Setelah aku dan suami memutuskan resign dari pekerjaan kantoran, rasanya kami bisa merengkuh kebahagiaan seutuhnya. Rutinitas yang biasa kami jalani kini berubah sesuai dengan rule yang kami inginkan. Meski demikian, masalah baru mulai muncul karena financial kami berantakan. Tentu saja karena gaji bulanan yang biasa kami terima otomatis berhenti setelah resign. Nah, mulai dari sini, kami belajar bagaimana caranya memutar otak untuk mengoptimalkan bisnis yang sudah kami rintis jauh-jauh hari.

Gentala Design merupakan bisnis digital di bidang jasa desain grafis, web develop, hingga invitation wedding web yang kami rintis jauh sebelum pandemi. Untungnya, bisnis digital ini bisa bertahan meskipun sempat mengalami penurunan. Berkat mengoptimalkan peluang digital, kami mulai kebanjiran klien untuk membuat website, logo, infografis, editing video, hingga membuat invitation wedding web. Bahkan, beberapa klien kami berasal dari luar negeri, tepatnya dari Paris dan Belanda.

Website Gentala Design yang kami kelola

Aku yakin, bisnis kami nggak akan melejit dan mendatangkan klien internasional jika kami nggak berusaha untuk #NaikLevel. Bukan hanya bisnis kami yang diupayakan untuk naik level, melainkan skill yang kami miliki juga harus di-upgrade. Di artikel ini, aku akan mengupas bagaimana cara kami mengoptimalkan bisnis digital hingga bisa go international. Selain itu, aku juga akan membagikan sekelumit cerita bagaimana aku mengelola delapan domain yang aku percayakan di Rumahweb.

Apapun bisnisnya, hal yang paling krusial agar bisnis bisa #NaikLevel adalah memiliki strategi bisnis. Hal ini agar bisnis yang kita jalankan dapat bersaing dan mendunia. Namun, menjalankan bisnis agar naik level menuju profitable dan berjalan auto-pilot perlu adanya sebuah parameter. Misalnya, memperhatikan prospek, closing, omset, repeat order, hingga profit margin.

Nah untuk mencapai parameter tersebut diperlukan strategi khusus. Berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam berbagai bisnis.

1

Menambah Layanan dan Jasa

Banyaknya bisnis yang bermunculan di era digital membuat kita harus memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya, kita bisa menambah layanan untuk memudahkan customer dalam melakukan transaksi dengan menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Selain itu, sebaiknya pemilik bisnis juga memiliki customer support sebagai cara untuk meyakinkan customer bila mengalami kendala atau memerlukan pertimbangan terkait barang atau jasa yang mereka butuhkan.

.

Pemilik bisnis juga harus responsif dalam membalas atau menanggapi pertanyaan customer supaya mereka nggak berpindah ke lain hati. Tanpa disadari, kemudahan proses pemesanan hingga pembayaran menjadi nilai plus, lho! Maka, menyediakan layanan yang optimal kepada customer merupakan salah satu strategi yang nggak boleh dilewatkan.

2

Branding Bisnis agar Lebih Dikenal

Memiliki sebuah bisnis di era digital perlu membangun branding agar bisa menjangkau customer yang lebih luas. Selain itu, branding bisnis juga bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita sediakan. Kita bisa memulainya dengan membuat logo bisnis atau tagline yang menggambarkan bisnis kita.

.

Baru-baru ini, tren branding soft selling lebih diminati oleh customer. Hal ini karena customer merasa lebih nyaman berkat pendekatan promosi secara halus. Untuk memulai branding dengan cara soft selling memang dibutuhkan kreativitas dan inovasi. Sebagai contoh kecilnya, bila bisnis kita berupa makanan, maka kita bisa membuat infografis seputar nilai gizi produk tersebut atau tips ngemil bijak.

3

Memaksimalkan Media Sosial untuk Promosi

Poin ini juga berkaitan erat dengan branding, lho! Pasalnya, sebagian besar proses branding dilakukan di media sosial. Namun, kita juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah dalam melakukan promosi dengan meng-update konten secara konsisten untuk mendukung bisnis yang sedang kita jalankan.

