Beauty Secret with Theraskin Age Revival
Kembali Muda Tanpa Ditunda

by Ella Fitria | 6 Mei 2024

9 Komentar

Menjadi tetap “muda” adalah pilihan. Bertambahnya usia memang sebuah kepastian. Namun, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghambat proses penuaan. Selain ketenangan dan penerimaan terbaik dalam menjalani hidup, hal lain yang bisa diupayakan adalah merawat “pemberian Tuhan”, yakni merawat diri sendiri.

Ella Fitria Blogger

Beberapa hari yang lalu, tepat saat jam istirahat, seperti biasa aku menggunakan waktu luang untuk berselancar di Instagram. Selain sebagai hiburan, buatku media sosial juga bisa menjadi sumber inspirasi dan informasi yang up to date. 5 menit berselang, jempolku masih sibuk menggeser layar smartphone ke atas dan ke bawah hingga akhirnya aku menemukan sebuah foto yang langsung mencuri perhatianku.

Sebuah foto sederhana yang menampilkan wajah seorang ibu dan anaknya yang usianya terpaut puluhan tahun, tetapi face dan postur keduanya tampak tak jauh berbeda. Hayo, ada yang bisa menebak? Yap! Sophia Latjuba! Siapa sih yang nggak kenal dengan aktris sekaligus model dan penyanyi lahiran 1970 ini? Jika dilihat dari aktivitasnya melalui media sosial, beliau sangat konsisten berolahraga dan selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti memperhatikan asupan makanan hingga jadwal istirahatnya.

Karena itu, nggak heran jika beliau menjadi primadona para perempuan dalam merawat diri. Selain beliau, sebenarnya masih banyak aktris Indonesia yang usianya nggak muda lagi, tetapi face dan postur tubuhnya malah tampak makin muda, misalnya Wulan Guritno. Aku jadi membayangkan, kira-kira saat usiaku seperti mereka, menginjak kepala 5, apakah masih tampak muda atau malah sudah banyak keriput sana sini dengan kondisi kulit yang kusam dan kering?

Sejujurnya, menginjak usiaku yang tahun depan memasuki usia 30 tahun, aku sudah notice dengan tanda awal penuaan kulit terutama di area nasolabial fold (bagian bawah hidung ke sudut mulut) dan di area mata. Makanya, aku sangat tertarik untuk berbagi cerita bagaimana caranya mengetahui tanda awal penuaan kulit sekaligus hal apa saja yang bisa dilakukan untuk #KembaliMudaTanpaDitunda.

Yuk, Kenali
Tanda Awal Penuaan Kulit yang Jarang Disadari

Rasanya, beruntung sekali setiap aku mendapatkan task kantor untuk interview dengan pakar. Terlebih jika jadwal interview bersama dermatovenereologist, ugh berasa konsultasi gratis dengan dokter spesialis kulit plus mendapatkan segudang hal baru seputar kesehatan kulit.

Oya, aku masih ingat betul saat interview topik aging atau penuaan kulit bersama dermatovenereologist. Ternyata, di antara kita banyak yang menyepelekan tanda awal munculnya penuaan kulit, lho. Mungkin karena hal ini dianggap wajar kali, ya? Toh, pada dasarnya setiap orang akan menua dengan sendirinya. Memang benar demikian. Namun, hal ini bisa disiasati agar proses penuaan kulit bisa diperlambat.

Terus, sebenarnya kapan muncul tanda awal penuaan kulit? Apa saja tanda-tanda penuaan yang jarang disadari? Nah, dari laman mybest Indonesia, menyebutkan bahwa tanda awal penuaan kulit bisa terjadi mulai dari usia 20 tahun ke atas. Tanda awal penuaan kulit, meliputi munculnya garis-garis halus, flek hitam, kulit terasa kering, dan kendur, bahkan tampak keriput di beberapa area wajah.

