by Ella Fitria | 18 Agustus 2023

Aku memang bukan berasal dari keluarga yang bergelimang harta. Namun, secara nggak langsung kedua orang tuaku sudah mengajarkan pentingnya memiliki asuransi berdasarkan kebutuhan. Pasalnya, sejak aku dan adikku duduk di bangku sekolah dasar, orang tua ku sudah aware dengan beberapa produk asuransi.

Bahkan, sejak kecil aku dan adikku memiliki asuransi pendidikan hingga kami duduk di bangku SMA. Sementara, kedua orang tuaku memilih asuransi jiwa sebagai bentuk rasa cinta mereka untuk anak-anaknya karena ingin menyiapkan masa depan terbaik.

Beruntung sekali aku memiliki orang tua yang melek financial terutama dalam hal asuransi. Ya, meskipun kami tinggal di desa yang jauh dari pusat kota nggak membuat orang tuaku menutup telinga dan mata dengan produk-produk asuransi.

Berbicara soal asuransi mungkin yang ada di benak teman-teman hanya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi pendidikan, bukan? Padahal, ada banyak jenis asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, lho. Misalnya, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi kecelakaan, hingga asuransi perjalanan.

Kali ini, aku akan berbagi sekelumit pengalamanku, bagaimana aku menikmati traveling dengan aman dan tenang berkat asuransi perjalanan dari MPM Insurance.

Sejak dulu, aku memiliki ketertarikan untuk menjelajah tempat-tempat baru. Rasanya, ada banyak hal istimewa yang aku dapatkan setelah melakukan perjalanan. Sampai akhirnya, rapalan doa yang kulangitkan membawaku mengunjungi berbagai tempat wisata impian dalam negeri.

Bulan lalu, aku baru saja menginjakkan kaki di Kepulauan Karimunjawa. Sejak menikah, aku ingin sekali mengunjungi Kepulauan Karimunjawa. Pasalnya, Kepulauan Karimunjawa menjadi tempat pertamaku bertemu dengan suamiku hingga akhirnya kami menikah dan memiliki buah hati. Karena itu, bagi kami Karimunjawa bukan sekadar destinasi wisata, melainkan tempat magically yang menjadi pelabuhan terakhir kami.

Ketenangan dan kenyamanan selama traveling di Karimunjawa menjadi prioritas utama. Kami berusaha untuk meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun kami berada. Makanya, kami memutuskan untuk memiliki asuransi perjalanan meskipun hanya bepergian di dalam negeri.

Aku dan Suami Traveling bersama di Kepulauan Karimunjawa

Asuransi perjalanan merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan selama pemegang polis melakukan perjalanan. Menurutku, asuransi perjalanan bukan hanya untuk orang-orang yang ingin berlibur ke Eropa, Australia, Jepang, atau Arab Saudi. Namun, asuransi perjalanan ini juga perlu dimiliki oleh orang yang sering melakukan perjalanan atau traveling meskipun hanya dalam negeri.

Untungnya, asuransi perjalanan bisa disesuaikan berdasarkan tujuan perjalanan, misalnya umrah/haji, wisata, dan lain sebagainya. Secara umum, asuransi perjalanan dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional.

Alasan utama kami memiliki asuransi perjalanan karena kami nggak bisa memprediksi hal-hal buruk yang mungkin terjadi saat kami bepergian. Mau traveling dalam negeri atau luar negeri, tetap saja risiko yang nggak diinginkan terjadi, bukan?

Namun, lain cerita jika kita sudah memiliki asuransi perjalanan karena ada berbagai keuntungan. Misalnya, kita akan mendapatkan perlindungan keterlambatan penerbangan, santunan kematian, pertanggungan biaya medis, perlindungan bagasi hilang, dan lainnya. Dengan begitu, bepergian untuk berbagai urusan terasa lebih nyaman dan aman tanpa ada rasa khawatir selama perjalanan.

Bagiku dan suami, asuransi perjalanan merupakan hal yang cukup krusial. Terlebih, kami memiliki bayi berusia 8 bulan yang masa depannya masih sangat panjang. Ada berbagai hak dan kebutuhan yang harus kami upayakan untukknya sehingga kami prefer memiliki asuransi perjalanan saat bepergian. Kami ingin meminimalkan risiko saat kami bepergian sekaligus menjamin masa depan terbaiknya, seperti orang tua kami yang selalu mempersiapkan masa depan anak-anak mereka sejak dini.

