Nabung Online di M-Syariah
Lebih Mudah dan Banyak Berkah

Ini ada rejeki dari Bude, tapi jangan dihabiskan buat jajan, ya! Sebagian ditabung biar celengannya cepat penuh, Nak! Sebentar lagi kan kamu mau masuk SMP.

Sungguh, saya sangat bersyukur hidup di kelilingi oleh keluarga yang bisa dibilang berkecukupan. Tidak hanya bude, tante dan keluarga yang lain pun sering memberikan amplop berisi lembaran uang. Terlebih, di momen Lebaran, banyak sanak saudara yang pulang kampung dan bagi-bagi THR.

Untungnya, sejak kecil orang tua saya sudah menanamkan kebiasaan untuk selalu menyisihkan uang saku alias menabung. Saya masih ingat betul bentuk dan karakter berbagai celengan yang saya miliki dari hasil pemberian ayah, ibu sekaligus dari mbah putri. Hal ini dilakukan agar anak-anaknya dan cucu-cucunya termotivasi untuk menabung.

Sayangnya, saat kecil, saya berkali-kali kehilangan celengan yang hampir penuh. Hal ini disebabkan karena tetangga saya mengidap gangguan kebiasaan kleptomania. Bukan suudzon, tetapi saya dan orang tua saya memang memiliki bukti kuat dan ketika dikonfirmasi kepada yang bersangkutan, ia pun mengakui hal tersebut.

Kini, ada rasa syukur karena kehilangan celengan yang hampir penuh tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, sudah ada bank digital M-Syariah yang menjadi wadah tabungan dengan konsep syariah. Semenjak mengenal Bank Mega Syariah, rasanya menabung menjadi makin mudah dan terasa lebih berkah. Selain itu, konsep syariah yang digunakan juga membuat hati makin tenang karena bisa dipastikan terhindar dari praktik muamalah yang menyimpang.

Tabung Uang THR Anak dengan Amanah
Menggunakan Konsep Syariah

Momen Lebaran memang identik dengan keluarga yang bagi-bagi THR. Kini, sudah bukan saya lagi yang menerima THR, melainkan giliran anak saya yang menerimanya. Sejak jauh-jauh hari, saya dan suami sepakat bila anak kami mendapat THR, maka tidak akan kami gunakan untuk keperluan kami. Nah, berhubung anak kami masih berusia lima bulan, maka pengelola THR sepenuhnya dilakukan oleh kami dengan cara ditabung menggunakan konsep syariah.

Kami belajar dari netizen yang sedang ramai membahas THR anak berujung “investasi bodong“. Pasalnya, beberapa video viral menunjukkan orang tua yang sedang membujuk anaknya untuk mempercayakan uang THR disimpan oleh ibunya. Namun, alih-alih sang ibu membantu menyimpannya, justru uang THR habis digunakan oleh ibunya.

Ya, meskipun mungkin ibunya menggunakan uang tersebut untuk keperluan anaknya. Namun, sebaiknya orang tua mengkomunikasikan hal tersebut kepada anak supaya anak merasa dihargai dan memahami value yang diterapkan oleh keluarga. Kami lebih prefer uang THR anak ditabung seutuhnya mengingat anak kami masih bayi. Toh nanti jika ia sudah makin dewasa, tabungan THR tersebut akan kami berikan dengan tetap memantaunya.

Kenapa Memilih Menabung di
Bank Syariah?

Sesuai UU No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah atau prinsip hukum Islam. Prinsip bank syariah diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan (‘adl wa tawazun), kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiyah), serta tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dan berbagai hal yang haram.

Menabung di Bank Syariah berarti bebas dari hal-hal berikut ini:

Dalam surat Ar-Rum, ayat 39 menjelaskan tentang riba yang artinya:

Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar harta manusia bertambah, maka tidak bertambah dalam pandangan Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya).

Karena itu, alasan utama memilih menabung di Tabungan Syariah adalah agar kehidupan kami terasa tentram dan menyejukkan. Bila menabung dengan sistem syariah, kami tidak perlu khawatir dengan riba, plus terhindar dari hal-hal keuangan yang belum jelas menurut syariat Islam.

Terlebih, saat ini produk Bank Syariah tidak kalah lengkap. Bahkan terdapat produk seperti tabungan haji dan umroh, deposito syariah, zakat, infaq, wakaf hingga tabungan qurban yang tersedia di bank syariah, lho.