.

Memaksimalkan media sosial untuk menjangkau target customer memang dibutuhkan konsistensi dan content planning yang matang. Hal ini agar media sosial yang kita kelola bisa up to date alias selalu mengikuti tren. Media sosial juga bisa menjadi display mini portofolio bisnis, lho. Maka, sebaiknya bisnis yang kita jalankan memiliki akun media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, YouTube, dan lainnya.

4

Manfaatkan Email Marketing dan Bisnis untuk Efisiensi

Untuk menambah efisiensi dalam melakukan strategi bisnis, kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah email marketing. Email marketing bisa kita manfaatkan untuk mengirimkan email berisi diskon menarik atau produk dan jasa terbaru ke beberapa customer sekaligus. Dengan begitu, kita nggak perlu repot lagi untuk mengirimkan email iklan atau penawaran satu persatu.

.

Selain itu, ada juga email bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas bisnis kita. Misalnya, [email protected] adalah email yang kami gunakan sebagai email brand bisnis kami. Dengan begitu, harapannya email bisnis ini bisa membantu membangun kepercayaan customer. Hal ini juga akan memudahkan customer tetap terhubung dengan bisnis kami.

5

Buat Bisnis Lebih Kredibel dengan Website

Menurutku, memiliki bisnis berarti harus berani belajar berbagai hal termasuk membangun sebuah website. Kalau memang nggak memungkinkan untuk men-develop website sendiri, saat ini sudah tersedia banyak jasa dan layanan pembuatan website, kok. Bila tetap ingin membangun website sendiri bisa mencoba belajar dari berbagai tutorial.

.

Bagi kami, memiliki website untuk bisnis adalah sebuah keharusan. Banyaknya pesaing membuat pebisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan kepercayaan customer yang bisa didapatkan salah satunya melalui website. Alasannya, karena customer akan mendapatkan informasi tambahkan, mengecek portofolio, dan lainnya.

Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya, sepenting apa sih website untuk bisnis? Apakah media sosial saja nggak cukup untuk membantu bisnis naik level?

Jawabannya, tentu saja memiliki website untuk bisnis menjadi poin plus yang patut dipertimbangkan. Menurutku, media sosial saja nggak cukup untuk membantu bisnis kami naik level. Pada dasarnya, media sosial hanya berbasis timeline. Jadi, postingan lama akan tenggelam tertumpuk dengan posting baru. Karena itu, informasinya pun pelan-pelan akan terlupakan. Pengunjung harus scrolling dan mencari lebih dalam terkait informasi tersebut. Menurutku, media sosial akan lebih tepat digunakan untuk update konten secara cepat.

Sementara itu, website berbasis struktural yang memiliki informasi lebih lengkap. Dengan begitu, informasi yang ditampilkan pun menjadi lebih terstruktur dan mudah dicari oleh pengguna. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, karena website menggunakan nama domain yang merupakan representasi merek bisnis kita, maka website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis yang kita jalani.

Terlebih, menurut laporan dari databooks.katadata.co.id Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia, lho. Hal ini selaras dengan laporan We Are Social yang menyebutkan per Januari 2022 ada sebanyak 204,7 juta pengguna internet di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, saat ini jumlah pengguna internet nasional melonjak sebesar 54,25%.

0 jt
Pengguna internet
0 %
Peningkatan
0 %
Penetrasi internet

Kemudian tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% dari total penduduk pada awal 2022. Padahal, pada 2018 tingkat penetrasi internet di Indonesia baru mencapai 50% dari total penduduk. Artinya, tingkat penetrasi internet nasional sudah meningkat cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan.

Hal ini bisa menjadi landasan kuat sebuah bisnis memerlukan website agar bisnisnya naik level. Mengingat pengguna internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Karena itu, website bisnis kita memiliki peluang besar ditemukan oleh pengguna internet. Nah, harapannya, dari sinilah customer berdatangan memesan barang atau jasa yang kita tawarkan.