Karena itu, salah satu upaya yang kami lakukan dengan memiliki asuransi perjalanan. Hal ini karena mobilitas kami yang cukup sering bepergian ke luar kota. Mungkin sebagian teman-teman ada yang penasaran apa saja sih manfaat asuransi perjalanan yang akan kami dapatkan, yuk simak poin-poin berikut ini!

Pembatalan dan Penundaan Perjalanan

Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan terhadap biaya pembatalan atau penundaan perjalanan akibat alasan tertentu. Misalnya, penundaan atau pembatalan oleh pihak maskapai yang dapat menyebabkan kerugian pada penumpang.

Jika kita sudah memiliki asuransi perjalanan tentu akan meringankan risiko kerugian yang diakibatkan penundaan atau pembatalan perjalanan. Pasalnya, kita akan mendapatkan kompensasi sesuai perjanjian polis. Hal ini tentu saja akan menguntungkan pemegang polis, bukan? 

Perlindungan Kesehatan

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan biaya perawatan medis yang tidak terduga selama perjalanan. Misalnya ketika mengalami cedera saat bepergian, maka asuransi perjalanan akan membantu menutup biaya perawatan medis, seperti obat-obatan, pemeriksaan, dan prosedur medis lainnya.

Selain itu, bila kita mengalami hal-hal yang memerlukan evakuasi medis darurat, asuransi perjalanan akan mencakup biaya evakuasi baik melalui transportasi udara khusus maupun pengaturan medis lainnya. Dengan begitu, kita bisa kembali ke rumah atau ke fasilitas medis dengan aman.

Santunan Kematian dan Cacat Akibat Kecelakaan

Manfaat ini sangat menarik bagi kami untuk memiliki asuransi perjalanan. Pasalnya, kami memiliki keluarga yang menanti di rumah, termasuk buah hati kami yang belum genap berusia satu tahun. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil dan nggak ingin merepotkan keluarga jika terjadi hal buruk saat kami bepergian.

Asuransi perjalanan menjadi jawaban untuk memberikan perlindungan penuh dalam situasi seperti kematian atau cacat akibat kecelakaan saat melakukan perjalanan. Pasalnya, asuransi perjalanan akan memberikan santunan finansial kepada keluarga sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis.

Perlindungan Bagasi Hilang

Pernah nggak sih teman-teman merasakan bagasi rusak atau hilang setelah pulang traveling? Rasanya, kesal, marah, capek campur menjadi satu.

Namun, hal ini bisa diminimalkan dengan asuransi perjalanan karena memberikan perlindungan bagasi yang rusak atau bahkan hilang. Jika bagasi kita rusak atau hilang karena kelalaian pihak maskapai, maka asuransi perjalanan akan memberikan jaminan ganti rugi sesuai dengan polis.

Kompensasi Kehilangan Paspor dan Kerusuhan

Apa yang akan terjadi jika paspor kita hilang saat bepergian? Entah karena pencurian atau hilang karena hal lain yang nggak disengaja pasti akan merepotkan diri sendiri, bukan? Selain itu, kita juga harus mengeluarkan biaya untuk pembuatan paspor baru.

Namun, jika kita sudah memiliki asuransi perjalanan, akan mendapatkan kompensasi bila kita mengajukan kehilangan dan pembuatan paspor baru sesuai perjanjian di polis, lho. Nah, jika terjadi kerusuhan saat kita berada di negara asing yang menimbulkan kerugian, pihak asuransi perjalanan juga akan memberikan kompensasi.

Biaya Hukum

Asuransi perjalanan akan menanggung biaya hukum jika terjadi risiko seperti tertanggung merusak properti orang lain tanpa disengaja, menyebabkan orang lain terluka tanpa disengaja, dan lain sebagainya.

Nah, asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan tanggung jawab sipil. Hal ini dapat membantu melindungi dari klaim hukum atau kompensasi yang mungkin perlu kita bayar kepada pihak yang terkena dampak.