Tanda penuaan kulit

Garis Halus

Tanda-tanda awal penuaan kulit yang terjadi ketika kolagen dan elastin mulai menurun

Tanda penuaan kulit

Flek hitam

Bercak gelap pada kulit yang sering disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan atau perubahan hormonal

Tanda penuaan kulit

Kulit kering

Kondisi di mana kulit kekurangan kadar air dan lemak, sering kali disertai dengan rasa gatal dan ketidaknyamanan

Tanda penuaan kulit

Kulit kendur

Penurunan elastisitas kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia atau karena faktor-faktor lain

Tanda penuaan kulit

Hiperpigmentasi

Penumpukan melanin yang menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit sekitarnya

Tanda penuaan kulit

Kulit kusam

Kulit yang terlihat tidak cerah, biasanya karena kurangnya kelembapan dan regenerasi sel kulit yang lambat

Tanda penuaan kulit

Keriput

Garis-garis halus atau lipatan yang terbentuk pada kulit karena hilangnya elastisitas dan kolagen seiring dengan penuaan

Selain itu, tanda awal penuaan kulit yang paling sering dirasakan adalah hilangnya kelembapan kulit. Hal ini yang membuat kulit menjadi kering, kusam, dan muncul hiperpigmentasi atau warna kulit nggak merata. Sementara itu, menurut dr. Dian Pratiwi, SpDVE, memasuki usia 20-25 tahun kolagen di kulit mulai berkurang 1% pertahun, lho. Memang nggak dimungkiri, seiring berjalannya waktu, kulit pasti akan kehilangan elastisitasnya. Karena itu, kulit akan tampak lebih kendur. Namun, hal ini bisa kita cegah dan atasi dengan berbagai hal di bawah ini.

Sebelum membahas bagaimana merawat kulit agar tetap tampak muda, yuk simak faktor apa saja yang memicu penuaan kulit. Harapannya, kita akan lebih mudah mengatur strategi untuk merawat kulit dengan baik dan benar sehingga aging bisa diminimalkan.

Menggali Pemicu Utama
Di Balik Penuaan Kulit

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih rahasia Sophia Latjuba tampak awet muda. Rasanya, makin heran saat mencoba membandingkan penampilan Shopia Latjuba dengan perempuan yang usianya sama-sama keplala 5. Nah, untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda, mari cari tahu faktor apa saja yang memicu penuaan kulit.

Menurutku, pemicu utama di balik penuaan kulit dibagi menjadi dua. Pertama, faktor internal seperti genetik dan hormon. Kedua adalah faktor eksternal seperti lingkungan dan gaya hidup. Yuk, kita bahas satu persatu.

Faktor Internal: Genetik dan Hormonal

Menurut laman The National Center for Biotechnology Information, penelitian terbaru yang dilakukan pada anak kembar mengungkapkan bahwa hingga 60% variasi penuaan kulit antar individu disebabkan oleh faktor genetik. Sementara itu, 40% sisanya disebabkan oleh faktor non-genetik. Artinya, beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami penuaan kulit lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan yang lain.

Genetik
0%
Non-genetik
0%

Selain faktor genetik, perubahan hormonal juga berkontribusi pada penuaan kulit, terutama pada perempuan yang memasuki periode menopause. Hal ini karena penurunan kadar hormon estrogen sehingga elastisitas kulit dan produksi kolagen menurun. Jika kolagen dan elastin kulit menurun maka bisa memicu munculnya garis-garis halus, kerutan, dan pigmentasi kulit yang nggak merata. Alhasil, kulit akan tampak kering, kendur, dan kusam.

Faktor Eksternal: Lingkungan dan Life Style

Selanjutnya adalah faktor eksternal dari lingkungan, seperti paparan sinar UV dan polusi udara. Kulit yang langsung terpapar sinar UV tanpa perlindungan lebih berisiko mengalamani kerusakan pada kolagen dan elastin kulit. Selain paparan sinar UV, polusi udara juga berperan dalam penuaan kulit. Misalnya, kebiasaan terpapar asap rokok plus kebiasaan merokok bisa memperburuk kondisi kulit. Kok bisa? Bisa banget dong karena polusi udara memicu radikal bebas dan mengganggu keseimbangan hormon kulit.

Nah, yang paling sering luput adalah gaya hidup yang kita jalani. Tanpa sadar, kebiasaan seperti pola makan, kondisi stres berlebih, dan kurangnya istirahat juga bisa memicu penuaan kulit, lho. Memang aku akui, untuk menerapkan gaya hidup sehat ini susah-susah gampang karena butuh konsistensi dan kesabaran serta kemauan yang kuat.

Umur Hanya Angka,
Kembali Muda Tak Perlu Banyak Drama

Nggak pernah terbayangkan sebelumnya, di umur yang sebentar lagi memasuki kepala 3 ini, aku sering dianggap belum menikah. Terlebih, saat meeting dengan rekan kantor, ledekan itu sering banget muncul. Mungkin juga karena postur tubuhku yang kurus dan agak kecil sehingga nggak tampak seperti seorang ibu dengan dua anak. Ckckckck.