Bagiku, Rumahweb adalah partner berbagai kalangan yang ingin #NaikLevel baik secara personal, bisnis, bahkan startup. Aku dan suamiku bersyukur sekali karena hingga detik ini, Rumahweb masih menjadi rumah yang nyaman untuk bisnis Gentala Design dan delapan domain blog kami. Gentala Design pelan-pelan menjadi penghasilan utama yang bisa mencukupi berbagai kebutuhan kami.

Beberapa domain yang didaftarkan di layanan Rumahweb

Sementara itu, delapan blog yang kami kelola ibarat menjadi side job yang nggak kalah menarik. Pasalnya, dari blog ini saja aku sudah menghasilkan 200 jutaan sejak melakukan optimasi sekitar tahun 2019. Maka, aku sangat berterima kasih kepada Rumahweb yang sudah membersamai blog dan bisnis digital kami.

Dengan berkembangnya bisnis dan blog kami, tentu keperluan resources server juga makin meningkat. Ke depannya aku dan suami berencana meningkatkan shared hosting kami ke Cloud Server atau VPS. Dengan menggunakan VPS, tentu kami dapat memilih resources sesuai kebutuhan. Kami juga dapat mengatur dan mengoptimasinya dengan lebih leluasa.

Form pricelist dan spesifikasi VPS dari Rumahweb

Untungnya kini Rumahweb sudah menyediakan beragam pilihan VPS, seperti VPS berbasis KVM, VPS Alibaba Cloud, hingga VPS AWS Lightsail. Untuk harganya pun terbilang murah mulai dari Rp50.000,- saja, lho. Selain itu, setiap pembelian layanan VPS, pembeli akan mendapatkan domain .cloud secara gratis. Menarik bukan?

Sejauh ini, kami menggunakan layanan dari Rumahweb belum pernah mengalami error atau kendala lainnya. Selain itu, aku juga akan menginformasikan kepada teman-teman alasan lain mengapa aku dan suami memilih Rumahweb sebagai layanan terpercaya untuk bisnis dan blog yang kami kelola.

Rumahweb Indonesia berdiri pada 2002 tepatnya di Yogyakarta. Berawal dari satu server, saat ini Rumahweb telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud, lho. Sebagai Accredited Registrar, Rumahweb selalu di-audit. Hal ini untuk memastikan agar pelanggan memperoleh layanan terbaik sesuai dengan standar industri.

Menariknya, tahun 2012 Rumahweb juga menjadi salah satu Registrar PANDI untuk domain .ID bahkan menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% market share. Nah, berikut ini beberapa alasan lain kenapa kami memilih Rumahweb sebagai layanan domain bisnis dan delapan domain blog kami.

1

Tersedia Banyak Pilihan Paket

Rumahweb terbilang mampu bersaing dengan yang lain. Pasalnya, paket yang disediakan cukup beragam. Kita bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan kita. Kita dapat memulai bisnis dengan pilihan paket yang terjangkau. Kita pun dapat upgrade ke layanan dengan resources lebih tinggi seiring bisnis berkembang.

2

Pilihan Layanan yang Lengkap

Selain domain murah, hosting murah, dan cloud hosting, Rumahweb juga memiliki layanan pembuatan website yang efektif dan efisien untuk sebuah bisnis ataupun untuk personal branding. Selain itu, ada juga layanan VPS murah, email bisnis, dedicated server, SSL, hingga Google workspace.

3

Memiliki Partner Resmi dan Ribuan Pelanggan

Nggak heran kalau Rumahweb memiliki ratusan ribu pelanggan karena Rumahweb memiliki kredibilitas dan layanan terbaik. Terlebih, Rumahweb juga menjadi bagian dari ICANN Accredited Registrar, Google Cloud, Google Cloud Partner, cPanel NOC Partners, Panel NOC Partner, Alibaba Cloud Partner, Alibaba Cloud Partner, Litespeed Partner, dan Litespeed Hosting Partner.