Ketenangan Pikiran

Apabila kita memiliki asuransi perjalanan, rasa khawatir jika terjadi hal buruk dapat diminimalkan karena ada perlindungan dari pihak asuransi. Selain itu, memiliki asuransi perjalanan dapat mengurangi risiko finansial yang timbul akibat situasi tak terduga.

Dengan memiliki perlindungan asuransi, kita tidak perlu khawatir dengan biaya-biaya yang mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah selama perjalanan.

Sebelum memutuskan memiliki asuransi perjalanan, ada baiknya teman-teman memperhatikan beberapa tips berikut ini. Tips ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku dan suamiku dalam memilih asuransi perjalanan terbaik dan terpercaya. Teman-teman bisa menjadikannya sebagai referensi, ya!

Tentukan Tujuan Perjalanan

Poin pertama saat memilih asuransi perjalanan adalah menentukan tujuan perjalanan yang akan kita lakukan. Kira-kira, akan ke mana kita pergi? Apakah dalam negeri atau internasional? Selain itu, kita juga perlu memperhatikan durasi perjalanan, aktivitas yang akan dilakukan, dan kondisi kesehatan saat kita akan bepergian. Dengan begitu, makin jelas tujuan bepergian kita, maka akan makin mudah menentukan asuransi perjalanan yang paling sesuai.

Pertimbangkan Besaran Premi

Setelah menentukan tujuan perjalanan, selanjutnya adalah mempertimbangkan besaran premi. Premi adalah jumlah uang yang harus kita bayarkan kepada perusahaan asuransi atas cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh polis asuransi. Biasanya, makin besar biaya premi, makin banyak juga manfaat yang akan diperoleh. Sementara itu, umumnya premi yang lebih rendah memiliki cakupan manfaat yang lebih terbatas.

Pastikan Cakupan Medis Mencukupi

Teman-teman juga perlu memastikan cakupan medis yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan. Misalnya, jika kita akan melakukan perjalanan internasional, maka pertimbangkan layanan evakuasi medis darurat. Selain itu, kita juga perlu memeriksa batas maksimal cakupan medis supaya nggak ada kesalahan pemahaman bila kita menggunakan manfaat yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi.

Cermati Syarat dan Ketentuan Polis

Usahakan, setiap kali menandatangani dokumen selalu membaca isinya terlebih dahulu. Kami pun begitu, saat menandatangani polis, wajib untuk membaca isinya secara menyeluruh dan seteliti mungkin. Karena setiap polis memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jika ada yang kurang jelas dengan isi polis, jangan sungkan untuk menghubungi customer service perusahaan asuransi untuk meminta penjelasan lebih detail. Pastikan kita memahami pembatasan, pengecualian, dan tata cara klaim.

Utamakan Kemudahan Klaim Asuransi Perjalanan

Terkadang, dari beberapa pengalaman yang aku baca, masalah yang sering dirasakan oleh pemegang polis adalah kesulitan untuk melakukan klaim asuransi. Jadi, saat aku dan suami mencari asuransi perjalanan, poin tata cara klaim selalu kami pelajari. Selain itu, kami juga mencari informasi tambahan di mesin pencarian seputar pengalaman orang-orang yang memiliki asuransi perjalanan. Hal ini akan membuat kami lebih yakin dalam memilih layanan asuransi yang ditawarkan. 

Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya

Banyaknya perusahaan asuransi membuat kita harus selektif dalam memilih perusahaan yang kredibel dan terpercaya. Aku memiliki syarat mutlak saat memilih perusahaan asuransi, salah satunya perusahaan tersebut wajib terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, aku juga lebih memilih perusahaan asuransi yang transparan dalam hal laporan keuangan. Dengan begitu, kita bisa melihat gambaran tentang kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Seperti halnya MPM Insurance yang sudah terdaftar di OJK dan sangat transparan dalam hal laporan keuangan.

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) merupakan perusahaan asuransi umum asal Indonesia yang berdiri pada 2 Oktober 2012. MPM Insurance memiliki produk asuransi yang berfokus pada perlindungan perjalanan. Menariknya, MPM Insurance memiliki dua jenis asuransi perjalanan yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Ada asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional.

