Search
Close this search box.

Bersama
Artificial
Intelligence

Membangun Negeri Mengayomi Pertiwi

Jumlah kata: 996 kata | waktu baca: 5 menit

Perkembangan teknologi yang kian masif membawa banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan termasuk pembangunan. Salah satu teknologi yang sedang ramai diperbincangkan adalah Artificial Intelligence (AI), sebuah teknologi kecerdasan buatan yang dirancang untuk mempermudah dan membantu pekerjaan manusia.

Nah, dalam artikel ini aku akan membahas seputar AI dan bagaimana cara memaksimalkan AI untuk kontribusi dalam perkembangan dan pembangunan suatu negara. Hhmm, is this possible? Let’s find out!

Apa Itu
Artificial Intelligence (AI)? Kecerdasan Buatan?

Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang masih bertanya-tanya, sebenarnya AI itu apa, sih? Menurut laman Encyclopedia Britannica, disebutkan bahwa “Artificial intelligence (AI) adalah sebuah kemampuan suatu komputer atau robot untuk melakukan tugas yang berkaitan dengan kecerdasan makhluk hidup”.

AI adalah ilmu dan teknik pembuatan mesin cerdas, khususnya program komputer cerdas. Hal ini berkaitan dengan tugas seperti penggunaan komputer untuk memahami kecerdasan manusia, ..."

Mengutip definisi AI dari John McCarthy dalam makalahnya tahun 2004 menyebutkan bahwa “AI adalah ilmu dan teknik pembuatan mesin cerdas, khususnya program komputer cerdas. Hal ini berkaitan dengan tugas seperti penggunaan komputer untuk memahami kecerdasan manusia, …”

Sederhananya, AI atau kecerdasan buatan dapat diartikan sebagai simulasi kecerdasan manusia dalam sebuah mesin yang diprogram untuk berpikir dan belajar seperti manusia. AI dapat melaksanakan tugas kognitif, misalnya pemecahan masalah, pengambilan keputusan, pengenalan suara, hingga pengenalan gambar.

AI dapat membantu kita dalam berbagai aktivitas, seperti otomatisasi tugas repetitif, peningkatan efisiensi, meminimalkan kesalahan, menjadi asisten virtual, hingga pemrosesan data.

Penerapan AI dengan
Azure AI Service

dalam Pembangunan Nasional

Berbicara soal AI, teman-teman tahu nggak? AI ini dapat berkontribusi dalam perkembangan dan pembangunan suatu negara, lho. Berikut ini aku berikan contoh penerapan AI yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan nasional menggunakan Azure AI Service. Yuk, tengok pengaplikasiannya!

Intelligent AI Assistant dengan Bot dan Language Services

Beberapa waktu lalu, aku dan suami mencoba salah satu layanan AI dari Microsoft Azure. Kami berkolaborasi membuat sebuah AI chatbot yang nantinya dapat dijadikan asisten untuk melayani customer atau client. Dalam konteks rancangan kami, yaitu AI chatbot untuk layanan publik kelurahan atau balai desa.

Ide penerapan AI dalam lingkup kelurahan atau desa berangkat dari pengalaman kami yang sering kesulitan mendapatkan informasi penting mengenai administrasi desa. Misalnya nih informasi pembuatan surat pengantar dokumen, jam buka, hingga informasi contact person.

Minimnya pusat informasi terpadu dan keterbatasan sumber daya di lingkup kelurahan kami, menjadikan banyak orang kesulitan mendapatkan pelayanan optimal. Karena itu, kami mencoba membuat Intelligent AI Assistant yang kami beri nama “Ngayomi Desa”.

Ngayomi Desa menggunakan layanan Azure Bot dan Language Service sebagai data processing-nya. Kemudian kami integrasikan ke aplikasi Telegram yang dapat diakses secara realtime oleh masyarakat. Nantinya, masyarakat tinggal mengetikkan apa yang ingin dicari atau ditanyakan layaknya chatting pada umumnya. Kemudian chatbot akan membalasnya dengan informasi yang diperlukan berbekal knowledge base (daftar pengetahuan) yang telah disediakan.

Knowledge base ini dapat berisi informasi yang sering ditanyakan (FAQ) dalam lingkup kelurahan, seperti jam buka, persyaratan pengajuan dokumen, lokasi kelurahan, nama kepala desa serta perangkatnya, contact person, dan sebagainya. Makin banyak knowledge base yang ditambahkan, tentu chatbot makin pintar menjawab pertanyaan. Oh iya, knowledge base ini juga bisa diisi dengan pengumuman dan laporan penting seperti laporan dana desa, pengumuman kegiatan, dan sebagainya.

Dengan menggunakan Intelligent AI Assistant, masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat dan realtime tanpa harus datang ke balai desa atau menunggu perangkat desa memberikan informasi. Perangkat desa juga terbantu menjawab pertanyaan berulang dari masyarakat dan bisa lebih fokus pada layanan yang membutuhkan penanganan langsung.

