Search
Close this search box.

Investasi Masa Depan:
Persiapan Karier Cemerlang Si Kecil Dimulai dari Bahasa Asing

by Ella Fitria | 31 Mei 2024

3 Komentar

Menjadi ibu baru memang memerlukan berbagai kesiapan. Termasuk kesiapan parenting untuk menemani si kecil tumbuh dan berkembang serta memberikan hak si kecil secara utuh. Karena itu, sebisaku dan suami ingin memberikan yang terbaik untuk anak kami. Salah satu bukti kecilnya dengan mengajari anak kami dua bahasa (bilingual) sejak dini. Mengingat, kemajuan teknologi dan globalisasi yang kian melesat sehingga kami sebagai orang tua perlu membekali si kecil dengan keterampilan bahasa yang memadai.

Buatku, bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan si kecil, mulai dari aspek kognitif, sosial, hingga emosional. Aku yakin, saat si kecil mampu menguasai bahasa, kita akan lebih mudah mengajaknya dalam berkomunikasi. Selain itu, si kecil juga akan lebih mudah mengeksplor dan mengekspresikan berbagai emosi yang dialaminya.

Nah, kali ini aku ingin berbagi sekelumit cerita, sepenting apa sih peran bahasa dalam mendukung perkembangan si kecil? Apakah belajar bahasa asing untuk si kecil juga penting? Lalu, bagaimana kita sebagai orang tua memfasilitasi supaya si kecil bisa menguasai bahasa termasuk bahasa asing dengan baik? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini, simak hingga selesai, ya!

Merajut Koneksi Global
Melalui Penguasaan Bahasa Asing Sejak Kecil

Menurutku, belajar bahasa asing memberikan banyak manfaat yang dapat mendukung perkembangan si kecil. Misalnya, meningkatkan kemampuan kognitif hingga keterampilan sosial yang lebih baik, serta peluang karier yang lebih luas di masa depan.

Mengajarkan bahasa asing kepada si kecil sejak dini merupakan langkah penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Berikut ini aku akan mencoba membahas apa saja manfaat belajar bahasa asing bagi si kecil. Barangkali melalui artikel ini bisa membuat orang tua di luar sana makin aware untuk membekali si kecil dengan bahasa asing.

Bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan si kecil, mulai dari aspek kognitif, sosial, hingga emosional.
Bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan si kecil, mulai dari aspek kognitif, sosial, hingga emosional.

Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial, dan Emosional

Tanpa orang tua sadari, belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan kognitif, sosial, dan emosional si kecil. Hal ini karena belajar bahasa asing bisa membantu mengaktifkan berbagai area otak yang terlibat dalam memori, pemecahan masalah, hingga pemikiran abstrak. Misalnya, saat belajar bahasa Inggris dan bahasa Mandarin yang memiliki struktur dan kosakata yang berbeda sehingga si kecil memerlukan pemikiran yang fleksibel dan adaptif.

Secara sosial, kemampuan berbahasa asing juga memungkinkan si kecil berinteraksi dengan lebih banyak orang dari berbagai budaya, membangun keterampilan empati hingga belajar toleransi. Sementara itu, secara emosional, belajar bahasa asing mengajarkan kesabaran, ketekunan, dan keberanian. Nah, secara nggak langsung, belajar bahasa asing juga dapat membantu si kecil dalam mengelola dan mengekspresikan emosi.

Meningkatkan perkembangan literasi dan merangsang kemampuan berpikir kreatif
Meningkatkan perkembangan literasi dan merangsang kemampuan berpikir kreatif

Meningkatkan Perkembangan Literasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif

Manfaat lain dari belajar bahasa asing adalah sebagai fondasi untuk keterampilan membaca dan menulis. Hal ini karena pembelajaran bahasa asing akan memperluas kosakata si kecil dalam memperdalam pemahaman terkait struktur bahasa. Dengan mengenal kosakata baru dan struktur kalimat yang berbeda, tentunya si kecil menjadi lebih mahir dalam menyusun kalimat dan mengungkapkan ide dengan lebih jelas serta tepat.

Selain itu, belajar bahasa asing akan merangsang kemampuan berpikir kreatif bagi si kecil. Proses memahami dan memproduksi bahasa asing melibatkan pemecahan masalah, improvisasi, hingga melahirkan ide baru. Karena itu, si kecil perlu mengasah kemampuannya dan menemukan cara baru untuk mengekspresikan diri. Tentunya, hal ini bukan hanya bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa si kecil, tetapi juga memperluas kreativitas dalam menyusun cerita dan lainnya.