Asuransi perjalanan domestik yakni jenis asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan terhadap risiko perjalanan di wilayah Indonesia. Jaminan perlindungannya meliputi santunan meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan.

Asuransi perjalanan internasional yakni jenis asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan terhadap risiko perjalanan di luar negeri. Misalnya, asuransi untuk mengakomodasi kebutuhan pengajuan visa Schengen.

Aku merekomendasikan asuransi perjalanan dari MPM Insurance bukan tanpa alasan. Tentunya, karena aku sudah melakukan riset dari beberapa perusahaan asuransi sampai akhirnya aku dan suamiku memilih asuransi perjalanan dari MPM Insurance. Salah satu alasannya karena banyak keuntungan dan perlindungan maksimal yang ditawarkan dengan premi yang cukup terjangkau.

Bagi kami, MPM Insurance merupakan pilihan tepat untuk melindungi diri sendiri dan orang tersayang dari risiko-risiko tak terduga yang bisa terjadi selama perjalanan. Selain itu, MPM Insurance juga memiliki produk asuransi yang bisa melindungi bisnis kita. Berikut ini ada beberapa alasan kami memilih MPM Insurance sebagai perusahaan asuransi terbaik. 

Sebenarnya, kami memiliki banyak alasan kenapa memutuskan memilih MPM Insurance. Barang kali teman-teman ada yang sedang mencari atau membutuhkan informasi seputar asuransi, coba deh pertimbangkan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh MPM Insurance berikut ini!

Banyak Produk Pilihan yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Selain produk asuransi perjalanan, MPM Insurance juga memiliki berbagai produk asuransi. Secara umum, ada dua jenis asuransi MPM Insurance. Pertama, asuransi yang bisa melindungi bisnis kita, seperti asuransi properti, asuransi rekayasa, asuransi keuangan, asuransi pengangkutan, asuransi penjaminan surety, asuransi rangka kapal, hingga asuransi tanggung gugat.

Asuransi Bisnis

Asuransi Diri dan Keluarga

Kedua, ada asuransi untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi perjalanan. Kita bisa menyesuaikan asuransi apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Memiliki Kredibilitas yang Jelas

Sebelum menentukan perusahaan asuransi, penting sekali untuk melakukan riset dan mencari info sebanyak-banyaknya terkait perusahaan tersebut. Pasalnya, penting banget untuk memilih perusahaan asuransi yang sudah mendapatkan izin usaha di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). MPM Insurance telah terdaftar di OJK berdasarkan surat keputusan nomor KEP-554/KM.10/2012. Nggak hanya terdaftar di OJK, MPM Insurance juga terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), lho.

Kemudahan Proses Klaim

Hal yang nggak kalah menarik dari MPM Insurance adalah proses klaim yang mudah dan terarah. Cukup dengan tiga langkah saja kita sudah bisa mengajukan klaim secara online tanpa perlu ke kantor dan bisa klaim dari mana saja. Langkah pertama jika ingin melakukan klaim adalah submit dan menyiapkan dokumen yang diperlukan. Kedua, lengkapi laporan dengan mengisi form yang berisi data diri. Ketiga, penjadwalan survey klaim sekitar 1×24 jam. Kita juga bisa mengecek status klaim dengan mudah, lho.

Pilihan Premi yang Terjangkau

Aku sempat terkejut saat melihat daftar premi asuransi perjalanan MPM Insurance. Pasalnya, dengan perlindungan optimal preminya mulai dari RP63.000 untuk perjalanan domestik. Sementara, untuk perjalanan internasional mulai dari Rp100.000 saja. Menariknya tersedia paket individu dan family, lho. Jika paket family bisa meng-cover maksimal 5 orang.

Laporan Keuangan yang Transparan

Sebelum memutuskan memilih MPM Insurance, aku juga sempat mengecek track record terkait transparansi keuangan perusahaan ini. Ternyata, di website-nya tertera dengan jelas laporan keuangan setiap tahun. Jadi, kita bisa coba mengecek dan mengetahui bagaimana performa perusahaan asuransi ini. Mungkin, bagi sebagian orang hal ini tampak sepele, tetapi bagi kami transparansi keuangan bisa menjadi salah satu tolak ukur kredibilitas suatu perusahaan asuransi.