Rencanakan Keuangan dengan Matang
Untuk Meraih Berbagai Impian

Melakukan perencanaan keuangan mungkin saja tidak membuat kita kaya. Namun, dapat membuat hidup kita lebih sejahtera.

Sejak kami menikah dan memiliki buah hati, kami mulai merencanakan masa depan dengan lebih rinci termasuk perihal keuangan. Kami mempunyai strategi dalam merencanakan keuangan agar lebih tenang di masa depan. Perencanaan keuangan ibarat GPS yang akan menuntun kita agar bisa tiba di alamat tujuan.

Nah, barangkali teman-teman membutuhkan tips bagaimana kami merencanakan keuangan untuk mencapai kondisi financial yang lebih baik, silakan simak artikel ini hingga selesai, ya!

Gapai Keuangan yang Lebih Berkah
Bersama Bank Mega Syariah

Saya jadi ingat dengan laman finansialku.com yang membahas seputar piramida keuangan. Piramida keuangan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu keamanan keuangan, kenyamanan keuangan, dan distribusi kekayaan.

Distribusi Kekayaan

Posisi piramida keuangan paling atas yakni waris atau distribusi keuangan. Lakukan perencanaan waris supaya kekayaan yang dimiliki dapat berpindah kepada orang yang tepat.

Kenyamanan Keuangan

Kenyamanan keuangan dapat dirasakan bila kita bisa memenuhi kebutuhan keuangan jangka menengah (1-5 tahun) dan jangka panjang (>5 tahun). Selain itu, orang yang berada di level ini dapat memenuhi biaya untuk liburan ke luar negeri, perjalanan ibadah, pensiun, dana pendidikan anak, hingga dapat menyiapkan uang muka beli rumah.

Keamanan Keuangan

Piramida keuangan yang paling dasar adalah memenuhi kebutuhan jangka pendek, dana darurat, dan hutang. Keamanan keuangan seseorang dapat diukur dengan memiliki dana untuk mencukupi kebutuhan dan pengeluarannya selama 12 bulan ke depan.

Untuk mewujudkan piramida keuangan sebagai dasar perencanaan keuangan bisa kita mulai dari sekarang. Dengan memanfaatkan layanan dari Bank Mega Syariah, kita dapat memulai membangun piramida keuangan yang lebih kukuh dan terarah. Mari melihat perjalanan Bank Mega Syariah sebagai salah satu bank syariah terdepan di Indonesia.

Bank Mega Syariah
Satu-satunya Bank Syariah Terdepan di Indonesia

Memilih bank syariah diperlukan berbagai pertimbangan. Saya memutuskan memilih Bank Mega Syariah karena memiliki berbagai keunggulan, di antaranya sebagai berikut.

Memiliki Izin LKS-PWU

Bank Mega Syariah memiliki izin LKS-PWU. Karena itu, Bank Mega Syariah diperbolehkan menerima wakaf uang dari masyarakat dan menyerahkannya kepada pengelola wakaf (nazhir) yang terpercaya.

Mitra Kemenag & BPKH

Saat ini Bank Mega Syariah diamanahi untuk mengelola dana haji dan sebagai mitra investasi dari BPKH. Selain itu, Bank Mega Syariah memiliki kerja sama terbaru yakni pembukaan Payment Point di Kantor Kementerian Agama untuk memudahkan nasabah melakukan pendaftaran ibadah haji.

Izin Bank Devisa

Bank Mega Syariah dapat melayani transaksi valuta asing karena memiliki izin sebagai bank devisa. Dengan begitu, Bank Mega Syariah mampu memperluas jaringan bisnisnya baik skala nasional maupun internasional.

Mitra Kemenkeu

Bank Mega Syariah menjadi mitra pemerintah dalam pengelolaan rekening milik Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/Lembaga. Dengan begitu, Bank Mega Syariah menerima pembuatan rekening pengeluaran, rekening penerimaan dan rekening lainnya milik Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/Lembaga.

Diawasi oleh OJK

Bank Mega Syariah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Bank Mega Syariah merupakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal ini menjadikan Bank Mega Syariah terjamin aman dan terpercaya.

Mengapa Menabung Online di
M-Syariah?

Selain menggunakan Bank Mega Syariah untuk menabung uang THR anak, saya juga menggunakan Bank Mega Syariah untuk berbagai keperluan. M-Syariah merupakan aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan untuk mengelola transaksi perbankan dan non perbankan. Berikut ini beberapa keunggulan lain M-Syariah yang bisa dinikmati.