Bahasa dapat memperluas pengetahuan, menciptakan peluang dan meningkatkan berbagai bidang
Bahasa dapat memperluas pengetahuan, menciptakan peluang dan membantu pencapaian berbagai bidang

Memperluas Cakupan Pengetahuan Tentang Dunia

Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sangat bermanfaat dalam memperluas pengetahuan si kecil tentang dunia. Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional yang sering digunakan dan bahasa Mandarin sebagai bahasa utama di Tiongkok. Dengan menguasai kedua bahasa ini, tentunya si kecil memiliki akses lebih luas untuk menjelajahi berbagai aspek kehidupan di tingkat lokal dan global.

Menguasai bahasa Inggris dan bahasa Mandarin juga memungkinkan si kecil mengakses berbagai sumber informasi, seperti buku, film, musik, dan internet dalam bahasa tersebut. Secara nggak langsung, hal ini akan memperkaya pengetahuan si kecil mengenai budaya, sejarah, sains, hingga isu global. Terlebih, kita juga sudah mengetahi bahwa Tiongkok menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar sehingga kemampuan berbahasa Mandarin akan memberikan peluang masa depan si kecil.

Speaking English
0 bil
Speaking Mandarin
0 bil

Berdasarkan The Ethnologue dalam laman databooks, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia pada 2021. Ada sekitar 1,34 miliar orang yang menggunakan bahasa Inggris secara global, baik sebagai bahasa ibu ataupun bahasa kedua. Sementara itu, bahasa Mandarin Tiongkok menduduki peringkat kedua sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, yakni sebanyak 1,12 miliar orang. Karena itu, bagi kami mengenalkan kedua bahasa tersebut kepada si kecil tentu akan membuka peluang baru di masa depan.

Menyulap Pembelajaran Bahasa Asing Menjadi
Perjalanan yang Mengasyikkan

Meskipun ada banyak manfaat yang diperoleh ketika si kecil menguasai bahasa asing, kita sebagai orang tua nggak boleh memaksa si kecil untuk menyukai bahasa asing. Namun, tenang saja, kita bisa menyulap pembelajaran bahasa asing menjadi hal yang menyenangkan dan menarik bagi si kecil, asalkan dilakukan dengan cara yang kreatif dan interaktif. Nah, kalau teman-teman punya ide atau cara lain dalam proses pembelajaran bahasa asing yang menyenangkan bisa coba komen di bawah, ya!

Bermain dan Bernyanyi dalam Bahasa Asing

Bagi mantan guru honorer sepertiku, bermain dan bernyanyi merupakan salah satu cara efektif yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa asing. Permainan interaktif, seperti kartu gambar dan board games juga sangat membantu. Bahkan, sejak usia anak kami baru hitungan bulan, kami sudah mengenalkan kartu gambar yang dilengkapi dengan bahasa asing. Selain itu, menyanyikan lagu anak-anak dalam bahasa asing juga akan memudahkan si kecil menghafal kosakata baru.

Permainan interaktif kartu gambar untuk mengenalkan bahasa dan objek di sekitar
Permainan interaktif kartu gambar untuk mengenalkan bahasa dan objek di sekitar

Tak hanya menambah kosakata, bernyanyi dalam bahasa asing juga membantu si kecil dalam pengucapan dan intonasi bahasa asing. Lagu dengan gerakan atau tarian sederhana bisa membantu si kecil mengingat kata-kata dan maknanya dengan lebih baik. Harapannya, melalui cara ini si kecil lebih termotivasi dan menikmati proses belajar sehingga lebih mudah mengingat dan menggunakan kata serta frasa baru.

Memanfaatkan Buku Cerita dan Menonton Film dalam Bahasa Asing

Menggunakan buku cerita dan menonton film atau acara TV dalam bahasa asing merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil. Pasalnya, ketika membaca buku cerita bahasa asing akan membantu si kecil mengembangkan kosakata dan pemahaman terhadap tata bahasa. Kuncinya, kita sebagai orang tua wajib memilihkan buku yang sesuai dengan usia dan minat si kecil. Saat aktivitas membaca dilakukan bersama, sesekali kita bisa memberikan kesempatan untuk menjelaskan kata-kata atau frasa yang dianggap sulit.

Memanfaatkan Buku Cerita dan Menonton Film dalam Bahasa Asing
Memanfaatkan Buku Cerita dan Menonton Film dalam Bahasa Asing

Sementara itu, menonton film dan acara TV dalam bahasa asing juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkaya pemahaman si kecil mengenai konteks penggunaan bahasa tersebut. Pastikan, kita memilih film dan acara yang menarik plus sesuai dengan usia si kecil, ya! Menonton dengan subtitle dalam bahasa asli atau bahasa ibu bisa membantu si kecil memahami percakapan dan memperbaiki keterampilan mendengarkan serta berbicara. Selain itu, menggunakan media audiovisual ini juga memperkenalkan si kecil terkait pengucapan dan intonasi yang benar.