Mengantongi Berbagai Award

Salah satu perusahaan asuransi yang menyabet berbagai penghargaan adalah MPM Insurance. Ada banyak award yang diraih, seperti Best Insurance Award 2020 – Warta Ekonomi “Aset 1-2T, Kategori Asuransi Umum”, Best General Insurance 2020 – Media Asuransi “Ekuitas Rp300 Miliar – Rp500 Miliar”, Asuransi Terbaik 2020 – Majalah Investor “Kategori Asuransi Umum Aset di Atas Rp 1 Triliun – Rp 5 Triliun”, Financial Performance Full-Year 2019 – Infobank “Financial Performance Full-Year 2019 with Predicate Excellent”, Asuransi Terbaik 2019 – Majalah Investor “Kategori Asuransi Umum Aset Di Atas Rp 1 Triliun – Rp 5 Triliun”, dan masih banyak lainnya.

Memiliki Cabang di Berbagai Kota di Indonesia

Sejauh ini, MPM Insurance sudah tersebar di kota-kota Indonesia, seperti Purwokerto, Lampung, Malang, Solo, Palembang, Pekanbaru, Medan, Surabaya, Samarinda, Jambi, Semarang, Makassar, Denpasar, Banjarmasin, Bogor, Bandung, dan lainnya. Dengan begitu, jika informasi dari website atau customer service masih kurang jelas, bisa langsung mengunjungi cabang MPM Insurance terdekat.

Customer Service yang Ramah, Responsif, dan Anti Spam

Sungguh ya, customer service MPM Insurance ini ramah dan responsif banget. Saat aku mencoba mengajukan berbagai pertanyaan, CS-nya responsif dan ramah banget menjawab semua pertanyaanku dengan detail. Yang paling aku suka adalah CS MPM Insurance nggak seperti CS asuransi lain yang suka mengirim spam chat atau telepon.

Terbukti, mereka sama sekali nggak melakukan spamming atau meneror aku sebagai nasabah dengan menawarkan produk melalui chat atau telepon. Mereka hanya memberikan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen. Bahkan, mereka meminta izin dulu ke aku saat akan membagikan nomor teleponku ke bagian sales. Itu pun aku yang meminta agar dihubungkan dengan tim sales untuk proses pembelian asuransi perjalanan. 

Yuk Tengok Apa Kata Mereka

Memiliki sebuah perlindungan dalam perjalanan sama halnya mencintai dan menyiapkan masa depan untuk orang tersayang. Bukan hanya perjalanan internasional saja yang membutuhkan asuransi perjalanan karena perjalanan domestik juga memiliki risiko yang sama. Hal buruk bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun tanpa mengenal waktu dan tempat. Karena itu, persiapkan diri untuk menjelajah dunia dengan aman, tenang, dan nyaman bersama MPM Insurance.

Nggak hanya urusan wisata atau travelling, urusan bisnis atau perjalanan lain juga memerlukan perlindungan yang nggak kalah penting. Yuk, sayangi hidup kita dan orang-orang tersayang karena saat kita bepergian ada keluarga yang menanti senyum dan pelukan kita untuk melanjutkan hidup yang lebih bahagia.

Sumber dan referensi:

  • https://www.mpm-insurance.com/produk/asuransi-perjalanan/
  • https://www.mpm-insurance.com/
  • Foto dan dokumentasi milik pribadi
  • Olah gambar oleh Ella Fitria dari sumber gratis freepik
  • Olah animasi oleh Ella Fitria dari sumber gratis freepik
  • Olah ikon gratis font awesome
  • Ella Fitria
5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
5 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Aji Ervanto
5 September 2023 08:31

Perlindungan perjalanan emang penting buat yang sering bepergian.

Zelda Zahra
Zelda Zahra
22 Agustus 2023 07:27

Suka dengan artikelnya. Selain enak dibaca, juga gak bikin bosen. Jadi lebih mengena deh bacanya. Fotonya juga bagus-bagus mba.

Lina Nurmayasari
Lina Nurmayasari
22 Agustus 2023 07:20

Baru tahu manfaat dan pentingnya asuransi perjalanan. Aku kira hanya sekedar penggantian biaya yang gagal aja. Ternyata lebih dari itu