Buka Rekening Tanpa Pusing

Seiring berkembangnya teknologi, kini kita bisa menikmati membuka rekening M-Syariah secara online tanpa perlu antre dan keluar rumah. Selain itu, membuka tabungan di M-Syariah juga praktis karena tidak memerlukan video call.

Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Buka rekening online melalui M-Syariah tanpa setoran awal plus bebas biaya administrasi bulanan. Jadi, menabung terasa makin untung karena tidak ada potongan biaya administrasi bulanan.

Aman dan Terpercaya

Saat ini makin banyak kejahatan digital, ya? Karena itu, Bank Mega Syariah memiliki sistem keamanan yang terjamin. Misalnya keamanan akun M-syariah, seperti password, PIN, dan kode OTP. Selain itu, M-Syariah juga menawarkan keamanan berupa biometrik melalui fingerprint dan face ID. Dengan begitu, melakukan berbagai transaksi makin aman dan nyaman.

Berbagi Lebih Mudah untuk Meraup Berkah

Berbeda dengan bank konvensional, M-Syariah memiliki fitur untuk memudahkan nasabah berbagi dan beramal. Pasalnya, kita bisa melakukan transaksi amal, seperti zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, hingga donasi.

Fitur Lengkap untuk Segala Kebutuhan

Selain menjadi wadah untuk menabung, M-Syariah juga dilengkapi fitur memenuhi kebutuhan pembelian dan pembayaran secara online, lho. Termasuk ada fitur QRIS, top up e-wallet (GoPay, OVO, dan DANA), isi pulsa, token PLN, PDAM, pajak, BPJS, pelunasan haji, dan masih banyak lainnya.

Kemarin aku mencoba melakukan transfer dari M-Syariah ke bank lain menggunakan layanan BI Fast. Alhamdulillah prosesnya cepat dengan biaya admin yang lebih murah, hanya Rp2.500. Terjangkau bukan?

Efektif dan Efisien untuk Berbagai Urusan

Menurut saya, menggunakan M-Syariah sangat praktis karena hanya dengan satu aplikasi saja, saya bisa melakukan berbagai transaksi kapan pun dan di mana pun. Uniknya, M-Syariah dilengkapi dengan Fitur Berkah Islami yakni berisi informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel Islami untuk mendukung ibadah kita.

Dua Langkah Mudah Membuka Rekening Online di
Bank Mega Syariah

Pembukaan rekening M-Syariah sangat mudah dan simpel. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi M-Syariah melalui tombol di bawah atau bisa lewat scan barcode

2. Isi data diri dan verifikasi identitas dengan meng-upload foto KTP dan melakukan swafoto (selfie)

Selesai! Saatnya menikmati kemudahan dan berbagai fitur menarik aplikasi M-Syariah.

Yuk, Sadari Pentingnya
Menabung dengan Konsep Syariah untuk Kehidupan yang Lebih Berkah

Bahagia tidak harus menjadi orang kaya. Kita bisa mengupayakan dan menciptakan kebahagiaan dimulai dari diri sendiri. Misalnya, mengosongkan hati dari dendam atau menghindari hal-hal subhat. Salah satu kesadaran yang harus ditingkatkan adalah memilih bank syariah sebagai pilihan utama untuk urusan keuangan.

Selain membuat hati tenang karena terbebas dari praktik keuangan yang kurang jelas, M-Syariah juga menawarkan berbagai fitur. Menurut saya, selama menggunakan M-Syariah tidak mengalami kendala. Proses menerima dan mentransfer uangnya cukup cepat. Untuk urusan pembayaran tagihan pun M-Syariah bisa diandalkan. Jadi, selain dapat dijadikan wadah untuk tabungan THR anak. M-Syariah juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan keuangan.