4

Prosesnya Cepat dan Mudah

Rupanya Rumahweb selalu berinovasi mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini terbukti karena layanan domain dan hosting akan langsung aktif ketika pembayaran kita diverifikasi oleh sistem. Jadi, kalau kita melakukan transaksi menggunakan metode pembayaran online, seperti virtual account, QRIS, kartu kredit, dan lain-lain, layanan akan langsung aktif tanpa perlu konfirmasi.

5

Customer Support 24 Jam Nonstop

Jujur, aku sangat terbantu dengan customer service Rumahweb. Pasalnya, pelayanannya super responsif dan super ramah. Sabar banget menjelaskan step by step dan menerangkan berbagai pertanyaan customer. Terlebih, layanan customer service ini bisa dihubungi selama 24 jam. Jadi, buat teman-teman yang hanya punya waktu di malam hari untuk utak-atik blog atau website nggak perlu khawatir menjumpai kendala.

6

Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam

Pada dasarnya, metode pembayaran yang bisa digunakan pada transaksi Rumahweb ada dua jenis. Pertama Transfer Bank dan Online Payment yang meliputi e-wallet hingga gerai minimarket. Dengan begitu, kita bisa lebih fleksibel menyelesaikan transaksi tanpa kesulitan saat melakukan pembayaran.

Apa yang terlintas dipikiran teman-teman bila mendengar kata “domain?” Singkatnya, domain adalah nama untuk sebuah website atau blog. Misalnya, nama domain untuk blogku ini ellafitria.com. Sementara itu, domain untuk bisnis digitalku adalah gentala.my.id. Kita bebas menentukan nama domain, baik untuk personal branding ataupun untuk bisnis. Asalkan domain yang kita inginkan masih available, artinya belum dimiliki oleh orang lain.

Beberapa klien Gentala Design dari luar negeri yang membuat undangan digital

Manfaat memiliki domain untuk bisnis rasanya bukan hanya isapan jempol saja. Hal ini sudah aku buktikan saat klien dari Perancis dan Belanda menemukan website Gentala Design. Alhasil, dari website tersebut membuat klien memilih kami untuk membuat invitation wedding web. Jadi, jika kita memiliki website bisnis sama halnya kita sedang membuka pintu selebar-lebarnya untuk menyambut customer.

Terlebih, di era digital saat ini semua hal dilakukan secara online. Maka, sudah saatnya kita dan bisnis yang kita jalankan memiliki domain tersendiri. Untuk mendapatkan informasi seputar blog, website, atau tips agar bisnis #NaikLevel silakan follow dan pantengin akun Instagram @Rumahweb.

Sumber:

  • Pengalaman pribadi

  • https://www.rumahweb.com/domain-murah/
  • https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9d61d7b8736/trafik-internet-naik-20-pada-masa-corona-operator-kucurkan-rp-19-t
  • Olah gambar gratis dari freepik
5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
19 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Aji Ervanto
21 September 2023 16:30

Salah stu hosting provider andalan ini dari dulu

Allamandawi
29 Mei 2023 06:41

Iya sih, menurutku kalau suatu instansi atau brand ada websitenya ngerasa lebih kredibel plus bisa cari tahu dulu sebelum ke tingkat selanjutnya, beli produknya misal heheh

ANTUNG APRIANA
24 Mei 2023 10:51

keren banget bisa dapat klien dari luar negeri. tentunya untuk bisa meraih pencapaian seperti Ella perlu usaha dan langkah yang cerdas ya terutama dalam bidang marketingnya agar produk kita bisa dikenal orang

Anggita R. K. Wardani
24 Mei 2023 10:43

Bisnis kalau diolah dengan optimal memang nggak main-main ya mba penghasilannya. Keren banget dari side job udah dapet total 200 jutaan

saraah megha
24 Mei 2023 10:12

mbak aku gagal fokus sama tema blognya gemes banget menarik, betewe keren sekali pencapaiannya mbak, sukses selalu mbak. Emang kalau dah nemu passionnya dan ditekuni akan berbuah hasil ya

Mutia Karamoy
24 Mei 2023 08:47

Wah aku salah satu pengguna layanan Rumahweb sejak 10 tahun yang lalu, selalu puas dengan layanannya, kalau ada masalah ketika dichat sangat fast response, karenanya aku ngak pernah pindah ke penyedia layanan lain. Apalagi sekarang banyak inovasi layanan terbaru.