Temukan Tempat Kursus Bahasa Asing Anak yang Mengasyikan

Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita memberikan hak anak dengan menyiapkan tempat belajar yang nyaman dan sumber belajar yang memadai. Rasanya, aku bersyukur sekali saat menemukan website Cakap yang menawarkan Kursus Bahasa Asing Anak. Cakap memiliki program khusus yang dirancang sesuai dengan kebutuhan belajar anak-anak.

Salah satu hal yang aku sukai dari Cakap adalah metode belajar dan kurikulum yang digunakan. Jadi, si kecil nggak hanya belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kognitifnya. Tentu saja program ini sangat membantu anak-anak dalam mempersiapkan diri untuk masa depan global. Nah, apakah teman-teman makin penasaran dengan platform Cakap? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cakap Kids Academy:
Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Asing

Sebelum membahas Cakap Kids Academy, kita kenalan dulu dengan Cakap secara umum, ya! Jadi, Cakap merupakan platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas. Cakap sudah terdaftar di KOMINFO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, lho. Menariknya pada 2019, Cakap dinobatkan sebagai Aplikasi Pembelajaran Bahasa 2 Arah Pertama di Indonesia oleh MURI. Keren, bukan?

Saat ini ada lima layanan Cakap yang bisa kita pilih, salah satunya adalah Cakap Kids Academy. Menurutku, Cakap Kids Academy ini bisa dibilang sebagai solusi untuk mengasah kemampuan kognitif, motorik, dan holistik anak melalui pembelajaran soft skill dan hard skill. Terlebih, didampingi oleh guru profesional dengan kurikulum berstandar internasional.

Cakap Kids Academy tersedia dalam kelas offline dan online. Jadi, kita bisa menyesuaikan kelas berdasarkan situasi dan kondisi kita. Eits, tenang saja, untuk kelas online tetap menerapkan pembelajaran interaktif dua arah, kok. Untuk pilihan kursus bahasa asing anak di Cakap tersedia dalam Kelas Privat dan Grup.

Rasanya nggak sabar ingin memasukkan anakku di kelas Cakap Kids Academy untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Hal ini agar anakku bisa merasakan pengalaman terbaik dalam belajar bahasa asing sejak dini. Oya, untuk Cakap Kids Academy bisa diikuti oleh anak usia 4-14 tahun, ya! Supaya lebih jelas, mari intip program kursus bahasa asing yang ada di Cakap Kids Academy.

Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Anak Online di Cakap Kids Academy menggunakan program pembelajaran berdasarkan CEFR atau Common European Framework of Reference for Languages dan terukur progresnya. Sementara untuk kurikulumnya mengacu pada Cambridge dengan 31 level pembelajaran. Nah, 1 level pembelajaran ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan. Untuk program pembelajaran bahasa Inggris di Cakap dibagi berdasarkan usia dan kemampuan si kecil. Dengan begitu, si kecil akan lebih nyaman karena nggak merasa terbebani dengan materi yang sedang dipelajari.

Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, di Cakap Kids Academy juga memiliki program Kursus Bahasa Mandarin Anak Online, lho. Menggunakan materi Mandarin Immersion Curriculum Framework sehingga bisa membantu si kecil menguasai Bahasa Mandarin Standar seperti yang digunakan di Daratan China. Levelnya juga disesuaikan dengan standar YCT 1-4. Jadi, si kecil akan berlatih mendengarkan dan berbicara berdasarkan situasi kehidupan nyata, membaca dan menulis dalam karakter Cina, serta mempelajari budaya di balik bahasa tersebut.

Mengapa Memilih
Cakap Kids Academy?

Menghadapi era globalisasi dan digitalisasi, menurutku si kecil perlu banget memiliki keterampilan bahasa yang kuat sejak dini. Karena itu, sejak jauh-jauh hari aku sudah mencari tempat les bahasa asing buat anakku nanti. Nah, setelah memiliki beberapa list tempat kursus bahasa asing anak, aku dan suami memutuskan untuk memilih Cakap Kids Academy. Berikut ini beberapa alasan kami berencana memasukkan anak kami di Cakap Kids Academy.

Metode Belajar Sesuai Usia Si Kecil

Di Cakap Kids Academy menerapkan pendekatan belajar yang berbeda dengan metode pengajaran yang disesuaikan berdasarkan usia dan kebutuhan perkembangan si kecil. Misalnya, untuk belajar bahasa Inggris usia 4-5 tahun menggunakan pendekatan permainan yang bervariasi. Dengan metode belajar yang disesuaikan berdasarkan usia, tentunya setiap anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang optimal dan sesuai dengan tahap perkembangannya. Nggak hanya itu, Cakap Kids Academy juga merancang metode EXPERT (Explore – Practice – Certify) yang memadukan eksplorasi perkembangan kognitif dan motorik si kecil.