Yuk, segera download aplikasi M-Syariah dan ikuti akun media sosial Bank Mega Syariah untuk mendapatkan informasi tambahan. M-Syariah bukan sekadar aplikasi bank syariah biasa, melainkan satu aplikasi dengan segudang fungsi untuk menenangkan hati. 💙

Sumber:

  • https://www.megasyariah.co.id/id
  • https://www.megasyariah.co.id/id/tentang-kami/profil-perusahaan/sejarah-perusahaan

  • https://www.megasyariah.co.id/id/tentang-kami/profil-perusahaan/keunggulan-bms

  • https://www.finansialku.com/piramida-keuangan/
  • https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan-Kelembagaan.aspx

  • https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15265/Yuk-Nabung-untuk-Masa-Depan-Terjamin.html

  • https://www.finansialku.com/piramida-perencana-keuangan-menentukan-prioritas-keuangan-pkirt0103/
  • https://easysunday.co.id/blog/5-tahap-piramida-perencanaan-keuangan/
    https://kesan.id/feed/anjuran-menabung-sejak-dini-dalam-islam-56cd

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629

  • https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Prinsip-dan-Konsep-PB-Syariah.aspx

  • https://www.youtube.com/watch?v=xB1O3ZAs8TI
  • lottiefiles
  • freepik
  • fontawesome
4.9 7 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
20 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Sita
20 Mei 2023 00:07

Kece banget ini tampilan blognya jadi makin semangat baca terus sampai akhir. Ternyata referensinya banyak jadi infonya juga komplit. Ternyata bank syariah juga bisa transfer pake BI fast ya? Alhamdulillah hemat biaya transfer

Diah Alsa
Diah Alsa
19 Mei 2023 21:55

MasyaAllah, Bank Mega Syariah sudah lama beroperasi ya dan sudah bermitra dengan banyak pihak yang penting di Indonesia ya.
daftarnya pun juga mudah banget.

Maria tanjung
15 Mei 2023 19:03

wah bank Mega juga ada bank digitalnya ya mbak. Jadi pengen buka soalnya dulu saya sempat jadi nasabah bank mega konvensional. Nah sekarang waktunya beralih ke bank syariah

Linda
15 Mei 2023 10:33

Setuju kak dengan memilih bank syariah sebagai pilihan hati menjadi tentram dan tenang, semoga saja edukasi ini bisa mengajak banyak orang untuk meningkat literasi keuangan syariahnya.

Allamandawi
8 Mei 2023 10:44

Pakai tabungan yang berbasis syariah dengan banyak fasilitas seperti m-banking ini sangat memudahkan sekali, bisa dicek secara berkala tabungannya plus lebih aman rasanya dibanding tabungan manual.

ANTUNG APRIANA
8 Mei 2023 09:31

aku juga kesal banget nyimpen uang anak-anakku di celengan eh pada hilang uangnya soalnya bagian bawahnya dibuka jadi uangnya berceceran kemana-mana deh mana dimainin juga sama teman-temannya. jadinya sekarang kalau anakku dapat uang gitu kusimpan di amplop tertutup dan disimpan di lemari biar nggak tercecer

Fajarwalker
5 Mei 2023 06:27

Bank Syariah makin menjamur ya dari tahun ke tahun.

Sandra Hamidah
3 Mei 2023 18:49

Aku baru tau ada bank Mega syariah mba, dulu pernah pake bank syariah tapi adminnya besar apalagi suka belanja online pas anak masih bayi, jadi sekarang deposito syariah aja buat simpenan heheh

Aji Ervanto
2 Mei 2023 06:23

Wah tabungan Si Gentala makin banyak nih

Aji Ervanto
Balas ke  Ella Fitria
19 Mei 2023 11:38

Mase…

Zelda Zahra
Zelda Zahra
2 Mei 2023 06:10

wah menginspirasi sekali mba. emang lebih baik ditabung ya thr anak biar bisa dipakai saat diwaktu yg tepat

Dini Imelda
Dini Imelda
1 Mei 2023 15:30

Lengkap juga ternyata fiturnya ya. Selain bisa buat menabung, ada fitur yang bermanfaat untuk finansial online. Bisa jadi all-in-one app yang mudah dan berkah nih!

Om Met
Om Met
1 Mei 2023 14:30

Setelah lebaran lagi marak nih yang namanya “investasi bodong” oleh emak-emak. Janjiin ke anak uangnya ditabung, eh sampai lupa uangnya udah menguap. Hehehe

Aji Ervanto
Balas ke  Ella Fitria
2 Mei 2023 06:27

pasti sebagai wakil direkturnya emak2 yang punya peran untuk membujuk anak ini. hehe

Diah A.
Diah A.
1 Mei 2023 14:03

Sekarang emang jamannya buka rekening tanpa perlu ke bank. lima menit, sat-set langsung jadi. Transaksi keuangan dari rumah bisa jadi lebih mudah ya.