lendyagassi
24 Mei 2023 07:41

Sukses selalu untuk bisnisnya ya, kak..
Selalu excited setiap melihat hal baru terutama yang ada kaitannya dengan digital marketing. Karena kemudahan akses internet saat ini memungkinkan kita semua memperoleh semua yang kita inginkan dalam sentuhan jari. Jadi dengan branding dan keyword yang tepat, bisa menghasilkan penghasilan yang maksimal.

Juwita
24 Mei 2023 03:48

Wow keren banget ya pencapaiannya. meskipun saya jauh dan belum tahu arah blog saya tapi memotivasi sekali

donasaurusCom
donasaurusCom
23 Mei 2023 18:37

uwow banget blognya ini mah udah bukan kaleng – kaleng kayak blog gue .Tapi setuju banget kalo mau berhasil memang kita harus terus upgrade kemampuan untuk naik level

Lintang
23 Mei 2023 16:28

Iya sii mba kalau mau Naik Level juga harus berani bikin gebrakan. Ini adekku juga ada bisnis kafe kecil2 an di rumah, cuma pemasaran lewat sosmed. kayanya mau aku bisikin bikin website deh. Aku sendiri ada beberapa domain di RW dan so far enakeun jarang bermasalah.

Rizka Amita
23 Mei 2023 14:11

Masyaa Allah optimasi blognya keren ya sampai sembilan blog. Semoga usahanya lancar. Alhamdulillah ada rumahweb jadi bisa naik level bisnisnya.

Dian
23 Mei 2023 12:15

Keren sekali mbak
Bisnis digital jadi makin melejit dengan bantuan Rumah Web ini ya
Sukses buat bisnisnya ya mbak

Shalikah
Shalikah
23 Mei 2023 11:06

MasyaAllah. Keren banget portfolionya Mbak. Jujur, liat tampilan blog ini saja sudah cukup buat saya minder dan penasaran hahaha. Semoga saya bisa merintis dan mengembangkan bisnis saya sendiri juga seperti ini.

Dyah Kusuma
23 Mei 2023 10:15

selamat ya mbak, semakin sukses bisnisnya, keren bisa menjangkau seluruh dunia, semoga kliennya Gentala design dan blog yang lain semakin bertambah banyak

Dewi Ratih Purnama
23 Mei 2023 08:33

Menjalankan bisnis digital harus tahu strateginya dan terus meng-update ilmu ya mba, jadi tahu banyak setelah baca artikel ini kalau serba-serbinya beragam, dan semua harus dioptimalkan.. di rumah web juga tersedia berbagai layanan yang bisa membantu para pengusaha, bagus sekali

Maftuha
22 Mei 2023 23:27

Wah keren banget kak. Memang harus selalu naik level kalau mau bertaha. Btw saya juga pengguna rumauweb nih

ilmair
22 Mei 2023 23:07

Ma syaa Allah kerennya punya bisnis digital, kliennya juga sampai dari luar negeri… Saya punya impian ke arah sana juga, walau masih jauh banget rasanya, masih harus banyak belajar. Sharing dari Mbak Ella ini memotivasi banget.

Website memang diperlukan ya Mbak dalam berbisnis, karena bisa membantu bisnis naik level. Bikin website-nya pakai rumahweb, bagus ya, kapan-kapan saya juga perlu mencobanya nih! Makasih sharingnya Mbak

Julia Pasca
22 Mei 2023 14:23

Belajar bisnis lagi ni dari artikel Mbak Ella, masih banyak yang harus aku benahi ni dalam bisnis yang ingin aku kembangkan, pembuatan web, metode pembayaran dll *wuaaaaa buanyaaaak ternyata

Friska Julia
22 Mei 2023 13:17

Keren ya, Mbak, bisa mendapat job dari Paris dan Belanda. Omzet bisnisnya juga sudah sampai jut-jutan. Sukses terus dengan onlinenya.