Namun, bukan berarti badan berisi dengan postur tinggi memberikan kesan tua, lho! Ada juga orang yang memiliki badan berisi, tetapi hampir nggak tampak tanda penuaan kulit karena memiliki kebiasaan baik untuk merawat kulit. Nah, selain merawat kulit wajah dengan tepat, kira-kira apa lagi yang bisa dilakukan untuk kembali muda tanpa banyak drama? Yuk, simak poin-poin di bawah ini!

Pola Makan Sehat dan Nutrisi yang Cukup

Setuju nggak kalau pola makan sehat dan asupan nutrisi yang cukup bisa membantu menjaga kulit tetap muda dan tampak sehat? Nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit melalui makanan, antara lain: antioksidan, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Kita bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, alpukat, dan strawberry. Oh ya, sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi, lho.

 

Nutrisi yang cukup bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan plus bisa meningkatkan produksi kolagen. Yang nggak kalah penting dari itu semua adalah kecukupan air minum setiap hari. Fungsinya, untuk menjaga kelembapan kulit dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

 

Olahraga dan Aktivitas Fisik yang Rutin

Nggak perlu beralasan tinggal di rumah yang jauh dari tempat gym untuk memulai olahraga dan aktivitas fisik. Ya karena ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan tanpa alat fitnes. Misalnya yang paling gampang adalah jogging, lari, atau yoga. The power off olahraga ini keren banget karena bisa memperlancar aliran darah sehingga bisa membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Lagi-lagi olahraga dengan rutin bisa membantu proses regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Manajemen Stres dan Istirahat Cukup

Tahu nggak kalau stres berlebihan bisa memicu produksi hormon stres seperti kortisol? Hormon ini bisa mengganggu keseimbangan hormon kulit yang mengakibatkan berbagai masalah kulit. Misalnya, jerawat, eksim, atau psoriasis. Sebenarnya, kita bisa mengelola stres dengan berbagai teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau napas dalam. Oya, melakukan hobi atau hal-hal yang disukai juga bisa menjadi tempat untuk mengelola stres dengan baik.

 

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan waktu istirahat. Hal ini karena saat kita tertidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Karena itu, kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab kulit tampak kusam dan munculnya garis-garis halus di area mata. Kalau bisa, usahakan untuk tidur kurang lebih 8 jam setiap malam demi mendukung kesehatan kulit.

Perawatan Kulit yang Tepat

Aku yakin sih, saat ini teman-teman sudah sangat aware dengan basic skincare untuk merawat kulit. Merawat kulit nggak perlu muluk-muluk setiap minggu harus pergi ke klinik untuk treatment. Eh, tetapi kalau ada waktu dan duitnya nggak masalah, sih. Wkwkwk. Namun, menurutku selain treatment, kita juga perlu konsisten menggunakan rangkaian skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit kita.

 

Minimal banget jangan sampai skip menggunakan face wash, moisturizer, dan sunscreen. Karena face wash akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Sementara itu, moisturizer dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering serta garis-garis halus yang muncul. Selain itu, penggunaan sunscreen bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko kanker kulit. Syukur-syukur kita juga konsisten menggunakan rangkaian skincare anti-aging yang mengandung retinol dan collagen, seperti Theraskin Anti-Aging Series #2KuncianHandaldalam1Rangkaian.

Age Revival Theraskin:
Wujudkan Kulit Muda Hanya Dalam 3 Minggu Saja

Aku sepakat betul dengan dr. Dian Pratiwi, SpDVE saat menganalogikan kulit buah anggur seperti kondisi kulit manusia yang terawat dan yang nggak terawat. Jadi, anggur segar diibaratkan seperti kulit yang menggunakan skincare dan treatment yang tepat serta menerapkan gaya hidup sehat. Kemudian, anggur yang sedikit keriput diibaratkan kulit yang hanya mengandalkan treatment tanpa menggunakan skincare yang tepat dan meenjalani gaya hidup yang buruk. Sementara itu, anggur yang sangat keriput diibaratkan seperti kulit tanpa skincare dan tanpa treatment plus gaya hidupnya buruk.

Analogi Kondisi Kulit dengan Kulit Buah Anggur
Analogi Kondisi Kulit dengan Kulit Buah Anggur

Kesimpulannya, untuk mendapatkan kulit yang sehat perlu konsisteni dan keseriusan. Selain menerapkan pola hidup sehat dan treatment yang tepat, kita juga wajib menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, menggunakan rangkaian Age Revival Theraskin yang memiliki ingredients untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Bebas beraktivitas seharian dan terlindung dari sinar UV berkat Theraskin Age Revival Protection Day Cream
Bebas beraktivitas seharian dan terlindung dari sinar UV berkat Theraskin Age Revival Protection Day Cream

Theraskin merupakan skincare dikembangkan bersama dokter kulitsejak 2011. Selain rangkaian anti-aging, Theraskin juga memiliki berbagai varian produk yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita. Menariknya, harga produk Theraskin sangat terjangkau, lho. Eits, meskipun terjangkau, sudah terbukti bahwa Theraskin BPOM, aman, dan halal. Yuk, #JadiMudaBersamaTheraskin dengan menggunakan #AgeRevivalTheraskin. Penasaran dengan rangkaian Age Revival Theraskin karena diklaim dapat membuat kulit tetap muda hanya dalam 21 hari atau 3 minggu saja? Mari intip apa saja produknya!

Theraskin Age Revival Gentle Cleanser (BPOM NA18221203347)
Theraskin Age Revival Gentle Cleanser (BPOM NA18221203347)

Theraskin Age Revival Gentle Cleanser

Produk pertama adalah Theraskin Age Revival Gentle Cleanser yang berfungsi sebagai sabun wajah untuk membersihkan kotoran dan minyak di wajah dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Menariknya, Theraskin Age Revival Gentle Cleanser mengandung tiga hero ingredients, sebagai berikut:

  • Tetrapeptide Berfungsi untuk menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit
  • 0,1% Allantoin Berfungsi untuk menenangkan dan melembapkan kulit
  • 2% 4D Hyaluronic Acid Berfungsi untuk melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit

Cara menggunakan Theraskin Age Revival Gentle Cleanser juga gampang banget, sama seperti menggunakan face wash pada umumnya. Pertama, basahi wajah, keluarkan Age Revival Gentle Cleanser ke telapak tangan secukupnya, busakan menggunakan air. Setelah berbusa, usapkan pelan-pelan ke seluruh wajah hingga merata. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih. Pastikan untuk mengeringkan wajah dengan lembut, ya! Cukup di-tap-tap perlahan dengan tissue atau handuk. Gunakan produk ini pagi dan malam hari.

Theraskin Age Revival Toner Essence (BPOM NA18221203348)
Theraskin Age Revival Toner Essence (BPOM NA18221203348)

Theraskin Age Revival Toner Essence

Setelah menggunakan Theraskin Age Revival Gentle Cleanser dan kondisi wajah sudah nggak basah, lanjut menggunakan Theraskin Age Revival Toner Essence. Fungsinya, untuk menyegarkan, melembapkan, dan membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena Theraskin Age Revival Toner Essence mengandung tiga hero ingredients:

  • Tetrapeptide Berfungsi untuk menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit
  • 2% Allantoin Berfungsi untuk menenangkan dan melembapkan kulit
  • 1% 4D Hyaluronic Acid Berfungsi untuk melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit

Cara menggunakan Theraskin Age Revival Toner Essence juga gampang, yakni cukup semprotkan produk pada kulit wajah. Setelah itu, tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut hingga Theraskin Age Revival Toner Essence merata dan meresap ke dalam kulit. Gunakan secara rutin di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Theraskin Age Revival Protection Day Cream (BPOM NA18230106473)
Theraskin Age Revival Protection Day Cream (BPOM NA18230106473)

Theraskin Age Revival Protection Day Cream

Rangkaian ketiga adalah Theraskin Age Revival Protection Day Cream yang merupakan tabir surya. Aku jadi ingat dengan dr. Dian Pratiwi, SpDVE yang menyebutkan bahwa 90% penuaan kulit disebabkan oleh paparan sinar UV. Karena itu, kita wajib menggunakan suncreen setiap hari minimal dengan SPF 30 ke atas. Beruntungnya, Theraskin Age Revival Protection Day Cream mengandung SPF 35. Selain itu, produk ini juga mengandung tiga hero ingredients:

  • UV Filter SPF 35 Berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • 2% Tetrapeptide Berfungsi untuk mengatasi kerutan
  • 1% Collagen Berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit

Cara mengaplikasikan Theraskin Age Revival Protection Day Cream seperti menggunakan cream pada umumnya. Untuk hasil yang optimal, gunakan Theraskin Age Revival Gentle Cleanser dan Theraskin Age Revival Toner Essence. Setelah itu, baru aplikasikan Theraskin Age Revival Protection Day Cream secara merata pada kulit wajah dan leher di pagi hari atau 15 menit sebelum terpaparan sinar matahari. Agar perlindungan maksimal, ulangi pemakaian setiap 2-3 jam.

Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum (BPOM NA18220106808)
Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum (BPOM NA18220106808)

Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum

Rangkaian selanjutnya adalah Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum yang berfungsi untuk membantu mengurangi kerutan, mengencangkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit. Hal ini berkat tiga hero ingredients yang terkandung di dalamnya:

  • 2% Tetrapeptide Berfungsi untuk menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit
  • 0,01% Retinol Berfungsi untuk mengatasi kerutan
  • 1% 4D Hyaluronic Acid Berfungsi untuk melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit

Perlu diingat, penggunaan Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum hanya pada malam hari saja karena produk ini mengandung retinol. Hal ini karena kandungan retinol bisa pecah atau rusak saat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk pengaplikasiannya cukup mudah, setelah cuci muka menggunakan Theraskin Age Revival Gentle Cleanser dan lanjut menggunakan Theraskin Age Revival Toner Essence, barulah aplikasikan Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum. Cukup teteskan 2-3 tetes, kemudian aplikasikan secara merata pada kulit wajah. Pijat secara lembut dan diamkan beberapa saat agar serum meresap ke dalam kulit.

Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream (BPOM NA18220106823)
Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream (BPOM NA18220106823)

Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream

Rangkaian terakhir adalah Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream yang berfungsi untuk membantu mengurangi kerutan atau garis halus, melembapkan, dan membantu kulit agar tetap halus dan plumpy. Produk ini juga mengandung tiga hero ingredients:

  • 2% Tetrapeptide Berfungsi untuk menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit
  • 0,01% Retinol Berfungsi untuk mengatasi kerutan
  • 5% Niacinamide Berfungsi untuk mencerahkan dan melembapkan kulit

Sama seperti serum retinol, penggunaan Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream juga hanya digunakan pada malam hari karena mengandung retinol. Cara menggunakannya adalah aplikasikan setelah serum meresap ke dalam kulit, setelah itu oleskan Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream secara merata di wajah.

Cara Mudah Mendapatkan
Theraskin Anti Aging Series

Untuk mendapatkan rangkaian produk Theraskin Anti Aging Series #2KuncianHandaldalam1Rangkaian, teman-teman bisa langsung mengunjungi marketplace official store di link berikut, ya https://shopee.co.id/mall/search?keyword=age%20revival&shop=389432667 pastikan teman-teman membeli produk Theraskin Anti Aging Series di official store untuk menjamin keaslian dan keamanan produknya. Selain itu, teman teman juga bisa tetap merasa tenang karena produk #Theraskin BPOM aman dan halal.

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, untuk harga produknya sangat terjangkau. Terlebih banyak diskon yang ditawarkan, misalnya saat ini Theraskin Age Revival Gentle Cleanser 100 ml harganya hanya Rp37 ribuan saja karena sedang diskon. Teman-teman juga bisa membeli rangkaian kit basic skincare dengan harga yang lebih terjangkau, lho.

Untuk mendapatkan informasi ter-update seputar produk-produk Theraskin, silakan follow akun Instagram Theraskin @theraskinkosmetika dan akun Tiktok Theraskin @theraskin_kosmetika.

Merawat Kulit:
Investasi yang Dinikmati Saat Usia Nggak Muda Lagi

Merawat kulit merupakan investasi karena hasilnya bisa dinikmati hingga nanti saat usia nggak muda lagi

dr. Dian Pratiwi, SpDVE dokter spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika (SpDVE)

Saat usia sudah nggak muda lagi, perhatian terhadap kulit mestinya makin diperhatikan. Hal ini karena kita memiliki tantangan baru untuk mempertahankan kelembapan, kolagen, dan elastisitas kulit agar tanda-tanda penuaan bisa diperlambat. Merawat kulit bukan hanya soal penampilan, tetapi juga investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kenyamanan.

Dengan konsistensi dan penggunaan skincare yang tepat serta treatment yang sesuai kebutuhan, kulit bisa tetap sehat, lembap, dan terjaga keelastisitasannya meskipun usia bertambah. Ya siapa tahu usaha kita saat ini bisa membuahkan hasil di 10-20 tahun mendatang, maunya sih tetap awet muda seperti Shopia Latjuba. Hahahaha. Makanya, yuk ah, mulai langkah kecil untuk Kembali Muda Tanpa Ditunda hanya dalam 3 minggu saja bersama Age Revival Theraskin.

Sumber & Referensi:

  • Pengalaman pribadi

  • mybest Indonesia
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4085290
  • https://www.instagram.com/reel/C2egTZlyl6W
  • https://www.instagram.com/reel/CZ1Hm02lJBA

  • https://www.instagram.com/reel/CZd7cB4qdmn

  • https://momsmoney.kontan.co.id/news/sebelum-coba-retinol-ketahui-dulu-5-aturan-pemakaian-retinol-yang-tepat-berikut-ini
  • https://theraskin.co.id/tentang-kami
  • Olah foto dan dokumentasi oleh Ella Fitria
  • Olah gambar oleh Ella Fitria dari sumber gratis Freepik

  • Olah animasi oleh Ella Fitria dari sumber gratis lottiefiles

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
9 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
ainun
21 Mei 2024 23:29

pola hidup dan pola makan yang sehat besar pengaruhnya ke kesehatan kulit, tapi malah aku yang ga begitu suka sayuran dan sering bergadang. Di sisi lain pengen punya kulit yang selalu awet muda dan kalau bisa ga ada keriput keriputnya 😀
Kadang orang diluaran sana mengira aku kayak masih kuliah semester awal gitu, dari muka aja soalnya terlihat kayak mirip remaja

jadi aku imbangi dengan penggunaan produk anti aging atau yang setidaknya bisa bikin kulit terlihat awet muda, memang agak susah buat nyari produk yang tepat. Tapi theraskin hadir dan mengerti kebutuhan wanita-wanita di Indonesia macam aku ini

Ubay
15 Mei 2024 09:54

Kita sebagai masyarakat indonesia yang berada di wilayah khatulistiwa dengan paparan sinar matahari yang cukup banyak tanpa disadari butuh pelindung untuk kulit yang baik karena akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kulit terutama wajah menjadi hitam dan kusam. Perlu ada penangan dan skincare yang terbaik

Vivi
12 Mei 2024 06:55

Saya juga pengen terlihat muda.
Sayangnya saya rajin skincare-an gak dari jaman muda dulu.
Sekarang rada nyesal de hiks

Erin
Erin
10 Mei 2024 23:26

Mau juga awet muda dengan Theraskin Age Revival. Seiring bertambah usia yang semakin tua ini, masalah kulit wajah makin banyak. Jadi, kadang merasa gak pede karena gak muda lagi. Hoho

Sabrina
10 Mei 2024 21:06

banyak teman yang pakai rangkaian produk ini, katanya cocok untuk kulit mereka dan enaknya itu memang rangkaiannya lengkap jadi bsia pakai satu brand yang sama untuk semua tahapan perawatannya

Mugniar
10 Mei 2024 11:47

Ella kalo rajin merawat diri dengan Theraskin ini bisa2 jadi kayak remaja, saya gak ngenalin kalau sewaktu2 bertemu … buat saya cocok nih … kalau telaten pakainya, bisa kayak orang usia 20-an 🙂

Icha Marina Elliza
10 Mei 2024 09:36

Kalo bagi saya kak, merawat kulit adalah bentuk bersyukur dan bertanggungjawab karena tubuh ini kan titipan dari Allah SWT. Sebaiknya dikembalikan juga dalam keadaan terbaik yang bisa kita usahakan. Alhamdulillah kalo sendirian sering gak nyangka orang-orang kalo aku udah 37 kak. Sering panggil kakak. Tapi kalo bawa anak, biasanya orang menghormati langsung panggil ibu.

Okti
10 Mei 2024 09:09

Iya bener daripada banyak drama dan keluh kesah, mending take actionnya aja langsung ya
Kulit keriput dan tanda penuaan itu segera cegah dengan perawatan terbaik seperti produk theraskin ini
Hasilnya, baru kita evaluasi setelah melakukan ikhtiar

Iim Rohimah
9 Mei 2024 03:42

Theraskin ini memang bagus bgt sih skincarenya. Apalagi buat yang usia 30 tahun ke atas ya. Perawatannya juga komplit dan harganya terjangkau bgt di kantong.