Intelligent ID Verification dengan Face API

Selain AI chatbot assistant, ada juga layanan Face API yang dapat mendeteksi wajah secara cerdas dan akurat. Layanan dari platform Azure AI ini dapat digunakan untuk verifikasi identitas seseorang menggunakan pendeteksi wajah yang telah disinkronkan dengan database ID-card.

Verifikasi wajah bisa digunakan untuk memberikan akses ke berbagai layanan di kelurahan atau pun instansi tanpa harus repot membawa fotokopi KTP. Selain itu, penggunaan face recognition ini juga dapat meningkatkan user experience, pengurangan limbah kertas, dan tentunya lebih higienis tanpa kontak fisik.

Intelligent Guard dengan Spatial Analysis

Untuk meningkatkan pelayanan yang optimal dan nyaman di kelurahan, layanan Spatial Analysis bisa menjadi solusinya. Teknologi ini dapat membantu perangkat desa menganalisis jumlah kehadiran, menghitung antrean, dan bisa berfungsi sebagai intelligent guard yang dapat mendeteksi apakah seseorang sudah menerapkan social distancing dengan mengenakan masker selama di ruangan.

Intelligent Data Entry dengan Optical Character Recognition (OCR)

Penginputan data merupakan hal krusial di setiap instansi tidak terkecuali di lingkup kelurahan atau balai desa. Nah, dengan hadirnya Optical Character Recognition (OCR) bisa membuat penginputan data menjadi lebih cepat, efisien, dan akurat dibandingkan dengan input manual.

Teknologi OCR ini dapat membaca dan mengekstrak teks, baik tulisan cetak maupun tulisan tangan. Penginputan formulir yang berisi tulisan tangan dapat diolah menjadi data digital dengan efisien dan meminimalkan kesalahan ketik.

Intelligent Data Processing dengan AI Document Intelligence

Data yang telah diinput kemudian dapat diproses dengan mudah menggunakan AI Document Intelligence. Teknologi ini memungkinkan instansi mengelola data lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kinerja. Nantinya data akan dikelompokkan sesuai dengan key-value pair-nya. Kemudian data yang telah dikelompokkan dapat disimpan atau diimplementasikan untuk layanan lain.

Yuk,
Belajar AI

di Trainocate Indonesia

Penerapan AI dalam lingkup terkecil atau desa ini bisa menjadi pionir dan garda terdepan dalam mengayomi masyarakat untuk menyongsong pembangunan Indonesia yang lebih baik. Lantas, apakah sumber daya desa mampu membangun fasilitas AI yang memadai?

Negara
0
Company
0
Vendor
0

Eits, jangan pesimis dahulu. Jika sumber daya desa mendapatkan pelatihan dan pengenalan AI yang baik, tentu hal tersebut bisa terwujud. Aku dan suami yang tidak memiliki background pendidikan teknologi/komputer saja bisa kok membuat chatbot sederhana seperti contoh di atas.

Salah satu tempat mendapatkan pelatihan dan belajar AI secara online yaitu Trainocate Indonesia. Trainocate merupakan salah satu penyedia pelatihan terkemuka di Asia. Saat ini, Trainocate tersedia di 15 negara termasuk Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 1.500 perusahaan dan 30 vendor termasuk Microsoft.

Di sini, teman-teman bisa belajar banyak tentang AI, lho. Kalian bisa belajar Microsoft Azure AI Fundamentals, seluk beluk tentang AI, Microsoft Azure dan sebagainya. Menarik, bukan?

Yuk, manfaatkan teknologi untuk membantu pembangunan Indonesia makin berkembang. Bersama Trainocate Indonesia, kita bisa belajar banyak hal seputar TI yang berkualitas. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan memajukan pembangunan negeri ini?

Sumber dan referensi:

  • https://trainocate.com/id/courses/microsoft
  • https://trainocate.com/id
  • https://www.britannica.com/technology/artificial-intelligence
  • https://www-formal.stanford.edu/jmc/whatisai.pdf
  • https://trainocate.com/id/about-us
  • https://trainocate.com/id/courses/microsoft
  • https://learn.microsoft.com/en-us/azure/ai-services/computer-vision/overview-identity#example-use-cases
  • https://learn.microsoft.com/en-us/azure/ai-services/computer-vision/overview-ocr
  • https://learn.microsoft.com/en-us/azure/ai-services/computer-vision/intro-to-spatial-analysis-public-preview
  • https://learn.microsoft.com/en-us/azure/ai-services/document-intelligence/overview?view=doc-intel-3.1.0
  • Pengalaman pribadi
  • Foto dan dokumentasi milik pribadi dan Microsoft Azure
  • Olah gambar oleh Ella Fitria dari sumber gratis freepik
  • Olah ikon gratis font awesome
  • Ella Fitria
4.2 5 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar