konsisten Menghasilkan Mutu yang Lebih Baik dan Terjamin

Konvensional

House
  • Lebih Kompleks Karena Semua Dikerjakan di Lapangan dengan Cara Konvensional
  • Waktu Pengerjaan Lama dan Harus Berurutan
  • Membutuhkan Lebih Banyak Material dan Tenaga Kerja Instalasi
  • Pengaruh Cuaca Lebih Besar Karena Dikerjakan Di Lapangan Secara Terbuka
  • Mutu Tergantung Pengawasan dan Skill Tenaga Pekerja

Beberapa Tipe Rumah Modular PT Waskita Beton Precast Tbk

Upaya mitigasi bencana dari meningkatnya emisi karbon dapat kita siasati dengan menerapkan rumah modular. Ada beberapa tipe rumah modular yang diproduksi oleh PT Waskita Beton Precast Tbk. Di antaranya:

i-Home

i-Home atau instant home, yakni rumah type 36 yang sudah siap untuk dipasang. Material seperti dinding, atap, dan lantai diproduksi di pabrik.

i-Mood

i-Mood atau Instant Modular, yakni rumah yang didesain mobile sehingga dapat dipindah-pindah dengan mudah ke lokasi yang diinginkan. Rumah model ini sangat cocok untuk sebuah proyek karena mudah dibongkar pasang.

PPVC

Modular Prefabricated Prefinished Volumetric Construction (PPVC), yakni modul 3 dimensi yang sudah selesai dirakit di pabrik berbentuk satu ruangan dan siap dikirim. Untuk memindahkan modul model ini memerlukan alat angkut berat.

Kolom Balok

Modular Kolom Balok Precast, yakni bangunan berupa kolom balok, lantai, dan atap yang dicetak di pabrikasi.

Risha

Modular Rumah Risha, yakni rumah instan sederahana sehat modifikasi terdiri dari 3 komponen. Biasanya rumah Risha ini diperuntukkan untuk para korban bencana yang kehilangan tempat tinggal. Misalnya, korban gempa di Lombok.

Rumah modular tidak terbatas untuk proyek landed house saja, rumah modular juga dapat didesain menjadi high rise untuk bangunan pemerintahan, sekolah, kampus, rumah sakit, hingga perkantoran. Kita dapat menyesuaikan desain dan jenis rumah modular sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Keunggulan Rumah Modular

Mengutip paparan dari Bapak Dwi Wanto, sekalu VP of Engineering PT Waskita Beton Precast Tbk beliau mengungkapkan beberapa keunggulan rumah modular. Di antaranya:

Beberapa kelebihan dan keuntungan rumah modular
Beberapa kelebihan dan keuntungan rumah modular

Seklias Tentang

PT Waskita Beton Precast Tbk

PT Waskita Beton Precast Tbk merupakan anak usaha Waskita Karya yang bergerak di bidang pencetakan beton. Rupanya PT Waskita Beton Precast Tbk terus melebarkan sayapnya dengan menghasilkan inovasi teknologi berupa sistem modular pada produk bangunan pre-fabrikasi.

The Best Building Material Producer with Green Innovation and Sustainability dari 16th Annual Indonesia Property & Bank Award 2022
The Best Building Material Producer with Green Innovation and Sustainability dari 16th Annual Indonesia Property & Bank Award 2022

Hal ini selaras dengan komitmennya terhadap Program Transformasi Bisnis pilar Technology & Digitalization yang mendukung program pemerintah dalam pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat. Terciptanya inovasi bangunan pre-fabrikasi ini berkat dorongan pencapaian WSBP dalam meraih penghargaan.

Penghargaan tersebut adalah The Best Building Material Producer with Green Innovation and Sustainability dari 16th Annual Indonesia Property & Bank Award 2022, pada Februari 2022. Hal ini merupakan penghargaan tertinggi para pebisnis khususnya industri properti, keuangan, bahan bangunan dan bisnis terkait lainnya.

Tercatat beberapa proyek modular PT Waskita Beton Precast Tbk adalah kampus UNHAN Sentul – Bogor, Risha Lombok, Risha Dormitory, Risha Kupang, Savasa Project Cikarang – Bekasi, dan lainnya. Bukan hanya menyediakan layanan modular, PT Waskita Beton Precast Tbk juga menyediakan layanan berupa Beton precast, Readymix, Konstruksi & Post Tension.

Heal The World

dengan Mewujudkan Rumah Modular Ramah Lingkungan

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan heal, tetapi bumi dan alam semesta pun membutuhkannya. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk heal the world adalah menerapkan gaya hidup zero waste. Hal ini bertujuan agar kita lebih bijak dalam menggunakan produk dan menjaga kelestarian alam dari dampak buruk yang kita timbulkan.

Rumah modular dapat menjadi solusi di bidang konstruksi bangunan untuk menekan angkat emisi karbon. Konsep modular ini menawarkan beragam keunggulan daripada sistem konvensional. Mulai dari waktu, pembiayaan, kepastian, limbah yang dihasilkan, dan perawatan tentunya lebih efektif dan efisien jika menggunakan konsep modular.

Mari memulai hidup berdampingan dengan alam dan menjaga kelestarian alam salah satunya dengan mewujudkan rumah modular ramah lingkungan. Semoga, bisnis green house seperti ini makin digemari oleh berbagai kalangan, baik pebisnis ataupun konsumen demi hidup yang berkelanjutan. Heal the world, make it a better place untuk masa depan yang lebih indah.

Sumber:

  • webinar (TMW) 2023: “Rumah Modular Sebagai Alternatif Perumahan Masa Kini yang Ramah Lingkungan” pada 1 Maret 2023
  • https://www.youtube.com/watch?v=2Uw_m9dE6ZY&t=2348s
  • https://web.waskitaprecast.co.id/rilis-media-det/WSBP-Pre-Fabricated-Building-Innovation-Captures-Residential-Market/ind
  • https://eng.ui.ac.id/blog/homie-rumah-modular-berbasis-green-material-rancangan-mahasiswa-ftui/
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/4881616/inovasi-baru-waskita-beton-precast-hadirkan-konsep-hunian-masa-depan
  • https://www.archdaily.com/969873/modular-house-on-the-slope-bio-architects/6160431e0e06d260c4b660a9-modular-house-on-the-slope-bio-architects-photo
  • lottiefiles
  • freepik
  • fontawesome
5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Hafsah Azzahra
13 Mei 2023 16:37

Keren banget copywriting dan tampilan blognya. Sangat informatif tapi ga bosenin ky artikel panjang yg biasanya ada di google. Cuma ada beberapa typo yg mengganggu. Sisanya, perfect!

Bang Day
27 Maret 2023 10:42

Keren juga Borobudur terdefinisi sbf bangunan modular ya. Artinya kemampuan rancang bangun pada masa itu sudah luar biasa