Interaktif dan Menyenangkan

Di Cakap Kids Academy setiap sesi pembelajaran dirancang khusus dengan pembelajaran interaktif. Tak hanya itu, para pengajar profesional Cakap Kids Academy juga mendampingi si kecil mengerjakan tugas sekolah yang berkaitan dengan pelajaran bahasa Inggris, lho. Dengan menggabungkan interaktivitas dan kesenangan dalam proses pembelajaran, tentunya bisa menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan bagi si kecil. Pendekatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk membantu si kecil mengembangkan keterampilan bahasa dengan lebih cepat.

Pantau Progres Lebih Mudah

Alasan kami selanjutnya memilih Cakap Kids Academy adalah kemudahan untuk mengetahui perkembangan proses belajar si kecil. Jadi, di setiap sesi pembelajaran akan diakhiri dengan evaluasi dari tutor yang mencakup berbagai aspek perkembangan si kecil, mulai dari kemampuan berbahasa, keterampilan berpikir kritis, hingga partisipasi dan antusiasme si kecil selama proses pembelajaran. Oya, ada juga program Parent-Teacher Meeting yang memungkinkan orang tua mengikuti sesi 1-on-1 dan membahas progres belajar si kecil bersama teacher.

Jaminan Fasih Berbahasa Asing

Cakap Kids Academy memberikan jaminan fasih apabila kemampuan bahasa asing si kecil nggak meningkat setelah menyelesaikan level per levelnya. Jaminan fasih ini berupa kelas gratis selama 3 bulan untuk memberikan kesempatan ekstra bagi si kecil agar bisa memperbaiki dan memperkuat keterampilan bahasanya. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku, ya! Menurutku, dengan jaminan fasih ini bisa membuat orang tua sedikit tenang karena artinya Cakap Kids Academy bisa memastikan bahwa si kecil akan mendapatkan hasil terbaik.

Belajar di Manapun dengan Perangkat Apa Pun

Kursus bahasa asing anak di Cakap Kids Academy dirancang agar bisa diakses dengan mudah dan fleksibel, kapan saja dan di mana saja. Dengan dukungan teknologi, si kecil bisa belajar melalui website atau aplikasi Cakap yang tersedia di iOS dan Android. Tentunya, hal ini memungkinkan si kecil untuk terus belajar tanpa terbatas oleh waktu dan tempat. Baik di rumah, di perjalanan, atau di tempat lain. Menurutku, aplikasi Cakap juga dirancang user-friendly dan interaktif sehingga menjadikan pengalaman belajar lebih menarik dan efektif.

Yuk, Dukung Si Kecil untuk Mahir Bahasa Asing Bersama
Cakap Kids Academy

Cities
0
Educators
0 +
Downloads
0 M+
Students
0 M+
Clients
0 +
App Rating
0

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing merupakan keterampilan yang sangat berharga bagi masa depan si kecil. Karena itu, sebagai orang tua perlu mengarahkan si kecil untuk mulai belajar bahasa asing sejak dini. Bisa kita mulai dari hal-hal kecil seperti tips di atas sebelum usianya cukup untuk mengikuti kursus bahasa asing di Cakap. Bagi kami, anak bukan hanya titipan Tuhan yang perlu dirawat dan dibesarkan. Namun, anak merupakan anugerah terindah yang melebihi isi dunia ini. Karena itu, kami ingin memberikan yang terbaik untuknya saat ini hingga di kemudian hari.

Barangkali, teman-teman ada yang masih bingung mencari tempat kursus bahasa asing anak, coba kunjungi website Cakap atau download aplikasi Cakap di Google Play Store dan App Store dengan memasukkan kode refferal NURCKPSGNTVKM. Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial Cakap untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar bahasa asing anak. Yuk, #SiapaCakapDiaDapat.

Sumber & Referensi:

  • Pengalaman pribadi

  • https://cakap.com/cakap-kids/kursus-bahasa-inggris-anak/?utm_source=blog-cakap&utm_medium=english-for-kids&utm_campaign=footer
  • https://cakap.com/cakap-kids/kursus-bahasa-mandarin-anak/?utm_source=blog-cakap&utm_medium=mandarin-for-kids&utm_campaign=footer
  • https://cakap.com/tentang-kami/?utm_source=blog-cakap&utm_medium=about-us&utm_campaign=footer
  • Databooks KataData
  • Cakap Kids Academy
  • Olah foto dan dokumentasi oleh Ella Fitria
  • Olah gambar oleh Ella Fitria dari sumber gratis Freepik

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

5 2 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
3 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Aji Ervanto
12 Juni 2024 07:26

Eh si Genta lagi main apa tuh?

Lina Nur
Lina Nur
9 Juni 2024 09:55

Cukup menarik. Jadi ingin coba Cakap

Johansen Budi
Johansen Budi
3 Juni 2024 07:00

Inspiratif! Emang bahasa merupakan alat yang cukup penting untuk menunjang ilmu pengetahuan lainnya ya